iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…sebagai biker, orang awam serta Blogger…IWB jelas gembira dengan wacana pembangunan sirkuit Motogp. Banyaknya keinginan dari berbagai komponen menjadi bukti bahwa Motogp menjadi nilai luar biasa bagi negeri ini. Namun makin kesini…sebagai orang awam pula IWB makin bingung, sakjane ki sing bener sing endi??. Lha piye pakde….belum tuntas wacana sirkuit Jakabaring, sekarang nongol wacana lain yakni pembangunan sirkuit Motogp di Lombok. Behhh….suwe-suwe malik kaos ki, makin membingungkan euy….

Informasi tersebut sudah menjadi viral diberbagai media. Tidak heran via Fanspage dan email…para pembaca deras nanya ke IWB. Informasi niat Manajemen Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang berencana membangun sirkuit MotoGP di kawasan pariwisata Mandalika, Lombok, NTB. Seperti dilansir Kompas…bahkan para pejabat ITDC konon sudah melakukan pertemuan dengan desainer-desainer developer operator Motogp…

Kerja sama saling menguntungkan tersebut bertujuan meningkatkan nilai jual dan nilai tambah pariwisata di NTB sehingga wisatawan semakin banyak pilihan khususnya di kawasan Mandalika,” kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer. Nah….menurut infonya lagi, pembangunan sirkuit internasional dilakukan setelah IDC mandapatkan serifikat hak pengelolaan lahan (HPL)….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sertifikat sendiri dikabarkan resmi diterima ITDC tanggal 13 Januari kemarin. So….artinya status lahan yang dikelola perseroan wis clear….nggak ada lagi masalah. Tinggal menggodok secara serius dan kemungkinan dengan pihak ketiga. Hotel dan prasarana lain ITDC juga menggandeng PT WIKA serta PT Elmar. Semua dituangkan secara jelas oleh Kompas. Tidak hanya itu…..

Berita dari media kicknews memuat, Perancis juga sudah siap menggelontorkan dana hingga USD 500 juta atau setara 6 T untuk membangun 7 hotel dan sirkuit intenasional di Lombok. Masukin saham cak judule. Konon presiden Jokowi malah sudah tanda tangani kerjasama perjanjian dengan presiden Perancis Francois Hollande antara antara BUMN Indonesia (PT Indonesia Tourism Development Corporation) dan BUMN Perancis. Pembangunan direncanakan memakan lahan seluas 120 hektar dengan target 2019 kelar. Pertanyaannya…piye dengan Jakabaring Palembang yang santer juga akan membangun sirkut yang sama ??…

Ini yang membuat kita bingung. Seperti yang kita tahu, Jakabaring terlihat sangat serius ingin membangun sirkuit internasional dengan melibatkan desainer handal Herman Tilkee. Bahkan Gubernur Sumut Selatan Alex Noordin sampai datang ke Sepang melakukan studi banding plus bertemu dengan Ezpelata (Pejabat Dorna Sport). Tapi anehnya…hingga detik ini tidak ada kabar lanjutannya. Simpang siur cak. Ada yang bilang lanjut…ada juga yang mengatakan batal. Opo ora mumet kangbro. Dilalah disaat belum ada kejelasan, sekarang nongol lagi wacana dari daerah dan pejabat berbeda yang ingin membangun sirkuit. Piye ora garuk-garuk alis….

Last…kita sebagai fans Motogp jelas seneng-seneng aja dengan banyaknya keinginan berbagai pihak yang antusias ingin mewujudkan sirkuit Motogp. Namun alangkah baiknya digodok secara matang baru dilempar ke media. Kenapa ?. Sebab rasanya ki sakitnya disini cak…..dihati (haiyahhh). Kebanyakan PHP yang membuat kita sendiri makin muak. Sebenarnya negeri ini kaya raya. Kalau memang berniat dan memiliki tekad besar dari pemerintah, IWB yakin bisa. Mosok kalah sama Malaysia yang memiliki dua sirkuit Johor serta Sepang. Tapi pertanyaannya….niat opo ora ??. Nah…itulah yang masih meragukan. Saran IWB…mari jangan banyak berharap sebelum semua jelas ketimbang kecewa terus. Asli cak….gregetan juga lama-lama. Sirkuit Lombok ?. Semoga bukan PHP kangbro…….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!