iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…..masih ingat TVS Akula concept?. Motor yang pernah dipajang TVS Indonesia diajang GIASS 2016 ?. Body bengis ala supersport tersebut akhirnya sudah memasuki level masspro. Fakta bisa diendus dari Spyshot yang bertebaran di India. Namun tidak mengusung nama Akula…label berubah menjadi produk legendaris TVS yakni Apache RR 310S. Pertanyaannya….mungkinkah TVS Indonesia memboyong produk tersebut ketanah air secara motor cukup menggiurkan merupakan kembaran dari BMW G310???….

IWB sebut sebagai kembaran BMW G310 karena secara kasat mata terlihat banyak sekali komponen G310 yang dibenamkan pada TVS Apache RR 310S. Sebagai contoh adalah bagian suspensi serta knalpot. IWB juga percaya dapur pacu menggunakan common engine dari BMW G310. Sebenarnya fakta ini tidak terlalu mengejutkan mengingat kedua pabrikan memang memiliki kerja sama menelurkan satu platform produk untuk dua varian berbeda…..

So….jika versi naked dirilis BMW dengan mengusung G310….maka TVS kebagian versi fairing dengan label Apache RR 310S. Ok….sekarang kembali soal spyshot. Nah… Ketika versi konsep dinamakan Akula….maka untuk masspro diberi label Apache RR 310S. Ada beberapa poin menarik untuk versi ini yakni….

iklan iwb
iklan iwb

– LED dual keen eyes
– Dibekali DRL
– Sudah ABS (estimasi)
– Full digital Speedometer
– engine DOHC 310cc satu silinder
– Power kisaran 34 HP
– suspensi USD (common part BMW G310)
– Knalpot common part BMW G310
– Stop lamp LED dengan aksen cukup khas

Tidak tergali Di mana lokasi jepretan. Namun kita lihat motor sedang dites di atas mesin dyno. Artinya….besar kemungkinan besar kelahiran TVS Apache 310S tidak sak incrit maneh. Pertanyaannya….kalau disana sudah rilis….apakah TVS Indonesia bakal memboyong kuda besi ke tanah air ??…

IMHO cukup terbuka lebar kangbro. Hal ini berdasarkan hasil analisa masa Lalu di mana TVS berkali-kali ngeblast tentang Akula. Terus lek ora ono tujuane dienggo opooo??. Bener ora. So…IWB yakin TMCI (TVS motorcycle Indonesia) mempelajari secara serius ke arah sana Jika mereka melihat potensinya cukup besar jelas mimpi kehadiran motor dengan cc 310 ini akan terwujud…..

Last…. tantangan TVS membawa Apache RR 310S ke tanah air tidaklah ringan. Pajak yang harus ditanggung Apache RR 310 masuk kategori barang mewah sehingga konsekuensinya mengalami kenaikan hingga 125%. Lawong diatas 250cc cak. Kita tunggu saja Apakah TVS bisa melakukan efisiensi dan pemasangan prize secara wajar. Sebab bisa saja semua rencanakan diurungkan karena produk dianggap tidak affordable price. TVS RR 310S??. Idealnya berapa cak harga yang cocok? (Iwb)

82 COMMENTS

    • Dohc nya udah pasti overbore mengingat piston 250 tunggal, klo overstroke gak kebayang getaran mesinnya kayak gimana akibat jarak letup yg terlalu tinggi. Tapi mau 250 cc mau 125 cc, dohc mah harusnya overbore ekekekek.

  1. Kalau sudah di atas 250cc krn duit kebuang banyak maka setidaknya minimal 40 horsepower lah. Kerasa gitu loh dorongan motornya dgn duit banyak itu.

    • ekekekek

      kalo ini windshield terlalu overr jumbo
      beda ama punya sebelah
      terlalu minimalis dan gepeng
      kek pelindung telurr zaza

      ngaahhhh… ngahhh…
      ????

    • mendingan windshield kegedean daripada kekecilan, gede bisa di potong, kecil mau nempel kardus?

    • ekekekekek

      ente pernah lihat bebek jialing gak bro
      itu mesin sama plekk kek mesin
      C series punya honda .

      ???

  2. Motor india sebenarnya bagus, termasuk juga pulsar,, sayangnya di indonesia kurang populer… 3S jg susah..

  3. Di Indonesia mestinya bikin yg versi 250 cc

    Harga max 40 juta mungkin akan bisa bersaing..

    Imho

  4. Kalo misalkan masuk sini, udah merek india, satu cyl pula, mau nyasar ke konsumen mana? Mending ambil kawak punya

  5. Harga koq jauh beda Bmw G310spki 107jt, Tvs apache 310 kabarnya 50-60jtan, sama-sama Bmw-Tvs koq beda yo kobelyogas kobokyogays bingung nih

  6. weleh weleh,.. bleduken kang,..hehehe
    mugo2 ae ora mampir Indonesia sampek Indo gawe dewe,..hehehe

  7. Dibikin 250 cc aja buat indonesia,harga dibawah 35 jutaan,juga dilokalin indonesia

    • 310cc cuna 34hp bro…turunin 250cc malah jadi berapa hp..kisaran 28HPan…ga laku…liat aja ninja mono 28hp ma cbr 250 singel 29hp..ga laku semua..mending beli 150cc 19hp

    • ekekekek

      sayang sport ahaem
      150cc cuma mentok
      17ps ..
      pilihan 19 ps cuma r15
      dan gsxr 150 ..

      ngahh… ngahh…

      ????

    • Ya kelasmu mek 150cc cung…mana ada 250cc di bawah 45jt…ehh ada seh..r25 second cuma 39jutaan…yg recal 2x

  8. 310cc cuma 34HP sek di bawah r25 atau bos cbr250rr yg bisa 38.7HP mana kena pajek 125% dan ga ada dealer tvs di daerah2…ate di serfis de endi?

    • ekekek

      ya wajar power segitu
      yg 150cc tempelan risol saja
      cuma 17ps ..
      dibawah pigson R malahan ..

      ???

  9. CC segitu Kalau dijual keIndonesia dengan brand TVS aku rasa sulit dapat pangsa pasar karena harus berhadapan dengan brand jepang yang udah terkenal. Contoh seperti kasus bajaj pulsar, meski udah dibantu dijualin kawasaki, tetap aja akhirnya harus layu. Beda kalau dengan brand BMW, image brand eropanya mudah didapat meski dibikin di india. Ini terbukti dari strategi KTM, meski dibuat diindia tapi dijual diIndonesia imagenya masih bagus.

  10. Spek power bmw g310 cuma 32 BHP
    Kok bisa lebih gede yo kembarannya apa karena fairing ?

  11. jujur ya mas iwan, walaupun mirip dan common part dengan BMW G310, pasti secara durability dan quality terpangkas. karena pemikiran secara logis bila plek sama dengan BMW G310 tidak akan terjual dengan murah di India dan Indonesia (mungkin). Apalagi TVS sudah seperti motor rakyat di India, Kalo pasang harga mahal yang pasti tidak laku.

  12. Ini 1 silinderkan..Emang kayak gtu kalo motor silinder cuman satu kalo mau kalo mau ngejar setara motor 300cc atau 250 ya ninggiin cc biar powernya dapet bisanya kalo silinder tunggal lebih mentingin torsi ketimbang power..opini saya kalo salah bisa di koreksi jangan di bully

  13. Buat kobelyogas kobokyogays mah motor ini mesti dilihat pangsa pasarnya dulu, kalau positif laris baru deh beli, kobelyogas kobokyogays harap harga dibawah 60jt ciamik pisan 1 cylinder 310cc dan kobelyogas kobokyogays harap mesin tak seberisik 250cc 1 cylinder z250 & ktm

  14. Motor di atas 250cc sudah kena pajak mewah dan yg beli Rata-rata cuman orang berduit/punya gengsi
    Apakah orang berduit mau beli nih motor..
    ????

  15. Dan apakah IWAKBENERAN akan di karungin
    Karena sudah main klonengan ama yg punya warung………….??????

    • power 34bhp
      torsi 28nm
      harga dindia 1,8 – 2,3 laks.. ( yaa kira2 50 – 60 jtanlah)

  16. Pajaknya beneran 125% kang?
    Bukannya >250-<600 cc cuma sekitar 60%.CMIIW.
    Dijual harga 50an juta masih bisa lah

  17. ini spyshot udah hampir sebulam… pertama sy komen difpny ipan pertamax7
    wkwkwk

  18. kalo mau laku di sini silindernya tambahin lagi 1 😀

    kena pajek gede gitu tapi di asepin r25 sih terlalu

  19. Kawasaki sudah memikirkan 250 CC 4 silinder ini kok masih irit banget 1 silinder, tepuk jidat om

Comments are closed.