iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….banyak yang tidak tahu siapa sih yang meracik sasis masing-masing pabrikan. Tidak seperti Moto2 yang dipergunakan sebagai nama tim seperti Kalex ataupun Suter misalnya….nah di Motogp, vendor peracik tidak tergali gamblang. Dilalah kebetulan saat di Malaysia, IWB banyak ngobrol dengan salah satu pejabat KTM Austria. Dari sanalah IWB bertanya tentang detil Motogp bike RC16. Salah satu yang menarik perkara frame.┬áTahukah siapa yang ngeracik sasis dari KTM RC-16 Motogp ??. Jawabannya adalah….

KTM saat ini adalah satu-satunya pabrikan Motogp yang menggunakan frame teralis setelah Ducati ditangan Gigi D’Illna meninggalkan tipe ini dan berganti dengan model almu twin spar seperti halnya Motor Jepang. Gebrakan Gigi dalam menggantikan Fillipo Preziosi langsung ngubek-ngubek bagian sasis karena dianggap fundamental dan dituding membuat handling Desmo understeer alias susah belok. Perubahan radikal tersebut terbukti membuat handling Ducati berubah total sehingga mampu memasukkan Iannone serta Dovi kepodium berkali-kali…..

Tapi beda Ducati beda juga dengan KTM. Didebutnya diajang Motogp, pabrikan Austria tetap mempertahankan ciri frame teralis seperti motor masspro mereka. Walau mesin sekarang berganti dengan konfigurasi bing bang meninggalkan screamer, tipe frame tetap sama yakni teralis. Pertanyaannya…kenapa mereka tidak mencoba model twin spar almu seperti yang dilakukan Ducati?….

iklan iwb

Karena kami menggunakan suspensi WP dan bukan Showa ataupun Ohlins. Kita berbeda…dan itulah KTM.…” seru salah satu pejabat KTM saat berbincang dengan IWB. Terus apa hubungannya frame dengan suspensi WP ?. “Tentu saja sangat berhubungan sebab seluruh frame kami yang suplai WP termasuk Motogp bike RC16. Dengan satu core lebih mudah bagi kami untuk mensikronkan arah pengembangan. Jadi teralis akan tetap kami pertahankan…” tukas mereka lagi. Nah…menarik to….

Last…jangan heran jika KTM setia menggunakan suspensi WP baik dari kelas kecil hingga Motogp karena ternyata WP juga mensuplai frame pada seluruh produk KTM termasuk RC16. WP sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Austria….jadi tidak heran kedua brand ini berjuang keras bersama-sama. Rasa nasionalismenya tinggi cak. Duet WP bersama KTM sukses mengantongi 300 titel juara dunia diberbagai kelas dan event termasuk Rally Paris Dakar. So…WP suspension? Siapa menyangka mereka juga ngeracik frame Motogp bike KTM RC16…baru ngerti to :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Previous articleHottttttt…Suzuki disinyalir siapkan trail TS reborn penantang KLX 150. Cadazzzz !!!
Next articleHottt, Bocoran tampang new Kawasaki Ninja 250 facelift 2017 dari samping….lebih runcing cak !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!