iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..teka-teki BU3 akhirnya mulai terbuka. Suwun buat para telik sandi, pembaca serta seluruh pendukung warung ini yang begitu getol terus mencari informasi project Yamaha BU-3. Sempat IWB sebutkan menggunakan engine Twin silinder sehingga tebakan mengarah pada facelift new R25. Namun makin kesini polanya beda cak. Welehhh terus opo ki ??…

Ternyata setelah melalui penyelidikan intensif, Yamaha BU 3 ini memiliki karakter berbeda dengan R25. Salah satu yang kentara adalah profile diameter piston yang cukup gambot yakni kisaran 79mm. Ukuran segitu jauh lebih besar dibandingkan dengan R25 ataupun R3 sekalipun kangbro…

Sebagai informasi, Yamaha R25 yang mengusung kode 1 WD menggunakan ukuran piston kisaran 60 mm. Sementara YZF R3 adalah 68 mm. So….jika kita komparasi head to head dengan R3 sekalipun…..BU 3 ini tetap jauh lebih besar. Bayangin cak…piston 68mm vs 79mm. Artinya apa ??…

iklan iwb
iklan iwb

Fix….BU-3 bukanlah R25 facelift. Bu-3 IWB prediksi adalah motor dengan kapasitas cukup besar atau moge. Analisa IWB arahnya adalah MT 07. Lhooo….tapi kan MT 07 diproduksi di Jepang, mosok YIMM mau meracik MT 07 juga??…

Menarik pertanyaan sampeyan. Tapi itulah faktanya. Kalau kita sudi membuka buku primbon….MT 07 di Jepang menggunakan kode project 1WS. Sedang di tanah air adalah BU-3. Dengan kondisi tersebut maka bisa diraba…..pertama adalah….

Yamaha Indonesia akan menjadi basis produksi moge MT 07 yang nantinya dieksport secara global. Maklum cak..dengan produksi di sini maka harga jual juga bisa ditekan. Kalau di Jepang kan mahal biaya produksinya. Yah…mirip-mirip dengan 2MS/R3 ataupun BG06/XMax300…

Yang kedua….vendor lokal dipercaya meracik mesin MT 07 yang nantinya komponen dikirim ke Jepang. Kembali kemasalah efesiensi cost serta kekuatan produksi pastinya. Dan yang ketiga…YIMM memang akan memasarkan moge untuk pasar lokal….

So…localize akan membuat harga jual sedikit kompetitif. Namun sorry to say….prediksi ketiga IWB kurang yakin sebab big bike tetap terbentur masalah pajak. Makanya banderol ora mungkin iso mudun. So…potensi lebih besar adalah yang pertama….Yamaha Indonesia sudah mulai berjalan digunakan sebagai base camp untuk memproduksi MT07 atau big bike..

Last….dengan konfirmasi dan keyakinan diatas, maka project R25 facelift kembali mundur dan tidak jelas statusnya. IWB belum mendapatkan kode project baru sang kuda besi. So….mari kita pantengin wae geliat Yamaha yang saat ini sedang berusaha keras menaikkan posisi dengan meracik produk-produk baru. Yamaha BU-3 ?. Jebule moge cak……(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

102 COMMENTS

    • 3600 apa 36 kebiasan fby zuka menghibur diri zaza
      R25 nggak diakui fby 0unit/bulan,

      Efek kalah arrc menghibur diri dg dolar zimbawe
      Yg laku ekspor 36unit ekekeke

      Menghibur diri ekespor padahal jualan nyungsep
      Balap myungsep
      Aduh aduh

    • Benerin dulu itu produk lamanya,,,mosog bisa prothol,,,,hmmm

      Kasihan pemilik motornya,,,,sudah apes kecelakaan karena prothol sendiri, malah disuruh minta maaf,,,,,hebat benerrr

    • Moooo Dharmo

      Kok ga pinter2

      Knp Yamaha sampai eksport?

      Ente tau ga knp?

      Karena pabrik Yamaha diluar negeri pada tutup karena penjualan seret.

      Klo Honda knp harus ekspor klo pabrik dimana2 pada sehat.

      Lagian banggain cuma bbrp biji doank, itupun cuma bikin malu bangsa dan negara karena kualitas yg sangat jauh dari standar

      Rompal dan prothol dimana2, sampe2 harus bbrp kali direcall

      Ente bangga punya produk yg jadi hinaan dan cibiran diluar negeri??

    • YAMAHA BANGKRUT !!!
      Yamaha Tutup 5 Pabrik di Jepang ……..

      Bila di Indonesia Yamaha sangat menikmati kue penjualan yang relatif besar dan mampu menggoyang dominasi Honda yang telah menggurita sejak lama, hal berbeda terjadi di luar negeri.

      Bahkan di Jepang, kondisi Yamaha Motor Co terpuruk dan menutup lima pabrik motor mereka di Jepang dan sebuah pabrik di Amerika pada 2012.

      Penutupan tersebut bukanlah kali pertama yang terjadi pada Yamaha. Karena pabrikan berlambang garpu tala pun ternyata juga sudah menutup pabrik sepeda motor di Italia tahun lalu.

      Bahkan Yamaha akan mem-PHK sekitar 1.000 karyawan tahun ini setelah mengurangi 1.100 karyawan lain.

      “Dari bulan Mei 2010, telah terjadi dampak dari krisis Yunani,” ujar Chief Executive Officer Yamaha Hiroyuki Yanagi seperti detikOto kutip dari Business Week.

      Yamaha tahun lalu sampai sempat mengumumkan kerugian. Ini adalah hal pertama sejak tahun April 1984 akibat penjualan yang anjlok 45 persen di Amerika Utara dan 25 persen di Eropa.

      Kedua pasar tersebut memberi sumbangn 25 persen dari total pendapatan motor Yamaha, tapi ternyata malah jatuh hingga 31 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan diperkirakan pasar kedua wilayah tersebut dapat jatuh lagi hingga dua kali lipat dari perkiraan.

    • Wekawekaweka… gimana gk jeblok MS dan Rongsok lawe 0 unit, salesnya aja mbah gemblung.. walaupun sampe ngereply sambil nangis tetep aja gk naik penjualan….????

    • Dear Kanjeng Pembaca sekalian,… kadang memang media sosial kita agak aneh… kurangnya info bisa mengakibatkan kurang piknik… so berbicara ‘euforia’ juga nggak pas …!!! Tidak melihat secara jernih… menutup info yang ada… lhaaa ujung-ujungnya ‘pembodohan otomotif’ terjadi …!!! Lihat saza kasus Yamaha R25 di segment motor sportz 250cc … apa yang terjadi …???
      Publik begitu ‘euforia’ akan Honda CBR250RR yang terjadi ‘spike’ … ataupun siklikal yang terjadi pada Kawasaki Ninja 250R …!!! Lhaaa ketika selama 2 bulan Honda CBR250RR terjual sekitar 2410 unit (total bulan Januari dan Februari 2017 red.), sedangkan Kawasaki Ninja 250R terjual sekitar 2380 unit… dan Yamaha R25 hanya 389 unit …!!! Publik begitu meng-elu-elukan setiap bulan… hurraaay Honda CBR250RR menang di bulan Januari 2017… hurraaay Kawasaki Ninja 250R menang di bulan Februari 2017 …!!! Jika dilihat rata-rata nya… baik Honda CBR250RR ataupun Kawasaki Ninja 250R terjual sekitar 1200 unit/bulan… sudah koyooo seng jagooo sak jagad
      Lhaaa… padahal Yamaha R25 berhasil diexport untuk 2 bulan sekitar 5.280 unit… atau rata-rata sekitar 2600-an unit/bulan … fulus dollar masuk …!!! Belum lageee ditambah penjualan rupiah sekitar 200 unit/bulan… atau secara total… sekitar 2800 unit/bulan … Yamaha R25 yang diproduksi di Indonesia terjual… baik untuk market domestic maupun market global …!!! Neeek bicara penghasilan… digabung kedua kompetitor… masih seitar 2400 unit/bulan… masih belum bisa menyentuh … ngaciiirnya penjualan Yamaha R25 …!!!

      Lhaaa… yang penting market lokal… titiiiik… khan lageee menang nih… iseng aja gangguin …??? Waaagh belum piknik … soal ekonomi internasional …!!! Berapa sih product Jepang… terjual di negaranya …??? Kok Jepang kaya raya… padahal terjual sedikit di negeri Sakura …??? So… memang faktanya Yamaha R25 yang laris manis… lha wong produksinya segitu kok… brojoool terus …!!!

      Memang larisnya total penjualan Yamaha R25 … dan kipas-kipas dollar… jadi kurang responsif terhadap market dalam negeri …!!! Infonya… New Yamaha R25 memang jadi prioritas yang lebih rendah… kalah misalnya dibandingkan New Yamaha R15 ataupun New Yamaha Vixion, Aerox ataupun XMax 250 …!!! Pabrikan Yamaha memang lagi melihat market … geluut yang terjadi antara Ninja 250 vs CBR250RR … !!! Satu sisi market sudah saturated… ‘di-itik-itik’ karo XMax 250… guya-guyuuu… dollar kipas-kipas …!!! Nek uweeeesss hooop-hoooop… lhaaa New Yamaha R25 jeduuul… oalaaagh… jiaaan media sosial iki yooo ketopraaak mawooon… lakoneee… Bocah Tua Nakal… is baccck …!!! Ciaooo

    • Lagi baca di aripispot ada yamahal scorpil meledak terbakar. Rider meninggal. Semoga di terima disisiNYA. Eh jangan jangan scorpio ada fitur auto mleduk nya

    • kenyataan nya penjual cibier250+sikawan masih lebih rendah dari total penjualan R25 baik dalam dan luar negeri …

      wong dodolan kan sing penting untung

    • FBH pada tau gak cbr 250rr lokal juga kualitas dibawah standar, buktinya ada kasus kemarin kalo Honda jepang gak mau nerima cbr 250rr lokal sebelum diberbenah lagi, fbh bangga2in segitunya dasar begok xD

    • motor ap kira2 nih kang
      Bingung mau kredit mobil,??
      Bias saya bantu ni pak/bu .. 😀 melayani area JaBoDeTaBek, Jawa Barat dan Banten
      Bunga mulai dari 0%
      Angsuran mobil baru bisa sampai 7 tahun loh ..
      Bisa terima kredit mobil bekas juga nih asal usia kendaraan TIDAK LEBIH DARI 5 TAHUN & DP MINIMAL 25%
      Mampir yaa blog saya kreditmobildepok.blogspot.com

      Makasih min

  1. Ato mungkin itu penerus scorpio 260. Klo manf kobay punya bisikan ada tiger reborn, berarti itu senjata yg di siapkan juga kang..

  2. Saya kira ini produk baru dan klo di lihat dari ukuran pistonnya,, ini motor cc lebih besar dari r25 250cc atau bahkan bermain dikelas baru 300-350cc. Mungkin Scorpio?

  3. wong masih kipas2 dolar lek, buat apa di facelift masih 2000an unit/bulan
    yg penting kipas kipas dolar bukan kipas recehan
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
    gitu lek kata petinggi nya

    • Goblok kok di tunjukin, sma aja lu menghina rupiah itu recehan, alias koin, alias nominal kecil alias murahan, mata uang negara sendiri kok di kata recehan, pekok lu. lagian r25 impor kan bukan yg di beli konsumen, itu angka impor doang, lagian gatau abis di impor bisa aja di buang dsna bhahah atau di pendem di goa. Lagian knapa yamaha indonesia suru export r25 krna pabrik Yamaha sedikit, ga sebanyak honda ad dmna2, jdi dri pda ymh indo nganggur gaada kerjaan mending suru buat r25/r3 untuk pasar luar. Bukan krna kualitas nya, klo ahm suru bikin motor standar eropa bisa keles, mana ad yg gabisa, elu paling yg gabisa.

    • ekekekek…

      udah jangan ngomong dollar bro
      ada yg alergi karena tidak lulus eksport
      kenyataan emang pahit
      disaat fbh bangga dengan pasar cbr yg trus mengkerett dibawah 1000unit / bulan
      fby leyeh2 lihat r25 eksport meroket 3600unit/bulan ….

      ngahh… ngahh..

      ???

  4. Siapa yang peduli kalo harganya ttp mahal karena pajak?
    Selama bisa lebih value dari kompetitor (Z650), pasti tetep laku. Hwehwehwe.
    Buying power FBY kan tinggi2. Jangan disamain sama FBH lah yang beli matic aje harus jual ginjal. Hwehwehwe.

  5. Ini kayaknya new R25 sama new Ninja250 kagak ada yang mau keluar duluan. Pasti tanggal keluarnya mepet-mepetan nanti

    • Ms jeblok
      Balap keok
      Alibi dolar
      Padahal ekspor 36 unit
      Ekekeke
      Cbr250rr kipas² dolar aja fbh nggak heboh
      Ekekeke

    • ekekekek

      r25 all new masih lama bro
      secara yg sekarang zaza eksport moncerr
      3600 unit / bulan pasar global .

      geriiii …

      —————————————————

      bisa di tarik kesimpulan, yang dimari jas jes jos doang, yang beli fby luar negri

      cuma segitu doang loyalitas fby lokal sama yimm ekekeke ngeriiiiiih

    • Wkwkwkw
      Mo mo menghibur diri ?
      Motor mio je aja bangga ngunggulin r25 sgala paling” juga pigson lama harta satu”nya wkwkwk
      Saknoe gak onok sing ngreken

  6. Faktanya ms honda lebih besar drpd ms yamaha, di semua tipe kendaraan. Kita bicara dinegara sendiri jangan kejauhan ngomongin di negara orang lain…

    • kenyataannya eksport yamaha memang ok, kita harus sudah berbicara ke luar negeri, katakan pada dunia: ini loh produk indonesia, jangan cuma bisa produksi terus cuma dijual di dalam negeri…
      kalao AHM cuma baru bisa jualan di dalam negeri… ya sudah gak apa2, mungkin memang belum diterima di luar negeri

      …. ekekekkk

  7. “Analisa IWB arahnya adalah MT 07. ”

    MT-07 pake piston ukuran…

    Engine Type
    689cc liquid-cooled DOHC 4-stroke; 8 valves
    Bore x Stroke
    80.0mm x 68.6mm

    Kalo MT-09….

    Engine Type
    847cc liquid-cooled, DOHC, inline 3-cylinder; 12 valves
    Bore x Stroke
    78.0mm x 59.1mm

    Jadi, kecil kemungkinannya kalo MT-07.

    Mungkin….lebih besar kemungkinannya kalo satu silinder.

  8. Biar dikira kipas” dolar, padahal d luar pabriknya dah mulai pada kolaps…..

    Bruak
    Bruak
    Bruakakakakakakakkakkkkk

  9. Akhirnya er6n ada saingannya juga, dijual 150 juta ke bawah dijamin laris nih. Kesempatan naik cc buat rider mt25…

  10. Apa..???
    Yamama mau bikin moge ??
    Yakin bisa???

    Rongsok25 aja bikin pusing yamama iwata. Akibat yimm bikin motor kagak becus ,, dikit2 recalll.

    Palagi yg cc gede macam ini…
    Bisa malu bangsa ini, akibat ulah Fby yg jd karyawan pabrik.

  11. Piston gede yg d buat Yimm berpotensi besar timbul RECALL kembali…

    Yg piston kecil aja , recall berulang2..

    Tolong d fikirken kembali dan d tinjau kembali .
    Jgn bikinn malu bangsa ini kawan!!!

  12. Moooo Dharmo

    Kok ga pinter2

    Knp Yamaha sampai eksport?

    Ente tau ga knp?

    Karena pabrik Yamaha diluar negeri pada tutup karena penjualan seret.

    Klo Honda knp harus ekspor klo pabrik dimana2 pada sehat.

    Lagian banggain cuma bbrp biji doank, itupun cuma bikin malu bangsa dan negara karena kualitas yg sangat jauh dari standar

    Rompal dan prothol dimana2, sampe2 harus bbrp kali direcall

    Ente bangga punya produk yg jadi hinaan dan cibiran diluar negeri mo?

    • Kolaps yah ?? Yang kolaps aja bisa nguasain pasar amerika dan Eropa wkwk

      Bok ya berfikir sek mateng ngunu loh …

  13. Motor recall ini mau d rakit ulang dengan CC yg lebih besar..

    Jgn harap kualitas buatan Yimm..

    Harapkan ngebull dan rompal ajahhh

    • Motor ga berkualitas kok bs djual d eropa n mamarika? Utk bs menembus pasar eropa n mamarika hrs uji kualitas cung.

      Kli ploduk2 ahm ga lolos uji pasar eropa n mamarika, artinya kualitasnya buruk.

      Mereka ga mau ploduk2 yg bahaya buat konsumen misalnya mleduk pas d pake dan berpotensi kecelakaan. Itu alasan ploduk2 ahm ga bs d eksport. Bukan ga mau tp ga bs

  14. Kisaran 79mm? Mngkn yg mendekati barangkali keluarga mesin Yamaha FZ-09 dan FJ-09 yg 78mm x 59.1mm itu lek iwan…

  15. secara spesifikasi kalau dibanding MT-07 ada perbedaan bore sekitar 1mm (MT-07 80mm), ataukah mesin baru untuk MT-07 facelift sehingga kapasitas mesinnya jadi head-to-head dengan ER6n/f / Z650 sekitar 650cc?
    Secara MT-07 sendiri sudah 3 tahun sejak dirilisnya pada 2014 silam.

  16. R25 bertahan mungkin krn masih sibuk recall yg ada. Sampai recall habis. Habisnya kapan nih? Jual aja recall disc 76%. Yg penting balik modal ajah.

  17. fby bilang R25 kipas kipas dollar diluar negeri.
    tapi ga bisa menghilangkan fakta kalau fby cuman bisa jas jes jos doang.

    bangga-banggain ekspor tapi ente kagak beli. apa bedanya ama jas jes jos tapi kagak beli

  18. Mo..darmo..jgan smbong dlu..hon2 bukannya gag mau ekspor…cuman kasihan aja ntar liat yamama motornya gag laku….
    Orang luar bnyak pda tertarik sama cbr250rr…
    Cuman ahm masih fokus ke dalam negeri…
    Liat aja reaksi postif org luar akan produk.cbr 250rr…
    Jadi jgan smbong dlu…tetap lah merendah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here