iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…virus Wannacry menjadi viral didunia. Jiannn heboh ngalah-ngalahin komik wiro sableng serta sandiwara Saur Sepuh Brama Kumbara. Asli cak…IWB wae sampe paranoid sebelum akhirnya mendapatkan pencerahan dari Irwan JuraganWP. Sakjane Wannacry panganan opo sih koq kesannya kutu kupret mengerikan banget?. Yuk…coba mari kita kupas sama-sama berdasarkan pencerahan dari ahlinya……

Menurut informasi dari Irwan JuraganWP…..hingga detik ini belum diketahui siapa penyebar dan bagaimana virus pertama kali menyebar. Yang pasti Virus dibuat dari Tool yang diciptakan oleh NSA (National security Agency USA) untuk mendapatkan akses ke sistem operasi windows. Utamanya target yang disasar windows 7. Sebagian besar yang terinfeksi virus ini adalah komputer yang tidak melakukan windows update sejak Desember 2016….

Cara kerja Wannacry basisnya menipu pengguna layaknya file biasa seperti word ataupun EXcel serta program aplikasi (exe). Wannacry yang menyebar saat ini bisa kita kategorikan masih level 1.0 dan besar kemungkinan oleh hacker pembuat dikembangkan lebih canggih…anggap saja 2.0 dimana kelemahan versi sebelumnya yang bisa dideteksi oleh antivirus atau cara pencegahan yang sudah menyebar luas kemungkinan bakal di by pass agar lebih sulit dideteksi dan dihentikan. Kenapa bisa demikian ??…

iklan iwb

Karena infonya file yang bocor merupakan source code (kode program) sehingga sangat mudah bagi hacker untuk memodifikasi file tersebut. Terus kenapa wannacry disebut dengan istilah ransomware??. Jadi gini cak…Ransonware adalah salah satu tipe serangan cyber yang melibatkan hacker mengambil kontrol sebuah sistem komputer dan menghalangi akses dengan tujuan meminta tebusan dalam jumlah uang tertentu dan kebetulan wannacry meminta bitcoin senilai kisaran USD 300….

Cara kerja Wannacry adalah menyerang dan mengunci seluruh file serta folder komputer. Untuk melakukan serangan, diperlukan akses ke komputer yang dituju. Caranya seringkali dengan mengelabuhi sang korban untuk mengklik suatu program atau link tertentu secara tidak sengaja. Ketika hal itu terjadi seketika itu pula virus langsung melancarkan serangan mengunci semua file dan folder dengan cara mengenskripsinya agar tidak bisa dibuka atau dibaca…..

Ngerinya…virus ini juga mencari folder yang terkoneksi dalam suatu jaringan network sehingga otomatis akan menciptakan proses serangan secara simultan. Terus pertanyaannya…..piye carane supaya kita bisa mencegah serangan dari wannacry??. Pada dasarnya ada perbedaan mendasar antara komputer kantor dan rumahan. Kita bahas dulu yang kantoran pakde…….

Komputer kantoran adalah komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya dalam jaringan intranet atau extranet. Maksude?. Jadi gini cak….kita ambil contoh satu kantor memiliki bagian administrasi sama keuangan. Antara kedua department ini saling berbagi informasi dan terkoneksi macam file sharing dalam bentuk file, koneksi internet ataupun email….

Resikonya jika ada salah satu komputer yang terkena virus….maka virus tersebut akan menyebar melalui jaringan intranet ataupun extranet. Alhasil semua komputer dalam jaringan secara tidak langsung akan terinfeksi. Dan ini yang paling parah karena penyebarannya bersifat masif. Nah…untuk pencegahan komputer kantoran diatas langkah basis yang bisa sampeyan tempuh adalah…

1. Cabut kabel LAN maupun koneksi nirkabel sebelum menghidupkan komputer.

2. Lakukan backup terhadap seluruh data yang ada di local hard drive jika diperlukan.

3. Lakukan update terhadap Antivirus yang digunakan.

4. Lakukan update windows terbaru untuk menutup celah security (wajib)

5. Untuk mencegah penyebaran sampeyan bisa intip secara detil file terlampir WCRY Ransomware Prevention Guide_v1 (1)

Itu untuk kantoran cak. Tapi kalau sampeyan seperti IWB yang hanya memakai satu komputer dengan akses internet biasa (bukan public) monggo sampeyan hanya update antivirus dan windows terbaru. Lalu hati-hati dengan USB atau flashdisk yang pernah bersentuhan dengan komputer lain. Selalu scan file yang didownload dari email atau kiriman dengan antivirus. Kemudian jangan sembarangan klik file kiriman dari internet ataupun email….

Last…..wannacry bukanlah virus yang tidak bisa dicegah. Selama sampeyan rutin update windows ataupun antivirus pastinya komputer akan terlindungi dan virus akan terdeteksi secara otomatis. Baik varian Wannacry ataupun kroco-kroconya. Kalau masih mental juga hajar wae pakai sandal swallow pasti selesai. Masih ngeyel??. Lem biru alias beli baru wae pakde komputernya dijamin seger waras kayak minum jamu temu lawak madu beras kencur. Piye wis mudang kan?. Waspadalah-waspadalah !! (iwb)

Kredit : Irwan Juraganwp.com

iklan iwb
Previous articleMotogp : Mesin “Big Bang” membuat KTM RC16 tidak lagi kesurupan……
Next articleViar Indonesia resmi perkenalkan motor listrik Q1 bersama Bosch. Dibekali STNK…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!