iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Tujuh tahun lalu…..sosok Byson warna biru nongkrong disebuah dealer merenggut pendirian IWB. Tidak perduli spesifikasi mesin atau tetek bengek power….IWB gelisah ora iso turu. “Wedhusss, motor koq ganteng mennnn…”batin IWB berulang-ulang. Kala itu IWB masih nunggang Megapro lansiran 2002. Tapi tidak tahu…seperti kena sihir, IWB gelisah ora iso turu cak. Bak orang jatuh cinta…IWB pun bertekad menjual si Megy yang sudah menemani selama 8 tahun. Ediann nggak….

Gayung bersambut. Nyonya finance dirumah memberikan acc. Wissss budal sumringah tenan kangbro. IWB ngacir kembali kedealer Yamaha sambil tersenyum gembira. Langkah kaki super ringan kayak terbang. Membayangkan nongkrong diatas motor yang moge look…sopo ora jingkrak kegirangan. IWB sendiri dirumah sudah ada JupiterZ. Jadi bukan yang pertama memiliki produk Yamaha….

Tiba disana….IWB langsung menyelesaikan administrasi. Disela itu…..mata masih enggan beralih pada sikebo. Detil…ditahun itu IWB merasakan desain Byson ini memang super detail. Tanki kondom tidak masalah bagi IWB karena memang materialnya termasuk sangat baik. Nggak ada suara-suara saat IWB tekan disisi kiri kanan. Bahkan ketika diberikan beban tetap anteng. Mantaappp!!….

iklan iwb

Di luar sisi desain, IWB lumayan terkejut saat jajal betot-betot gas. Weleh…koq rada telat ya. Hmm…kayaknya banyak penyekat nih. Tapi ora po-po, yang penting keren. Dan ditahun 2010 tersebut akhirnya IWB memboyong Byson karbu warna biru. Kekaguman atas desain menutupi semua performa yang tergolong standar. Ajaib ki cak padahal IWB saat muda termasuk speed freak lover. Bukti bahwa desain sangat penting??. 1000 % yesss !!!….

Waktu terus berjalan. Hingga pada akhirnya di India, Yamaha merilis new Byson FI. Demen cak…..sumringah karena IWB membayangkan mesin yang lebih efisien namun powerfull. Tinggal menunggu kedatangannya dan pasti di Indonesia akan masuk. Sayang….kegembiraan tersebut hanya sebentar. Mata, panca indera dan rasa menangkap sebuah desain yang tidak seperti Byson karbu…

Keanggunan, kegagahan serta feel big bike look seperti dirusak oleh gen kedua ini. Sebagai rider Byson….IWB merasa tiap jengkal desain tidak mampu meneruskan daya pikat gen karbu. Sulit digambarkan cak….sangat sulit sebab yang berbicara adalah rasa. Kala itu IWB sendiri sudah pernah memberikan sinyal lewat artikel agar YIMM mempertimbangkan secara serius jika desain tersebut dibawa ketanah air. Karena feeling IWB akan sulit diterima biker tanah air….

Mungkin akan lebih baik desain tetap seperti Byson karbu namun ditambahi pemanis lampu LED misalnya?. Atau fitur lain?. Plus mesin tentunya. Sayang….pabrikan memiliki strategi berbeda. Dan akhirnya disekitar tahun 2015….Byson FI lahir ketanah air. Untuk mesin….karena kebutuhan emisi gas buang standart Euro 3, Yamaha melakukan efisiensi dengan menurunkan kubikasi dari 153cc menjadi 149,3cc….

Namun secara feel torsi….Byson FI diklaim lebih bertenaga dibanding karbu akibat pengurangan bobot hingga 3 kg yang disumbang sasis, AC magneto serta perangkat karbu. Dan ini IWB buktikan sendiri emang lebih ngacir. Selain itu pabrikan juga mengoptimalkan valve duration dan pembakaran. Tidak heran ketika test drag 0-400m…new Byson FI bisa lebih kencang 1 detik dibanding old gen….

Membuang karbu, perangkat injeksi juga nggak kacangan cak. Sistem FI terbagi atas sensor grup seperti crankshaft position & generator sensor, oil temperatur sensor, o2 sensor, lean angle sensor, fuel pump (pressure 250 kpa), 6 hole injector, TPS, IAPS, IATS serta ECU 33 pin. Yamaha mengklaim bahwa frame terbaru lebih rigid 12 %. Selain itu……ground clearance juga dinaikkan hingga 10mm plus wheelbase lebih pendek 4mm agar motor makin aman dan lincah diajak melibas kondisi jalan apapun….

Tapi semua kelebihan tersebut seperti tidak dipandang. Ilmu pelet yang dimiliki versi karbu seperti tidak menurun pada versi FI. Diawal peluncuran, respon new Byson FI terasa anyep. Waktu terus berjalan. Dan dari waktu ke waktu akhirnya eksistensi Byson tidak seramai dulu. Bahkan kini penjualan Byson konon jauh dari harapan. Dari bulan Januari 2016 masih tembus 1273 unit….terus menyusut dibulan Oktober 2016 hanya kisaran 186 unit. Kondisi tidak jauh berbeda dibandingkan sekarang kalau nggak malah makin buruk. Sebagai contoh di Februari 2017 yang hanya terjual 57 unit….

Last…..mendapatkan desain yang bisa masuk keseluruh lapisan memang sangat sulit. Oleh karena itu pabrikan dituntut untuk pintar dan teliti melakukan survei. Yamaha sendiri dalam catatan IWB sudah dua kali melakukan blunder terhadap desain. Pertama New Scorpio Z lalu Byson FI. Tidak hanya Yamaha, Honda-pun pernah melakukannya pada New Megapro aka Dazzler di India. Bukti bahwa desain India belum tentu cocok ditanah air?. Sepertinya demikian. Bagi IWB sendiri….”blue angel” akan menjadi legend yang tak tergantikan. Walau kini usianya sudah tak lagi muda. Yamaha Byson…..nasibmu kini…(iwb)

iklan iwb
Previous articleKetika Suzuki GSXR150 parkir jejer dengan Yamaha R15….beda aura !!!!
Next articleVideo : Ngetes kekuatan material lampu sein Suzuki GSX-S150….gendeng anti pothel cak !!….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!