iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….siapa menyangka masih banyak pertanyaan mampir ke warung IWB tentang bahaya scotlite. Para reader rata-rata menanyakan efek buruk nempelin stiker pada motor…..apakah betul akan merusak cat?….

Asal muasal IWB mendapatkan keluhan salah satu reader yang kesal karena motor kesayangan catnya mengelupas saat scotlite di kelentek. Ketika IWB perhatikan ternyata berada dibagian fairing yang notabene berbahan material plastik….

Omelan tersebut merembet pada kualitas cat ataupun pernish yang dianggap kurang bagus . Doi menyalahkan pabrikan karena rapuhnya coating dan pernish sehingga cat gampang banget terkelupas. Tentu saja tudingan ini tidak bisa serta merta kita telan. Kenapa??..

iklan iwb

Sebab tiap unsur berpengaruh terhadap kejadian diatas. Mungkin bisa jadi cat memang tipis. Namun jika kita sudi gali lebih dalam banyak hal pakde. Pertama adalah….kualitas dari scotlite sendiri. Banyak kangbro scotlite yang memiliki daya rekat luar biasa dan memang berpotensi mengangkat coating atau pernish….

Scotlite ini biasanya sering kita temui dipinggir jalan. Maklum cak merk juga macem-macem. Dan rata-rata kita hanya melihat warna atau kelir tanpa tahu apakah scotlite aman untuk cat kita atau nggak. Yang kedua adalah….bidang yang kita ingin tempelin….

IWB nggak sarankan sampeyan nempelin scotlite pada cat dengan material plastik seperti tebeng atau buritan dll pada jangka waktu lama. Sebab umumnya cat tersebut tidak sekuat dimaterial besi seperti tanki misalnya. Yang ketiga…

Jangka waktu atau periode. Nahhh…iki sing paling penting kangbro. Pada kondisi wajar…IWB sarankan maksimal scotlite nempel maksimal?1 tahun. Kuwi maksimal cak. Kenapa?. Sebab dengan kualitas cat jaman sekarang yang tidak setebal dan sebagus jaman dulu…coating dan cat memang rentan terangkat diatas periode tersebut…

Alasan lain, pada beberapa scotlite unsur perekat biasanya akan mengeras dan sulit lepas dari cat jika sudah nempel terlalu lama. Ujung-ujungnya ketika sampeyan paksa maka hasilnya cat bakal kusam karena coating ikut terangkat. Dan paling parah cat sendiri terancam rontok. Terutama cat pada material plastik…

So….untuk mencari aman lebih bijak scotlite jangan pernah dibiarkan diatas 1 tahun kecuali posisi berada dibidang tanpa mengandung cat….monggo mawon. Semua yang IWB jabarkan berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sumber yang memang berkompeten dibidang ini. Makane cak…mending pakai decal dengan bahan bagus dari pada scotlite pinggir jalan. Keduanya memiliki perbedaan cukup besar. Pertama…

Harga. Decal mahal karena material dan perekat rata-rata aman untuk cat walau dalam jangka waktu lama. Scotlite ?. Murah koq njaluk slamet (murah koq minta selamat)…kira-kira demikian ilustrasinya. Jadi pakde….monggo hati-hati kalau sampeyan ingin nempelin stiker atau scotlite pada motor kesayangan. Timbang muring-muring cat ngelontok gara-gara ditempel scotlite terlalu lama….perhatikan jangka waktu pemasangan dan jenis scotlitenya. Piye…sampeyan ada pengalaman buruk soal scotlite ora ki…hayooo ngakuu ?? (iwb)

 

94 COMMENTS

    • Ini kasus r25 dulu ya lek….yg r25 warna merah di kasih scotlite…ga suka di kelentek cat fairing ikut ngelupas juga…wkwkwk…harga 50juta kualitas cat di bawah sukhoi..pantes cuma laku 12 per bulan nasional…wkwkwk…

      • Kalo mau pake scotlite coba liat merek belakangnya..setau ane yg di pinghir jalan merek DCIViC gt kalo ga salah..ato D-Vic itu yg paling rendah kulitasnya…jadi ngerusak pernis..coba cari yg merek ORACAL harga hampir 1.5x lebih mahal dr d-vic tapi mending kulaitasnya. Ane bukan sales oracal..tapi share aja..gt seh …

  1. Jaluk ane kui seng murah, apik, awet, akeh, nk iso gratisan pisan????
    Sandal swallow py ki lek kbr e ??

    • Kemarin ada teman pasang decal utk nmax di stiker Moeroep solo habis 650, paling murah sepertinya krn pas tanya di tempat lain sampe 900

  2. Wah ternyata bahaya scotlite ,motor qw mau tak scotlite ngk jadi ah ,,bwat apa gaya” klo ngerusak motor ..mkasih info nya lek sangat berguna
    Terget oppo r11 aja haha

    • Ekek..betul kang..
      Luwih2 klo smpeyan mikir tar mau djual..
      Calon pembeli biasa nya tny…
      Ini itu apa msih ori????
      Ato minta skotlet nya dkupas..
      Deg2 ente…???

  3. Nah pertanyaannya apa itu scolit apa itu decal perbedaannya apa?
    Ada yg bisa bantu karena saya yakin sebagian orang juga kagak tahu!

    • Scotlite itu kalo dipake lama waktu kita copot stickernya gak rusak jadi yg kalah cat nya,kalo decal dicopot yg kalah stickernya sedangkan cat nya utuh,karena bahan dasarnya beda.
      Scotlite itu terbuat dari plastik biasa yg dikasih lem,sedangkan decal terbuat dari bhn baku cat sejenis epoxy makanya pasang decal tdk boleh terlalu ditarik karena sangat lentur dan gampang putus.

    • Setau ane aja ya Brohh, sorry kalo salah. Scotlote itu biasanya di jual roll (polosan/dengan satu warna/satu motif) untuk di bentuk sesuai yang diinginkan.

      Kalau decal, itu udah di print atau berbentuk cutting tulisan/motif, dengan satu atau kombinasi warna (termasuk warna gradasi)

      Kalo pengen lebih tau ada postingan detailnya di motoblast. Tapi udah lama. ?

  4. Ada kang, bysonku bagian shroud pas bawah tangki catnya ngelupas gara2 skotlite.
    Karna kesal akhirnya stripingnya tak lepas semua sekalian. Jadilah byson polosan cuma ber stiker fz16 kayak byson sampean dulu kala.

  5. Saya tempel di mobil, pas di keletek atau diepas juga ternyata sisa lem yang tertinggal banyak benar.

  6. … ‘ Si tunggangankuuu … sih : suci dari or atas endapaaannn … si Scotlite tersebuuuttt … .com ! He he … sebab : di memang ora kepengeeennn … super [email protected] ! Ho ho … atau … hi hi … 64 x ! ( tepiannya : buruk )

  7. Motor tanpa sticker ibarat makan tanpa lauk,karena motor dan sticker itu satu kesatuan yg saling mengisi seperti suami dan istri,makanya dilarang keras asal comot istri dipinggir jalan karena yg rumahan msh banyak,biarpun butuh usaha extra dan biaya lbh mahal yg penting dptnya istri solehah,drpd asal comot dipinggir jalan dapatnya malah penyakit raja singa…???

    • Saya pasang scotlite rumahan di tempat khusus juga, masangnya rapi tp jenisnya bukan decal.

      • Asal gak terlalu gede dan jangka waktu yg lama sepertinya aman,krn gimanapun duit itu gak bisa bohong ?

  8. Pengalaman, hati” kalau scotlitenya pada motor H*nda (matic) pada bagian body dengan cat warna hitam glossy, kurang lebih jangka waktu 2 bulan (1 bulan jika sering terkena panas) cat kemungkinan akan rusak. Tapi warna selain hitam glossy masih aman. ?

    • deck tempat taruh minuman pariyem aja nempel catnya di botol… ekekekeke

  9. merk anu belom ditempelin scotlite dah leuntur duluan kena matahari… ekekekeke
    apalagi yg warna kunyit… ekkeekekek

  10. Berdasarkan kata Org or pengalaman pribadi..

    Smakin tebal Cat.. Smakin mudah terkelupas..

    Cat yg bagus Gaperlu berlapis-lapis.. Tp warna merata dan cerah..

  11. kang, kalau pakai stiker bagus seperti oracal juga sama? biasanya stiker2 yg di pakai buat mobil

  12. Ya kalau utk motor hahaem ga usah ditempel pake scotlite krna smua udah tau kualitas catnya

  13. Cutnya make silet trus kena body rasanya mau complain mulu pas ngliat pemasangannya.

  14. Iya kalau mau scotlite buat mobil aja, awet meski agak lebih mahal. Kemarin saya “perpanjangan” pasang scotlite lagi, udah 1 tahun lebih. Full body abis 350 rb, tapi puas sama kualitasnya.

  15. Wah saha baru tau kalau scotlite sma decal beda
    Makasih infonya
    Sya make yg decal jd lbh aman ya ketimbang scotlite ??

  16. yg bikin ngeletek bukan stickernya, tp aksi freehand ngutter abang nya yg suka ngebaretin body, jd ikut ngeletek pas dilepas

  17. Semua tergantung bahan stiker, pilih dengan merk oracle itu yg paling standart untuk wrap motor atau mobil bahannya bagus awet, perekatnya bagus dan aman.
    alternatif lain pakai semacam spray (pylox) itu berbahan cat yg menjadi karet jadi bisa di kelupas jika bosan..
    smoga bermanfaat.

Comments are closed.