iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde…berawal dari share info dari cak Cakra yang IWB rilis diartikel berjudul “Tips : Video pasca cat motor dilapisi ceramic coating….ediannn, air ogah nempel bro !!”….IWB pun mulai tertarik untuk melakukan hal serupa pada si Carli J (sebutan tunggangan roda 4 IWB). Biar lebih mantap…IWB pun ngontak punggawa Bikersbro yang sekaligus reader IWB….cak Ade. Dilalah cak Ade yang aslinya adalah Kerangalam (arek Malang) ini menawarkan diri datang kekediaman IWB agar IWB bisa mengintip proses polish dan pelapisan nano keramik. Dan hasilnya…edian cat kayak dilaminating licin puolllll !. Penasaran prosesnya ?. Intip penjabarannya berikut ini….

Value kendaraan yang dimiliki dari kondisi baru semakin hari sudah dipastikan akan semakin turun, menstabilkan value kendaraan dapat dilakukan dengan banyak cara, yang paling umum yaitu disiplin sesuai jadwal menjalankan service rutin kendaraan ke bengkel resmi untuk perawatan mesin dan komponen pendukungnya….

Detailing merupakan salah satu cara lain perawatan kendaraan yang fokus disekitaran eksterior dan interior kendaraan, cara ini masih cukup awam dikalangan masyarakat yang sebenarnya dapat membantu menstabilkan value dari kendaraan dalam jangka waktu yang lama….

iklan iwb

Coba sampeyan bayangkan ketika kendaraan sudah berumur lebih dari 5 tahun, mesin dengan kondisi prima, eksterior dan interior kondisi sangat mint maka dapat dipastikan value kendaraan akan lebih tinggi daripada kendaraan yang minim perawatan. Kumel sama kinclong pasti beda to cak. Mangkane kuwi….

Perawatan mesin maupun eksterior dan interior (mobil) ki perlu. Kalau motor mungkin hanya eksterior. Oke…IWB akan coba share sedikit tentang detailing hasil olah info dengan punggawa bikersbro cak Ade. Panganan opo sih sebenarnya detailing ataupun pelapisan nano keramik ki?. Jadi gini cak….

Perawatan eksterior atau poles bodi kendaraan pada dasarnya adalah pekerjaan ampelas pada pernish kendaraan. Memang cukup seram mendengar kata ampelas, tapi memang benar yang dilakukan adalah mengampelas pernish kendaraan. Dan boleh diingat lapisan yang berkurang (terkikis) saat proses polishing adalah pernish dan bukan cat (dimobil pada umumnya) yang selama ini diketahui orang awam….

Kalau dikertas ampelas ada istilah grit yaitu tingkat kekasaran/abrasive dari kertas ampelas, dari nilai yang paling kecil adalah ampelas yang paling kasar, naik nilai yang lebih besar adalah ampelas yang lebih halus, contohnya adalah ampelas grit 100 adalah sangat kasar lalu ada grit 5000 adalah sangat halus…..

Begitu juga untuk polishing bodi kendaraan juga menggunakan bahan yang memiliki tingkat kekasaran/abrasive. Hanya saja berbeda bentuk bukan lagi kertas seperti ampelas kertas tetapi berbentuk cairan abrasive. Contohnya adalah chemical Menzerna 1000 yang berarti cairan kasar lalu ada Menzerna 4000 yang berarti cairan lebih halus tingkat abrasive-nya….

Sebagai informasi….NB Menzerna merupakan chemical OEM yang digunakan oleh pabrikan mobil jerman rata-rata. Ketika kendaraan dipolishing maka sudah dipastikan ketebalan pernish akan berkurang, tetapi jangan kawatir, berkurangnya lapisan pernish sangatlah tipis berukuran Micro tergantung tingkat abrasive chemical yang digunakan detailer. Percayakan pada detailer yang sudah profesional, jangan sampai salah memilih tempat salon kendaraan yang berujung berkurangnya lapisan pernish telalu banyak….

Secara garis besar proses perawatan eksterior bodi itu ada empat, yaitu cleaning, paint correction, protection dan maintenance. Cleaning adalah proses dimana jamur, aspal, kerikil, oksidasi dan sebagainya dibersihkan dengan standar profesional yang sudah ditentukan oleh detailer. Paint correction merupakan proses memperbaiki permukaan pernish sehingga kembali menjadi rata, jam terbang detailer sangat menentukan hasil untuk proses ini…..

Protection merupakan proses akhir untuk melindungi pernish dan membuatnya lebih mengkilap dan licin, kotoran akan lebih sulit menempel dipermukaan pernish setelah dilakukan proteksi. Maintenance adalah proses perawatan ringan yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan atau dapat melalui bengkel polishing yang sudah dipercaya dapat mengerjakan dengan standar profesional, contohnya mencuci kendaraan dengan cara yang benar, melapisi ulang dengan proteksi pada pernish kendaraan…..

Trend saat ini adalah proteksi menggunakan Nano Coating, dalam istilah lain ada yang menyebutnya Glass Coating, Ceramic Coating, Laminating dan sebagainya, pada umumnya bahan yang digunakan adalah sama, istilah-istilah tersebut hanya sebagai diverensial tiap detailer. Terus apa sih fungsi dari Nano coating ki sebenarnya ??…

Jadi gini kangbro….Nano Coating bertugas menutup pori-pori pada pernish berukuran Nano, ketika pori-pori sudah tertutup maka permukaan akan semakin Flat atau merata. Bahkan mengaplikasikan lebih dari satu lapisan Nano Coating maka tingkat keawetan coating akan lebih lama….

Kelebihan dari Nano Coating sendiri adalah kotoran seperti jamur, aspal dan lainnya akan lebih sulit menempel erat dilapisan pernish, sehingga mudah dibersihkan hanya dengan mencuci kendaraan atau dengan quick detailer. Nano Coating dapat diaplikasi diberbagai macam permukaan seperti pernish cat kendaraan, kaca, plastik, kulit bahkan kain bahan fabrik pada jok interior….

Perawatan eksterior pada bagian lainnya, seperti kaca biasanya memiliki resiko cukup tinggi, sehingga penanganannya lebih baik diserahkan kebengkel yang sudah profesional, lalu ada perawatan ruang mesin atau engine bay detailing yang dapat dikerjakan juga dibengkel profesional karena memiliki resiko tinggi terdapat banyak kelistrikan yang tidak boleh terkena air diruang mesin…..

“Bentuk air saat diatas cat dengan lapisan nano ceramic……kayak didaun talas cak..”

Perawatan interior (khususnya untuk mobil ki) juga tidak kalah penting. Pada umumnya bahan interior kendaraan adalah plastik, kulit, dan karet. Apabila salah cara perawatan maka dapat terjadi retak bahkan pecah dalam jangka waktu yang lama. Untuk bahan fabric mudah terkena noda, tanpa perawatan maka semakin lama akan sulit untuk dibersihkan. Perawatan interior sebenarnya dapat dilakukan sendiri oleh pemilik mobil, tetapi akan lebih aman dapat dikerjakan ke bengkel profesional….

Menurut cak Ade, perawatan motor lebih kurang secara proses sama. Hanya saja memiliki detail yang lebih banyak karena banyak bagian memiliki sela kecil, komposisi bahan plastik maupun metal dapat dibilang seimbang, chemical yang digunakan harus tepat, khususnya bagian metal banyak bagian yang cepat korosif. Jadi motor jebule lebih jlimet cak….

Dapat diketahui juga bahwa proses ketiga yaitu paint protection (polishing) janganlah terlalu sering dilakukan, karena setiap proses polishing, lapisan pernish akan berkurang dalam ukuran micro, semakin sering dilakukan polish makan lapisan pernish semakin tipis, Proses yang paling penting justru ada pada proses keempat diatas yaitu Maintenance atau perawatan setelah proses ketiga yaitu perbaikan (paint correction)…..

Maintenance dapat dilakukan paling tidak sebulan sekali atau dua bulan sekali ditempat profesional atau dapat dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan dengan tujuan utama membersihkan oksidasi dan opsional dapat menambahkan proteksi menggunakan Wax atau Coating….

Dan jelas si Carli J melewati tahap-tahap tersebut. Kru ada 3 yang bekerja cekatan membersihkan bekas aspal, noda serta seluruh proses secara bertahap. IWB sendiri baru tahu chemical yang dibawa banyak bener. Secara telaten jamur diangkat. Tapi yang sedikit bikin pusing ketika watermark sudah terlalu lama sebab bisa membuat pernish jadi termakan…

“Ini kang…lihat dibagian atas kap jamur membuat pernish termakan. Jadi walau sudah dipolish tetap terlihat tipis nodanya. Kalau sudah begini level polish harus ditingkatkan dan yang paling ekstrim akan ada fase pengamplasan. Dan ini sayang buat pernish bawaan pabrik. Makanya saran kita habis kena hujan kalau bisa langsung dikeringkan dengan kanebo jangan biarkan ngendap dan mengering diatas cat…”seru kang Ade. Ealahhh…ngono to. Terus piye efek cat setelah dilapisi nano ceramic?…

Enak tenan pakde. Mobil dilap pakai Kanebo langsung kering. Jadi sangat terasa cat seperti dilapisi laminating saking licinnya. Air ogah nempel erat. Terus kalau ada aspal atau noda nempel…IWB lap sedikit langsung terangkat. Cicak bin kadal jadi nyesel kenapa nggak dari dulu yak secara ada bekas cipratan cat micro nempel susah ilang?. Menurut kang Ade….lapisan nano ini bisa bertahan hingga setahun atau bahkan lebih tergantung perawatan. Dan yang penting ketika lapisan sudah habis…cat akan kembali seperti semula alias tidak merusak pernis asli….

Last…..menurut pria asal Malang ini, Bikersbro ternyata membuka kelas private maupun group untuk belajar perawatan kendaraan lebih intensif. Kalau IWB wis tuwo pengennya duduk manis wae dan ngundang mereka :mrgreen: . Oh ya…soal tarif kangbro, IWB melihat cak Ade memasang harga cukup terjangkau. Contohnya bagi kendaraan roda dua doi hanya memasang harga antara 400-500 (tergantung motor). Motor 250cc keatas bisa diundang. Lalu mobil hatchback kecil kisaran 1,5 juta…sedan 2 juta dan Pajero/Fortuner (big SUV) serta MPV dikisaran 2,5-3 juta. Untuk spesial price serta mendapatkan pelayanan didatangin kelokasi monggo hubungi wae nomor +62 812-1312-1395. Nano ceramic ?. Kedepan tunggangan IWB wajib ki…pokoke judule harussss :mrgreen: . Licin caakkkkkkk….(iwb)

Video proses polish nano ceramic bersama Bikersbro

HP klik disini

iklan iwb
Previous articleBreaking news….Suzuki sudah mulai distribusikan new GSX-S150. Waahhh…naked cakkk..!!
Next articleKetika komunitas Honda Supra GTR150 Jatim camping bersama…..jadi ingat jaman enom cakkk !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!