iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….pertanyaan bagus dan berguna dilempar cak Egi yang sepertinya cukup bingung atas kondisi ban yang ternyata sudah expired. Hal ini berdasarkan tanggal cetakan tertulis di body ban yang doi beli. Pertanyannya….apakah benar ban ada kadaluarsanya ??. Berikut jawabanya…

Cak Egi dibikin bingung atas informasi bahwa ban yang doi beli sudah kadaluarsa. Informasi didapatkan dari salah satu bengkel saat melihat ban tanggal pembuatan ban. Berikut surelnya…

“Mas maaf nih saya mau tanya .. ceritanya kemaren saya ganti ban motor metik kesayangan beli ban nya di bengkel biasa ( pinggir jalan ) kebetulan abang mekaniknya lagi pada ga ada jadi ga bisa pasang di tempat akhirnya saya beli ban nya aja di pasang di bengkel lain…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Nah pas mau di pasang abang mekaniknya bilang ini ban kadaluarsa di lihat dari tanggal pembuatan nya yg di bawah logo SNI itu emang tertulis 0101 2012. Yang mau saya tanyakan apa benar ban ada kadaluarsa nya terus dampak/efeknya apa kalo saya pake itu ban soalnya ya udah terlanjur di beli dan udah di pasang di pake juga .. makasih mas ..

Nah…apik ki pertanyaannya. Apakah ban memiliki masa kadaluarsa dan apa efeknya kalau maksa dipakai ?. IWB akan langsung coba jawab…..

Secara safety jelas ada cak. Karena ban berasal dari karet…..kita harus mengganti ketika ban masuk kategori berumur. Produsen ban mencetak tanggal pembuatan bukannya tanpa alasan. Yakni agar kita selalu awas mengetahui umur ban tersebut. Terus kapan kita bisa sebut berumur ?….

Pada kodisi normal…disarankan maksimal 5-6 tahun harus sudah ganti walau patern masih tebel. Kenapa ?. Sebab walau tidak dipakai alias disimpan digudang dengan baik sekalipun…ban tetap terjadi penuaan (aging). Nggak hanya kita yang bisa tuwo, tapi ban juga. Hal ini akibat adanya proses pengerasan karet secara alami. Efeknya daya cengkram ban menurun saat digunakan. Braking ataupun akselerasi lebih beresiko…..

“Pada kondisi ekstrim karet retak karena usia….”

Gejala ini bisa sampeyan lihat dari kompon yang mulai ada crack alus….lalu karet keras tidak lentur. Pada mobil….karet yang sudah masuk masa uzur rentan pecah. Jadi bahaya puol pakde. Untuk motor mungkin tidak separah itu. Tapi resikonya adalah traksi jauh menurun dan kalau ban tubeless resiko bocor alus terbuka lebar. Belum lagi saat hujan….ban uzur ini membuat grip kurang maksimal. Dan yang jelas durability ban juga bakal lebih pendek. Lawong tuku (beli) ban wis tuwo cak…

Last….dengan alasan diatas IWB selalu sarankan agar sampeya ngintip tanggal pembuatan ban agar tidak mendapatkan ban yang sudah berusia tua saat beli ditoko. Jangan salah…sering lho bengkel menjual ban tua karena tersimpan digudang terlalu lama. Yah..paling nggak kita tarik mundur 6 bulan kebelakang baru oke. Sebenarnya ban secara teori tidak ada masa expired tapi sangat disarankan….demi safety, performa, serta kenyamanan…..usia jangan lebih dari 5-6 tahun. Buat cak Egi…kira-kira demikian yak. Dari sini wis clear durung ki? ……(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!