iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….sebuah momen sangat berguna ketika IWB berhasil mendapatkan satu dua titik petunjuk tentang new R25 facelift. Obrolan ringan bersama presdir Yamaha yakni Mr. Minoru Morimoto yang sudi buka suara tentang calon new R15 facelift. Salah satu yang cukup menarik adalah konfirmasi doi tentang belum tertariknya Yamaha untuk membekali mesin 250cc mereka dengan fitur throttle by Wire (TBW) seperti halnya rival mereka. Nahhh….bikin penasaran to. Tenang, IWB akan share detil interviewnya berikut ini….

IWB : Morimoto san….mayoritas biker termasuk saya sendiri cukup terkejut saat Yamaha merilis new R15 dengan slipper clutch. Karena ini merupakan gebrakan pertama dikelasnya. Bagaimana dan kenapa Yamaha memutuskan memberikan fitur ini dikelas 150cc ?…

Morimoto san : Engineering dan RND kita baik di Indonesia dan Jepang merumuskan yang terbaik untuk all new R15. Kami lalu menyimpulkan satu “direction” yang pada akhirnya lahirlah all new R15 seperti yang kamu lihat sekarang….

iklan iwb

IWB : Berapa lama kalian mengembangkan new R15 ini ?

Morimoto san : Tentang itu tidak bisa kami katakan. Sebab prosesnya cukup panjang dan tidak instan…

IWB : Tapi kita tahu bahwa kakaknya yakni R25 belum dibekali fitur slipper clutch. Apakah Yamaha tidak takut R25 jadi terlihat lebih inferior dibanding adiknya. Padahal seperti yang kita tahu dikelas ini (250cc) pride sangat penting…

Morimoto san : Jadi gini…suatu produk ada masanya, cycle produk pasti ada. Jadi semua hanya masalah waktu. Nggak usah kuatir tentang itu. Apakah nanti hanya R15 yang diberikan slipper clutch atau produk lain juga??. Belum tentu juga hanya R15…..(tertawa)…

“Throttle by wire (TBW) bukan prioritas kami pada next R25…..(Morimoto san PT YIMM)..”

IWB : Apakah ini artinya R25 facelift akan dibekali slipper clutch juga pada versi pembaharuan nanti ?….

Morimoto san : (Tertawa) Aku tidak katakan demikian. Tidak semua hal bisa aku katakan ke kamu. Tapi yang jelas kita pasti lakukan yang terbaik. Semua tinggal momentumnya. Kami adalah Yamaha….kami adalah penantang (challenger) dan kami bekerja….

IWB : Kalau boleh tahu, gimana pendapatmu atas kehadiran new CBR250RR dengan segudang fitur seperti USD serta TBW. Apakah Yamaha juga akan meracik next R25 dengan beberapa fitur tersebut ?….

Morimoto san : Jadi gini ya, kami ingin produk kami terjangkau untuk semua konsumen. Mereka bisa menikmati motor dengan harga bagus. Kami pikir dengan TBW akan membuat harga jual juga akan terkerek naik. Jadi dalam pandangan kami TBW kemungkinan belum akan menjadi prioritas kami pada next R25…

IWB : Jadi Yamaha percaya gas model konvensional (tali sling) paling cocok dikelas ini ?…

Morimoto san : Dalam pandangan kami begitu….

IWB : Gimana soal suspensi USD ?

Morimoto san : Seperti yang aku bilang, semua hanya tinggal masalah waktu. Tahun kemarin kami hanya bertahan, tapi 2017 kami akan bangkit karena banyak produk Yamaha lahir tahun ini. Yang jelas kamu akan sibuk (tertawa)…

IWB : Boleh mendapatkan bocoran kapan new R25 facelift akan lahir?. Tahun ini?..

Morimoto san : (Tertawa) Maaf soal itu tentu kami tidak bisa katakan. Yang pasti kami terus bekerja dan konsumen adalah prioritas kami…. 

Yup, itulah sekilas obrolan IWB dengan presdir Yamaha Indonesia M. Morimoto san. Beberapa petunjuk tidak transparan namun tersirat. Dari penuturan orang nomer satu PT YIMM tersebut, ada beberapa poin yang IWB sendiri cukup konsen yakni…..

Suspensi USD sepertinya jelas tertangkap akan hadir pada new R25 facelift. Lalu slipper clutch potensinya besar…setidaknya berdasarkan obrolan diatas. Untuk TBW (throttle by Wire)…fitur belum menjadi prioritas Yamaha. Lek boso saklek e…durung tertarik cak. ..

Fitur bukaan sensor gas secara digital ini dianggap akan membebani cost atau harga jual sang kuda besi. Sayang…..IWB tidak mendapatkan petunjuk jelas tentang kelahiran versi new ini. Kalau dari aromanya sih masih lumayan jauh kangbro….

Last….dari buku primbon IWB, new Vixion akan menjadi produk lain yang hadir tahun ini setelah new R15. Sedang R25, saat IWB intip masih samar dan rada lama. Paling cepat disinyalir semester dua 2017…..bisa jadi akhir tahun cak. Monggo sampeyan tampung wae info ini. New R25 facelift ?. Makin panas ki pakde persaingan…jiann juozzz ! (iwb)

iklan iwb
Previous articleVideo review Honda CRF250 Rally : Bedah body dan desain…….material kokoh & jempolan !!!
Next articleDatang ke Indonesia….Jorge Lorenzo percaya Ducati adalah mesin terkuat di Motogp !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!