iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…IWB tersenyum saa pertama kali mendapatkan surel berisi artikel singkat tentang kondisi motor di Cina. Negara dengan penduduk terbesar didunia ini ternyata memiliki karakter unik tentang roda dua. Penjabaran dan gambaran dari cak Anggun Satria langsung dari negara Cina yang membuat IWB bisa menyimpulkan bahwa kita tetaplah beruntung. Herannya cak…kang Satria ini jebule bisa mengulas sebuah artikel yang gaya bahasanya mirip dengan IWB. Nahhh…penasaran to seperti penuturan doi?. Cekidot cak…..

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kang Iwan, saya silent reader di blog sampeyan, bukan pakar otomotif, FB ataupun yang punya background detail permotoran dan permesinan, hanya penikmat saja. Terima kasih sudah dihadiahkan artikel-artikel menarik dan menambah wawasan sampai saat ini…

iklan iwb
iklan iwb

Saya cuman share sedikit cerita saat saya di Hangzhou – China (kebetulan pas lagi ada kesempatan berkunjung disini). Yang perlu dicatat share cerita ini hanya berdasarkan apa yang saya lihat dan rasakan saat disini. Belum bisa menggambarkan secara utuh kekuatan bikers dan segmen roda dua baik di Hangzhou sendiri ataupun China secara utuh. Kalau ada kesalahan dan jauh dari kebenaran, saya mohon maaf didepan…..

Jian betapa dimanja dan bersyukurnya bikers Indonesia dengan “kebebasan” menikmati motor-motor wahid dikelasnya. Itupun tak urung juga dengan peraturan pemerintah yang saat ini masih men-support pengembangan otomotif di tanah air….

Lha piye ora mbrodol cak bila dibandingkan dengan di kota Hangzhou – China ini (secara kebetulan ada kegiatan di sini J) dimana variasi kendaraan roda dua minim dikarenakan ketatnya peraturan pemerintah untuk menurunkan polusi udara. Wis to biker fanatic Indonesia iso nangis ngunthal sandal Swallow nang kene…..

Jika pasaran di Indonesia didominasi oleh sepeda motor bahan bakar fossil, maka disini kebalikannya, sebagian besar sudah memakai tenaga listrik. Sangat minim di kota ini ditemukan motor dengan bahan bakar fossil berkeliaran dijalan apalagi sekelas moge (pernah melihat dan bisa dihitung dengan jari salah satu tangan saja…mungkin “kuper” juga bisa jadi penyebab nya… J)….

Bentukan motor electric nya seperti apa seh? Silahkan cekidot Kang, semoga tidak terkojel-kojel (iki ngono iso di-bully bikers Indonesia atau disampluk sandal Swallow karo FB…J)

Piye Kang Iwan? Yahut opo ora? Secara kedepannya Indonesia juga punya potensi untuk menelurkan motor dengan tenaga listrik, mungkin ada baiknya bila team RnD pabrikan mengusung model motor listrik dengan selera pasar bikers Indonesia. Segi positifnya Kang, sudah banyak SPBU-SPBU pengisian tenaga listrik dijalanan, kondisi baik dan menurut penuturan rekan disini tidak ada yang “dicolong”.

Lah piye penampakan motor tenaga fossil? Secara peraturan targetnya adalah menekan tingkat polusi, maka motor yang terlihat adalah generasi zaman dahulu kala sebelum banyak disuntik mati. So bahasane sampeyan Legend Cak (disini loh J). Meskipun pernah melihat “sepertinya” moge kelas wahid (tidak sempat lihat detail) di jalan (cuman lihat 3 – 5 biji selama disini). Motor yang saya sebutkan diatas Lek Iwan, yang banyak penampakan nya adalah Suzuki berikut….

Suzuki GS 125 Di Cina

Iso disebut legend opo ora Kang J? Sampai-sampai ada tiruannya dengan merek China (belum tahu apakah diganti sticker-nya atau memang murni made in China). Ini bocorannya….

Qingqi (motor klonengannya Suzuki GS125)

Lha terus merek Jepun liyane gimana? Selama saya disini pernah melihat 1 motor Honda dengan tipe Tiger/Mega Pro keluaran pertama kalinya. Kawasaki Ninja 250 model yang FI pernah termonitor 1 kali. Yamaha belum pernah melihat sama sekali sampai sekarang….

Yang ngakak lagi Kang, ada motor model disinyalir seperti “KTM Duke” dan model motor-motor street fighter Eropah, dari jauh gagah dan auranya memancar tetapi setelah didekati mesinnya kopong karena menggunakan tenaga listrik dan ban nya bisa dibilang cungkring J. Sayang nya no picture saat mau mengabadikan karena keburu sudah kabur motor nya (playon yo tetep kalah meskipun sama motor listrik).

Wes, segini dulu share nya Kang. Cerita ini hanya sekelumit waktu saat saya singgah di Hangzhou – China. Hangzhou adalah daerah yang luas (apalagi China secara utuh) dan saya hanya bertempat di “area operasi” yang sangat kecil, jadi referensi ini tidak bisa dijadikan sebagai gambaran utuh kekuatan bikers dan segmentasi pasar motor roda dua di China. Ojo lali, disyukuri wae kondisi Indonesia dengan segala varian motor dikelas-kelasnya saat ini, ojo cuman eker-ekeran DOHC VS SOHC, cakar-cakaran podo dulur satu aspal, dinikmati ae sing kalem….

Anggun Satria

Juozzz gandozz cak Anggun. Ulasan sampeyan bikin IWB ngowoh. Boso koq memper ngeplek IWB ngono ki piye?. Sampe garuk-garuk alis kayak baca artikel IWB sendiri. Dan jawaban cak Satria singkat..” Lha piye bahasane ora podho Kang, wacanan sabendino ne Warung IWB…hehehhee. Btw, suwun yah Kang atas artikel2 di warung nya. Sangat memberikan pencerahan dan update kekinian. Sukses selalu untuk Kang Iwan, keluarga dan Blognya…”serunya. Aminn YRA. IWB yang malah haturkan terima kasih…

Last….dari sisi emisi gas buang tindakan negara Cina patut diapresiasi dengan peraturan ketat atas hadirnya motor bahan bakar minyak. Namun dari sisi biker…jelas kita termasuk beruntung cak. Tidak ada regulasi yang mengekang sehingga macam ragam motor bisa kita nikmati. Sampeyan bayangin wae kalau ada aturan harus motor listrik…sing ono ngaplo ora iso gaya. Lawong di gas motor nggak ada suaranya blas. “Wuzzzzzzzz” ngono thok. Btw..suwun buat kang Satria hati-hati dinegeri seberang. Salam juozzz gandozzzz ! (iwb)

Credit : Anggun Satria/reader IWB

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

70 COMMENTS

    • Negara tempat lahirnya motor bosookkk
      Dohc tonggos gessexxx150
      Sohc plonga plongo rongsokkkk15,5

      Yg kualitasnya dibawah standar,tidak lupa dengan power 19hpalsu dan fitur gimmick semata.

      Motor?ya ALL NEW CBR150RR

    • karena 10-20 taun lagi pada ganti mesin listrik :

      taun 2035 hohon kelauarin Ceberrr… mesin dinamo
      taun 2035 yamyam keluarin Errrrrr…. mesin dinamo
      taun 2035 Sususi keluari Ge Es ex… mesin dinamo
      taun 2035 Kao Skq keluarin Nin nin … mesin dinamo
      taun 2035 Duh kati keluarin desmo… mesin dinamo

      excetra
      excetra

      lha terus sing dibahas teknologi opo…. batre… blutoot… ngecas…
      klo balapan lha nggak ada suaranya …. serunya ilang
      terus bc dohc sma sohc ilang

      Lightning LS218 – the world’s fastest superbike is electric

    • karena 10-20 taun lagi pada ganti mesin listrik jadi gak usah Bc bc an :

      taun 2035 hohon kelauarin Ceberrr… mesin dinamo
      taun 2035 yamyam keluarin Errrrrr…. mesin dinamo
      taun 2035 Sususi keluari Ge Es ex… mesin dinamo
      taun 2035 Kao Skq keluarin Nin nin … mesin dinamo
      taun 2035 Duh kati keluarin desmo… mesin dinamo

      excetra
      excetra

      lha terus sing dibahas teknologi opo…. batre… blutoot… ngecas…
      klo balapan lha nggak ada suaranya …. serunya ilang
      terus bc dohc sma sohc ilang

      Lightning LS218 – the world’s fastest superbike is electric

      silakan di cari di yutub klo gak percaya

  1. Percaya kang..ni di malay pun motor produck lokal ampun desainya.. klo di indo ma kagak kesentuh… elek2 polll..

    • Di Indonesia mah.. Anak sendiri dibantai..

      TIMORI dibunuh H.. Dgn iming2 invest dlm grup otomotif besar di Indonesia..

      JATAYU dikebiri.. Biar om Clinton bisa ngejual HD nya kesini..

      Org Indonesia sukanya jualan daripada bikin..

      BTW sekarang dah ada lho Keris made in china..

  2. Hmm mantep juga reliability motornya…
    Sampe jok somplak gitu masih jalan…
    Udh hardcore juga tuh pemakain kyknya…

    G sama kyk di tanah air yg lebih banggain merk asing. Di china mereka bangga make produk bangsa mereka.
    Pemerintahnya juga lebih pro aktif dgn kebijakan yg mewjibkan produsen otomotif dunia yg mau jualan disana untuk menggandeng produsen otomotif lokal.

    Mirip seperti yg diterapkan pemerintah india. (Hero-Honda) (Maruti-suzuki) (kawaski-bajaj) dll.

    Lha.. Di Indonesia bisa apa?..
    Mana brand lokal yg dibanggain..
    Ada V yg disemarang, dibully, product china lah.. Product Indo mana???
    Kanzen??? Tinggal kenangan??

    Yg bisa dibanggakan hanyalah kehebatan Indonesia dalam menghasilkan

    KOMENTATOR terhebat dalam segala bidang..

    #thinkit!
    #peace

  3. Sepeda Motor yg religus or arabic-arabic gitu ada ga ya kang?? Ridernya pasti orang baik, agamis tingkat ketakwaan tinggi and pasti bukan masuk golongan itu tuh… Kalo crash fatal dijamin masuk surga

  4. Mungkin karena terlalu dingin di Cina kalau naik motor. Mereka lebih produktif daripada konsumtif. Produksinya ada di mana-mana.

  5. nganu pak, disana polusi sudah disumbang oleh mobil yg berbahan bakar fosil, jadi imho pngembangan motor roda 2 utk yg berbahan bakar fosil jadi korban
    lagipula itu negara yg sudah bukan lagi 2 musim sperti di RI. jadi ya itungannya ttep skalian nggo mobil ae

  6. Cina itu polusinya patah bgt..
    Pernah ke beijing di bulan mei.. diluar kota,,langitnya biru.. didalam kota langitnya kelabu..katahati ga bisa masuk..
    Polusi dicina termasuk paling bahaya didunia.
    Makanya dibatasi penggunaan bahan bakar fosil

  7. Yoo yoo yooo
    Motor d indonesia memang kelas wahid.
    Kalau d cina kelas paitt.
    Tapi knp ekonomi kita sakittt.
    Sedangkan cina ekonomi ny melejitt.
    Yoo yoo yooooo

  8. Nggak begitu juga kali….. coba deh dianalogi saja
    Itu mungkin hanya dibeberapa daerah/provinsi saja yg pemerintahannya menerapkan sistem seperti itu, secara memang Guangzou adalah kota industri yg tingkat polusinya memang tinggi, jadi wajar klo ada pengetatan kendaraan untuk harian guna menekan tingkat polusi.
    Klo secara umum TIDAK.
    INI ANALISANYA :
    1. Penjualan Sepeda motor dan mobil terbesar di dunia 1) China, 2 India, 3 Indonesia hayo trus klo china No. 2 itu motor dan mobil dikemanain.
    2. Tingkat polusi motor sama mobil itu lebih besar mobil, nah klo motor dibatasi trus bagaiaman dengan mobil disana yg juga masih banyak pakai bahan bakar fosil
    3. Suzuki GSX250R, Suzuki GW/ Innazuma, Suzuki V-Strom kan motor keren yg diproduksi di China lalu buat siapa……?
    4. Volkwagen adalah produsen mobil terbesar di China, lah trus mobil mobil yg diproduksi di China masak sih dijual keluar China semua.
    Hampir semua Merek Mobil dan Motor itu bikin pabrik di China, trus buat apa klo masyrakat China yg 1.4 Milyar ga boleh pake motor Fosil buatan merekan Jepang, Eropa, Amerika dan Korea…..?
    Dah gini aja Tiongkok itu tak sekecil daun kelor, Tiongkok itu Luas, Negara terluas ke 4 setelah Rusia, Kanada dan Amerika Serikat.
    Jadi mungkin hanya beberapa lokasi saja yg di batasi motor/mobil fosil.
    Okayyyyy

  9. Made in China.. Bendungan Jati Gede made in China, PLTU Cilacap made in China, Kereta Cepat made in China, Listrik naek made in China juga jangan2??

  10. Penjualan mobil dan motor terbesar didunia :
    1. China
    2. India
    3. Indonesia

    Hampir semua Brand Mobil dan Motor seluruh dunia bikin pabrik di China
    Produk yg baru saja di Launching dari Suzuki, GSX250, V-Stroom250 dan juga Suzuki GW dari China

    VW Brand mobil asal Jerman adalah perusahaan mobil dengan tingkat penjualan terbesarnya di China.

    Ekonomi China yang meningkat pesat terlihat dari para remaja mereka yang menggandrungi mobil dan motor mewah sekelas, Lamborgini, Verary, Bugatti, Audi dll dan juga motor motor seperti GSX-R1000, R1, CBR1000, Ducati Panegale dan motor motor berkelas lainnya.

    Informasi diatas klo hrs mewakili Tiongkok kayaknya ga nyambung dah

  11. Beruntung????? Ga salah tu????

    Duit triliunan lari ke luar negri tiap tahun di bilang beruntung????

    Di China nasionalis na tinggi.
    Motor ato mobil jepang gak laku.

    Di endonesah tiap tahun bagi duit triliunan ke Jepang.

  12. Pama bahn bakar fosil..jg di tinggalkan…
    Yg pnting tanag listirik..tp rasa fosil dg desain ya wah…semoga

  13. … ‘ negeriii … sing ora menggugah jiwaaa … plus ragaaa … iki !!! Wk wk wk … 30.000 X ! He he …

  14. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No “assist dan slipper clutch system”.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip VVTI di Camry)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    No keyless key
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (paling inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam Sakit Hati
    TTD
    Kartel

  15. Mereka (tiongkok) udah lebih dahulu memulai ya kang..
    emang sih, dari segi design belom kece” banget,
    tapi se’gaknya mereka udah berani mencoba..

    urusan bentuk kan, lambat laun pasti bakal lebih baik
    diiringi kualitas juga pastinya..

    harusnya kita emang udah ikutan masuk era motor listrik juga kang..
    maunya sih, buatan lokal dong yang nguasain, biar gak produk luar terus..

  16. Indonesia ga bisa jual atau produksi motor listrik atau mobil listrik, karena penjabhat2 migas dunia dan kacung2nya banyak dimari, kita di haruskan pake minyak bumi alias bahan bakar fosil.

  17. hora mungkin 1.4 milyar penduduk china montornya montor listrik semua….ngibul kali
    lha wong gsx250 sama v-stroom yg baru di launching aja buatan Suzuki china mesinnya pake bahan bakar fosil
    ra masuk akallah
    Eropa dan Amerika yg lebih maju aja masih pake mobil dan motor bahan bakar Fosil….
    Jialing mesinnya listrik apa motor fosil…..
    cuma di guanzhou iya, di puluhan provinsi dan ribuan kota tiongkok ya motornya masih motor bahan bakar Fosil.
    ENTE GA PERCAYA
    TANYA ENGKOH DIMANGGA DUA
    ATAU ENKOH YG DI ROCKY
    ATAU TANYA SAMA TKI YG KERJA DI TAIWAN DAN HONGKONG
    Ngono wae kok dipikir mumet
    Koyo ra nduwe pake internet wae
    di Searching sak Tiongkok kan keliatan baik di gambar maupun di Youtube….
    Jangan udik udik apa

  18. Sampeyan berapa hari to bro d cina
    Menurut sya d cina tidak ideal pakai motor, kenapa? d musim panas pda siang hari berapa derajat? Klo sampeyan betah d cina silakan foto2 motor d musim dingin
    Kondisi udara yg sampeyan lihat itu polusi udara atau kabut pegunungan?

  19. di china motor udh dilarang di kota kota besar tier 1 dan tier 2, yang masih diperbolehkan di pedesaan dan di kota tier 3 alias kota kecil yang notabene daya beli nya rendah. makanya yg laku motor motor dengan desain jadul dan harga murah.

  20. cina itu salah satu negara paling polutif di dunia. Jadi maklumlah mobil/motor disana pake listrik semua. Itupun masih belum bisa mengurangi polusinya

  21. Kayaknya doi memang ada jiwa jurnalis lek. Bahasanya cukup diperhatikan. Seperti kata “Silent Reader” yang kebanyakan orang ngirim salah tulis “silent rider” (pengendara diam), hahahaha

  22. Memang seperti itu kondisi biker disana, mayoritas pakai matic listrik, selama hampir 2 Minggu di kota YIWU baru 1 kali liat moge ninja1.000 sama ninja 250 1 kali dah itu doank

  23. guangzhou tu kota industri om, bisjad kalo disini disamain sama cikarang. mungkin orang situ lebih mencari fungsional dibanding estetika. mungkin laen ceritanya kalo om ke hong kong

  24. motor listrik sebenarnya sudah sesuai, namanya kendaraan bermotor bukan kendaraan bermesin.

    balik lagi kalo pingin minim emisi ya pake bahan bakar beras. sepedah saja dibajuin. tapi judulnya bukan lagi kendaraan bermotor tapi kendaraan bermo..l 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here