iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….PT SIS memang sedang merasakan masa positif. Varian terbarunya GSX-150 terus menunjukkan tren meningkat walau April sedikit tersendat karena produksi terbatas. Laris manis cak termasuk penjualan eksport yang tembus 12,000 unit average. Tapi kondisi tersebut ternyata membuat mereka sedikit pusing. Lhoooo…kenapa ????…

Bertemu dengan direktur marketing PT SIS Seiji Itayama, penjualan eksport pabrikan S ini ternyata cukup bagus. Rata-rata penjualan eksport mencapai 11-12 ribu uniit. Contohnya April 2017……pabrikan berpusat di Tambun bisa menjual 12 ribu unit motor dieksport keberbagai negara Asia…

Angka tersebut gabungan semua varian termasuk Satria F150 FI. Tapi GSX150 belum. Eksport Asia baru bulan Mei ini. Philipina sudah pesan ribuan GSX150. Padahal inden untuk lokal belum bisa terpenuhi…” seru Itayama san. Terus kenapa pusing??..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Prediksi IWB, Hal ini menyangkut kekuatan produksi. Sebagai informasi…Suzuki memiliki pabrik besar di Tambun dengan kekuatan produksi 1 juta unit pertahun. Tapi itu jika line berjalan semua. Sedang sekarang hanya aktif satu line dari 4 yang ada. Itupun satu shift…

Dengan SDM yang ada diatas, mereka harus menyuplai semua lini baik lokal dan eksport. Mangkane mumet cak. Laris mumet…..ora laku tambah mumet. Dilemanya ketika mereka menambah line produksi tapi ternyata penjualan tidak konsisten akan menjadi buah simalaka. Sebab sekalinya memutuskan kesana, kontrak karyawan minimal satu tahun….lak yo remuk….

” Kita terus bekerja keras untuk menutup inden yang membludak. Proyeksi kita diawal GSX 150 hanya 1500 unit/bulan. Tapi permintaan jauh dari itu. Terima kasih kepada para biker Indonesia yang terus mendukung Suzuki...” cetus Itayama san. Jalan satu-satunya Suzuki saat ini berusaha mengoptimalkan line up yang ada dan pelan-pelan akan melakukan ekspansi jika sudah waktunya….

Last…penjualan eksport Suzuki ternyata cukup besar. IWB sendiri tidak menyangka bisa tembus hingga 12 ribuan. Kuwi masih April dan belum termasuk GSX series. Disisi lain penjualan GSX-R150 dibulan April turun hingga 1600-an unit. Hal ini dikarenakan kekuatan produksi yang harus dibagi. Namun IWB mendengar dibulan Mei 2017…penjualan GSXR 150 kembali terkatrol diangka 4 ribuan unit. Kita lihat saja data AISI bulan depan. Byuhhh…booming tenan ki GSXR-150 ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

105 COMMENTS

  1. Heran jg sama suzuki….dg fitur yg sama dg cbr150 ( malah bagus gsx. . imho ), gsx150r bisa dijual jauh lbh murah pantes aja laris..

      • Gaptek sih mungkin ya
        Tp ahm produksinya gila2an
        Meluber
        Lalu setelah melimpah pake strategi jual dedet
        Plus dangdutan sambil ebar brosur nyegat yg lewat apa gak moncer

    • Sorry. Fitu beda mas..
      Secara kasat mata sm. Fork dpn teleskopik biasa. Arm kotak.
      Tp gsx unggul dgn keyless, dan mesin dohc overbore, yang kuat sampek 13000 rpm tanpa ngeden n tetep mulus.. Dgn power 19ps..
      Justru ahm menciderai dohc yg d paksa square..

      • Setuju yg ini Tp gsx unggul dgn keyless, dan mesin dohc overbore…itu sebenarnya yg saya maksud di kalimat ini mas ( malah bagus gsx. . imho ) hehe

      • Fitur yg mana yg beda ?? Unggul gsx lah klo soal fitur dari cbr.. arm ama fork depan kualitasnya sama, karena vendor merek H Y S itu hampir 70% dari perusahaan yg sama

  2. Produk suzuki keseluruhan itu berkualitas, harga kompetitif dan bikers Indonesia percaya , hanya kekurangan di design motornya cung…

    Tolong SIS jangan budeg kya YIMM dan AHM…!

  3. Oo pantas… Di Medan wae inden yg R lama, kata kakak sales nya paling cpt 1 bln…dan masi bisa lebih
    Tapi aneh nya yg S bisa langsung bawak… Da tau R bnyk peminat napa yg S di timbun…?… Apa ada permainan supaya S juga de beli..bagi konsumen yg butuh cepat atau yg kurang sabar?….

    • Wkwk ya ttep lah ada problem, namanya jg mesin. Tapi seberapa parah dan sering problem yg muncul? Wkwk

    • Susah nya klo tinggal dimana nih?
      Klo dikota besar ato kecil ada beres or toko sparepart ya gak susah…
      Awet?
      Ya gw jawab produk suzuki awet
      Gw ada suzuki nex 2012 pakean nyonya sampe detik ini blm pernah ngerasa beli or ganti part mesin dan cvt
      Dan masih handal tuh

    • Ya jangan cari partnya di toko bangunan ya susah om.. Kalo di dealer resmi mah cepet.. Apalagi warranty, 3 hari sampe kalaupun dikirim..

    • kok diperhatikan, saya mencurigai anda sebagai sales ya?.
      susah? anda tinggal di goa? online banyak, komunitas ada.
      awet? problemnya sama saja?
      tolong dibedakan produk yg cacat dari pabriknya dengan motor yg kurang dirawat. BEDA.
      klotok klotok, tensioner rompal, build quality ala kadar sampai spakbor matiknya miring2, lampu belakang mudah bgt mati, stang geter kayak vibrator, cvt berisik kaya motor tua,
      pak sales, saya sebetulnya kagum dengan desain situ. tapi kualitas situ yg ancur bikin saya berpaling.

      • ngeness yaa kang…jdi penyembah merekk .pabrikan jual motor alakadarnya .mesin mblegedes tetep aja di belii…..

    • klotok on, dikomplain ganti anu.. malah kanvas jebol…
      perih cung g masuk garansi mesin…. perihhhhh

    • Noh, skydrive dr baru th 2010, smpe skrg, blm pnh turun mesin, masih halus.. tiap hari ngangkut beban berat.. merek lain? Ambroool cak..

    • Untuk ke awet an part per part memang awet suzuki..klo motor keseluruhan masih bandel yamaha kondisi hujan atau banjir ga pernah masalah. Klo hujan yg sering penyakitan ya honda AHM apalagi yg sport batangan tanki suka bocor dan air gampang masuk dari sela2 tutup tanki, suzuki juga sering mogok karena masalah kelistrikan. Klo soal awet material komponen saya acungi jempol suzuki paling kuat dari pada yamaha atau AHM.

  4. Kudu dipikir mateng2 nek arep nambah karyawan yo kang? Tiwas tambah eh penjualan turun. Tambah 1 line aja dulu

  5. memang dari dulu image suzuki untuk motor sport tidka pernah buat produk yang asal,,, image yang dlu adalah:

    kencang mesin awet ya suzuki
    modis ya yamaha
    harga bekas tinggi dan irit ya honda

  6. Sekarang zaman automation industrial lek.
    Tenaga manusia dikurangi menjadi mesin robot yang bekerja. jika tidak mau mumet ya itu yang dilakukan.
    Dilema kedua. tidak semua line bisa diambil alih sama robot.

    suwun. mek nyrocos tok.

  7. Yang belum pernah punya produk Suzuki ya pasti blom tahu kualitasnya…..makanya coba digarasi koleksi bbrp merk agar bisa mengkompare langsung.

    • Yup, setujah.. Tapi baru ngrasain bebek2 aja sih. Mulai dari suzi, kawi, hondie, & yamie (knp jd laper yak. Haha), yg performanya relatif stabil buat dipake jangka waktu lama (bbrp taun) ya suzi. Kalo jman dlu pas MS motor nasional masih bbrp puluh-bbrp ratus ribu unit per bulan, ya gak jauh beda lah antara y-s-k-h kualitasnya

  8. Satu2nya merk yang belom gw “pegang”.
    Terakhir siy RG-R sebelum gw ke LN.
    Setelah gw balik di 2010 eh yang ada cuman motor alay.

  9. harusnya PT SIS 2W berterima kasih kepada AHM, karena para sales AHM telah secara masive dan tersetruktur menamkan kepada konsumen bahwa mesin DOHC itu adalah mesin kasta dewa yang bisa menambah level kegantengan naik 100 %, level percaya diri naik 1000 %. gsx gak akan laku kalau para sales AHM gak menanamkan mindset bahwa DOHC beratad beberapa level diatas SOHC.
    Trust me its work

  10. Untuk cari aman booking dulu bro,kan indent juga sekitar sebulan jadi timingnya ketemu Juni waktu pelunasankan?

  11. Segitiga itu berlaku. Mau murah dan cepat, dapetnya jelek. Mau cepat dan bagus, kena mahal. Mau murah dan bagus, dapetnya lama.

  12. Aneh ndasmu,itu market bisa booming diluar target dan prediksi cung..Suzuki bikin produk gak asal jadi kayak merk sebelah urusan recall dan klothok belakangan yg penting produksi melimpah yg ujungnya konsumen jadi korban…?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here