iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Luar biasa pakde….IWB harus acungin jempol atas apresiasi Suzuki yang membuka pintu selebar-lebarnya pada para Blogger dalam acara factory visit Suzuki new GSX-R150. Tanpa sekat dan dipandang sebagai penyambung lidah terpercaya, Blogger dan media dilebur menjadi satu. Tidak ada perbedaan disana dan itulah yang seharusnya dilakukan. Akses yang diberikan juga tidak standar ganda. Sebuah tindakan yang patut dicontoh oleh pabrikan besar lainnya. Dan yang cukup mengejutkan mereka juga membebaskan kita untuk mengabadikan proses perakitan new GSX-R150 yang nantinya akan dieksport keseluruh dunia. Ediann…buka-bukaan tenan ki cak !!

Menurut IWB, kepercayaan prinsipal Suzuki memilih Indonesia sebagai negara basis produksi motor sport terbaru Suzuki GSX-R150 merupakan keputusan yang tepat. Melalui PT. Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) ternyata mereka memiliki fasilitas manufaktur dan sumber daya yang lengkap serta modern guna menghasilkan Suzuki GSX-R150 dengan kualitas global. Dan tidak tanggung-tanggung cak, guna meningkatkan rasa percaya masyarakat, Suzuki di Indonesia memperlihatkan seluruh rangkaian proses produksi yang teruji dan presisi di PT. SIM Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat…..

Proses demi proses dilakukan. Sebelum Suzuki GSX-R150 maupun tipe motor Suzuki yang lain berada ditangan konsumen ada beberapa tahapan produksi yang awalnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastik. Hasil akhirnya akan disatukan dalam proses perakitan untuk menghasilkan bentuk sepeda motor secara utuh. Material bahan dasar logam akan menjalani tahap Pressing, Welding dan Plating. Kemudian material bahan dasar plastik akan masuk ke tahap Injection dan Painting….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Keseluruhan hasil dari proses tersebut akan digabungkan dalam proses Assembling guna merakit seluruh komponen hingga menjadi produk sepeda motor. Dan sebagai informasi Satu unit Suzuki GSX-R150 sanggup diproduksi dalam durasi 90 detik, sedangkan untuk tipe All New Satria F150 dapat diproduksi dalam durasi 60 detik. Cepet tenan pakde. Komponen berbahan dasar logam yang dihasilkan antara lain frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel. Sedangkan komponen dari plastik akan menjadi body parts untuk tampilan luar….

Sebagai informasi…..fasilitas produksi PT. SIM Plant Tambun 1 diresmikan pada Januari 1991 dengan area lahan seluas 141.746 m2. Hampir 1.000 orang karyawan di pabrik ini. Kapasitas produksi maksimum dapat mencapai 1,2 juta unit per tahun. Jadi memang gede cak. Saat ini, PT. SIM Plant Tambun 1 memproduksi motor tipe All New Satria F150 dan Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta Satria F115 Young Star untuk pasar ekspor. GSX-R125 untuk pasar ekspor rencananya juga akan diproduksi di tempat ini…..

Last…dengan plant tour Suzuki ini bisa dipastikan bahwa kedepan Suzuki Indonesia akan menjadi basis produksi new GSX-R/S150 yang akan dieksport keseluruh dunia. Dari gambar pula misteri rangka terekspos yakni diamond twin spar. Jadi memang nggak ada yang ditutup-tutupin cak. Toh feel sat digeber turun Sentul motor termasuk nurut tenan. Lawong wis diitung cak. Nah…berikut beberapa jepretan sosok new GSX-R150 dalam perakitan. Seru ki rek tahun ini…seseru Motogp :mrgreen: ……(iwb)

Credit image : Vandra

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!