iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….laporan penjualan roda dua April 2017 sudah keluar. Dibandingkan dengan tahun kemarin…..ternyata trennya menurun cukup signifikan. Hal ini dialami Honda, Yamaha serta TVS dengan persentase bervariasi. Hanya Suzuki yang sumringah sebab sukses mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Raport mereka tidak lepas dari kesuksesan GSX150 series….

Dari data yang dirilis AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), distribusi roda dua ditanah air bulan April 2017 mencapai 388.045 unit. Angka tersebut menurun cukup tajam dibanding tahun lalu dibulan yang sama yang mencapai 478.036 unit. Artinya terjadi penurunan hingga 18,82%. Begitu pula dibandingkan Maret 2017 yang tembus 473.896 unit….April memang termasuk paling drop….

Yang unik cak…hampir seluruh pabrikan mengalami penurunan kecuali Suzuki. Grup Indomobil berhasil meningkatkan penjualan mereka hingga tiga kali lipat dibandingkan tahun kemarin dibulan yang sama. Sebagai informasi….Suzuki April tahun 2016 hanya mampu torehkan penjualan sebanyak 1.833 unit. Padahal ditahun 2017 dibulan yang sama mereka cetak angka penjualan sebanyak 5.879 unit….tiga kali lipat kangbro…

iklan iwb
iklan iwb

Hal ini disinyalir akibat penjualan GSX 150 series yang hingga detik ini masih dirundung inden untuk versi R. Beda dengan Suzuki….hampir semua pabrikan mengalami penurunan. Sebut saja Honda yang merosot hingga 21,36 % dari 348.626 unit tahun lalu menjadi  274.155 unit tahun ini (April 2017). Begitu pula Yamaha yang menurun 15,18 % dari  120.158 unit ke 101.908 unit….

Pabrikan lain juga menyusul seperti Kawasaki 7.190 unit pada April 2016 menjadi 6.002 unit pada April 2017 (turun 16,52 %). Termasuk TVS terpuruk hingga 55,89% dari 229 unit dlosor ke 101. Sepertinya pabrikan India ini mengalami kesulitan cukup serius untuk menjual produknya ditanah air. Untungnya mereka tertolong pasar eksport. Terus piye dengan penjualan dibandingkan bulan lalu ??….

Nah…untuk performa tersebut ganti Yamaha yang tersenyum gembira sebab mereka mampu meningkatkan penjualan hingga 3 ribuan dibanding Maret 2017 disaat lainnya turun. Detilnya bisa sampeyan intip dibawah ini….

Data AISI Bulan Maret 2017

1. Honda: 358.524 unit.
2. Yamaha: 98.040 unit.
3. Kawasaki: 8.601 unit.
4. Suzuki: 8.600 unit.
5. TVS: 131 unit.

Total Maret 2017 : 473.896 unit.

Data AISI Bulan April 2017

  1. Honda: 274,155 unit (market share 70.65%)
  2. Yamaha: 101,908 unit (market share 26.26%)
  3. Kawasaki : 6,002 unit (market share 1.55%)
  4. Suzuki : 5,879 unit (market share 1.52%)
  5. TVS : 101 unit (market share 0.02%)

Total April 2017 : 388.045 unit

Last…dari sodoran diatas bisa dipastikan kelahiran new produk menopang signifikan penjualan masing-masing produk. Seperti yang kita tahu Yamaha agresif menelurkan produk baru seperti Aerox155, new R15 hingga Vixion R (untuk new belum ada distribusi). Begitu juga Suzuki lewat GSX150 series. Sedang Honda walau juga merilis produk baru kayak new Scoopy ataupun SH150…..distribusi dan produksi disinyalir masih belum maksimal. Penjualan April 2017 ??. Berarti sing bancakan mung Yamaha karo Suzuki ki cak :mrgreen: …..(iwb)

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

57 COMMENTS

      • kenapa yamaha dikit banget naiknya padahalan produk pada advance…
        ouh iah lupa partnya dibagi bagikan secara gratis bro… mklum lah tau sndiri siapa yang bikin susahnya…

        ekekekekek….

    • suzuki quality control dan parts quality nya bagus bro, bisa jadi karena itu lah produksinya lama.

      • Ekek,,,
        Buat fbh juossss,,,
        Soale mung iso pasrah apa adanya,,,,,
        Material klotok2,kemrosak,,,,lemot2,,,,
        Ngah2,,,,

        • Kalo honda kerjaan sampingannya bikin mobil..kayak hrv,crv,civik,jas,brv,city,acorrd dll..kalo yamaha apa ya..setahu saya sih bikin gitar seruling,yang agak modern sih piano..iyo ye..

          • Organnya Yamaha harganya 11-12 sama Hrv, gitar elektriknya yamaha harganya sama ama beat ??
            Btway motor honda jga ga laku di amrik ama eropa..larisan BMW ama kawasaki..
            Ga usah lebay gitu jadi fansboy
            Tar di tabokin merek lexus khususnya seri LFX Baru nyahoo luuu

        • Motor lu apa sih sebenernya. Bisanya sirik doang sama produk honda. Apa jangan jgan mio m3 ya motor lu, udah dp 0 aja ttep gak laku

  1. Suzuki g ikut bancakan kang…malah klo mnrt saya sih harus siaga…maret bisa 8 rban….april sdh turun jadi 5 rban….berbahaya neh.

  2. Lek,itu data penjualan dlm negeri ya???
    Kl data ekspor ada kagak????
    Ekek,,,,Hon,,,,Hon,,,,,
    Mak jleb,,jleb,,,,,
    Ngah2,,,

      • hahahah…
        ngapain mesti ekspor bro, toh di negara2 nya juga masih ada pabrikan honda…
        ngapain atuh mesti ekspor bro…

        NGAPAIN MESTI EKSPOR TONG?

        ekekekeke..

        perbaiki aja dulu di dalam negri..

        • Banyak point masbrow
          Pertama gengsi nilai suatu produk akan naik bila dia lulus eksport
          Yg kedua devisa masbrow
          Yg ketiga market
          Dllll
          Jadi apa salah kalo sebagian orang berpendapat produk ahm alakadarnya karena gak lulus ekspor
          Ekkkkkk

          • iah sih bro nilai gengsinya tinggi banget bro… tapi ya begimana lagi bro toh kalo emng ngebul mah di geber malu maluin… sementara standar eropa tinggi gas buangnya..

            emng sih AHM itu emng alakadarnya, tapi ya sudahlah dinikmatin saja bro..

          • Ya disinilah poinnya masbrow akan lebih baik kalo kita sama2 membuka wawasan motor gak cuman honda seperti yg berkembang dimasyarakat tapi saya juga gak menyuruh beli merk y atau s atau yg lain yg saya harap mari berpikir terbuka

          • hahaha.. siap lah bro yamaha emng menang kesana sini…
            saya mah apa atuh motor aja masih ngebul..
            salam 2 tak..

          • Jg lupa sindir yamaha bikin injektor buat metik ama bebek yg bener pa lagi di jupiter z ama meonk gen baru, cepet amat rusak, kasian yg make,

  3. fby suka banget ngeributin masalah ekspor. pasar dalam negeri aja masih gede ngapain ekspor ke eropa. toh di eropa juga ada pabrik honda juga.
    industri jepang itu mengurita. kagak cuman di satu wilayah doang pabriknya. yang aneh itu ngapain yamaha eropa capek-capek import produk dari yamaha indonesia. padahal di eropa bisa bikin pabriknya.

    • Apa bedanya sama fbh demen banget ngeributin masalah MS dalam negeri? Memangnya FBH dikasih sedekah rutin sama AHM kah kok ributin jumlah penjualan? Sebagai fansboy waras harusnya nggak perlu bangga sama MS cos MS urusan perusahaan sama bawahannya sampai tingkat Sales Dealer. Beda urusan bila banggain ekspor karena produk dalam negeri, buatan Indonesia, bisa dipercaya Internasional.
      Jangan2 ente nggak punya rasa Nasionalisme sama produk buatan negara sendiri. Wah parah…. ?

  4. yang bikin ane heran, kenapa sekarang fby kagak ngotot dibikinkan artikel kelas sport ya? padahal dulu jaman piksen berjaya, ngotot banget ama artikel ms sport ampe nuduh pemilik blog sebagai blogger amplopan kalau kagak dibikinkan.

    • Terus kenapa sekarang ente yang sewot? Ketahuan neh jelek2 in fby biar fby semakin banyan dimusuhin pembaca netral seantero blog.
      Yaelah basiiiii

  5. saya dari Oktober 2016 sampai dengan saat ini masih terus memberikan opini saya bahwa di tahun 2017 dan seterusnya H jelas akan terus anjlok Market Sharenya karena memang produk produknya terbaik untuk tahun 2016 namun tidak untuk tahun 2017.

    Kehadiran Aerox 155 VVA, GSX-R dan GSX-S, Nmax 155 VVA, R15 155 VVA, Xmax 250, Vixion dan Vixion R VVA serta rumor Burgman 180 jelas produk produk ini adalah terbaru dan tercanggih sedangkan produk yang unggul di tahun 2016 semacam Vario series, Beat, Scoopy, CBR 150 dan CB150 Strigfighter jadi dibawah produk produk baru itu. ditopang oleh teknologi informasi digital dan internet yang sudah merambah keseluruh lapisan masyarakat iklan di layar TV sudah tak lagi mempan. Yang terbaru dan terbaik pasti akan di pilih konsumen yang tertinggal ya lama lama nyungsep. Saat ini hukum Alam makin Real, yang terbaru dan terupdate akan dipinang konsumen yang tertinggal dan jadul akan di tinggal konsumen.

  6. Suzuki selain inden di dalam negeri GSX-R dibagi untuk produksi yang luar negeri (Ekport), Eksport ada yang 150 cc ada juga yang untuk pasar Eropa 125 cc jadi inden GSX-R ini lantaran permintaan pasar sangat besar baik dalam negeri maupun eksport….
    Artinya baik orang Indonesia ataupun orang luar negeri (Asia dan Eropa) ini suka dengan GSX-R 150 series ini.
    Klo dilihat produk produk Suzuki mulai digemari lagi, Address sudah mulai membaik penjualannya, Satria FUFI Stabil walau hanya kisaran 1000an unit, GSX-R dan GSX-S numpuk pesanan, jadi klo nanti Suzuki keluarkan V-Strom 250 dan Burgman 180 juga yakin dah ga susah jualannya, Image sudah tertanam positif, V-Stroom dan Burgman yang akan datang sepertinya akan bernasib baik seperti GSX-R series.

    • Tapi ada satu masalah om, kuota pabrik Suzuki motor belum mencukupi produksi motor yang sekarang jadi jika mau tambah varian produk disinyalir semakin keteteran produksinya.

  7. Q bingung,dr blog sblh d’katakan malah yg paling naik YM,yg lain pd merosot banyak (hd,sz,kw,tv), yg benar yg mn sih?….

    • di blog sebelah datanya dibandingkan dari penjualan bulan sebelumnya jadi ada kenaikan dari penjualan di bulan april 2017 dibandingkan maret 2017.

      di blog ini dibandingkannya sama penjualan bulan april 2016. makanya beda..

  8. lho ada apa ini? bukankah seharusnya gsx series sekarang ini lagi masa masanya spike? masa masa bulan madu? maret 8000 an kenapa april jadi 5000 an? ini udah bukan red alert lagi!

    bahwa bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun kemarin maka suzuki mengalami kenaikan pesat itu tidak bisa dijadikan ukuran, karena sekarang justru lagi hot-hot nya suzuki launching gsx series, kondisinya enggak apple to apple dengan tahun kemaren.

    pun demikian dengan ngondah, turun 80.000 unit dari bulan sebelumnya adalah bencana.

  9. saya soal motor masih awam saya cari info motor di internet soalnya sekarang jaman sudah cangih tester dan penjelasan sudah lengkap kemungkinan mei-juni 2017 nyumbang 1 angka buat narik motor 155cc bukan karena cc nya gede 5 dari pesaing tp dari teknologi yg di sematkan di kendaraan tersebut yg mempengaruhi saya untuk memilih. mungkin klo pesaing update seri yg setara dan memberikan fresh fiture kemungkinan saya akan membandingkan ulang dan memutuskan ulang dari harga teknologi tampilan serta engine dll itu salah satu contoh dari sudut pandang kami sebagai calon pembeli produk rekan2 sekalian.

  10. Jangan berpuas diri dan jangan selalu bikin mptor ngikutin honda sama yamaha.. Jenuh lah motor nyungsep terus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here