iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – ” Ini serius kang Iwan??” sebuah PM masuk ke FB IWB dari pembaca warung bernama cak Ryant. Butuh beberapa saat untuk mencerna pertanyaan hingga mata IWB langsung terbelalak…cicak bin kadal. Iki seriusan????….

Peringatan SPBU ini membuat heboh diseluruh grup Facebook. Dari sana bro Ryant ngeshare dan bertanya ke IWB…benarkah papan peringatan tersebut. “ Ini seriusan kah mz Iwan??” serunya. Pertanyaan yang jelas bikin garuk-garuk bathuk…

Lha piye cak…..pengumuman dari SPBU tersebut juga masih meragukan apalagi tidak terdeteksi nama SPBUnya. Yang kedua IWB tidak bisa pastikan apakah gambar hasil editan walau secara umum saat IWB pelototin sepertinya asli bukan rekayasa digital…

iklan iwb
iklan iwb

Tulisan banner berisi peringatan …”Mohon maaf kami tidak melayani pengisian BBM jika”  :

  1. Knalpot tidak standart/bobokan
  2. Mesin kendaraan dalam keadaan hidup

Nah…untuk poin nomer dua IWB setuju 10000 % dan memang seharusnya demikian demi safety. Namun untuk nomer 1 entah kenapa masih terasa dipaksakan. Kalau berbicara undang-undang…tentu saja SPBU tidak ada hak sebab tidak ada regulasi yang mengatur perkara itu…

So…..IWB rasa banner hanyalah kebijakan manajemen SPBU setempat secara tiap SPBU memiliki kewenangan mengatur lokasinya sesuai kebijakan masing-masing. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Apakah aturan pom bensin diatas cukup relevan dan bisa diterima sampeyan sebagai biker ?. Monggo berikan opininya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

134 COMMENTS

  1. Efek spbu yg kebakar gara gara knalpot racing lek.. Kmaren kan sempet viral tuh.. Mungkin kalo motornya di matiin di luar spbu trus di dorong gak papa kali. Emang kalo di pikir bahaya juga flame nya knalpot racing kan kadang parah.. Kalo udah kebakaran mau nuntut siapa, mungkin pengusaha spbu mikirnya gitu kali..

  2. SANGAT SETUJU.

    BAHKAN DIPABRIKAN.. YG BERHUBUNGAN DENGAN ZAT MUDAH TERBAKAR..

    TIDAK MENGIZINKAN SEGALA JENIS KENDARAAN YG TIDAK MEMAKAI KNALPOT STANDAR… MASUK AREA… (AREA ITU ZONA KUNING) BUKAN ZONA HIJAU..

    SILAHKAN COBA MASUK KE KAWASAN PERTAMINA.

    PASTI KENDARAAN DICEK KNALPOTNYA.. LAYAK ATAU TIDAK..

    KLO ADA YG NGOMONG LEEBAAAY.. itu Bocah ga tau UNDANG2 tentang K3/K3PL.

  3. Trauma kro kejadian neng solotigo wingi lek,,goro2 knalpot brong antri d spbu keadaan mesine nyala ngepasi mburine enek truk tangki bbm mbongkar muatan..knalpot motore metu genine…untung wae ora njebluk sak spbune

  4. Poin nomer satu kurang setuju lik …
    Kalau no 2 50000% sudah setuju … Efek kmrin yg terbakar di slh satu spbu di tingkir salatiga karena kondisi setinggan motor kurang pas, pengapiannya kurang tepat, dan sering mainin handle gas

  5. 1 X saja eccident terjadi dlm 1 tahun.

    Itu sertifikat ZERO ENCCIDENT bisa dicabut.. Dan BERUJUNG KPD KEPERCAYAAN INVESTOR..

    Padahal gara2 HAL Spele tp perusahaan sangat DIRUGIKAN.

    Perusahaan Bukan KAWATIR SOAL ASET. atau membayarkan SANTUNAN.

    Tp lebih ke KEPERCAYAAN or PREDIKAT mempertahankan SERTIFIKAT ZERO ENCCIDENT.

    Isident sekecil apapun.. Itu pasti ada INVESTIGASINYA..

    DAN ITU ADA UNDANG2NYA.. TENTANG K3/K3PL.

    Yg bilang LEEBAY itu org g tau Apa2..

    Dan ini SOAL MEMPERTAHANKAN SERTIFIKAT ZERO ECCIDENT..

    Apalagi UDAH ADA KEJADIAN..

  6. Ekekek…
    Kebnykan cibi yg pake knalpot brong,,bleyer2 ga jelas,,,
    Buat ngelabuhi suara rantai nya,,
    Jdi yg punya spbu kesel,,
    Wkwk,,wk,,

  7. alhasil komentar sekarang bebas komen aka matteo & kloningannya… ekekeke
    pasukan BC perlahan ilang dari dunia banaran…

    bancaan, madhang beras mateng ekekekeke

  8. SPBUnya takut kebakar.. wkwkwk.. tapi masalah kebakaran memang dari tidak adanya SO yang benar saat adanya Mobil Tangki BBM yang masuk saat melakukan pengisian.
    bicara soal SPBU yang kebakaran kemarin karena di duga knalpot seorang pelanggan yang brong dan melintas tepat di pinggir mobil tangki pengisian BBM, itu artinya SO tidak tepat.
    seharusnya saat mobil tangki bbm yang masuk ke SPBU untuk mengisi bbm, seharusnya dalam radius 5 meter sampai 10meter, tidak adanya aktifitas pelayanan pengisian ke planggan (di hentikan sementara) guna menghindari kebakaran. begono kang…

    kalau SPBU pakai pasang tulisan begitu.. berarti SPBU nya koplak dan tidak menerapkan SO demi keamanan..
    soal mesin harus dimatikan, itu udah pasti donk harus mati. tapi poin pertama itu yang tanda tanya besar?? kalau sampai di demo sama para biker yang suka touring dan melipir ke SPBU itu terus di tolak, ya jangan marah juga kalau di demo. Tau sendiri, biker sekarang, kalau knalpot gak brong, kurang afdol katanya, kurang nendang..

    • memang kalau sop-nya tidak tepat juga wajib ditindak. namun knalpot free flow juga berpotensi membuat kecelakaan di pom. ketika mengisi bensin, bisa jadi konsumen yang selesai ngisi masukin dompet dulu, terus pas starting engine, kebetulan di belakangnya ada yang lagi ngisi (penuh uap bensin). kalau kebetulan ada api/percikan api yang keluar, ya kebakar. sementara yang pake knalpot racing langsung merasa gk berdosa.

  9. Ada anak bayi mungkin di lingkungan spbu nya kang, kn biasa nya yg motor knalpot nya udah bobokan selalu melintir melintir gas habis isi minyak ?

  10. Klo soal TUNTUTAN berapa sihh kerugianya.

    10juta. 100juta. Atau 1Milyar. BUAT PABRIKAN KY PERTAMINA.. itu mahh kecil..

    Tapi Nama baik perusahaan.. Yg dinilai tiap tahun.. Yg bersertifikat.. keamanan harus dijaga..

    Dan SERTIFIKAT Tersebut G bisa Dibeli.

    Apa lagi Udah ada kejadian.

    AMSYONG TUH PERTAMINA.. pasti udh kena teguran.

    • motor sprot piring meleduk udah ada kejadian
      mungkin pencegahan meluas sampai SPBU ekekekee

  11. Setuju poll lek.
    Secara paling enek denger lengkingan silinder jomblo dipaksa racing.
    Kalo multi silinder sih enak wae suarane.

  12. point nomor 1 alasannya adalah, memang ada beberapa/sebagian pemakai knalpot racing/bobokan yang settingan nya tidak pas, sehingga ketika mesin di start setelah mengisi ulang bahan bakar, menimbulkan percikan api dari knalpot, dan ini berbahaya. atau mungkin main gas sedikit saja juga knalpot menembak-nembak karena settingan udara tidak pas.

    point nomor 2 tidak perlu dibahas karena sudah jelas.

    dari alasan point nomor 1 dan nomor 2 ini, saya rasa masuk akal diberlakukan di beberapa SPBU, karena memang ada insiden di SPBU Tingkir, Salatiga yang diakibatkan dari pemakaian knalpot racing yang settingan nya tidak pas ini.

    bagaimanapun juga 1 insiden sudah cukup menjadi pelajaran untuk SPBU lain, karena investigasinya tentu akan mempengaruhi sertifikasi SPBU tersebut (keselamatan kerja, reabilitas kerja), juga belum termasuk kalau perusahaan harus merugi secara materi.

    • tidak ada alasan point no 1?
      kalau mau mangacu UU lalulintas bisa lo, dan itu undang-undang yang berlaku di jalan. di jalan aja dilarang, apalagi di pom bensin yang rawan meleduk.

  13. Point nomer satu relevan kang
    Secara knalpot tidak standar potensi ngeluarin api

    Intinya antisipasi dan jadi point nomer satu ngalahin matiin mesin atau nyalain hp…..

  14. Knalpot bobokan silahkan Pake disirkuit.

    TOHH POLISI JUGA MELARANG KNALPOT BOBOKA.

    PERUSAHAAN ITU MENDISAIN KENALPOT ADA RUMUS OR HITUNGAN SANGAT RUMIT..

    Emang Pabrikan kaga bisa ap bikin knalpot ricing..

  15. aneh aturan yg pertama. ini pasti karena kasus spbu yg terbakar ya. itu kan kebetulan pas ada truk isi tanki tanam. kecuali nozzle yg di pegang petugas spbu on trus, ndak pernah mati… baru bahaya.

    • pake Viar Q1 bro, mau install knalpot non pabrikan bebas masuk SPBu.. (standar ganda) ekekekeke

  16. Kurang lebih seminggu yg lalu di daerah sukatani Cikarang, ada kejadian SPBU kebakaran info nya penyebabnya karena motor bobok lg isi bensin. Biasanya motor yg masih pake karbu kalo ganti knalpot bobok tanpa di setting karbu kan kalo di gas suka keluar apinya kang.

  17. setuju, perhatikan beda kenalpot standar dengan knalpot racing pada saat di gas, knalpot racing cenderung ada api yg keluar biasanya krn misfiring d mesin

    bayangin klo motor cumen dimajuin sedikit dr pompa trus nyalain mesin sambil revving… dan pas ada uap bensin yg kesamber…

    jd resiko yg ingin dihindari bukan hanya pada saat pengisian

    • Itu klo di gas ful mas bero..knalpot standar juga bisa keluar api. Ngapain di pom bensin muter2 gas ful emang mau balap liar apa.
      Kenapa knalpot racing suka keluar api itu karena konfigurasi knalpot yg simple tanpa sekat dan pastiny penumpukan arang yg bertumpuk di satu tempat dan gampang memicu saat keluar ďi gas tinggi.

      • ga koq om idle pun bsa keluar itu percikan api, apalagi knalpot klo udah racing untuk starter hampir pasti di gas kan

        ga bicara knalpot racing yg bagus yg harganya mahal, krn knalpot racing yg bnyak dipakai kan klo ga bobokan ya yg murahan asal kenceng

        • Knalpot jadi kambing hitam kesalahan SOP pemindahan bahan bakar dari mobil tanki ke bak penampungan. Sudah sjk dulu sjk nenek kakek kita yg pake motor menggunakan knalpot non standar mengisi bensin di spbu tp ga pernah meledak. Pegawai spbu aja suka merokok di area tsb untng saja tidak meleduk.

          • mau setingan sebagus apapun, knalpot racing (free flow) pasti keluar api. cuma mungkin tak terlihat karena terang. kenapa? karena yang dibuang oleh knalpot adalah gas buang (sisa pembakaran, dan sering masih terjadi proses pembakaran di knalpot). yang gk suka peraturan ini pasti orang yang gk empati sama orang lain. suka-suka sendiri gk bertenggang rasa mengganggu orang lain dan lingkungan.

      • “ngapain digas full di pom bensin, emangnya mau balap?”
        lah ngapain pake knalpot racing kalau ke pom bensin, emangnya pom bensin itu sirkuit/arena balap?

          • yang tepat ya kalau mau ngisi bensin di pom bensin, pake kendaraan yang sesuai standar. kalau mau gaya2an bikin berisik tapi disumpahin banyak orang ya silakan, resiko tanggung sendiri.

  18. Peraturan no 1 ngaco. No 2 okelah untuk keselamatan. Kendaraan mo ngisi BB kok di atur2 kudu pake apa. Ga pake knalpot kek atau gmn, berarti ntar bentor yg knalpotny sudah las2an berarti ga bisa ngisi donk, peraturan bodoh.

    • yang bilang ngaco pasti gk tenggang rasa. gk memikirkan kepentingan orang lain, egois, cuma menang sendiri. biasanya di jalan raya juga gitu.

      • Kenapa dibilang ngaco klo kendaraan roda 4 gmn ? Angkot contohnya rata2 pada pake silencer non standar, mobil2 pribadi pun banyak yg pake non standar. motor 2 tak paling sering keluar api walau standar. Bikin peraturan kudu jelas. Bukan masalah tenggang rasa. Jelas2 sop pengisian bahan bakarnya yg salah. Kenapa jadi knalpot yg jadi kambing hitam. Gesekan api aja bisa keluar api.

        • angkot? kan memang egois, gk tenggang rasa. jalan adalah miliknya. mobil standar yang free flow juga gk mau tahu kepentingan orang lain. ya sama saja sebenarnya, mau motor, mobil, truk, sebenarnya dilarang kalau free flow. peraturannya juga kan bukan cuma motor, gak ada tulisan motornya, tapi umum,

  19. Gini lek.. Beberapa waktu lalu.. SPBU di tingkir Salatiga mengalami kebakaran dkarenakan ada percikan api dr knalpot yg tidak standard pd saat yg lain mengisi BBM.. Mungkin dr situlah alasan SPBU melarang adanya knalpot tidak standard..

  20. Bisa jadi ada alasannya om. Mgkn di khawatirkan bisa terjadi potential spark, ketemu sama vapour bbm. Potensi terjadinya terbakar

  21. Mungkin pemilik SPBU terzolimi oleh motor knalpot bobokan yg bikin budek, hmm masuk akal kok alasannya..

  22. Kalo saya s7 lek….memang sdh terlalu banyak motor alay yg suara knalpot kenceng warr werr warr werr pdhal larinya lemot,gak ngerti apa gunanya knalpot racing dipasangin kemotor lemot cuma merusak kuping dan mengganggu orang sekitarnya

  23. setuju. knalpot sebenarnya ada sertifikasinya. jika tidak lolos sertifikasi road legal, bisa jadi berisik, polusi tinggi, dan dapat mengeluarkan api dari ujung knalpot. nah api ini akan berbahaya, sama saja orang ngerokok di pom. masak masuk pom bensin mobil/motor didorong, kan gk mungkin.

  24. pernah beli knalpot impor 2t, disitu ada peringatan for race track use only. pernah juga beli knalpot enduro, disitu ada sertifikasi road legal, suaranya juga senyap. modelnya panjang banget. boleh masuk hutan.

  25. baru ta ada bio premium. Pertamax 92 kapan ada lagi ya di Riau 🙁
    di SUMUT dan SUMBAR ada, kok di Riau cuman Pertamax Turbo ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here