iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Jadul pakde…asli IWB terperangah saat jalan santai menyusuri jalanan Johor Malaysia karena nangkring motor bebek 2 tak legendaris yang sangat IWB kenal. Motor yang pernah IWB geber mentok dari Tulungagung Kediri balapan dengan Yamaha FiZR ini termasuk masih seger. Ediannn tenan…..

Di Malaysia, motor 2 tak Suzuki ini mengusung label Suzuki Best RR. Fisiknya yang renta mengingatkan IWB saat masih muda. Maklum cak…dijaman¬†1990an yang ngetren 2 tak. Sampeyan nunggang bebek 4 tak pasti di ceng-cengin…..waaahhh, motor bapak-bapak kiiii. Opo ora semprul tenan jal…

Nah…Suzuki saat itu merilis Crystal dalam dua versi yakni standart dan Tune. Khusus versi standart yang paling kentara ada pada knalpotnya yang berbentuk pipa memanjang biasa. Namun untuk Tune…..knalpotnya wis model “telo”. Jadi model racing sehingga lebih ganteng…

iklan iwb
iklan iwb

Soal mesin…IWB pernah geber-geberan akselerasi memang agak kedodoran melawan Yamaha F1ZR. Tapi kelebihan Crystal adalah mesin 2 taknya yang anti drop saat digeber mentok berkilo-kilometer. Sedang FIZR kalau sudah panas langsung melempem cak….

Pada final gear saat top speed meraih 115 km/jam contohnya….kalau sampeyan pentokin terus pasti akan mundur ketika mesin panas. Top speed turun dan pada puncaknya jika dipaksa mesin bakal ¬†mati sendiri. Tapi ora usah kuatir….

Obatnya tinggal diamkan beberapa menit agar mesin adem. Semua normal kembali saat mesin wis dingin. Tinggal starter mesin langsung hidup. Sedang Suzuki Crystal, entah kenapa gejala overheat jarang terjadi. Mengusung embel-embel Jet Cooled….cooling system lumayan mumpuni. Manteng rekkk…gas mentok sampai 20 km ora drop blas….

IWB pernah balapan top speed hingga nyebrang kota mesin anteng aja. Tidak menyangka euy di Malaysia juga ada. Saat-saat merasakan sensasi mesin 2 tak kadang memang ngangeni. Sayang….semua tinggal kenangan kangbro. Btw….ada yang punya kenangan serupa nggak nih dengan Suzuki Crystal ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

34 COMMENTS

  1. Nk malay akeh kang ngunu iku,ak tau neme astrea 800 jan sik anyar,sing due wong tuwo. Jare kabeh isik orsinile

  2. Dimalaysia beda lek simtem koplingnya.ngidupan cara dorong gak bisa(blusut).sistem kopling berubah saat keluarin RG120(satria 120).sistem kopling apa namanya itu lek kok blusut?

  3. eeeett betol sekali….fizr gak tahan lama di kitiran atas…mesin panas…langsung mati…kuat tp tdk tahan lama…(pernah punya f1zr)

  4. Busyeet. Cristalku yg tipe standard dulu pernah digeber sampe top speednya 140 km/jam on speedo. Pokoke gl pro & force one lewat.

  5. ha ha ha. iki kenangan motore koncoku sing ndablek dewe, lak numpak ngebut, beluk e ngebul, helm e cibuk. rokoane surya 12.

  6. Betul, F1ZR memang gitu kalau digeber top speed terus langsung ngempos dan mati mendadak mesinnya. Didiemin bentar hidup lagi tp masih ngempos tenaganya

  7. Bukan mainan ngebeha ini mah wkwkwk.
    sempat merasakan bawa crystal di track gang senggol pas jaman SMA dulu. Bejek dikit motor berdiri kyk kuda karena base motorny pendek. Pernah bawa bonceng 3 di kecepatan 125 kpj on speedo anteng aja. Kelebihan fizr adalah tarikan awal nampol dan lebih stabil untuk nikung.

  8. Sya dlu pake Suzuki tornado GS 110 lek, memang jos gandos mesinya, sama kayak punya Cristal tu, knalpot dan mesinya, cuma klw tornado sudah full crom knalpotnya, soal mesin gak usah di ragukan, jos gandos dehhh, sampai skrang masih jlan baik motornya, gak pernah mogok apa lagi mati mendadak, spesial 2 tak dari Suzuki emg josss !!!!!

  9. Lol, ia mas iwan. Sampai awal millenium pun, yg bawa 4tak pasti dikatain motor bapak2. Beralih munculnya matic awal2 dl, dikatain motor cewek. Gengsi kalau bawa matic dl mah. 2stroke forever lah pokoknya.

  10. Aku pernah mantengin SuCris ini sampe 120 km/jam.. Seperti terbang cak..! Asli.., Motor.nya ringan bgt. dan Lari.nya mirip setan…!

  11. Teringat temen waktu smp dulu,punya motor beginian,sayang dia meninggal kecelakaan Waktu berangkat sekolah

  12. Montorku jaman skolah biyen lek, knalpot telo, sing di bonceng podo udur,kecipratan oli, klambine mbekas plenik2 ireng,,,, ,

  13. Yayaya… buat geber2an F1ZR prlu sdikit diborosin bensinnya biar mesin awet adem. Ya maklum motor dirancang buat mbak mbak dan emak2 ke pasar tp kaum laki pda gatel naikin mpe njengat njengat

  14. Pernah punya masku tak geberin sampe jepat koplingnya lek. Tapi emang kenangan motor 2 tak tak lekang oleh waktu (eaaa)…

  15. dulu cuma punya tornado Gs 110.
    sayang unitnya bekas modif jadi gak enak mesinnya.

    tpi pernah saudara bawa tornado Gs110 limited edition unit standar. ini motor enak akselerasinya ngegleser, colek gas dikit udah maju.

    tpi ane akuin dari dulu ampe skrng F1ZR bebek paling ganteng, skrng kalo ada unit standarny pun ane sering kesengsem.

  16. Aq masih punya kang suzuki cristal standart 92….pengalaman dulu pernah jatoh pas lagi lari kenceng,sampe peleknya jadi angka 8 bentuknya….tapi udah di rapiin lagi motornya.
    Kejadian sekitar taun 2001
    Alhamdulillah motor masih tersimpan rapi sampe sekarang…masih di pake bokap.hahahahha

  17. jirrr motor saya waktu masih rambut belah dua ini…

    dan inilah motor yang bikin badan saya sobek2 karena 2 x ndlosorr

  18. ALL NEW SUZUKI CRYSTAL 150cc DOHC INJECTION (REBORN)
    Nantikan terlahir kembalinya sang bebek legendaris dg teknologi mesin kekinian!!!

  19. Saya punya Crystal hanya sebenatar doank lek, sebelumnya pakai RC100. Ni motor emang ringan banget, kalo ngebut kayak melayang, dibejek dikit langsung nyentak. Asli ini motor setan!

  20. lagi nyari sprepart crystal malah nyasar ke warung lek iwb..

    ni motor larinya lumayan..
    0-40 lemot..
    40-120 cepet bgd..
    blm pernah dpet top speed

    tua2 tapi aksel menengah smpe topspeednya ngangenin

    tapi.. ngeri remnya tromol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here