iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…siapapun pasti cekot-cekot dengan ulah komentator ngawur. Sradak sruduk berusaha menjatuhkan produk bahkan Blogger hanya untuk membela sesembahannya…mereka itulah yang sering kita sebut sales. Namun benarkah demikian?. Apakah mereka benar-benar “sales” yang sering kita tuduhkan?. Dilalah…rasa penasaran tersebut dijawab oleh sales asli. Berikut penuturannya ke IWB….

Pagi Kang Iwan..
Perkenalkan dulu nama saya
DSA (IWB samarkan)
Alamat jl. ****** (IWB samarkan)

Kebetulan sekarang masih bekerja di ***** Motor *****, jabatan koordinator sales. Saya kerja mulai tahun 2005 sampe sekarang. Saya sangat paham karakter dan perilaku temen2 sales di hampir ******. Baik itu diler honda, bbrp yamaha, suzuki..

iklan iwb
iklan iwb

Temen2 saya se ******juga lumayan banyak mas. Baik diler maupun main diler. Temen2 leasing ***** juga lumayan banyak mas. Langsung saja mas.. ke poin yg berkaitan dgn fansboy atau bbrp yg menuduh “sales”..

Sepengetahuan saya, sales mempunyai karakter lgsg ke lapangan, jadi sangat jarang bermain di medsos. Dari org2 sales baik mulai salesman sampai sales supervisor di main diler saya liat sangat2 jarang update ke medsos. Kalopun update mereka hanya informasikan ttg produk atau program mereka.

Dari sedikit sales tadi, medsos yg mereka punyai dan update jualan hanya fb. Kedua instagram.. itupun sangat jarang. Kenapa mereka jarang aktif selain karena sibuk dgn lapangan, medsos bagi mereka masih sangat tidak efektif untuk jualan. Dan tentunya mereka punya alasan2 “tertentu” lainnya.

Apalagi kalo disuruh komen2 ke page.. waduh..terlalu ga ada gunanya bagi mereka.

Kesimpulan saya:
1. Akun kloning trsebut bukan atau sangat jauh dari pekerjaan seorang sales/penjual/mekanik diler/org2 operasional diler.
2. Bbrp yg saya temukan, ada bbrp fanatis merk nya adalah:
-penggiat medsos: komunitas, blogger, bbrp org leasing, marketing principal dan malah kemungkinan besar memang terkoordinir.

Saya tidak dapat memberikan data yg akurat. Karena tidak trlalu penting buat saya untuk kumpulkan data itu tadi. Sukses buat mas iwanbanaran. Salam kenal. Kalo ada acara di kota ****** silahkan hubungi saya ato mampir2 rumah monggo.. terbuka buat njenengan

Nahhhh….iki baru sales beneran. Kalau yang komen mungkin sales gadungan alias jadi-jadian. Cukup menarik penuturan yang disampaikan cak DSA dan sepertinya memang demikian pakde. Selama ini kita semua menyebut fansboy sebagai sales. Padahal sales force rata-rata dilapangan dan tidak utak-atik internet. Terus pertanyaannya…yang getol komen diwarung penggiringan opini serta sampluk-samplukan ki sopo??….

Bisa jadi mereka biker biasa yang memang fans berat atau buta merk. Yang kedua seperti penuturan cak DSA…..mereka juga terbuka sebagai tim yang terkoordinir diseting untuk melakukan hal itu. Weleh….bikin penasaran pakde. Apakah bener ?. Tentu hanya mereka yang tahu. Kalau IWB sendiri sih menganggap komentator demikian adalah buat seru-seruan. Mungkin lho ya. So…komen adu debat nggak berkesudahan?. Hayooo..sales ora trimo kuwo cak. Koyone ganti sebutan ojo sales. Tapi piye kalau kita ganti sebagai “jomblo merana”….cocok ora cak ?. :mrgreen: . kaburrrrrrr…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

139 COMMENTS

    • Darmo Cs mah paling anggota komunitas mongtor bebeks/skutik/semprot cungkring yamaho kalo lagi seliweran rame” dijalan sok nutup”jalan jadi penguasa, padahal pajak motor juga nunggak tu,, ekekekek ?

    • Bisa sales atau mungkin vendor bayaran pabrikan yang kerjaannya nongkrongin web dan menggiring opini publik. Kalau ga salah udah pernah dibahas di warung sebelah.

    • Mbah darmo — bakul anak pitik warna warni nang sekolahan SD. Jarang komen nek isuk. Mbengi ki ora komen , berarti ngelembur masang genteng.?

    • Sangat masuk akal lek..kemungkinan besar emang komunitas atau emang yg dikoordinir.
      Kadang ane baca dikoementator detik, saling serang antara fb ios sama android. Ane kira mirip lah kejadiannya. Bukan sales kayanya

    • Wekawekaweka… mbah gemblung bukan jomblo merana tpi penganguran akut… liat aja komentar slalu muncul diawal dan ngereply…???

    • Paling menjijikan itu TRANS7.

      seneng bgt menggiring opini.. Dan aktif bgt team nya bikin video2 Hoaxs di Youtube..

      FBY militan.. Keras.. Karna otaknya tuhh ketusuk garpu karat..

    • astagfirullah, cuma gara2 pabrikan merk motor yg disukainya disentil oleh media, sampe segitu mengumpat keburukan. beginikah otak orang indonesia sekarang membela sampe mati merk motor? #miris

    • Kyag sales di atas memang sales yg profesional ,,ngk kyag darmo dkk sales gadungan fans boy buta klo bhasa keren nya ..

    • itu sales daerah mana ?
      mana tau sales daerah laen, indonesia luas bung
      jadi jgn hanya karena suatu daerah bisa menyimpulkan begitu

    • oknum it mah lek, hehehe
      Daripada pusing,
      Yang mau kredit Daihatsu, Nissan dan Datsun sini ane bantu, Datsun angsuran mulai 1,7jt’n nih
      Atau yang mau kredit mobil bekas bisa pilih sendiri unitnya nti ane bantu prosesnya (usia kendaraan maksimal 10 tahun yaa)
      Info lebih lengkap cek di kreditmobildepok.blogspot.com

    • sok lugu semua, itulah fungsi tim SWAT, bener jd salah, salah jd bener. Gitu aja dipusingin. wong cm dagelan komen.

    • Ini semua soal pride, yang merasa motornya keren pasti mudah sekali jadi lebay, sy mah nggk mengelak klo sy jg pernah, dijalan pun sy akui pernah merasakan “tak sudi di kalah” klo di ajak main kejar2an apalagi sama motor matic (yg penting bukan gua yg mulai). naik motor fairing sering banget di pancing2 balapan ckckck.

      Emang solusinya satu aja yaitu dngn meniadakan tmpat komentar, tpi nggak usahlah, biarin aja gini truss 😀

    • Sales pekok mw ngeles ky bajaj…
      Org mw cash kena upping price ???
      Org gk mw kredit diuber-uber…

      Catat omongan sy, n balikin ke sales pekok tukang ngeles

  1. Iya juga kang, kayaknya gak mungkin sales, salex sibuk aksi dilapangan sebar brosur dll. Gak sempet comeng di sini

  2. Lho kok gitu kang?
    Yg bikin kisruh itu bukannya sampeyan dewe.
    Makanya kang gawe berita komparasi diluar merk honda ki kudu gamblang.!!!

    • Bener banget mas bro saya setuju saya silent rider baca iwb sejak 2011 beda dulu beda sekarang gak tau apakah karena bayaran honda, hanya tuhan dan iwb sendiri yang tau

    • Nah kalo merek yg satu anti kritik?merek yg satu anggep bloger gak penting?gak ngasih akses informasi?gimana mau berimbang???

    • Jujur aja ane beli aerox 155 karena baca blog kamg iwan,itupun beli sesuai kebutuhan bukan karena fans boy,dan bentuk nya emang sesuai selera,cc gede.ane gak beli karena baca blog triatmono,males juga tulisan nya tendensius banget

    • Jadi pembaca/silent reader jg ga salah mengeluarkan unek2nya. Blogger jg ada pembelaan diri masing2. Para pemirsa juga ikut meramaikan blog dgn bc an dan penggiringan opini dan juga blogger juga ikut andil besar dalam penggiringan opini. Ada nya fans fanatik ?? Biasa ajah. Ada yg terkordinasi ??? Namany juga bagian dari sales marketing. So….. ??? Happy ajah dan berjiwa professional. Asal jgn munafik dan pekok.

    • To: the kentucky kid
      Gak sekalian blognya mbah dukun satar om? kebalikannya triatmono tuh tapi sama” tendensius.. ??

  3. Hwahahaha, bung DSA ada benernya…
    Namun tenaga sale force di Indonesia kan banyak….
    Kan g bisa disamain strategi jualannya…
    Imho lho ya, bung DSA g usah mumet ngadepin BC dimari yg nyudutin korpsnya.
    Bawa santai aja..

  4. Saya sebagai pemerhati otomotif dinegri ini cukup miris kalo melihat perang komen disetiap artikel.

    Harusnya mereka pamer kelebihan produk dg menggunakan bhs teknis,bukan malah debat kusir.
    Salam smart

  5. Sekarang yg asyik buat seru2an cuma tinggal mbah darmo kang….lawan2nya mbah darmo kurang asyik bahasanya….???

  6. Dia kan koordinator… paling ketemu para “salesnya” breafing pagi dan laporan sore, nah dr setelah breafing sampai laporan sore kan ga tau para sales bener2 kanvasing (keliling cari nasabah) ato hanya nongki2 di warkop (nunggu nasabah) wkwkwkwkwk
    #sytidakmemdiskreditkansales

  7. Bukan sales tapi rutin dan rajin penggiringan opini tiap artikel terbit..
    Mungkin pembaca termasuk saya mengartikan mereka sales karena emang kelakuan mereka gak beda sama sales, cuma profesi mereka yg sebenernya mungkin emang bukan sales lapangan, tapi bisa disebut tim pembodohan dan penggiringan opini konsumen sewaan ATPM atau emang ini perusahaan yg berhubungan langsung dengan marketing division pabrikan..
    Coba tanyakan ke orangnya langsung lek, ada Mbah Darmo sama Matteo yg komennya bikin ngakak sampai jengkel.. ??

    • @ibha, bener juga sih jalan pemikiran anda sinkron dengan akal sehat saya sebagai konsumen pemerhati otomotif R2, memang ini ciri khas di warung tertentu dan bisa saja peluang besar untuk menjadikan warung ramai salah satunya dengan menyewa beberapa orang untuk komen setiap artikel agar mengundang animo pembaca dan ikut-ikutan komen, dan semakin penasaran apakah ada balasan komen dari orang lain dan tertarik selalu membuka warung itu ber-ulang kali, otomatis pendapatan dari google adsense semakin meningkat dari penghasilan blog + video youtube + kepercayaan pabrikan untuk meng-iklankan produk + bonus unit pinjaman testride motor baru + jalan-jalan sambil meliput agenda pabrikan dan masih banyak lagi

  8. Sales kan jual barang yang ada di dia..
    gak ada untungnya blehhh

    walaupun merknya jadi lebih laku dikit, kalo belinya gak sama dia yaaa gak ada untungnya

    lagian ni BCer-BCer macam darmo dll kerluarnya 24/7

    emang orang kaya darmo kayanya pengangguran, anak sma, atau mahasiswa yang gak kelar2

  9. Udah basi kang
    Hal seperti ini bukan hal baru
    Saat dmn ada orang yang menjelekan satu produk pasti ada yang membela produk itu
    Bukan cuman di dunia motor kang hal kaya gini
    Dan mereka itu jelas” bukan seles, cuman orang iseng yang ga ada kerjaan
    Yang jelas berkat mreka suasana jadi rame
    Dan 1 yang penting MS itu bukan mereka yang menentukan
    Motor A atau B laris itu pabrik yang menentukan
    Harga teknologi fitur dan desain yang paling penting
    Orang sekarang dah pinter kok
    Jadi bisa milih sesuai selera
    1 lagi di dunia ini ga ada yang sempurna
    Semua ada plus minus nya
    Walaupun itu barang mahal sekalipun
    Wkwkwkwkwkwkwk :v :v
    Monggo di lanjut para jones merana :v :v

  10. Daripada debat kusir tak berujung gimana kalo mbah dharmo dkk kita aja kopdar aja.
    Gimana mo setuju kan, berani ndak?
    Ditunggu konfirmasi bisa atau tidaknya!

  11. Jgan selalu memojok.kan mbah dharmo..beliau rekan seangkutan dan sejawat saya.
    Tanpa beliau,kita tdk akan merasa terhibur kawan.
    Jadi please,be smart.
    Salam smart.

  12. Saya biker biasa
    Apapun merknya klo bagus saya bilang bagus
    Klo jelek ya bilang jelekk.
    Klo produknya penyakittan yaa bilang busukk ???
    Gitu aja ribett.

  13. Ah moso sih? Ane mah kaga peduli lah soal yg komeng2 sales2 asli / gadungan atau malah siluman, yg penting fansboy itu suka nya merk sendiri dan selalu ngejelek2in merk tetangga, klo itu memang sih sekaran udah berakar kuat mental yang kaya gini, yang jelas mental kaya gini bikin negara kesatuan RI kagak maju2 !! mental nya suka sama yang serupa (misal: sesama golongan, sesama ras dan sesama agama tapi untung ga sesama jenis kelamin) dan langsung benci kalo beda dengan dirinya. Padahal kalo dilalah itu merk2 juga bukan buatan lokal negara RI kan? Buatan orang luar RI semua kan? Tapi kalian saling membanggakan produk kesukaan kalian dan menjelekan produk lain (yang juga bukan produk asli buatan RI) dalam hal ini ane bukan bermaksud mengaitkan hal ini dengan produk2 luar yg rakitan di dalam negeri RI ya… maksud ane itu merk yang sudah bercokol di sini sekian lama (seperti penjajah) dan kalian tanpa sadar menggendutkan kaum kapitalis yang sekarang para ceo, petinggi-petinggi serta kaum elit mungkin lagi minum2 di bar dari duit cicilan motor kalian yang kalian bangga2 in tuh… kasian deh lu.. ribut2 di sini tapi ceo nya yg pada beda merk lagi mabok2an di temenin cewe penghibur.. haha mental anak kecil yg gak terima sebuah perbedaan adalah suatu hal yg bisa diterima, pengennya selalu menang sendiri dengan menjegal produk / merk yg lain, kalaupun memaksakan kehendak dan terbukti memang produk / merk yg lu bangga2 in memang paling bagus trus lu dapet apa? Penghargaan ? Harga diri? Kony*lll !! Kaga ada lha.. duit balik aja kaga!! Kalo memang dengan cara ngejelekin produk lapak sebelah (yg merknya masih dari negara lain pula ckckck..) trus lu dapet diskon 100% buat next item masih mending lah ini kaga kan?

    Terkecuali kalo pemikiran supaya produk di tempat ane kerja bisa laku dan ane bisa dapet komisi banyak karena laku ya ini beda cerita.. ini namanya mental persaingan katrok, gak bisa nerima kalo produk sebelah lebih bagus tapi tetep maksa bagus2 in produk sendiri plus jelekin sebelah… ya ampun mending lu pindah jadi sales sebelah cuk… dari pada ngaku2 kerja halal tapi ngejelekin tetangga.. emang halal kaya gitu?

    Coba deh lu pikir2 lagi kalo memang lu kena ama hal terakhir ini berarti ya memang mental lu bakal selamanya gak sanggup untuk di beri posisi top atau next level, bandingin ama para ceo produk yg bersaing satu sama lain, menelurkan tiap produk tapi selalu di susul produk merk lain dengan persaingan sehat (bukan kartelisasi ya, karena masih aja ada yg nuduh kartelisasi… ckckck lagi2 mental katrok nih, nuduh sembarangan tanpa ada data atau bukti yg bersifat riil / fakta -__-“) selalu bermental : CONTOH ya.. konsumen butuh apa? Keyless oke tambahin keyless, merk sebelah butuh apa? ASD, USD, Hazard dll sok kita tambahin.. merk satu lagi butuh apa? CC lebih plus Desain.. oke kita bagusin desain tambah cc walaupun desain itu selera ya…

    Jadi yang mau gw sampein perhatiin konsumen lu minat butuh apa nah lu bantu kasih pengerahan yg memenuhi kebutuhan dia kalopun dia gak jadi beli gak masalah.. katanya lu percaya “kalo udah rejeki mah kaga kemana-mana” dengan mental meneliti, mendalami, mengahayati keinginan konsumen gw jamin karir lu pasti maju koq kalo lu sales pasti cepet jadi SM bahkan nanti punya start up sendiri kan?

    AMIIIIN

    Salam Indonesia Maju Terus
    Serta
    di dalam
    damai sejahtera

  14. gilee.. baru kepikiran, kali aja ada sales asli yg nulis ke kang iwan tentang masalah FB FB-an, ternyata bener..

  15. saya rasa itu opini pribadi mas Iwan bukan sales atau profesi lainnya, mungkin orang pribadi yang fanatik brand tertentu karena kebetulan motornya brand itu, lalu saling koment negatif saling menjatuhkan brand lain dan memuja muja brand kesukaannya dan komentnya berkesinambungan.
    manusiawi sih klo bangga sama produk yang iya beli dan akan cenderung menganggap brang saingannya ada dibawah brand kesukaannya, asalkan analoginya logis san tidak membabi buta sih sah sah saja adu argumen yg penting sopan dan tidak rasis apalgi pake kata-kata kasar dan menyakiti.
    profesi sales dan marketing itu pekerjaan yang mulia kok tanpa sales dan marketing kita sulit untuk bertanya bahkan mau beli produk kan juga ke salesnya.
    saya bukan sales / marketing saya seorang pengusaha tapi buat saya sales itu pekerjaan yang mulia dan halal Insya Allah selama sesuai jalur yang benar.
    Good Job Sales/marketing tanpa Anda-Anda kami sebetulnya kesulitan dalam membeli produk.

    • Ya sales mah pasti mendewakan produk yg nggaji dia bro..kalo beli barang mah jangan dengerin sales…kecap no 1 semua judulnya

  16. mungkin bukan sales, tapi pekerjaan baru yg kerjaanya bikin rusuh blog…. berusaha menggiring opini…. sama hal nya kaya pilkada… ada yg dibayar buat giring opini

  17. Kayaknya sebagian memang terkkirdinir aka komengtator bayaran. Lihat, sebagian ada yang muncul dijam kerja saja lek. Sisanya ngilang

    The original komengtator

  18. Jomblo batukmu kuwi ambles!
    Bojoku siji
    Justru bojo amek siji iki sing nggarai, waktu liyane maleh gawe seru2an di blog
    Cubo bojo papat lak sengkleh gak onok waktu
    Yo makane seneng nggawe batuke bloger kobong
    Wkkkkkkkk sepurane ae cak lek sampek gsk kuwat
    Kaaaabbbbbbuuuuuuurrrrrr

  19. sales counter kan kerjanya juga nyantai di dealer. cuman pas ada pelanggan aja baru sibuk. kalau ga ada pelanggan langsung buka komputer, buka iwb dan bacot jas jes jos.

  20. Whatever lah. Merek H dan Y pakai mode kartolo.
    Mereka yg bc dan penggiringan jg nantiny akan mencerdaskan konsumen atau sebaliknya. Menurut ane sih biasa aja. Atur aja dah. Asal jgn mewek.

  21. Jangan jangan kita semua orang bayaran dari yang punya blog, biar rame terus blognya terkenal, terus yang punya blog jadi kaya dari iklan yang nempel diblognya wkwkwkwk

  22. Lah kan ada sales counter juga mas…

    “Lapangannya” ya di dalem dealer, dibelakang meja…
    (maaf, hanya contoh) misal ada dealer/marketing berani upping price produk, pasti bikin tim khusus buat jatuhin image lawan bisa doong…

    Krn penggiringan opini ini affect/impactnya besar, krn pasti ada saja calon customer yg punya pertimbangan beli produk A/B/C dya cari tahu kelemahan produk lainnya…

    …hal2 itu mudah didapati di komen2 warung ini, saling menjatuhkan dgn cara umbar kelemahan produk lawan (ada yg benar ada yg hoax)…

    Sekian ribu subscribers/numpang lewat baca artikel…yang kena hit dari omongan komentator pasti ada…

    • Ini asiknya panggil cybercrime nya pak polisi, lacak, ciduk, kenakan pasal IITE..masukin berita di tv…

  23. Aslinya fby fanatik itu bisa jadi sales ngonda lek,muji jas jes jos product yimm biar mereka terlena/salah jalan mangkanya rata2 setelah jas jes jos pas produksi beneran yg bilng jas jes jos pada ngilang kagak beli.

  24. Saya kog curiga MBAH DARMO itu robot bkn manusia,coba perhatikan komennya siang malam dan disemua artikel nyaris sama semua,atau mungkin waktu kecilnya prnh kena polio atau step jadi otaknya cacat permanen kemampuan otaknya mentok disitu aja…wkwkwkw

  25. Masih terlalu dini kalian menjengkali dharmo. ???
    Dharmo itu cukup luas wawasannya dlm hal otomotif roda 2. Beda dgn fb sayap sebelah sebut saja ir.petruk yg menciptakan icu pirelli yg mengharuskan kegiatan harakiri pada nicknya sendiri ?????
    Namun dharmo berubah sejak negara api menyerang. ???? hahahaaa.. Tak bela koe mbah seng penting tetep ngelawak disini.

    Yg jelas beberapa dari mereka ada yg beneran sales. Wong sales mobil aja akhir2 ini main dimari kok kang. ???

    Kalau saya jadi sales pasti nyari info otomotif lah tntang roda 2. Masak iya pembeli levih pinter timbang yg jualan produk. Sperti kasus saya saat didatangi sales tentang produk yg akan saya beli. Sya jejeli pertanyaan seputar produknya malah dia nya yg keblinger. Kan gengsi level kampret namanya. Kemudia cari2 info otomotif di google pasti nyangkut k blog sampeyan.

    Disinilah ajaib nya blog sampeyan. Org datang kesini bukan murni mncari info. Tpi melihat kegaduhan dan keseruan apa yg terjadi. Sudah di survey secara gamblang rata2 org indonesia suka melihat keramaian, keributan dan kegaduhan.
    Semakin lama di pantau akan semakin menarik minat org untuk turun dlm kegaduhan tsb. Apalagi kalo beritanya ckup “memancing”.

    Jadi yg biasa cuma silent rider, pemain lama, pemain baru atau sales pun “gk akan tahan” dgn keseruan yg terjadi dan memutuskan terjun di dalamnya. Semua nya karna terpancing dgn peluru bc yg saling terlempar.

    • Hahahhaaa..
      Aku dikata dharmo. ?????
      Mimpi apa aku semalem cak??? ???

      Aku silent rider sejak 2013 dan Sebenernya pun aku harus ke kubu fbh. Wonk motor ku revo absolut, supra x 125 ama beat. Pernah punya smash tapi wes tak dol.
      Untungnya aku waras, walaupun produk ku dihina. Beatku dikatain “bikin pantat kapalan” sama dharmo aku yo gk blingsatan kaya fbh disini. Lah aku malah ketawa. Thats a really joke if u understand. Lagian barang mati kok dibela mati2an. Kan sarap. ???? dapat duit kagak, kuota abis iya.
      Kalo ada audisi lawak ak vote for dharmo.
      Hahhahaaa
      ?????

  26. Kalo saya hanya pengguna biasa, jarang bisa komentar karena semua merek jepang saya punya motornya dan kemana mana selalu tak pake bersamaan, gimana mau komentar la wong bawa motornya aja sudah ribet

  27. kayaknya emang terkoordinir deh … emang bayaran macam BUSER cyber nya ahok. penggiringan opini n mengelu elukan sesembahannya

  28. Lhah nek jomblo merana ki pakdhe kae ketok e yo jomblo merana lho lek, golekno kimcil bene ra dadi jomblo merana. Momon dari dunia pokemon.

    • Bloger perlu diserang jika buat tulisan yg mengada-ada. Kadang mereka seenak udelnya aja berpendapat demi banner iklan.

    • Yang tukang kritik yo biasane nganggur toh. Toh blogger selalu berusaha bikin tulisan yang menarik di setiap artikelnya. Yang nganggur dan ra duwe kerjaan yo iki, sukanya nyalah2in.

  29. Sebenarnya yang bodoh itu mereka yang gak suka motor junjungannya dibilang jelek terus menuduh sales. Menurut saya apa yang kita beli ya hak kita memilih, mau dibilang motor jelek, dohc, sohc, overprice. bodoh amat, duit-duit sendiri, mau beli motor sak karepku

  30. Yaah paling pelakunya ga jauh2 dari komunitas pecinta yang saking cintanya jadi buta merk, dan merasa hebat kalo udah ngompor..
    Tipikal utamanya biasanya pengangguran atau kerja tapi banyak nganggur (kerjanya ngurusin urusan orang laen muluk). Kalo sales beneran ya bener, ga penting bgt urusin merk lain, toh buang2 waktu.
    Sama kayak yang suka demo hari kerja, biasanya ga ada kerjaan?

    • Ini urusan kita semua. Jaman sudah berubah, sudah tdk bisa jual taik kucing dibungkus lemper. Jamannya era keterbukaan informasi. Minta maaf ke pabrik krn motor sendiri patah itu bentuk keterbukaan.

  31. wance, coba ente cek komentator di Facebook ente, gaya bicaranya dan nyerang produk lain selain honda sama gaya bicaranya, wekekeke, dan yang ngaminin pun sama,…dan yg ngomong sih bukan sales tapi jangan lupa tim SeWAt Hons ya….itu yang paling banyak ngekill…

  32. Aku sales cola coca, pacarku waitress kfc kang…sing tak isi akeh2 bengkel ahass, sing mangan nk kfc roto2 gae libom utowo moge..hubungane cola coca, kfc karo sales beye iku opo seh????
    #tidakpahamkfccolafby

  33. Haha dari awal ane sudah tau Kang, sales itu turun ke lapang, nyari duit beneran, gag mungkin sempet selalu update di medsos apalagi di motoblog, yang ada bukan untung malah buntung mereka krn gag kerja2..
    tapi apa boleh dikata, lebih enak nyebut “sales” drpd pake istilah lain,, hahahaha
    peace ahh

  34. Nunggu mbah darmo komen….tanpa mbah darmo…fbh akan merasa paling istimiwirrrr…?
    Koyo opo cobo yen mbah darmo ora ono….

  35. saya juga lumayan yakin kalau yang komen negatif terhadap produk lain disini bukan sales asli. mereka tu cuma sekali dua kali ngerti mesin tapi soko-sok an paham mesin. mereka hanya orang-orang tua uzur tapi masih bertingkah kayak anak-anak. menyedihkan!!

  36. baca artikel IWB cuma 5 menit.. baca koment bisa 15 menit plus kasih komment juga..
    komment komment negatif lah yg bikin rame ini warung..
    jangan di larang,, biarin aja. itulah seninya mampir ke warung IWB

    “gk ada dharmo gk seru” 100 persen ane setuju

  37. Yamaha, Honda, Susuki, Kawasaki, Ducati, KTM, dll.
    Hayok ngerace ning Sentrul vs Phoenix ku.
    Nek mongtor2 sampeyan isok ngalahne, tak traktir koen mangan boled ampek mlekok mlekok moncrottts…
    Xexexe

  38. Percayalah kang iwan. Antara fbh ama fby yg sering gontok2an itu udah terjalin persahabatan yg tak disadari mereka.
    Sample aja. Kalo seluruh fby ngilang dari sini dlm beberapa hari aja. trus warung ini cuma di isi ama fbh sama silent rider, trus fbh nglontarkan bc tanpa ada balasan dari fby lama kelamaan mereka mati bosan. Kecarian. Hampa. Rindu <—- abaikan yg ini ?. Gitu juga sebaliknya.
    Fbh dan fby itu rival layaknya naruto ama sasuke. Hahahahaha. ?????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here