Iwanbanaran.com – Apes cak…sepertinya konsumen Kawasaki di India akan memasuki masa kelam akibat efek dari putusnya kerjasama antara Bajaj-Kawasaki di India. Konfirmasi Kawasaki yang ingin mengakhiri aliansi keduanya resmi diputuskan per tanggal 1 April 2017. Informasi yang sudah menjadi viral di India ini akan membuat posisi biker disana dirugikan. Lhooo….piye maksude ki ??…

Resmi per 1 April 2017 kerjasama aliansi antara Kawasaki-Bajaj di India berakhir. Keputusan membuat seluruh jaringan Kawasaki bersama Bajaj juga selesai. Padahal selama ini seluruh network penjualan dan servis produk Kawasaki seperti Ninja dan Z series dikelola Bajaj….

Dengan keputusan tersebut Bajaj mengalih fungsikan seluruh dealer yang sebelumnya melayani produk Kawasaki dengan KTM (Duke & RC). Bajaj menegaskan akan fokus pada brand KTM serta Probiking (sebelumnya menjual produk Kawasaki bersama KTM). Untuk retail shop terakhir resmi juga mencoret produk Kawasaki….

Bajaj menegaskan jaringan hanya akan menjual KTM brand secara eksklusif alias tidak melayani produk Kawasaki. Untuk service, spare dan sales geng ijo dialihkan secara penuh pada IKM (India Kawasaki Motors). Keputusan ini jelas menjadi mimpi buruk konsumen Kawasaki di India sebab jaringan IKM tidak seluas Bajaj….

Yup…IKM hanya memiliki 10-15 dealer di seluruh India. Bandingkan dengan Bajaj yang diatas 300-an ditambah dealer KTM. Konon dengan keputusan pabrikan banyak biker konsumen dari Kawasaki mengungkapkan rasa kecewa dan kebingungannya mengingat produk Kawasaki cukup banyak disana seperti Ninja 300, Ninja 250, Z250, Ninja 650 dll…

Last….kasus Bajaj-Kawasaki mengingatkan kita pada kegagalan Pulsar 200NS yang saat itu dipercaya bersama KMI namun gagal dipasar. Apakah keputusan karena ada implikasi dengan kasus diatas?. Tidak ada yang tahu. Tapi IMHO sedikitnya mungkin ada pengaruhnya. Kalau sudah begini…..yang jadi korban tetaplah konsumen. Apes tenan pakde…nasib-nasib…..(iwb)

Advertisements