iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….seperti di tanah air, biker di Negeri Jiran Malaysia ternyata juga menggandrungi motor 2 tak. Motor yang tak tergantikan dari sisi sensasi dan dianggap memiliki aura tersebut eksistensinya lumayan panjang dibandingkan dengan tanah air. Hal ini bisa diperhatikan dari banyaknya motor 2 tak bertebaran di jalanan Malaysia. Seperti Yamaha RX-Z yang IWB foto berikut ini…….

Gambar Yamaha RXZ IWB ambil di sebuah pom bensin di kawasan Kuala Lumpur Malaysia. Sepanjang jalan ternyata tidak sulit untuk menemukan motor yang cukup terkenal di Indonesia. Sayang RX-Z sudah sangat lama distop oleh YIMM. Sebagai informasi, RXZ di Malaysia lahir sekitar tahun 1985. Motor yang memiliki suspensi 2 kiri kanan ini ternyata cukup laris. Pokoke lek pengen dianggap wong lanang kudu numpak RXZ…kira-kira demikian….

Hal ini berdasarkan informasi dari teman-teman di Negeri Jiran. Yamaha sempat melakukan beberapa Facelift. Dan yang paling menonjol adalah gebrakannya merombak mesin menjadi 6 speed dari sebelumnya hanya 5 speed ditahun 1989. Kemudian beberapa revisi dilakukan di tahun 1991 hingga tercatat pada tahun 1996….

iklan iwb

Proses cukup panjang mengiringi kehadiran Yamaha RXZ. Masuk era 2000-an, motor ini sempat mulai tertekan dengan peraturan emisi gas buang. Namun regulasi masih bisa diatasi dengan catalizer system hingga bertahan ditahun 2008. Sayang dari waktu ke waktu peraturan yang makin ketat pada emisi membuat RX-Z-pun menyerah. Dan resmi di Kisaran tahun 2010….Yamaha memutuskan menghentikan produksi 2 stroke engine ini selamanya…

Praktis eksistensi motor ini jauh lebih lama dibandingkan dengan di tanah air. sebab seingat IWB RX-Z sudah disuntik mati oleh Yamaha Indonesia sekitar tahun 1997. Sementara di Malaysia baru sekitar 6 tahun lalu. Tidak heran cukup banyak IWB menemukan RZX masih masih dalam kondisi rupawan….

Last…….masih eksis hingga 2010, desain RX-Z tidak banyak berubah. Secara umum siluet sosoknya mengingatkan IWB pada generasi ditanah air ditahun 1990an. Motor yang cukup kondang karena gampang dioprek serta jago drag liar jika korekan pas. Sebuah kisah yang ternyata juga dialami oleh biker Malaysia. Kehilangan ketika pesonanya tidak tergantikan seperti halnya Ninja 2 tak. Melas tenan……(iwb)

iklan iwb
Previous articleARRC AP250 FP 3 (Final) : Gerry Salim terkencang……..suspensi masih belum optimal !!
Next articleARRC AP250 QTT Johor Malaysia : Gerry salim start dari posisi 3…..target juara !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!