iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..siapa bilang jadi Blogger ki kepenak. Bener kalau konteksnya ngetes motor…bisa duluan mencicipi disaat lainnya belum. Tapi sebagai biker biasa, seringkali kita juga ngeces akibat melibat keseksian motor yang sedang kita jajal. Hayooo…opo ora mumet cak. Seperti halnya Honda CMX 500 Rebel yang makin dipandang makin bikin cekot-cekot. Ahhhh….mosok segitunya?. Intip wae lekuk-lekuk bodynya dalam mega gallery berikut ini….

Di artikel sebelumnya…IWB sudah terangkan panjang lebar tentang CMX 500 Rebel. Seperti desain tanki yang sedikit memanjang yang mampu menampung BBM hingga 11,2 liter. Untuk ukuran moge mungkin memang terlalu kecil. Tapi dari pengalaman IWB…mesin 500ccnya termasuk irit yakni mampu meraih 22-24 km/liter….

Untuk lampu penerangan mengandalkan halogen dan belakang bohlam biasa. Alhasil…feel bobber terasa. Lalu kunci kontak berada dibawah samping dekat mesib. Sementara untuk kunci stang disebelah kanan. Seluruh desain mungkin terkesan standart bagi yang demen motor reguler. Tapi semakin dipandang….motor ini memang beda…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup….semakin sampeyan melototin, karakternya makin kuat terlihat machonya. Lhawong IWB wae makin lama makin demen ngeliatnya. Makin dilihat bikin sirah cekot-cekot. Celengan bengok-bengok cak. Nah…untuk detil si Rebel 500 bisa IWB kompilasi sbb…..

1. Lampu model bulat berukuran 135 mm
2. Speedometer LCD bulat kecil dengan backligt warna biru. Disana semua digital kangbro. Keren tapi minimalis. Disana sampeyan hanya akan disodori speed, sinyal bar bensin dan odometer. RPM ?. Ora ono cak….
3. Engine 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R (power 47 ps dan torsi 45,8Nm)
4. Revisi mapping PGM-FI fuel injection yang menghasilkan karakter berbeda dari CBR500R, kinerja rpm berfokus untuk output bottom-end torsi-padat. Nah..soal impressi buat harian akan IWB kupas dalam artikel selanjutnya
5. Bore dan stroke 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1 . So….kompresi termasuk asyik nggak tinggi-tinggi amat. Pertamax juga pakde….
6. Kepala silinder menggunakan roller rocker arm dengan penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan
7. Dibekali Silent (SV Chain) cam chain dengan pin yang permukaannya dilapisi Vanadium, diklaim mengurangi gesekan
8. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm
9. Pin crankshaft dengan sudut 180 ° dan primary couple-balancer diletakkan di belakang silinder, dekat dengan pusat gravitasi sehingga motor diklaim makin anteng saat menjelajah pada kecepatan tinggi
10. Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears yang diklaim mengurangi noise
11. Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves sehingga kuat
12. Garpu depan berdiameter 41mm model teleskopik
13. Swingarm baja berbentuk tabung dengan diameter 45mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki 2 pengaturan tingkat preload
14. Ban standart menggunakan Dunlop ukuran 130/90-16 depan dan 150/80-16 belakang.
15. Rem double disk brake ABS

Nah….lengkap to pakde. Semua pembahasan diatas kurang afdol jika tidak kita kupas impressi berkendara dijalanan. Tenang….artikel ini baru pembuka sebelum kita kupas secara detil test ridenya pada artikel terpisah. Setidaknya sampeyan tahu dulu ki sosok Rebel 500 dari foto….detilnya sisi persisi. Baik dari jok, sasis, foot step dsb. Sampeyan bisa intip dibawah ini….

Last…Rebel 500 menjadi best seller big bike Honda. Hal ini bisa IWB dapatkan dari konfirmasi Honda big bike Astra Motor Dewi Sartika yang konon mampu menjual hingga 20 unit lebih dengan masuk inden 70 unit. Kuwi satu dealer cak….opo ora edian. Rebel 500 sendiri dijual dengan harga kisaran 147 jutaan OTR Jakarta. So….CMX 500 Rebel ?. Intip wae sosoknya dibawah ini pakde. Piyeee…..masuk koleksi ora ki ?? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!