iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…setelah cukup lama terkatung-katung, akhirnya perhari ini secara resmi Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan mengesahkan peraturan tentang emisi gas buang menuju Euro IV. Peraturan mengusung No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 akan menjadi acuan untuk pabrikan kendaraan bermotor merilis produk mereka. Wihhh….jadi beneran. Pertanyannya…piye nasib motor baru yang masih kategori Euro III ??…

Berdasarkan peraturan terbaru Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O….maka secara resmi pengaturan emisi gas buang ke Euro 4 disahkan. Tapi tidak perlu kuatir cak…peraturan ini memberikan tenggat waktu buat produsen alias nggak langsung main hantam. Maksude??…

Jadi gini. Khusus untuk mesin bensin….peraturan baru mulai berlaku September 2018 alias 18 bulan lagi. Kalau dihitung kasar 1,5 tahun kedepan. Sementara untuk mesin diesel lebih lama lagi yakni 4 tahun kedepan setelah peraturan ditanda tangani. Artinya diesel masih aman. Tindakan untuk memberikan waktu pada para produsen membenahi sistem mesin mereka agar memenuhi syarat Euro 4 termasuk infrastruktur dll. Wehh, berat kuwi. Ediannn…ketat lho Euro 4 ki cak…

Sebagai informasi, selain mesin….para pabrikan terpaksa harus menjejali knalpot dengan Catcon cukup rumit. Intip wae desain knalpot new GSX-R1000 atau new CBR1000RR yang gedenya sepaha dinosaurus. Serta beberapa produk lain yang sudah dipasarkan di Eropa. Honda saja sampai menyetop produksi CBR600RR.Tidak heran selain dari sisi produsen, Pertamina sebagai penyuplai BBM dinegeri ini juga di push agar terus membenahi kualitas bahan bakarnya….

Last…keputusan Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan mengesahkan peraturan Euro IV patut kita apresiasi. Semakin kita perduli dengan emisi gas buang, maka kita sudah turut andil membawa bumi ini selalu hijau agar bisa diwariskan pada anak cucu kita kelak. Btw….peraturan hanya berlaku pada kendaraan baru kangbro. Sayang peraturan kadang masih tebang pilih. Kopaja asap pekat wae melenggang santai dijalanan. Sami mawon wis :mrgreen: ……(iwb)

Advertisements

85 COMMENTS

    • semoga yg sohc ngebul 2 tahun kedepan tambah ngebul..bensin koq kluar asap ngalahin mesin angkot.huehehehe

    • Apa gunanya,emisi gas buang yuro 4 kalau hutan dibabat juga buat kebun kelapa sawit…yh penting itu selamatkan hutan dari perusahaan yg memangsa hutan dan para ilegaloging..kalo hutan kita banyak o2 juga banyak.

    • Yamaha ngg perlu knalpot segede gaban agar lolos euro 4, ngg seperti honda cbr600 suntik mati, cbr1000 knalpot gaban,,cbr250 knalpot rusun?????

    • liat tulisan di bus itu TOLAK ANGIN makanya busnya ngentut keluarin angin hitam.. ekekekekk

    • Tapi Lek, pabrikan mungkin gag terlalu ribet/susah juga untuk bikin motor yang memenuhi standar Euro 4, tapi masalahnya adalah ketika motor sampai ke tangan konsumen, lah motor di modif dan yang paling umumnya adalah ganti knalpot, nah kan ini yang bikin kendaraan2 d jalan jadi gag ramah lingkungan, jadi yang seharusnya di tatar mengenai regulasi EURO 4 ini ya masyarakat/konsumen nya, biar sadar lingkungan kita juga perlu di pelihara, jangan egois pengen bejek throttle sedalam2nya aja… pabrikan ribet2 bikin EURO4 tapi ujg2 nya di rusak juga tho..

      Dan yang bikin pabrikan dilema itu, gimana bisa lolos EURO 4 ini, tapi tetep bisa dapat kepercayaan dan kepuasan konsumen, krna jarang konsumen rela power dikebiri..

      IMHO, produsen kenalpot harus juga belajar untuk ciptakan produk yang cukup ramah lingkungan, atau penjualan knalpot racing yang harus mulai dibatasi, cukup untuk kebutuhan racing resmi saja, bukan untuk konsumen biasa.. sulit memang… atau setidaknya knalpot racing cukup slip on tanpa merubah header, jdai sensai suara tetep dapet.. bisa juga khusus jual header saja untuk motor2 yang catcon nya masih di silincer, jadi tenaga terdongkrak tapi suara tetep senyap dan emisi lebih aman

      Ingatlah kita berhutang pada bumi kita, kita hidup memang mgkn tidak lama tapi masih ada anak cucu cicit kita yang nanti nya hidup di Bumi yang kita hancurkan… kasian kan mereka…

    • KARNA ITU HONDA AKTIF.. DLM KEGIATAN PENGHIJAUAN..

      GA KAYA SEBELAH PGN RUPIAHNYA AJA…

      KAN SY SERING BILANG..

      PABRIKAN MISKIN YAMAHA PEDULI SAMA LINGKUNGAN HIDUP SOSIAL DAN ALAM.

      SAYA TEGASKAN LAGI…

      YAMAHA JANGAN PENGEN RUPIAHNYA SAJA.. NUMPANG JUALAN KO.. G PEDULI SAMA MASARAKAT SKITAR..

      ITU DAH FIX DAN SERING SAYA UCAPKAN..

      YAMAHA CUMA NUMPANG JUALAN.. GA ADA SUMBANGSINYA ACAN..

    • nasib metromini dkk gmna yaa

      Bingung mau kredit mobil,??
      Bias saya bantu ni pak/bu .. 😀 melayani area JaBoDeTaBek, Jawa Barat dan Banten
      Bunga mulai dari 0%
      Angsuran mobil baru bisa sampai 7 tahun loh ..
      Bisa terima kredit mobil bekas juga nih asal usia kendaraan TIDAK LEBIH DARI 5 TAHUN & DP MINIMAL 25%
      Mampir yaa blog saya kreditmobildepok.blogspot.com

      Makasih min

    • Smoga paham..

      Ini Tanggung jawab FBY buat menuntut Pabrikan YAMAHA . agar ikut serta dlm melestarikan lingkungan.. Peduli sosial..

      YAMAHA JANGAN PGN DUITNYA SAJA.

  1. Sebuah langkah berani dari pemerintah disaat infrastruktur bahan bakar masih sedikit tertinggal dari negara tetangga

  2. Sak karepmu dewe. Penting epbeyek karo epbehak masih pada cekeran aku tetep bahagia.

  3. Di kira euro 4 udah berlaku dari tahun2 kemaren di indonesia , taunya baru mau. Awalny ngira mau berlaku euro 5

  4. Lek iwebeh harusnya juga mendukung. Minimal kasih slogan diblog “ayoo ngonthel,,,” gitu lah minimal.

  5. Nek vega kotak kui euro piro lek??
    Jare sales’e mbiyen wes euro 6 tapi kok euro 4 lagi resmi saiki.
    Asline seng ngapusi sopo ki
    ????

  6. IWB, gmn kabar keluarga di banaran? Tadi dngr berita ada bencana alam disana. Semoga keluarga IWB ttp dalam lindungan Tuhan.

  7. Cuma bisa ketawa sama regulasi amburadul negri ini, mau regulasi EURO IV, EURO V dst kalo bahan bakarnya yg dijual disini nggk mendukung ya percuma
    Mau diketatin kayak gimana, kalo masih jual RON 88 sama aja bo’ong
    Masyarakat yg punya mobil bagus2 aja masih demen beli RON 88
    Ironis

  8. Peraturan dibuat untuk dilanggar. Itulah slogan di negeri ini. Mau itu euro 4, 5, 6,… dst, tetap aja kendaraan yg tdk laik pakaipun bisa beroperasi di negeri yg tercinta ini..
    Ckckck..

  9. gampang. kalo 1 knalpot lulus euro 2, tinggal pasang 2 knalpot aza. atau knalpot tumpuk hohoho.

  10. mungkin gak ya sistem perpajakan motor pake dilihat dari gas buangnya, kalo udh canggih/euro4 gt pajaknya lebih murah, yaa kayak di eropa sono dah.. kalo gak salah monkeyblog pernah bikin artikelnya

    • david dobrik April 3, 2017 at 11:05 pm

      mungkin gak ya sistem perpajakan motor pake dilihat dari gas buangnya, kalo udh canggih/euro4 gt pajaknya lebih murah, yaa kayak di eropa sono dah.. kalo gak salah monkeyblog pernah bikin artikelnya
      =============
      Setau saya aturanya lagi digodok bro…pajak berbasis emisi…
      Klo ini sampai terealisasi maka bea masuk kendaraan misalnya mobil bukan lagi dilihat dari kubikasi mesin tapi dari besaran emisinya…semakin kecil emisinya semakin murah pajaknya.
      Sehingga entar mobil hybrid, elektrik dan sebagainya harganya bisa “terjangkau” tidak seperti sekarang….mobil hybrid harganya jadi mahal karena skema pajak kendaraan yang punya “2 mesin” pajaknya mahal

  11. Kabarnya peratutan euto 4 mengatur sampai detail bentuk\dimensi, material, serta letak license plate alias plat nomor kendaraan bener gak tuh ?

  12. … ‘ berarti : jaman semasa si Dino – dinosaurus itu masih hiduuuppp … 4 X ? Itulah masa di saat udara tersegaaarrr … yang pernah ada pada bumi or duniaaa … ini ! He he …

  13. mas iwan.apakah ini juga penggiringan untuk membeli bensin dengan ron diatas 92???
    lek menurut opini saya.masyarakat belum mampu untuk diberikan standart yang lebih tinggi.karena kembali lagi ke ke-ekonomian rakyat indonesia.apakah jika kendaraan euro 4 nantinya jika diberikan bbm yg dibawah standart akan merusak part2 nya.sementara kalau rakyat dituntut untuk naik kendaraan umum apakah fasilitas sudah memadai.kebo ireng sapi putih cenut2 ndas e,lek moro2 protol opo rompal mesin e lek dikek i bensin seng murah.

  14. Ngonthel kabeh wae la uwes , tanpa ada gas buang… :v
    Paha dinosaurus se awak mu lek iwan 😀

  15. Aturan mek motor baru..ha ha..teko omah ya dipreteli ganti euro 1..makane pabrikan ya mek ngakali ben lolos seleksi tok

  16. PREEEEETTTTTTTTT..Peraturan tinggal peraturan, minibus/mikrobus angkutan umum asep knalpot udah ky kentut cumi masih lolos aja lalu-lalang di jalanan, selama oknum penguji emisi masih bisa disuap mau euro 1000 pun ga bakalan ngaruh.

  17. Lek Iwan kurang piknik, asap hitam diesel itulah polusi nyata. Beda sama mesin bensin polusinya kayak tim SWAT yang gentayangan gak jelas, racunnya beribu racun yang siap menebar kematian.

  18. semoga ngga pada ngibuli lagi biar yg ngebul2 & protol2 segera di tuntaskan

  19. Nah… sy sih setuju aja utk penerapan standar emisi euro 4…
    Dan klo boleh sedikit saran sih…terutama utk bbm diesel (krn sy jg pengguna kendaraan diesel) sebaiknya bbm diesel solar busuk/ biosolar dihapus aja. Solar busuk/ biosolar selama ini kan msh disubsidi banyak tuh…mending subsidi dialihkan utk bbm diesel yg lebih baik kyk dex ato dexlite yg mendukung standar euro 4.

  20. Coba baca lagi klasifikasi kendaraan bermotor di Indonesia, kategori M, N, O itu apakah termasuk kendaraan roda 2? Ayo cek lagi informasinya….

  21. percuma ah….
    selama masih ada Premium, kendaraan EURO 4 juga bakalan dikasih Premium.
    Malah jadi kurang optimal.Jadi seharusnya Premium dan sekalian Pertalite sekalian dihapuskan. Pertamax dikasih subsidi, perbanyak atau tingkatkan kualitas produksi kilang2 biar bisa suplai BBM minimal Pertamax.

  22. sekedar info lek Iwan, perusahaan minyak plat merah dimaksud sebenarnya sudah jual BBM yg fulfill EURO4 spek, tinggal masyarakat nya aja mau beli gk dengan harga yg lebih mahal dr RON88/90 atw Solar biasa ….
    jd bukan dipush utk membenahi kualitas BBM (utk menyesuaikan dg EURO4), tp dibutuhkan regulasi dr pemerintah juga, klo memang EURO4 diberlakukan pemerintah jg jgn setengah2….hapus lah itu RON88/90 & Solar reguler….berani gk ??? gk mungkin kan (utk saat ini), spt biasa kebijakan pemerintah kita itu setengah2…kyk gk niat, inget yg masalah kebijakan emisi ?? liat aja bus dalkot/metromini/angkot….yg disasar malah plat hitam,.. kan aneh….
    jd selama diferensiasi harga itu ada, mostly masyarakat (khususnya golongan tertentu) cenderung akan beli yg murah…utk itu hapus aja RON88/90&Solar biasa……

  23. Tapi Lek, pabrikan mungkin gag terlalu ribet/susah juga untuk bikin motor yang memenuhi standar Euro 4, tapi masalahnya adalah ketika motor sampai ke tangan konsumen, lah motor di modif dan yang paling umumnya adalah ganti knalpot, nah kan ini yang bikin kendaraan2 d jalan jadi gag ramah lingkungan, jadi yang seharusnya di tatar mengenai regulasi EURO 4 ini ya masyarakat/konsumen nya, biar sadar lingkungan kita juga perlu di pelihara, jangan egois pengen bejek throttle sedalam2nya aja… pabrikan ribet2 bikin EURO4 tapi ujg2 nya di rusak juga tho..

    Dan yang bikin pabrikan dilema itu, gimana bisa lolos EURO 4 ini, tapi tetep bisa dapat kepercayaan dan kepuasan konsumen, krna jarang konsumen rela power dikebiri..

    IMHO, produsen knalpot harus juga belajar untuk ciptakan produk yang cukup ramah lingkungan, atau penjualan knalpot racing yang harus mulai dibatasi, cukup untuk kebutuhan racing resmi saja, bukan untuk konsumen biasa.. sulit memang… atau setidaknya knalpot racing cukup slip on tanpa merubah header, jadi sensasi suara tetep dapet.. bisa juga khusus jual header saja untuk motor2 yang catcon nya masih di silincer, jadi tenaga terdongkrak tapi suara tetep senyap dan emisi lebih aman..

Comments are closed.