iklan iwb

Iwanbanaran.com – Tujuh tahun lalu…..sosok Byson warna biru nongkrong disebuah dealer merenggut pendirian IWB. Tidak perduli spesifikasi mesin atau tetek bengek power….IWB gelisah ora iso turu. “Wedhusss, motor koq ganteng mennnn…”batin IWB berulang-ulang. Kala itu IWB masih nunggang Megapro lansiran 2002. Tapi tidak tahu…seperti kena sihir, IWB gelisah ora iso turu cak. Bak orang jatuh cinta…IWB pun bertekad menjual si Megy yang sudah menemani selama 8 tahun. Ediann nggak….

Gayung bersambut. Nyonya finance dirumah memberikan acc. Wissss budal sumringah tenan kangbro. IWB ngacir kembali kedealer Yamaha sambil tersenyum gembira. Langkah kaki super ringan kayak terbang. Membayangkan nongkrong diatas motor yang moge look…sopo ora jingkrak kegirangan. IWB sendiri dirumah sudah ada JupiterZ. Jadi bukan yang pertama memiliki produk Yamaha….

Tiba disana….IWB langsung menyelesaikan administrasi. Disela itu…..mata masih enggan beralih pada sikebo. Detil…ditahun itu IWB merasakan desain Byson ini memang super detail. Tanki kondom tidak masalah bagi IWB karena memang materialnya termasuk sangat baik. Nggak ada suara-suara saat IWB tekan disisi kiri kanan. Bahkan ketika diberikan beban tetap anteng. Mantaappp!!….

iklan iwb

Di luar sisi desain, IWB lumayan terkejut saat jajal betot-betot gas. Weleh…koq rada telat ya. Hmm…kayaknya banyak penyekat nih. Tapi ora po-po, yang penting keren. Dan ditahun 2010 tersebut akhirnya IWB memboyong Byson karbu warna biru. Kekaguman atas desain menutupi semua performa yang tergolong standar. Ajaib ki cak padahal IWB saat muda termasuk speed freak lover. Bukti bahwa desain sangat penting??. 1000 % yesss !!!….

Waktu terus berjalan. Hingga pada akhirnya di India, Yamaha merilis new Byson FI. Demen cak…..sumringah karena IWB membayangkan mesin yang lebih efisien namun powerfull. Tinggal menunggu kedatangannya dan pasti di Indonesia akan masuk. Sayang….kegembiraan tersebut hanya sebentar. Mata, panca indera dan rasa menangkap sebuah desain yang tidak seperti Byson karbu…

Keanggunan, kegagahan serta feel big bike look seperti dirusak oleh gen kedua ini. Sebagai rider Byson….IWB merasa tiap jengkal desain tidak mampu meneruskan daya pikat gen karbu. Sulit digambarkan cak….sangat sulit sebab yang berbicara adalah rasa. Kala itu IWB sendiri sudah pernah memberikan sinyal lewat artikel agar YIMM mempertimbangkan secara serius jika desain tersebut dibawa ketanah air. Karena feeling IWB akan sulit diterima biker tanah air….

Mungkin akan lebih baik desain tetap seperti Byson karbu namun ditambahi pemanis lampu LED misalnya?. Atau fitur lain?. Plus mesin tentunya. Sayang….pabrikan memiliki strategi berbeda. Dan akhirnya disekitar tahun 2015….Byson FI lahir ketanah air. Untuk mesin?.karena kebutuhan emisi gas buang standart Euro 3, Yamaha melakukan efisiensi dengan menurunkan kubikasi dari 153cc menjadi 149,3cc….

Namun secara feel torsi?.Byson FI diklaim lebih bertenaga dibanding karbu akibat pengurangan bobot hingga 3 kg yang disumbang sasis, AC magneto serta perangkat karbu. Dan ini IWB buktikan sendiri emang lebih ngacir. Selain itu pabrikan juga mengoptimalkan valve duration dan pembakaran. Tidak heran ketika test drag 0-400m?new Byson FI bisa lebih kencang 1 detik dibanding old gen….

Membuang karbu, perangkat injeksi juga nggak kacangan cak. Sistem FI terbagi atas sensor grup seperti crankshaft position & generator sensor, oil temperatur sensor, o2 sensor, lean angle sensor, fuel pump (pressure 250 kpa), 6 hole injector, TPS, IAPS, IATS serta ECU 33 pin.?Yamaha mengklaim bahwa frame terbaru lebih rigid 12 %. Selain itu??ground clearance juga dinaikkan hingga 10mm plus wheelbase lebih pendek 4mm agar motor makin aman dan lincah diajak melibas kondisi jalan apapun….

Tapi semua kelebihan tersebut seperti tidak dipandang. Ilmu pelet yang dimiliki versi karbu seperti tidak menurun pada versi FI. Diawal peluncuran, respon new Byson FI terasa anyep.?Waktu terus berjalan. Dan dari waktu ke waktu akhirnya eksistensi Byson tidak seramai dulu. Bahkan kini penjualan Byson konon jauh dari harapan. Dari bulan Januari 2016 masih tembus 1273 unit….terus menyusut dibulan Oktober 2016 hanya kisaran 186 unit. Kondisi tidak jauh berbeda dibandingkan sekarang kalau nggak malah makin buruk. Sebagai contoh di Februari 2017 yang hanya terjual 57 unit….

Last…..mendapatkan desain yang bisa masuk keseluruh lapisan memang sangat sulit. Oleh karena itu pabrikan dituntut untuk pintar dan teliti melakukan survei. Yamaha sendiri dalam catatan IWB sudah dua kali melakukan blunder terhadap desain. Pertama New Scorpio Z lalu Byson FI. Tidak hanya Yamaha, Honda-pun pernah melakukannya pada New Megapro aka Dazzler di India. Bukti bahwa desain India belum tentu cocok ditanah air?. Sepertinya demikian. Bagi IWB sendiri….”blue angel” akan menjadi legend yang tak tergantikan. Walau kini usianya sudah tak lagi muda.?Yamaha Byson…..nasibmu kini…(iwb)

165 COMMENTS

  1. “Betul, harusnya cukup Byson karbu rubah ke FI dan tambahkan disc brake belakang. Dijamin masih laku. Kalo desain sekarang paling gagal adalah diburitan, dan terlalu banyak pernik2 aneh yang menjadi murahan seperti mainan. Dan kesalahan ini diulang ke new Vixion!Buat petinggi Yamaha yang baca, catat omongan saya ini.? NEW VIXION BAKALAN GAGAL KARENA DESAIN BURITAN YANG MAKSA? kalo saja buritan seperti MX King ato R25 mungkin akan lain. Selamat meninggalkan tahta sport dan jagalah maxi skutik, belajarlah dari AHM yang mendengarkan kritik dari Mbah Darmo. Janganlah jadi pabrikan yang BUDeg, benahilah salesyang maksa kredit, saya sarankan buatlah pembelian online ditoko2 online itu bisa untuk seluruh Indonesia. Jangan Jabodetabek serta aja.”

    Tambahan :
    1). Desain Lampu depan kalo dari Samping jelek mirip Verza (motor yg jadi rujukan bullyan kaum FB)
    2). Desain Shroud yg memanjang kebelakang (jadi kayak cewek yang kembenan selendang)
    3). Kalau masih 5 Speed bersiap2lah makin terbelakang vixion.

    (TOLONG DIPERHATIKAN PAK ABIDIN ATAU PRESIDEN YAMAHA MOTOR CORP. HIROYUKI YANAGI SEKALIAN)

    • Kritik juga harus berdasar terutama faham maksud dan tujuan dari sebuah disainnya Pengetahuan kalian yg suka jelek jelekin produk orang tuh payah sangat payah.. Masalah model selera ga musti seragam dgn yg kalian suka, suka model aham silahkan beli yang suka model Yamaha juga silakan beli ga perlu menjelek2an. Sederhana sajah utk test kemampuan kalian coba bikin oret2an sketsa motor dan utk harga mau di hargai brapa? Jujur lah pd hati kecil nilai sendiri hasilnya baru kalian bkl tau kerja keras insinyur pabrikan dalam mendisain sebuah motor

    • Waduh bro Roarr . Situ knp yg sensi ada yg kritik disain new Vixion .. kritik itu bukan haram asal tujuan nya baik dan penyampain nya baik .. jadi Sah sah aja konsumen kritik .. jadi u jgn sensi gt sama kritikan , kan kritikan nya masik wajar n sopan ., gak maki2 pakai bahasa kotor .

      Pahammmmm anda !!

  2. Kayaknya petinggi yamaha udah jarang baca keluhan konsumen di blog iWB
    Krna MS terus anjlok… jd kagak mampu beli kuota…
    Daannn…. spertinya Desainer honda ama yamaha pada ketuker….
    Honda mkin lama desain semakin oke… yamaha malah kebalikannnya…

    Pdhal buat rider sejati, pasti tahu kalo yamaha itu pabrikan yg paling manjain konsumen…
    Yamaha pabrrikan yg selalu membuat segmen baru speda motor…
    Jgn harap ad cb150,cbr150,cbr250 pcx lokal
    Kalo bukan dr yamaha yg dluan buka pasar…
    Secara teknologi yamaha berimbang dgn honda… kualitas yamaha lebih dr honda…
    Hanya kalah marketing sj…

    • Ga usah dibaca buat apa??? Pengetahuan kalian yg suka jelek jelekin produk orang tuh payah sangat payah.. Masalah model selera ga musti seragam dgn yg kalian suka, suka model aham silahkan beli yang suka model Yamaha juga silakan beli ga perlu menjelek2an. Sederhana sajah utk test selera kalian coba bikin oret2an sketsa motor yg kalian suka dan utk harga mau di hargai brapa… Jujur lah pd ht kecil nilai sendiri hasilnya baru kalian bkl tau kerja keras insinyur pabrikan dalam mendisain sebuah motor

  3. Dari SMA sampe kebawa mimpi lek punya byson karbu.. sampe kuliah alhamdulillah masih bisa bawa motor walaupun bukan byson karbu.. barang akhir kuliah 2015 mau beli byson karbu malah udah ga produksi lek.
    Sedih bukan main.. dilema pilih byson fi atau merk sebelah.. yaudah byson fi aja.. alhamdulillah sampe skrg masih nyaman dan mantap ditambah cakram belakang

  4. Nah itu yang aku maksud..
    Design dari Negara India dan China beda dengan Design dari Thailand dan Jepang..!!

    Pasrahkan design kembali ke Jepang.. 1000% pasti keren..!!

  5. Ganti jajaran personil manajemen, ya pasti beda hasil. Puncak kejayaan Yamaha Indonesia itu di tahun 2014/2015. Dulu ada GM yg namanya Eko Prabowo, sekarang di mana dia?

  6. betul mas iwan… waktu Byson FI launching, liat modelnya dah ga banget, jauuuuhhhh banged sama yang karbu… Nah new scorpio juga, pas liat launchingnya, waaahhh bakalan kalah sama byson karbu, dan ternyata yaaaaa bisa kita liat sekarang gimana nasib new scorpion sama byson FI..

  7. “Saya nangkepnya lek iwan sebenernya mau kasih alert ke yimm bahwa desain new vixion akan berbuah kegagalan sebagaimana kegagalan byson fi tapi ga mau langsung nembak vixion jd pake pengalihan isu yg sudah nyata kebukti ya byson fi ini,biar gak dibipang penggiringan opini?cmiiw lek?”

    Udah ngga perkiraan lagi bro, ini emang betul suatu warning!

    PAK ABIDIN, TOLONG BACA INI!

  8. kalau nanti new vixion gagal, sepertinya bukan masalah karena yamaha punya makrket baru di big skutik, kalau nanti yamaha punya bibit market baru,, big skutik baru di ambil alih oleh *h*.biar bagaimanapun keduanya basic dan acc nya kan dari sono.market akan terus di explor ga mungkin gontok gontokan mentok untuk satu market.

  9. Byson FI bagus lek menurut saya, cuma ya itu emang kebanyakan tempelan dan striping yg menurut saya bikin kesan alay..
    Namanya motor naked desain moge look kayak byson gak seharusnya dikasih tambahan yg aneh”..
    Byson cocoknya harus kekar, elegan, riding position nyaman, itu kuncinya. Syukur” kalo malah dikasih mesin DOHC Overstroke yg lemot biar area mesin agak keliatan besar kayak GSX-S150..
    Kalo Vixion desain harusnya serba runcing, gak elegan gak apa” tapi desain harus se modern/ futuristik mungkin, terutama headlamp harus bener” bentuk baru/ gak boleh sekedar mirip headlamp Verza versi LED kayak yg sekarang..

    • Klu saya kasi nilai new byson dpt nilai 75 . Kesalah di new byson ini , 1 bentuk jok blakang yg ketinggian , 2 rem blakang masik tromol , 3 bentuk tangki kurang gagah seperti old byson , 4 terakhir lampu depan new byson terlalu tajam ,, jadi kelihatan recing gt . Padalan konsep byson gagah n kekar .

  10. Masih Naik motor kah lek iwan?
    Sayang Mitsubishi Pajero nya gak dipakai.
    Pinjami saya Mitsubishi Pajero nya deh kalo gitu
    😀

  11. Dan kini saya pun di buat pening dgn sgala masalh dr karbu yg brebet..setelaah pemakaian 5 tahun nunggang byson

  12. Byson fi sbnarnya ckup bagus…tp mengingat new cb,new vixion lebih ngaus..mkin g laku..cuma selish 3-4 jta..

  13. Saya baca artikel ini kayak puisi lek iwan..
    Gimana pertama byson keluar banyak sodara yg kojel kojel pengen beli
    Walao tenaga gak seganteng desain….
    Tp peran desain 1000% sangat mempengaruhi
    Dan mungkin, kalo uda netes new vixiun 2017 dg desain yg seperti spyshot,
    Mungkin nasibnya akan sama seperti byson karbu

  14. Mending Ganti baju aja, di indonesia gak ada model retro. caferacer, scrambler,tracker, pake mesin byson gak papa kok. biar yamaha yg paling depan ngeluarin mtor retro di indonesia,. penggemar type retro di indonesia banyak lho.
    kenapa pabrikan pura-pura gak tau ya?

  15. Sebenar model scorpio z thn 2009 keren. Body kecil tenaga besar .. eehh malah yamaha rubah total body scorpio z jadi hancur .. body nya kegedean !!
    Klu di Byson old & new Byson . Kesalahan di new Byson , 1 di jok blakang teralalu tinggi , 2 rem blakang masik tromol , 3 bentuk tangki tidak segagah Old byson , 4 lampu depan Byson tdk mencerminkan gagah malah kelihatan tejam !!

    Sekian pendapat saya mas iwb .

  16. Jadi kangen sama old byson ku si “Red Devil”, moge look dan nyaman di kendarai..untuk VIXION RIWAYAT MU KINI –>> Mbledosss kang

  17. intinya beli yg menurut anda bagus, baik, juara,.. saya sih tetap byson FI….ekkekekekekekekekekekkkkk

  18. Mas Iwan, saya juga rider byson. Inget banget dulu pas mau beli byson blog mas iwan saya pantengin tiap hari, alhasil satu kebo biro berhasil diboyong ke rumah. Dan uniknya si kebo saya pernah kena jepret mas Iwan dan jadi artikel blog iwanbanaran.com/2013/11/05/sisi-rentan-yamaha-byson/. Saya inget pernah ngeliat mas Iwan di DDS yamaha jakarta, besok paginya artikel itu brojol. Kurang asyeeeeem

  19. Yamaha bosan
    Mungkin katakata yang sangat cocok untuk menggambarkan pembaruan produk utowo facelift beberpa produk yamaha yang menurut pribadi lebih bagus dari generasi sebelumnya..contohnyaa??banyak
    Beda dengan pabrik sebelah (insial HONDA) yang mau mendengarkan dan tau selera biker..contohnya?banyak.
    Sengaja pake inisial agar tidak dikira fb atotpun sales bhahakakakakakkak……

    • Maaf ralat
      Yamaha bosan
      Mungkin katakata yang sangat cocok untuk menggambarkan pembaruan produk utowo facelift beberpa produk yamaha yang menurut pribadi lebih jelek dari generasi sebelumnya..contohnyaa??banyak

  20. Iki motor impian pas jaman kuliah tahun 2010. Desain mirip FZ1 emg bikin saya yg tadinya lebih condong ke roda 4 pun jadi keranjingan dg roda 2. Lulus kuliah dapet kabar kalo Byson mau di update. Waktu itu harapannya cuma perbaikan lampu belakang, injeksi sm spidometer. Ndilalah kok malih kabeh. Luwih ganteng NVA malah. Sampe akhirnya kerja pun ora kepincut blas karo Byson FI. Ndilalahe meneh, Yamaha gawe Xabre. Saya pikir, ini lho R15 streetfighter. Yamaha seolah balik lagi jalan yg benar. Singkat cerita akhirnya kepelet karo Xabre, lsg sikat sebelum desaine malih ora karuan meneh. Semoga Yamaha belajar dr pengalaman. Semoga, kalopun desain Vixion baru ora apik, New Vixion jadi motor terakhir Yamaha sing desaine aneh. 🙂

  21. Yamaha…. you are going down….. mati ente…. jangan SOK…. kalo ditegur SONGONG…..HARUS DENGERIN KONSUMEN, liat tuh honda yg awal desain bapak2, akhirnya berganti ke desain anak muda dan akhirnya laku, NYADAR WOI…. yang beli dan pakai itu konsumen, BUKAN MBAHMU…..kalo dibilang jelek ya jelek…. jangan menghibur diri.. jangan congkak…

  22. sett dah.. cuman sebulan laku 57 unit.. bagi pabrik sebesar yamaha inilah adalah AIBB..!!! Memalukan..!!!

    saya berharap… pak Bambang tidak meng-upgrade byson lawasnya ke byson fi… sumpah beneran pak… lebih baik pak Bambang kembali “numpak jaran” daripada naek byson fi ini pakk…!!!

    #Edisi Pak Bambang Numpak Jaran..dalam kenangan… 😀 😀 😀

  23. Pnh ketemu Byson fi, keren koq, tp entah kenapa ga laku, mungkin rem tromol berpengaruh untuk segmen sport

  24. Jdi kepengen beli NVL yg sekarang, mumpung desainnya masih bagus.. sebelum punya desain senasip kaya bison :v

  25. Bysonku dimaling neng semarang lek. Wis cash ga entuk kudu kredit inden 6sasi bar entuk nganggo pirang sasi malah dimaling wasssssalam

  26. Ya paling ngga..ada pabrikan anti budeg disini..yg ngga maksa masukin 250 sohc dan 150 sohc dr indihe..dan sekarang lagi menikmati larisnya penjualan

  27. Ehm. Wasalamualaikum bro. Saya kombalikan ya desain acha acha indihe ya.. Bakal terulang ya.. Di pigson berikutnya.. Tragedi meong nada

  28. Surah bagus Bryson karbu, eeeh malah yg FI berantakan abis,Mana power di bawah karbu, padahal karbu tinggal dipermanis tankinya, Belakang kasih cakram, sudah cukup lah, secara soknya juga ok,sayang Kalo disuntik mati, mending permak habis dengan desain Indonesia

  29. Design yang Modern justru di buat oleh SUZUKI
    Suzuki buat mesin Top dan design modern
    Coba kita tengok GSX-R150 itu tampak sederhana namun secara terus menerus memikat, Elegan minim pernak pernik, CBR150 yg banyak pernak pernik siap siap…
    GSX-S150 juga design elegan ga bosenin, walau sepintas sederhana tapi lama kelamaan enak dan keren karena minim pernak pernik.

    Nah gagalnya Suzuki justru di Design Satria, dimana Satria Karbu itu minim pernak pernik jadi ELEGAN, begitu yang Satria Fi aduh ga banget, lampu belakangnya waduh bingungin….

  30. Awal bulan iki tas tuku byson FI warna abang cak, menurutku apik desain e, wes kepelet kat jaman SMA pertama keluar byson karbu, baru so tuku saiki?

  31. Kualitas suzuki yamaha honda ane suka yamaha ane pernah punya motor megapro grand shogun dan yang terakhir vixion ane lebih puas pake yamaha tapi yamaha terlalu naif dalam penjualan tak perhatikan pada konsumennya kalah sama honda
    honda lebih perhatian pada konsumennya itu knpa yamaha gak laku
    Ada gadis cantik lewat tapi sayang sombongnya minta ampun
    Ada gadis jelek lewat tapi dia sopan murah senyum perhatian
    Pasti orang lebih pilih jelek sopan murah senyum perhatian pake logika aja jgn pake kualitas
    Masih perlu banyak belajar dalam penjualan soal kualitas yamaha jos

  32. Klo mau lihat kualitas lihat sejarah motor 2 tak aja
    Honda nsr
    Suzuki RGR
    yamaha rx king
    Honda Nsr hilang di telan bumi RGR juga hilang di jalan raya
    RX KING dan NINJA 2 tak yg masih banyak pemakainya
    Klo ninja mahal harganya
    ???????? \……(^_^)……/

  33. naik bung vixi advance pas nurunin gigi keras bgt, pantes yamaha nambahi slpper cluth pada r15, mga bsuk bung vixi juga ada slpper cluthnya biar alus kalo oper gigi..

Comments are closed.