iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…sebagai biker, orang awam serta Blogger…IWB jelas gembira dengan wacana pembangunan sirkuit Motogp. Banyaknya keinginan dari berbagai komponen menjadi bukti bahwa Motogp menjadi nilai luar biasa bagi negeri ini. Namun makin kesini…sebagai orang awam pula IWB makin bingung, sakjane ki sing bener sing endi??. Lha piye pakde….belum tuntas wacana sirkuit Jakabaring, sekarang nongol wacana lain yakni pembangunan sirkuit Motogp di Lombok. Behhh….suwe-suwe malik kaos ki, makin membingungkan euy….

Informasi tersebut sudah menjadi viral diberbagai media. Tidak heran via Fanspage dan email…para pembaca deras nanya ke IWB. Informasi niat?Manajemen Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang berencana membangun sirkuit MotoGP di kawasan pariwisata Mandalika, Lombok, NTB. Seperti dilansir Kompas…bahkan para pejabat ITDC konon sudah melakukan pertemuan dengan desainer-desainer developer operator Motogp…

Kerja sama saling menguntungkan tersebut bertujuan meningkatkan nilai jual dan nilai tambah pariwisata di NTB sehingga wisatawan semakin banyak pilihan khususnya di kawasan Mandalika,” kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer. Nah….menurut infonya lagi, pembangunan sirkuit internasional dilakukan setelah IDC mandapatkan serifikat hak pengelolaan lahan (HPL)….

iklan iwb

Sertifikat sendiri dikabarkan resmi diterima ITDC tanggal 13 Januari kemarin. So….artinya status lahan yang dikelola perseroan wis clear….nggak ada lagi masalah. Tinggal menggodok secara serius?dan kemungkinan dengan pihak ketiga. Hotel dan prasarana lain ITDC juga menggandeng PT WIKA serta PT Elmar. Semua dituangkan secara jelas oleh Kompas. Tidak hanya itu…..

Berita dari media kicknews memuat, Perancis juga sudah siap menggelontorkan dana hingga USD 500 juta atau setara 6 T untuk membangun 7 hotel dan sirkuit intenasional di Lombok. Masukin saham cak judule. Konon presiden Jokowi malah sudah tanda tangani kerjasama perjanjian dengan presiden Perancis Francois Hollande antara?antara BUMN Indonesia (PT Indonesia Tourism Development Corporation) dan BUMN Perancis. Pembangunan direncanakan memakan lahan seluas 120 hektar dengan target 2019 kelar. Pertanyaannya…piye dengan Jakabaring Palembang yang santer juga akan membangun sirkut yang sama ??…

Ini yang membuat kita bingung. Seperti yang kita tahu, Jakabaring terlihat sangat serius ingin membangun sirkuit internasional dengan melibatkan desainer handal Herman Tilkee. Bahkan Gubernur Sumut Selatan Alex Noordin sampai datang ke Sepang melakukan studi banding plus bertemu dengan Ezpelata (Pejabat Dorna Sport). Tapi anehnya…hingga detik ini tidak ada kabar lanjutannya. Simpang siur cak. Ada yang bilang lanjut…ada juga yang mengatakan batal. Opo ora mumet kangbro. Dilalah disaat belum ada kejelasan, sekarang nongol lagi wacana dari daerah dan pejabat berbeda yang ingin membangun sirkuit. Piye ora garuk-garuk alis….

Last…kita sebagai fans Motogp jelas seneng-seneng aja dengan banyaknya keinginan berbagai pihak yang antusias ingin mewujudkan sirkuit Motogp. Namun alangkah baiknya digodok secara matang baru dilempar ke media. Kenapa ?. Sebab rasanya ki sakitnya disini cak…..dihati (haiyahhh). Kebanyakan PHP yang membuat kita sendiri makin muak. Sebenarnya negeri ini kaya raya. Kalau memang berniat dan memiliki tekad besar dari pemerintah, IWB yakin bisa. Mosok kalah sama Malaysia yang memiliki dua sirkuit Johor serta Sepang. Tapi pertanyaannya….niat opo ora ??. Nah…itulah yang masih meragukan. Saran IWB…mari jangan banyak berharap sebelum semua jelas ketimbang kecewa terus. Asli cak….gregetan juga lama-lama. Sirkuit Lombok ?. Semoga bukan PHP kangbro…….(iwb)

117 COMMENTS

    • berita kayka gini cm saya anggap angin berut aja….paling cuma anget-anget gedhang goreng 😀

    • Semoga nanti ada Indonesian gp of Lombok, Pertamax Grand prix Sentul, motorland jakabaring… Amin.

    • Indonesia kyag nya ajang balap ngk di anggap ,klo ingin sirkuit internasional paling suruh bwat sendiri ,padahal pembalap indonesia bgus” lo

    • Wacana dan rencana Mulu lek,
      Daripada pusing,
      Yang mau kredit Daihatsu, Nissan dan Datsun sini ane bantu, Datsun angsuran mulai 1,7jt’n nih
      Atau yang mau kredit mobil bekas bisa pilih sendiri unitnya nti ane bantu prosesnya (usia kendaraan maksimal 10 tahun yaa)
      Info lebih lengkap cek di kreditmobildepok.blogspot.com

      Thank lek

    • Moga aja Indo mau support ajang balap di Indo, karena Indo gak melulu tentang Bola, Bulu Tangkis, dll. Kita punya bakat balap dan itu perlu dikembangkan, mulailah dengan hal “kecil” seperti bangunlah sirkuit agar ada media untuk menyalurkan bukan sekedar hobi namun lebih ke talenta.

      Goooooo Indonesia ?

    • Aamiin.
      Wacana dan rencana Mulu lek,
      Daripada pusing,
      Yang mau kredit Daihatsu, Nissan dan Datsun sini ane bantu, Datsun angsuran mulai 1,7jt’n nih
      Atau yang mau kredit mobil bekas bisa pilih sendiri unitnya nti ane bantu prosesnya (usia kendaraan maksimal 10 tahun yaa)
      Info lebih lengkap cek di kreditmobildepok.blogspot.com

      Thank lek

  1. Kenapa musti bingung cak..
    Bagus malahan. Dengan banyaknya sirkuit internasional yg dibangun bakalan bikin talenta2 balap Indonesia jadi lebih terasah.

    • wedhus2 DPR emang njaluk di pancal raine…

      anggep aja 1 triliun dananya…yang ngucur cuma 700 M, sisanya yg 300 M dibagi2 sama kolega…mulai dr 3000 dollar sampe 500.000 dollar…
      jian wedhus…itu tadi pagi malah Andi narogong (pemenang tender) atau Nazar ane lupa ,ambil duit 6,7 M cuma naik ojek…jiaaaan tenan…nyesek punya wakil rakyat.

  2. malaysia akn bangun satu lgi sircuit bertraf intr.l ..
    di kawasan sungai petani.. (SPIC) start groundbreaking bulan 5 thun ni..
    malu sama malay..gk usah koar2 jbule mak bedunduk siap gelar…ekekekei

  3. Mosok kalah sama Malaysia yang memiliki dua sirkuit Johor serta Sepang.

    Cuman ingetin aja cak.. Jaman shah alam gelar f1 di kok g diitung cak

    • bener bro, shah alam juga gelar GP 500, masih inget NSR V2 Tady Okada leading jauh di lap kedua sebelum jumpalitan di R1…dan akhirnyA race dimenangkan NSR 4 silinder putih polos (cuma sponsor Star Sport dengan joki Luca Cadalora).

  4. Negri boneka itulah indonesia. Yang pejabatnya masih membodohi rakyat nya. REZIM KOPLAK.wkwkkkk?…,

    • Jgn menjatuhkan negeri sendiri cakk
      Negeri Indonesia tdk bersalah
      Mari kita berdoa semoga pejabat2 yg KKN di beri HIDAYAH
      Amin

    • MASYARAKAT MASIH DI BODOHI AGAMA……??????
      Berarti pemikiran loh agama itu apa…..????
      Terus loh gk punya AGAMA GITU…..???

    • Ekekeke
      Ada penyembah berhala garpu karat.
      Orang kalo dah kecolok sama garpu karat ya kayak si HAHAHA tuh contohnya.
      Ekekeke

    • “Dan rakyatnya masih dibodohi agama”

      hadeeehh .. ada yg numpang kampanye atheis disini ..
      kang iwan, model kyk gini karungin aja
      bikin rusuh, ngerusak akidah juga

  5. mungkin…
    kedua calon sirkuit (jakabaring & lombok) salah 1 diantaranya untuk motogp
    dan yg 1 nya lagi untuk formula 1
    santai wae lek iwan…
    sing puyeng ben puyeng mikir sirkuit…
    sing php yo ben php…
    ono ora ono sirkuit…sing penting awakmu menyajikan brita otomotip trus wae lak wes…
    ben masyarakat bisa melek otomotip…
    setuja ?????

  6. haiyyaaan dari dulu nkoar koar bangun ini itu buat penyelenggara motogp, tp gk ada hasil, lu kira cukup waktu 2 thn bangun sirkuit internasional plu buanyaaak mafia berdasi di institusi maupun developer….

    dahlah gk usah ngarep
    mending ke pantai liat cewek bule n amoy

    haiyyaaa ciilaka luwaa welas waaaa

  7. Untuk sy pribadi gk muluk2 gk usah mengharap motogp harus di mari,
    Indonesia bangun sircuit kelas internasional aj dah bangga & semoga bisa membangkitkan potensi balap yg profesional di negeri ini amiin

  8. Kalo gtu nanti bikin juga di daerah jabar, jateng jatim.. Haha.. Biar tambah rame.. Bagus nya delete daerah pantai biar sekalian wisata…

  9. Gak pa2 kalo dua2nya emang siap, jadi kita sodorkan ke dorna dua2 nya. Sukur2 kalo semua kepakek dlm 1th 2event. Mantap indonesiaku.. mulailah dari sekarang untuk maju..jangan dengarkan yg ngoceh2 gak karuan, tidak bikin suport malah jelekin… ayoo!!! INDONESIAKU!!!

    • semangatnya boleh…tapi inget kasus sirkit palembhang yg udah ada, malah gak keurus…semoga kedepan sisi maintenance dipikirin juga…sayang sirkuit mahal2 tapi gak keurus.

  10. Ya semakin banyak sirkuit semakin bagus. Sumsel, Lombok, sentul, dsbnya. Kalau bisa sih tiap propinsi punya sirkuit gede lalu tiap kabupaten punya sirkuit sedang.
    Jadi nanti kejurnas membela propinsinya tanpa pake label merk motornya. Sampai perang antar daerah, bukan perang antar merk motor.

    • Nanti klo sy jd presiden
      Sy bikinin sircuit khusus buat balap CONGOR para FB buozox
      Mkn y besok jgn lupa coblos iwakbeneran

    • Sehingga motoGP satu musim pun cukup di Indonesia saja keliling 34 propinsi. Tidak perlu mahal pindah-pindah negara.

    • @Iwakbeneran, ente ga bakal jadi presiden kalo mau sok2an bhs inggris nulis circuit aja sircuit, sekolah dulu gih yang bener dek, jangan pamer tolol mulu ya

    • Saya masyarakat indonesia, dan saya butuh nonton VR. Kalo mau muak,jgn bawa2 msyrkat indonesia bro. Muak aj sndiri,trus d muntahin k jamban.

    • @iwak…..gw rakyat Indonesia gw fans VR46 dr di 125 gw nonton di sentul sampai doi di motogp sampai bisa nonton dia di sepang..

      mm93 gw respek kok…bagus….lorenzo asyik..krn gw pernah wawancara….semua gw suka…tp gw fans VR46

      ente goblok aja….goblok dan goblok…..diatas sok ngajarin tau nya dibawah komentnya tetep ciri khas FB….

      sok cerdas

  11. Klo brita ini benar kampung aku malah makin brisik nanti soalnya desaku ke mandalika cuma 3 menit,.. Katanya wapres yusup kala yang punya ini siatif stelah dapat lampu hijau dari gubenur NTB

  12. Biasanya klo TGB gubernur NTB itu g pernah main main klo masalah proyek besar sperti ini contoh sperti bandara internasoonal lombok stelah di pegang olehnya kelar hanya waktu 2 tahun padahal banyak sengketa lahan yang membelit,..

    • jaman Bp. SBY masih merintah dan Bp.Srinata jadi gub pada 2010 , BIL itu uda mulai dibangun.
      menko per ekonomian ktika itu smpe turun ke lokasi, si Bpk Hatta Rajasa emng org lapangan, gedenya di proyek dan pernah di kontraktor (maklum anak teknik dari ITB)
      btw kalau jadi sirkuit di kawasan mandalika di Lombok tengah,
      maka penikmat tontonan GP on site bisa bayangin itu suhu lintasan udah kayak Sepang atau Johor,
      dan hembusan angin khas kayak sirkuit dekat laut macam Phil. Island.

  13. Biasa lek…
    Wong indonesia,,jas jes jos tok..tapi akhire ga sido..

    Ngomong tok,,tapi ga kerjo2..

    Kudune kerjo sik, habis itu silahkan koar2…

    • Ia bro….kyk FBY ya cuman jaz joz doang gk beli
      Ad berita motogp di mari Juga jaz joz doang gk bakalan nonton, plng kenceng nonton di TV
      Ualaaah……FBY….. FBY…..

    • Ni sales Botol=Bocah Tolollll, bahas sirkuit utk mengharumkan indonesia, mala bikin ribut sesama bangsa lo Botol….

  14. Hmmm… moga moga indo bisa menyelenggarakan gp banyak kali semusim seperti amrik dulu (Austin, laguna seca, Indianapolis) dan spanyol (jerez, catalan, aragon, valencia)…

  15. Semoga si terealisasi semuanya, jangan cuma biss bacot doang. Punya 3, 4, 5. 20 sirkuit kelas dunia palah bagus buat Indonesia

  16. bangun di salah satu pulau buatan di Jakarta saja, Bandara Ali Sadikin juga bakal di bangun di salah satu pulau buatan tersebut…karena klo bangun di Lombok hanya orang2 tertentu saja yang bisa datang kesana…

    liat iklan coklat berhadia liburan ke Raja Ampat atau Jepang, ini bukan Pemenang 1 dan Pemenang 2 tapi memilih hadiah, dalam benak saya Liburan ke Raja Ampat sama besar biayanya dengan biaya Liburan ke Jepang…

  17. Saya lebih setuju di lombok. Jadi pas di siarin next circuit, nampilin keindahan pulau nusa tenggara barat/timur. Lebih menjual

  18. Senang, Indonesia punya banyak sirkuit kelas dunia… (semoga jadi semua)… Tapi ya gitu kalau di korupsi lagi ya gak jadi jadi lek… (eh.. Kok jadi ngomongin politik)

  19. Kalo saya pribadi berharap semua rencana tersebut baik yg di Jakabaring maupun yg di Lombok bisa terealisasi….sehingga para penggemar otomotif khususnya dan para penggiat dan pelaku termasuk pebisnis serta masyarakat baik yg di sekitar sirkuit maupun dari luar bisa merasakan manfaatnya. Toh tidak menjadi masalah dan justru positif jika kita memiliki banyak sirkuit bertaraf internasional. Dan kita memang membutuhkan itu. Selama ini kita hanya punya satu sirkuit yg bertaraf lumayan seperti Sentul. Cuma satu dan satu-satunya serta tiada duanya. Alhasil penggemar otomotif yg dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, irian kudu rogoh kocek dalam2 anjangsana k Sentul. Bayangkan perjuangan mereka yg di luar Jawa hanya sekedar mengasah skil, menguji nyali menyakurkan hasrat ngebutnya. Dengan di bangunnya sirkuit2 di luar Jawa tentu sangat baik dan langkah yang sudah seharusnya di tempuh. Demi kemajuan prestasi balap Indonesia. Demi kemajuan pariwisata Indonesia. Demi kemajuan ekonomi Indonesia. Demi Indonesia yg ku cinta. Demikian….

  20. kl sirkuit moto gp baiknya di ntb,bknx ga sula kl djawa tpi kendalae bnyk bro,byngin tar busanae umbrela girl+perayaan juara yg pake botol guines?apa ga demo2 tu?pasti bmyk sensor+anak2 ga boleh liat balapan.

  21. yaps saya merasa indonesia semakin di kenal dunia.. ini bagus.. apalagi beberapa produk basic productinnya di indonesia dan di impor.. jelas ini terbuka lebar untuk memperkenalkan indonesia..
    yang jelas urusan 10T atau berapa T pastinya negara ini punya kok.. wong beberapa oknum pejabat korupsi puluhan T aja bisa.. masa bangun sirkuit aja gbs.. tinggal gmn niatnya aja.. yang pasti jangan sentul.. selain aksesnya macet dan ruwet.. pasti kurang bagus pemandangannya.. dan siapa tau juga bisa buat rekreasi para rider setelah race atau sebelum.. jadi menurut saya Lombok adalah pilihan tepat. Bali juga boleh.. siapa yang ga kenal bali dunia ini.. di bali ada sirkuit motogp.. jelas josss gandoss….

  22. pembangunan untuk sarana publik monorail,sirkut, dll tidak akan rampung kalau masih berorientasi ke bisnis semata.. memang bisnis itu penting, tpi tolong di utamakan kemanfaatan dan kebaikan untuk publik, itu lebih besar daripada hanya menimbang bisnis semata,, faktanya bisnis itu bisa menafikan kepentingan publik dan fasilitas untuk rakyat,. yang ujung2nya kalau tidak menguntungkan lebih baik tidak jadi.. naif bukan ?

  23. Kang iwan, sy sbg orang sumsel berani bilang bahwa sirkuit jakabaring hanya omong kosong omongan wong kito jgn gampang di percaya, klo kata orang sumsel, wong kito banyak yg besak uap dan kelakar betok, artinya apa kebanyakan hanya bercanda gak serius jd omongan kami jgn terllu dianggap serius. Saya berani katakan, seribu tahun lg gak kan pernah ada sirkuit di palembang, karena apa? Karena lokasi dan sarana prasarana nya gak ada, keseriusan pemda jg gak ada hanya pencitraan aja, duit nya jg gak ada… Jd omongan wong kito? Cuma kelakar betok bae, jangan dipercayo, banyaklah budike wkwkwkk

Comments are closed.