iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….asli sebagai biker yang sudah matang (haiyahhh bosone :mrgreen: ) IWB cukup tertarik dengan fenomena menarik dikelas 150cc. Lha piye cak…siapa menyangka mesin 150cc 4 tak bisa meraih power 19 HP lebih. Sebuah kondisi yang rasanya tidak pernah terjadi di 6-10 tahun lalu. Masa dimana ketika mesin 150cc memiliki tenaga 15HP wis dianggap juozzzz……

IWB masih ingat, ketika pertama kali memiliki motor dari duit sendiri yakni Megapro lansiran 2002. Saat itu mesin 4 tak sport masih dikuasai Honda. Sedang Yamaha berkutat dengan mesin 2 tak-nya lewat King. Sementara Suzuki…..pabrikan ini hanya punya Thunder 250 yang harganya super duper premium. Thunder 125 kalau nggak salah baru sekitar 2003 lahir….

Megapro dari spek kala itu berada dikisaran 14HP….wis perasaan gede kuwi. Lawong Tiger wae direntang 16HP. Makanya saat Yamaha mengeluarkan Scorpio 225 dengan power 18HP wis gagah petentang petenteng tenan. Hingga Yamaha membuat gebrakan lewat Vixion ditahun 2007 dengan klaim power dikisaran 16HP. Shock cak asli. Lha iki motor cuma 150cc koq melejit iso 16HP ?….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tak ayal produkpun laris bak gajah goreng. Desain gagah dengan engine high perform membuat Honda beberapa tahun setelah itu merilis CB150 dengan power sedikit lebih tinggi. pergeseran tersebut terus terjadi. Kembali Honda merilis CBR150R yang bermain diangka 17HP. Wisss…terus naik kuwi cak. Piye soal speed ??…

Emang beda. IWB masih ingat, nunggang Megapro yang memiliki kubikasi 160cc sampai nunduk dlosor tankipun speed tidak pernah beranjak diangka 130-an km/jam…wis apikk puol kuwi. Utak-atik knalpot dan mainin PJ, paling bergeser sak incrit. Rasanya tembok 140 km/jam seperti haram dilewati. Sebenarnya sih memang tidak fair kita komparasi naked dan fairing bike…

Namun dari spek engine pun…..masa telah berubah. Dengan teknologi serta kompetisi, tiap pabrikan berusaha ingin memberikan yang terbaik. Dimulai dari Suzuki yang menggebrak pasar dengan new GSX-R150 dengan klaim power 19,1PS. Dan tidak berapa lama….Yamaha secara mengejutkan mengumumkan mesin terbaru new R15 yang bermain direntang 19,2PS. Mlongo cak….IWB wae mlongo….

Sebuah power yang dulunya hanya dimiliki mesin 200cc. Tapi kini tidak. Dan memang market yang cukup panas ini akan menjadi ajang rebutan pabrikan besar. Praktis kini posisi CBR150R menjadi paling inferior dari sebelumnya superior soal ledakan tenaga. Apakah mereka hanya akan diam?. IWB rasa tidak. Tapi karakter Honda selalu diam dan tidak terburu-buru. IMHO proses wait and see pasti dilakukan….

Dan jika memang dengan kondisi tersebut posisi CBR150R terancam, analisa IWB pasti mau tidak mau mereka akan melakukan upgrading. Lambat atau cepat pasti kesana kangbro. Sebab standart mesin 150cc sudah dibuat oleh Suzuki dan Yamaha yakni bermain di 19 PS. Melawan arus?. Yo berat cak. Apalagi bagi Honda jelas bukan hal sulit. Tinggal mau atau tidak…itu saja….

Last…dulu memang ada motor fenomenal seperti FXR150 yang power konon tebus 20-21ps (spek simpang siur). Namun status adalah import dan hanya segelintir yang mampu beli akibat banderol cukup mahal. Sedang sekarang sudah semakin terjangkau kangbro. Motor dengan klaim power besar sangat mempengaruhi rasa pede biker yang bersangkutan. Walau mungkin dijalan tidak banyak berguna (balapan nang dalan pancal bathuke soale)…namun pride cak, bangga tersebut yang sulit dijabarkan. Lawong IWB pernah enom rek…piye jal. So…..standar mesin sport 150cc makin kencang ??. Sepertinya seluruh pabrikan akan kesana cak. IWB yakin tenan. Kalau menurut sampeyan piye. Punya opini lain? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!