iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Ngelus dada cak…..tertegun saat IWB membaca kecelakaan kembali terjadi dijalur Puncak hari ini jam 10.30 pagi. Masih hangat di benak kita kecelakaan seminggu lalu ditempat yang sama dengan korban tewas yang lumayan banyak. Tapi kecelakaan yang baru saja terjadi membuat IWB terperangah. Di jalur Puncak desa ciloto Kecamatan Cipanas Cianjur merenggut korban lebih banyak yakni mencapai 11 tewas. Pertanyaannya…kenapa hal itu bisa terjadi?. Apakah ini bukti kegagalan proses KIR?…

Menurut informasi yang IWB baca, korban tewas mencapai 12 orang merupakan campuran antara penumpang mobil angkot, motor serta penumpang bis itu sendiri. Bis pariwisata Kitrans bernopol B7058 BGA menghajar Avanza Silver bernomor polisi B 1608 BKV serta setidaknya 8 pengendara lain yang bisa IWB jabarkan sebagai berikut….

– Toyota Avanza . Warna silver no. Pol B-1087-BIO
– Toyota Rush. Putih. No. Pol B-1672-PYW
– Toyota avanza . Silver. No. Pol B-1608-BKV
– Sepeda motor suzuki Satria. Biru. No. Pol B-6917-BHK
– Sepeda motor yamaha mio. Merah. No. Pol B-4503-BBI.
– Sepeda motor vario. Merah. No. Pol B-3370-BQG
– Sepeda motor vario. Merah no. Pol B-4503-BBI
– Angkot jurusan Cipanas-Puncak

iklan iwb

Ngeri tenan to cak…..bener-bener luar biasa ki. Apalagi melihat dari kondisi kendaraan yang ditabrak bisa dipastikan bis meluncur pada kecepatan tinggi. Terus apa yang terjadi ??. Menurut aparat kepolisian Kasubdit bin gakkum ditlantas Polda Jabar yakni AKBP Matrius dugaan sementara kecelakaan adalah tidak bekerjanya perangkat rem sebagaimana mestinya….

Dugaan dikuatkan dari beberapa saksi mata yang menginformasikan teriakan kenek lewat jendela bis bahwa rem blong satu kilometer dari kejadian. “Dugaan sementara bus mengalami rem blong. Satu kilometer sebelum terjadi kecelakaan kernet mengeluarkan kepalanya dari jendela sambil teriak rem blong…” seru Matrius seperti dilansir Tribun. Artinya kejadian mirip dengan kecelakaan seminggu lalu di sekitar tanjakan Selarong Puncak Kabupaten Bogor. Byuhhh….

Rem blong sebenarnya bisa dicegah jika kendaraan dalam kondisi fit. Untuk angkuta umum kinerja mesin, kaki-kaki, rem….semuanya harus dicek sebab taruhannya adalah nyawa orang lain. Namun harus diakui bahwa kadang pengusaha meremehkan menunda-nunda penggantian part dengan cara kanibal ataupun pembiaran jika ditemui part aus. Sing penting untung…kira-kira demikian. Diperparah kurang ketatnya uji KIR……

Tidak heran kita diseret pada pemikiran tersebut. Karena seperti yang kita tahu, tanggung jawab mengenai kelayakan kendaraan angkutan umum adalah instansi yang mengurus proses KIR. Jelas kecelakaan dengan kasus yang sama yakni rem blong adalah pukulan telak. Lawong uji KIR wae seringkali menggunakan calo biar cepet (intip disini untuk biaya dan tentang uji KIR). Lha ngene koq kon benerrrr….mawutt rekkk….

Last…..IWB berharap ada tindakan kongkret dari segala unsur agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Baik uji KIR (diperketat) serta edukasi pada sopir bus agar tidak ugal-ugalan. Ngeri pakde…kalau gini kita jadi was-was didepan bis atau truk. Jangan-jangan diseruduk ki. Kita bener…kendaraan 100 % sehat namun karena ketidak beresan kendaraan lain….nyawa terancam. Selalu berdoa dan keep safety riding. IWB juga Ikut berbela sungkawa terhadap keluarga korban dan mendoakan korban meninggal tenang disisinya.  Amin YRA. Innalilahi wainnailaihi roji’un……(iwb)

Video-video rekaman kecelakaan Puncak 30 April 2017

Advertisements

56 COMMENTS

  1. Turut berduka lek dari Malang.. mudah2an para korban husnul khotimah..
    Maut memang tdk kenal tempat…
    Sebagai introspeksi bagi diri kita masing2..

    Oiya.. biar komen di kang $$$ bersih
    Mari yg seneng BC produk.. awas. Nanti habis BC olok olok an.. keluar kata2 kotor.. nyawanya dicabut..kapok kowe..

  2. Turut berduka bagi korban semoga segala amal ibadahnya di terima alloh swt. Lek $$$ nopol vario sama mio merah sama yah B 4503.. korban sepeda motor kebanyakan dari jakarta bagian barat. Jadi was was juga lewat jalur puncak insya alloh malam selasa mudik lewat situ juga pake sepeda motor pula..

  3. Ya Allah..
    Dah merasakan gmana pedihnya kehilangan orang yg paling ku sayang pergi dgn cara Yg gak terduga.
    Smoga keluarga di beri letabahan dan iklas.
    Smua pasti kembali.
    Tgal tunggu waktu.
    Smua dah Ada garisnya.
    Dari itu stop bc
    Stop berkata kotor
    Apalagi cuma soal motor.
    Maut gak harus menunggu tua.

  4. Byuuh… ngeri tenan.
    Semoga tak terulang lagi yang seperti ini.
    Gak bayangke koyok opo panik’e wong2 pas iku

  5. Uji KIR kan hanya dalam beberapa tahun saja bang..tidak setiap bulan rutin diuji KIR nya..mungkin juga saat berangkat rem belum $$$$..pas saat macet sering meggunakan rem sehingga menghabiskan kampas rem sendiri..tapi sayang sang supir sendiri tewas.jadi tidak tau bagaimana bisa terjadi rem blong

    • Uji KIR itu tiap 6 bulan sekali…kalo belum pernah uji kir dan blm tau prosesnya kagak usah sok tau

    • Sudah sepantasnya Pemerintah yang harus bertanggung jawab untuk masalah transportasi , control hilang karena uang….. sebaiknya KIR dipercepat tiap 3 bulan sekali.

  6. Parah ini, sengaja perusahaan melakukannya buat tumbal agar perusahaan smakin maju dan pengusaha smakin kaya

    • Betul…bahkan ketika mobil nyenggol sepeda motor yg blm tentu korbannya mati…sopir malah mundur lg buat Gilas si korban biar mati sekalian..Krn kalo mati di bos keluar duit cm sedikit di sopir paling banter ditahan smiggu…kasih uang duka alakadarnya habis perkara..beda klo korban cacat di bos bkalan keluar duit cukup banyak…ini fakta pengakuan tetangga ane yg mantan sopir truk…sekali lg mobil truk bus itu adalah monster jalanan pencabut nyawa..Smkin Bnyk korban semakin sugih di bos perusahaan…

    • Buat tomcat klo kata supir truk aka ekapedisi lebih murah ganti rugi yg isdet daripada biayain yg luka palagi klo luka parah… Ujungnya duit, UUD tea

  7. Turut brduka buat keluarga yang di tinggalkan

    Ini udah bukan PR lagi buat pemerintah khususnya instansi terkait uji kelayakan kendaraan

    Harus dapat sanksi berat tuh oknum” KIR dan perusahaan” otobus yang nakal

    Seremm…..yang penting vulus sedangkan safety nomer 29

    Pernah denger dari sopir bis, kalo semacem rem blong d wilayh kya gtu……kendaraan laen ( biasanya motor) di jadiin rem nya buat ganjal……

    Mending korban satu orang ( motor) dari pada seluruh penumpang bus…..

    Ngeeerrrriiiii……

  8. Parah kang.. Mental bobrok yang udah membudaya.. Demi duit sepetak tapi akibatnya…??
    Maklum safety belum jadi yang pertama..!! So duit first.. Miris yaa..

  9. innalilahi wa’inailaihi rojiun…

    ingat saudara ku semuanya..
    yang seiman atau pun yg bukan seiman…
    setiap berpergian kemana pun jangan lupa berdo’a
    untuk yang muslim jgn lupa berdo’a kepada alloh SWT…agar terhindar dari segala marabahaya&selamat sampai tujuan…
    untuk yg non muslim berdo’a sesuai keyakinan masing2…
    ingat maut bisa datang kapan saja&di mana saja…

    KEMATIAN DATANG TIDAK MENUNGGU TOBATMU…

  10. Gue paling ngeri ma bus, supirnya ugal ugalan di jalan di kira jalan raya punya nenek moyang nya yg bagun.

  11. Semoga yg terakhir, korban meninggal dikaruniai tempat terbaik, keluarga korban senantiasa tabah, yg sakit lekas sembuh

  12. Uji kekuatan setelah penggunaan 5th disini ga berlaku … Terut berbela sungkawa kpd keluarga korban yang di tinggalkan ????

  13. Penjarakan supir & pemilik bus 20 tahun, mereka harus bertanggung jawab, biar yang lain takut kalau gak merawat busnya.

  14. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun
    Semoga husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah. Aamiin.

    • … ‘ Berdo’a selalu ketika kita hendak keluar rumah ! Baik hanya jarak dekat ataupun jauh … ! Insya Allah Ta’ala …

  15. Ass.istri sepupu saya dijakarta salah satu korban.beliau masih koma tulang kaki patah ,iga patah,pendarahan paru paru.minta doa kawan kawan semua agar beliau diberikan kesembuhan.aminm

  16. Sekarang memang lagi marak jasa angkutan pariwisata dengan menggunakan kendaraan bekas yang dijalankan oleh perorangan atau perusahaan kecil dengan julah armada beberapa biji (kemungkinan biaya perawatan minim). Sekitar tiga bulan saya dan rombongan (tiga Bus tanggung) semua sempat mengalami mati mesin saat tanjakan karena tidak kuat, bahkan ada yang berkali kali mati mati mesin. Saran: Carilah kendaraan yang masih bagus apabila ingin berwisata, terutama ke tempat wisata yang bermedan berat.

  17. Itu bisnya kalau nggak salah pake chasis Mercedes Benz 1526/1626 yg belum bisa dikatakan bis tua. Kemungkinan besar penyebab rem blong menurut saya adalah Human Error, ketika turunan sopir bis menekan rem terus menerus dan tidak memaksimalkan penggunaan engine brake dan exhaust brake…..

  18. Inalillahi wa inalillahi rojiun!
    Semoga yg luka cepat sembuh
    Yg meninggal keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan
    Amin ya rob

  19. larang ajalah bis lewat puncak atau jalanan bermedan berat, batesin kecepatannya mentok 50km/h..
    bis bikin ulah mulu

  20. Di daerah saya sering kali truk rem blong dijalan raya.. krn geografi sini yg pegunungan.. yang saya sesalkan kok bisa rem tu blong.. pdhal tu salah satu part yg dibuat paling kuat.. kalo perawatan sesuai buku manual saya rasa kecil kmungkinan tu rem blong. Aparat penguji kir spertinya jg harus memahami teknis mesin.. bkn cm hapalan.

  21. Lek ono pick up suzuki ireng F8312YA muat sayuran kok gak katut di tulis..neng fotone jelas ngguling mawut sayurane..

  22. Udah hopeless sama transportasi di negara kita ini. Udah banyak kejadian kecelakaan akibat bis rem blong, masiiiiih aja kejadian lagi dan lagi dan lagi. Kayak gak ada pembenahan gitu loh, perusahaan gak dibersi sanksi atau ditutup sekalian atau gimana kek gitu biar gak ada kejadian lagi.

    Au ah gelap sama negara ini, kalo kita gak mati dibunuh penjahat, ya mati kecelakaan di jalan raya. Saya selalu khawatir gimana nasib anak2 saya nanti…

    Saking keselnya tinggal di Indonesia, saya berharap kalo ada rezeki ingin tinggal di luar negeri aja yang sistem transportasinya udah maju, minim kasus korupsi, ramah anak, dll. Terbesit di hati untuk pindah kewarga negaraan saja, bahkan kadang saya pikir, saya gak bangga jadi orang Indonesia, malu.

    Apa yang bikin bangga jadi orang Indonesia? Sumber daya alam melimpah? Ogut gak nikmatin, cuma pengusaha dan pejabat aja yg nikmatin hasilnya. Pemandangan alamnya indah? Ogut gak nikmatin, let’s say mau menikmati alam puncak, harus kena macet berjam2 dan taruhan nyawa disamber bis rem blong. Mau ke Bali? Berapa persen pndduk Indonesia yg bisa beli tiket pesawat? Pendudk Indonesia baik dan ramah? Bullshit, ramah sama turis doang, inferior complex.

    Kebanggan jadi orang Indonesia itu semu, fantasi belaka, utopis. Realistis aja, ogut lebih bangga kalo jadi warga negara, dan tinggal di negara misalnya Jepang, Korsel, Australia, US, atau Eropa…

    Sorry jadi curhat, just my opinion.

  23. Itu pegawai dllaj yg gayanya kaya polisi sering mrlakukan razia..cm ya itu mrk cm minta duit..yg tonase berlebih, mobil dah bobrok aja bisa lewat..dosa tah

  24. Ujung ujungnya kabing hitam (korupsi serta berbagai kedoknya duit) kambing hitamnya nyalahin yg lain dllajr kir polisi sopir rem minyak rem dot3 ngak pernah dicek harusnya dot 4 , ujung2x duit, APA SETIAP bus trek yg akan dike puncak harus dijagain ?? bagi MTR Mobil ati2x bila didpn diblkng bis trek

  25. Menurut pendapat saya sebagai sopir om sebenernya bukan semata-mata kesalahan dalam uji kir walau kemungkinan itu bisa terjadi tapi sebenarnya yang sering terjadi adalah karena sopir kurang tau medan jalan apalagi dalam keadaan jalanan turunan panjang sopir masih menggunakan gigi tinggi jadi rem terlalu di fungsikan alhasil rem jadi panas dan akhirmya rem blong jadi saran saya bila mengemudi di jalanan menurun lebih baik main gigi jadi kita bisa sesekali melepas rem untuk mendinginkannya…

    Buat pata keluarga korban semoga di beri ketabahan

  26. Pemerintah lalai dlm pengawasan dan gagal menciptakan transportasi umum yg aman dan nyaman.
    Saran saya buat pengguna mobil, ambil cuti saja kalau mau liburan. Macet2an di jalan, desak2an di tempat wisata, apa nikmatnya?
    Buat pengguna motor, tolong sadari dan pahami, motor bukan kendaraan yg dirancang untuk jarak jauh semahal apapun motor itu. Apalagi jalanan dan perilaku kita di jalanan jauh dari kata ideal.
    Manusia hanya berusaha, tuhan yg menentukan.
    Turut berduka cita. Mari kita petik pelajaran dari musibah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here