iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….warung ini memang luar biasa. Berkat dukungan sampeyan semua setiap gelintir berita ternyata dipantengin ribuan mata. Termasuk artikel yang memuat alat perubah arus AC ke DC bernama BlueBox (wis ora disensor maneh karena wis gamblang). Dan ternyata dari sana pentolan bengkel pembuatnya yakni L12 kontak IWB dan memastikan kiprok bluebox ini aman digunakan serta sudah melalui rangkaian uji coba. Hhhmm…menarik ki. Penasaran ?. Intip pernyataan resmi dan surel dari cak Rudi Suhendra tentang produknya….

Dear mas bro Iwan,

Salam kenal, saya Rudi Suhendra dari Bengkel L12. Maaf saya mau membahas berita tentang Kiprok DC L12 (Blue Box) yang merupakan produk hasil kreasi kami. Kami (Bengkel L12) bisa menjelaskan dan membuktikan secara teknik bahwa produk kreasi kami itu aman untuk digunakan.

iklan iwb

Sebelumnya lanjut menjelaskan masalah teknik tentang Kiprok DC L12 (Blue Box), saya rasa perlu sedikit cerita tentang latar belakang masalah nya.

Gini mas bro, kami Bengkel L12 sebenar nya pendatang baru di dunia Scorpio, dibanding Bengkel atau Club Scorpio yang sudah belasan tahun. Kami berdiri tanggal 9 Maret 2014, saat itu kami bertekad mengkhususkan diri untuk menangani motor Scorpio. Nach seiring berjalan nya waktu, sekitar pertengahan tahun 2014, kami mengetahui bahwa semua motor Scorpio yang akan ubah kelistrikan AC jadi DC Fullwave selalu menggunakan Kiprok Tiger dan harus ubah koneksi Spul (bongkar blok magnet nya). Saat itu lah kami berkreasi dengan mendesign rangkaian Kiprok yang bisa bikin DC Fullwave tanpa harus utak atik Spul, kami namakan Kiprok DC L12.

Inovasi kami itu jelas melawan faham para pengguna, club dan bengkel Scorpio lain yang selalu harus Utak Atik Spul dengan menggunakan Kiprok Tiger. Dengan tanpa utak atik Spul, maka pemasangan nya menjadi jauh lebih mudah, bahkan Newbie pun bisa pasang sendiri tanpa harus datang ke Bengkel….

Sebenarnya Kiprok DC L12 sudah mengalami beberapa kali perbaikan rangkaian, kita bilang nya Generasi 1, Generasi 2 dan sekarang sudah Generasi 3. Perbaikan rangkaian itu sebenarnya lebih pada memperbaiki batas tegangan Output Maksimum nya, di Generasi 3 kita batasi tegangan Output Maksimum nya adalah 15.4Vdc, nilai ini masih sedikit lebih besar dibanding batas tegangan Output Maksimum dari Kiprok Tiger yaitu 14.8Vdc.

Berikut ini Block Diagram Rangkaian Kiprok DC L12 (Blue Box):

Jadi prinsip kerja nya adalah merubah Kelistrikan AC menjadi DC Fullwave tanpa Utak Atik Spul dengan cara memanfaatkan (menjumlahkan) semua sumber arus Listrik dari Spul (Spul 1 dan Spul 2), tidak ada Spul yang tidak terpakai dan membatasi tegangan keluaran nya maksimal di sekitar 15 Vdc.

Arus yang dihasilkan adalah jumlah arus dari Spul 1 dan Spul 2, jumlah arus ini akan setara hasil nya dengan arus bikin DC Fullwave yang ubah Spul yaitu dua Gulungan Spul itu digabung menjadi satu gulungan Spul menggunakan Kiprok Tiger.

Batas tegangan yang sekitar 15Vdc itu kurang lebih sama dengan batas tegangan yang diberikan oleh Kiprok Tiger (14.8Vdc), dengan tegangan sebesar itu, aman untuk lampu (tidak akan bikin lampu putus) dan aman untuk Aki (tidak Overcharge).

Dengan gambar Blok Diagram itu jelas bahwa hasil kerja dari Kiprok DC L12 tetap tergantung kepada kondisi Spul sebagai sumber Arus (I1 dan I2), bila kondisi Spul sudah mulai lemah (arus yang dihasilkan kecil), maka arus keluaran dari Kiprok DC L12 nya pun akan ikut kecil. Namun bila arus dari Spul nya normal (bagus) maka arus yang dihasilkan pun akan besar.

Dan dengan tidak mengutak atik Spul, maka Spul tidak akan terganggu.

Nach yang namanya masalah kelistrikan bisa datang dari mana aja kan mas bro, bukan cuma dari Kiprok, misalnya Spul yang mulai lemah atau bila ada kabel yang koslet atau koneksi kabel yang kendor kenceng tentu akan menimbulkan masalah, kabel yang koslet tentu bisa bikin kabel terbakar walaupun pakai Kiprok Ori atau Kiprok Tiger, seperti listrik di rumah lah. Tentunya bila semua dalam kondisi normal maka pemakaian Kiprok DC L12 pun akan tetap aman.

Banyak pengguna Kiprok DC L12 yang sudah lebih dari satu tahun tanpa masalah berarti, saya sendiri sudah menggunakan di motor Scorpio saya sekitar 2 tahun lebih dengan kondisi aman terkendali.

Satu lagi mas bro Iwan, produk Kiprok DC L12 (Blue Box) Generasi 3 itu kami lepas ke pasar dengan masa garansi satu bulan, bila sudah bisa melewati waktu satu bulan tanpa kendala itu artinya rangkaian Kiprok tidak ada masalah. Untuk melengkapi cerita saya berikut ini saya kirim link fb yang berisi video pengukuran oleh pengguna dari Mukomuko Bengkulu dan juga review tentang Kiprok DC L12 oleh pengguna dari Wonosobo:

https://www.facebook.com/groups/1441779819443694/permalink/1841496392805366/

http://khoirulimamudin.info/tag/kiprok-dc-l12

Satu lagi, cerita Kiprok DC L12 dihancurin untuk dilihat isi nya itu sudah terjadi beberapa kali. Mungkin mereka ingin tahu apa isi nya dan mungkin mereka berniat untuk bikin produk yang serupa, jadi menurut saya Kiprok DC L12 itu dihancurin bukan karena rusak.

“Rudi Suherman bengkel L12….alat dipastikan aman…”

Yup…itulah klaifikasi dan pernyataan dari bengkel L12 perihal kiprok blue box. Jadi menurut kang Rudy, semua sudah melalui serangkaian uji coba secara mendetail. Kiprok sendiri menurut mereka telah hadir cukup lama. Terus kenapa bisa terjadi beberapa keluhan?. Dan apakah memang ada persaingan bisnis seperti yang dicurigai pihak bengkel ??…

Soal itu IWB ora melu-melu…ogah ikut-ikutan. Sebagai biker & Blogger IWB hanya ingin semua puas dan tidak dikecewakan. Saran IWB pada bengkel L12…untuk mencegah adanya isu liar…monggo dibantu para biker yang sekiranya ada keluhan saat menggunakan kiprok bluebox supaya tidak meruntuhkan image bengkel. Jadi jangan santai cak apalagi kalau sudah menjadi viral. IWB sendiri berikan apresiasi atas sigapnya bengkel yang langsung merespon artikel IWB. Juozzz gandozzz sampeyan !…

Last….dari artikel dan penuturan diatas bisa dipastikan bahwa alat kiprok bluebox aman menurut pemilik bengkel dan bisa dipertanggung jawabkan. Sekarang tinggal IWB serahkan kesampeyan untuk menyimpulkan sendiri. Jika ada yang kurang jelas sampeyan bisa kontak langsung ke cak Rudy di fanspage L12 diatas. Semoga berguna…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleARRC SS600 : Dunia berang atas diskualifikasi Anthony West….FIM Asia keluarkan surat !!!
Next articleHonda new Scoopy FI 12inch resmi dirilis di Jawa Timur & NTT. Berikut banderolnya….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!