iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….seperti di tanah air, biker di Negeri Jiran Malaysia ternyata juga menggandrungi motor 2 tak. Motor yang tak tergantikan dari sisi sensasi dan dianggap memiliki aura tersebut eksistensinya lumayan panjang dibandingkan dengan tanah air. Hal ini bisa diperhatikan dari banyaknya motor 2 tak bertebaran di jalanan Malaysia. Seperti Yamaha RX-Z yang IWB foto berikut ini…….

Gambar Yamaha RXZ IWB ambil di sebuah pom bensin di kawasan Kuala Lumpur Malaysia. Sepanjang jalan ternyata tidak sulit untuk menemukan motor yang cukup terkenal di Indonesia. Sayang RX-Z sudah sangat lama distop oleh YIMM. Sebagai informasi, RXZ di Malaysia lahir sekitar tahun 1985. Motor yang memiliki suspensi 2 kiri kanan ini ternyata cukup laris. Pokoke lek pengen dianggap wong lanang kudu numpak RXZ…kira-kira demikian….

Hal ini berdasarkan informasi dari teman-teman di Negeri Jiran. Yamaha sempat melakukan beberapa Facelift. Dan yang paling menonjol adalah gebrakannya merombak mesin menjadi 6 speed dari sebelumnya hanya 5 speed ditahun 1989. Kemudian beberapa revisi dilakukan di tahun 1991 hingga tercatat pada tahun 1996….

iklan iwb
iklan iwb

Proses cukup panjang mengiringi kehadiran Yamaha RXZ. Masuk era 2000-an, motor ini sempat mulai tertekan dengan peraturan emisi gas buang. Namun regulasi masih bisa diatasi dengan catalizer system hingga bertahan ditahun 2008. Sayang dari waktu ke waktu peraturan yang makin ketat pada emisi membuat RX-Z-pun menyerah. Dan resmi di Kisaran tahun 2010….Yamaha memutuskan menghentikan produksi 2 stroke engine ini selamanya…

Praktis eksistensi motor ini jauh lebih lama dibandingkan dengan di tanah air. sebab seingat IWB RX-Z sudah disuntik mati oleh Yamaha Indonesia sekitar tahun 1997. Sementara di Malaysia baru sekitar 6 tahun lalu. Tidak heran cukup banyak IWB menemukan RZX masih masih dalam kondisi rupawan….

Last…….masih eksis hingga 2010, desain RX-Z tidak banyak berubah. Secara umum siluet sosoknya mengingatkan IWB pada generasi ditanah air ditahun 1990an. Motor yang cukup kondang karena gampang dioprek serta jago drag liar jika korekan pas. Sebuah kisah yang ternyata juga dialami oleh biker Malaysia. Kehilangan ketika pesonanya tidak tergantikan seperti halnya Ninja 2 tak. Melas tenan……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

54 COMMENTS

    • Gk bakal di hilangin….
      Indonesia juga punya kebijakan sendiri, gk perlu ikut2 negara 2 lain. (org merdeka aja sendiri, bkn pemberiak kayak negara) asia tenggara lain

    • Mungkin karena disini bakal dipasang kamera buat ngebaca plat nomor (biar memudahkan untuk identifikasi pelanggar) karena lagi siap-siap buat tilang online

    • Gak akan dihilangkan, polisi kita sehati sama polisi India, Bangladesh, Sri langka yg masih mempertahankan plat depan solid sebagai pisau pembunuh untuk menekan jumlah penduduk??

    • yg lucunya blg plat depan solid sebagai pisau pembunuh.
      tp kbnyakan korban kecelakaan justru akibat digit IQ pengendara motor yg sama dgn jumlah roda.

  1. Kalo dimari sih tetep honda juara bung.
    Bagaimana tidak wong kebanyakan buta merk
    Motor alakadar yg penting ada logo sayap

    • Buta merk ndiasmu. Kenapa cs1, spacy , kurang laku? Padhal ada logo sayap? Kenapa n max mu bisa laris? Jawabnya ya orang indonesia gak buta merk seperti yg kau tuduhkan. Mereka beli yg worth . ngerti ora sooon. Sebentar ada yg ketinggalan…. Dasar gobloklu

  2. Fansboy disini gak tau motor legend, mayoritas mereka lahir di jaman laki2 pake motor tapi selangkangan rapet,

  3. tpi dimalay jga bnyak biker yg pengen dimnja kyak biker kita kang.. mereka rata2 pengn r15..cibi150/250 ..gsx150 masuk sana.. intil ja fp motomalaya difacebook.. klo ada loncing motor baru diindonesia..mereka sellu komen..kon masuk msia..
    gitu..

  4. Motor2 2 tak legenda emang banyak dilahirkan yamaha..
    Motor ini favorit mak rempit 180 kpj on highway di gapai cepat

  5. Ini salah satu motor koleksi ane , yg belom kesampaian yz125r pengen punya 1 lek.. 125cc mesin super 2t saingan Nova dash

  6. Dua tak hanya gosok-gosok kepala busi dan kepala silinder juga langsung hidup. Tapi olsam sudah mahal sekarang.

  7. Woahahaha…..motor ini napasnya puanjang…enak buat turing….meskipun sama2 135cc tp karakter beda jauh dengn rx king yg enaknya buat kota2 stop n go….

  8. Bukan yamaha 125 r bro, tapi yamaha 125z yg 2 tak.

    Di sene cari 15 jt aja, sampai keringat dingin susahnya. Mala bnyk bertahan di 20 jt, kondisi Bagus ya.

  9. Alhamdulillah masih memelihara Yamaha RZR warisan babe.kelahiran tahun 90.walaupun bentuk jadul tapi bangga ketika dijalan.soalnya gak ada yang punya 😀
    sangat jarang sekali populasinya di Tulungagung Jatim

  10. Thx mas iwan infonya, bagaimana dengan TZM dan 125zr nya mas iwan. Pengen dengar kabar, katanya yamaha 125zr nya stop produksi tahun ini? Dan berhubungan info tersebut benar atau salah. Apakah harga2 motor 2 tak disana yang sudah stop produksi, bekasnya melambung jg harganya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here