Iwanbanaran.com – Motor parkir santai dipojok sirkuit Suzuka. Dari jauh aura wibawanya cukup kuat kangbro. IWB yang awalnya tidak tertarik, langsung melipir mendekati lokasi. Badannya bongsor dengan desain yang sangat aneh jika dibandingkan dengan motor sekarang. Apalagi lampu seinnya…terkesan mengkotak kayak kubus. Dan saat IWB intip dibagian mesin…cicak bin kadal, 4 silinder cak. Edannya…kondisi motor masih segerrr bugarrrrr….

Mata IWB langsung menyapu bagian casing samping. Disana tertera tulisan “CB650F”….weleh-weleh, jadul bener nih. Walau ada beberapa komponen sudah tidak standart pabrikan seperti kaliper rem ataupun windshield, namun secara umum motor ini masih orisinil. Mulai dari tanki, swing arm, rangka, engine…..masih ori cak. Terlihat karburator berjumlah empat buah merk Keihin…..wah-wah…ori tenan ki…

Estimasi IWB, umur motor ini sudah mencapai 37 tahun. Prediksi berdasarkan lansiran motor yang jika tidak salah sekitar tahun 1979-1980. Kenthirnya…..IWB tidak menjumpai ceceran oli bocor ataupun rembes baik dari crankcase atau sisi bawah engine. Bener-bener bersih cak. Geblek tenan. Iki motornya yang memang materialnya juozz gandozz atau yang ngerawatnya telaten?. Mungkin dua-duanya kangbro…

iklan iwb

Sebagai informasi, CB750F terlampir memiliki kubikasi murni 748cc DOHC 4 silinder yang mampu memuntahkan tenaga hingga 67HP dan torsi 57,8Nm. Cukup besar kangbro di eranya. Fuel system mengusung karburator 4 buah merk Keihin. Harus IWB akui, motor jaman dulu memang sadis soal material. Contohnya ketika IWB ketok bagian tanki….rasanya seperti ngetokin batu bata. Atosss tenan cakkk…

Tidak heran engine juga solid bener. Yang menarik lagi konsol speedometernya. Khas masa jadul yang sederhana dengan lampu-lampu indikator bujur sangkar. Sementara jarum RPM limiter bermain disekitar 9500 RPM dengan top speed 180 km/jam. Hhhmm….kayaknya nih motor nguber akselerasi. Maklum, konsep pembuatan bukan untuk racing alias lebih untuk komuter wira-wiri dijalan raya….

Last….Jepang memang masih menjadi negara yang menyimpan motor eksotis. Sampeyan akan terkejut jika kesana. Beda dengan negara Asia lain yang rata-rata sulit mencari motor jadul…..di Jepang sebaliknya. Motor klasik banyak banget dengan kondisi yang sangat baik. Mungkin cuaca Jepang yang lebih dingin membuat material cenderung lebih awet dibanding ditanah air. Mungkin lho ya. Sing jelas…..IWB jiann geregetan pengen bawa pulang siji wae buat koleksi. Sayang…ora iso cak. Dadi mung iso ngowoh lan doweh tok. Ngiler tenan……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

47 COMMENTS

    • Yamaha pintar,sohc cukup buat cc kecil,,ngg ky honda malah cc kecil dohc(tapi kalah sama sohc yimm) eh kelas moge malah dikasih sohc????

  1. Jek ngeri cbx1000 lek. 4 cyl suarane koyo mesin F1. Nek nemu tlg skalian lek…walaupun jadul tp tetep wae…

  2. Di Jogja ada importir motor seken dari Jepang.. lek..
    …jos….
    Asal ada uang..wuih bikin ngiler…motor jadul kabeh

    • full paper ora kang?
      sbelah ngendi jhe,?
      klw di solo liatin motorsport 400-600 cc ntah suzie atau honda lmyn serong guedhe wujudnya,.mbuh msinnya kyak apa.
      casing sih trlihat masih baik

    • Facebooknya Eko Bigcity

      Monggo ditelusuri sendiri…motore marai ngiler kabeh.
      Lokasi workshop di Kotagede..

      Status full paper atau tidaknya,aku Ra reti

  3. Giliran di indo cb 400 sf Np aja masi tembus 60 jt an, Giliran Fp 160 jt an mala ada yg lebih.Indonesia emang hebat.

  4. JDM : Japan Domestic market

    Orang Jepang bikin sesuatu yang mereka pakai sendiri,materialnya pasti jos gandos..gak heran awetnya nggilani, sepeda motor cc kecil di sini tahun 70an aja masih enak dipake

    Contoh lainnya, sepeda ontel ex Jepang yang banyak dijual sekitar Pekalongan,dibandingkan dengan sepeda buatan lokal ,beda banget kualitasnya,sepeda ontel ex Jepang ringan,dan materialnya kayak gir dan rantai awet banget… itu baru sepeda ontel

    Di sektor transportasi, KRL ex Jepang banyak dipakai di sini, itu di Jepang udah jadi barang rongsok,di sini masih jadi andalan, piye jaall…

    Di event ARRC, kenal Ninja team Trickstar ? Doi satu2nya Ninja yang mampu ngejabanin R25 Yamaha thailand, catet cuma Ninja punyae Trickstar tok, IMHO,meski sama2 250cc pasti kualitas materialnya lebih bagus daripada Ninja bikinan Cikarang

  5. Jepang memang jagonya ngerawat kendaraan ya kang..
    Bahkan honda c70 pun masih dipakai buat kendaraan polisi sana dengan kondisi yg sgt terawat..
    unit taxinya juga bikin melongo kinclongnya, bahkan ga ditemukan kegetasan baik pd karet2 atwpun dashboardnya, padahal armadanya kebanyakan toyota crown 90an tp kinclongnya ngalahin taxi di indo dg keluaran terbaru. Sampai skrg sy masih penasaran gmn mereka ngerawatnya terutama bagian dashboard.. ga ada bekas obat2an kimia d dashboard atw doortrimnya..

  6. Waktu di jepang ketemu bandit 250… apikkk, ketemu juga goldwing sama matic gambot yang depannya kaya tameng gede duduknya nyantai bener, banyak banget liat gituan di shibuya, ada xs650 di modif knalpot panjang naek ke atas.. yg naek pake jaket kulit berumbai, pokoknya neo klasik 80-an banget haha… keluarnya malem2 bareng mobil2 yang berisik juga… pokoknya gangster jepang yang rambutnya berjambul gitu haha…
    kalo moge mah sering banget, disewakan.. tapi harus punya sim jepang, padahal pengen nyoba cb1100 haha

    • Urus sim internasional nya dong.icikiwir, bandit 250 4 cyl di indo ada lo pasaran 70-90 jt Fp,. Cbx1050 dong 6 cyl, jika uda 6-1, suara knalpotnya nya bak F1, bukan lebay tapi kenyataan.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama