iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….banyak yang tidak tahu siapa sih yang meracik sasis masing-masing pabrikan. Tidak seperti Moto2 yang dipergunakan sebagai nama tim seperti Kalex ataupun Suter misalnya….nah di Motogp, vendor peracik tidak tergali gamblang. Dilalah kebetulan saat di Malaysia, IWB banyak ngobrol dengan salah satu pejabat KTM Austria. Dari sanalah IWB bertanya tentang detil Motogp bike RC16. Salah satu yang menarik perkara frame.?Tahukah siapa yang ngeracik sasis dari KTM RC-16 Motogp ??. Jawabannya adalah….

KTM saat ini adalah satu-satunya pabrikan Motogp yang menggunakan frame teralis setelah Ducati ditangan Gigi D’Illna meninggalkan tipe ini dan berganti dengan model almu twin spar seperti halnya Motor Jepang. Gebrakan Gigi dalam menggantikan Fillipo Preziosi langsung ngubek-ngubek bagian sasis karena dianggap fundamental dan dituding membuat handling Desmo understeer alias susah belok. Perubahan radikal tersebut terbukti membuat handling Ducati berubah total sehingga mampu memasukkan Iannone serta Dovi kepodium berkali-kali…..

Tapi beda Ducati beda juga dengan KTM. Didebutnya diajang Motogp, pabrikan Austria tetap mempertahankan ciri frame teralis seperti motor masspro mereka. Walau mesin sekarang berganti dengan konfigurasi bing bang meninggalkan screamer, tipe frame tetap sama yakni teralis. Pertanyaannya…kenapa mereka tidak mencoba model twin spar almu seperti yang dilakukan Ducati?….

iklan iwb

Karena kami menggunakan suspensi WP dan bukan Showa ataupun Ohlins. Kita berbeda…dan itulah KTM.…” seru salah satu pejabat KTM saat berbincang dengan IWB. Terus apa hubungannya frame dengan suspensi WP ?. “Tentu saja sangat berhubungan sebab seluruh frame kami yang suplai WP termasuk Motogp bike RC16. Dengan satu core lebih mudah bagi kami untuk mensikronkan arah pengembangan. Jadi teralis akan tetap kami pertahankan…” tukas mereka lagi. Nah…menarik to….

Last…jangan heran jika KTM setia menggunakan suspensi WP baik dari kelas kecil hingga Motogp karena ternyata WP juga mensuplai frame pada seluruh produk KTM termasuk RC16. WP sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Austria….jadi tidak heran kedua brand ini berjuang keras bersama-sama. Rasa nasionalismenya tinggi cak. Duet WP bersama KTM sukses mengantongi 300 titel juara dunia diberbagai kelas dan event termasuk Rally Paris Dakar. So…WP suspension? Siapa menyangka mereka juga ngeracik frame Motogp bike KTM RC16…baru ngerti to :mrgreen: ……(iwb)

31 COMMENTS

    • Lama lama juga ikut2 an twin spar…bilang kita berbeda….skr juga ikut2 an big bang….alah lagu ktm aja…liat aja..ntar lagi WP juga di buang ganti OHLINS…

      • … ‘ Ngeriii … yo, mbah ? Sekiranya mungkin, motor si motoGP … itu : turun / ada di jalan rayaaa … umum ? Wwaaa … pasti di super memukaaauuu … banget ! He he … ( di lampu merah – kuning – hijau )

  1. Ktm memang jos lek seng ra jos gor ktm ku urus surat2 nya belum kelar,hahaha kakean duit iki motor mangkrak meh setahun

  2. KTM di indonesia kira-kira bakal ngeluarin produk yg 2 silinder / 4 silinder gak yaaa..??? Makin seru persaingan 250cc dan 250 cc ke atas kalo ada produk KTM yg 2 silinder / 4 silinder.. Makin josss

  3. Lek, sedikit koreksi, klo ndak salah ducati jaman rossi udah pake twinspar deh, jd blum jamane pakde gigi tp msh om preziosi..
    Cmiiw lho

    • BEtullll,,,, zaman itu semua maux Rossi diikutin termasuk rombak sasis secara radikal

  4. @ lek IWB…lek apa bener SHOWA itu anak perusahaan HONDA…dan yg pake SHOWA itu hanya HONDA di maspro nya lek? Kayak KTM sama WP suspension.

    • Ngga lah.. banyak kok yg pake showa.. termasuk moge.. ZX10r aja pake showa big fork kok

  5. The real moge Klo deltabox terlihat kuno..
    Beda hal dengan mocil 150 (katanya) gagah kya DNA moge/motoGP… Wkwkwk ?

  6. Baru tau rangka nya ikut disupport vendor shockbreaker..
    Tinggal tunggu waktu kpn nyerah dng tralis..

    • handle bar kiri itu untuk kopling, mobil pake 4 cakram, kanan kiri juga reservoir cuma satu.

Comments are closed.