iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….akhirnya kelar juga proses edit video yang cukup melelahkan. Disela sakit karena ispa IWB berusaha keras untuk menuntaskan video agar rasa penasaran sampeyan terjawab akan seperti apa kemampuan new Yamaha R15. Diklaim memiliki power sekitar 19,2 ps…confirmed cak, motor ini memang lebih nampol dibanding old gen. Nah…seperti apa sih impressi handling dan performa engine ??. Berikut detil yang IWB rasakan….

Ergonomi

Beda jauh cak dibanding old R15. Saat sampeyan nongkrong diatas new R15 perasaan gagah menghinggapi rasa dihati. Kenapa ?. Karena tankinya super lebar untuk ukuran motor 150cc. Dilihat dari atas….sampeyan akan melihat tanki bak big bike. Muscular dan cantik apalagi disela-sela kondom ada lubang bak air fin M1…

iklan iwb

Kemudian posisi riding. Dibanding versi lawas, new R15 ternyata tidak semenukik yang IWB bayangkan. Entahlah kalau buat dijalan raya. Namun ketika jajal diSentul…IWB tidak merasakan pressure berlebih pada telapak tangan. Weehh…koq enak yak. Hanya saja untuk seat height…IWB merasakan peningkatan yang lumayan….

Mungkin untuk IWB tidak terlalu masalah. Tapi jika digunakan oleh biker dengan tinggi badan dibawah 164cm…kayaknya bisa jinjit balet ki. Untungnya gen terbaru ini cenderung lebih rileks dibanding versi sebelumnya walau posisi stang diunderyoke…

Material

Soal ini Yamaha selalu bisa mempertahankan kualitas baik finishing ataupun ketebalan cat. Pernis juga istimewa. Mungkin kita hanya perlu membiasakan tanki model kondom secara versi sebelumnya kaleng murni….

Handling

Ada peningkatan pada handling new R15. Khususnya ketika digunakan untuk keluar dan masuk tikungan. Bahkan ketika motor IWB paksa melahap S kecil dengan hard braking (overtake)…tidak IWB temui kedodoran pada sisi depan. Feedback yang diberikan suspensi USDnya ora ngapusi cak…nggak bohong…

Kestabilan meningkat dibarengi wheelbase yang lebih pendek….makin pede. Lawong digandolin bobot 87 kg wae tetap santai rek (ora usah ngebully…sampluk sandal swallow sampeyan :mrgreen). So….secara umum, Yamaha secara pintar memainkan perannnya disektor ini….

Performa engine

Nahhhh….iki lho yang sayang bangettt. IWB bener-bener ora iso total gali mesin new R15 karena tidak boleh menyalip sweeper depan. Pekoknya lagi IWB tidak menggunakan strategi paling buncit…baru geber kedepan. Padahal kuncinya mengejar top speed adalah pada T11 tikungan terakhir….

Dari sini paling nggak kita harus bisa mengembangkan speed kisaran 105 km/jam. Tapi IWB tidak bisa karena kondisi yang cukup membingungkan. Lawong ditikungan tersebut rider malah pada alon karena nunggu peserta lain yang dibelakang….sobek njaran tenan….

Yang kedua….IWB nggak bisa tuck in atau dlosor ditanki akibat adanya kamera Gopro diarea tersebut. Jadi IWB hanya nunduk sekedarnya. Edannya…dengan kondisi ditumpangi bobot jumbo, raungan mesin VVA menunjukkan potensi mencengangkan. Top speed sekedarnya memperoleh angka 140 km/jam….not bad at all !

Letupan mesin new R15 sangat kuat dari low, middle dan high RPM. Gear ratio termasuk rapat dan sambung menyambung. Kalau sameyan nanya…piye dibanding old R15 ?. Walahh…adoh cak. R15 terkesan ngayun kalau digas. Tapi versi new ini tidak. Digas terasa spontan dan power ngisi terus hingga tabrak limiter 11,500 RPM. Diarea ini lampu shifting gear akan berkedip memberikan tanda agar kita oper gigi…

Oh ya…pada testing IWB mengalami kejadian unik karena salah oper gigi ketika masukin gear 3. Merasa tidak ada engine brake IWB mengira kebanyakan gear sehingga gigi IWB turunin lagi. Langsung “Mbengok cakkk mesinnya :mrgreen: . Dan itulah yang dinamakan slipper clutch. Engine new R15 kuat dan cepat dari gear 1-5 namun gear 6 cukup lambat. Kelebihan lain vibrasi mesin baru terasa lebih lembut….

Fitur

Yamaha membekali new R15 dengan lampu hazzard. Tapi sistemnya bukan pencet namun geser. Selain itu Yamaha juga memindah posisi pass beam menyatu dengan lampu jauh sehingga lebih ringkas. Kalau sampeyan bingung bisa intip aja dari mekanisme Megapro Dazzler yang sudah mengadopsi sekitar 3 tahun lalu…

Kekurangan

Kalau sampeyan nanya kekurangan engine dan handling….ora ono cak. Nyaris susah dicari celanya. Sayang IWB sendiri belum pernah jajal new CBR150R di Sentul besar jadi nggak bisa bandingin. Tapi dari sisi desain fender entah kenapa IWB suka versi lawas yang IMHO malah big look (dari plat). Soal ini memang tergantung selera. Sisi plusnya…desain baru membuat R15 menjadi lebih bongsor seperti motor 250cc….

Last….itulah sekilas review tentang Yamaha new R15. Semua yang IWB jabarkan adalah berdasarkan rasa dan feeling pribadi. Ini baru disirkuit dan akan lebih akurat lagi jika kita gunakan untuk testing harian. Motor ini baru akan dirilis sekitar pertengahan tahun 2017. So….Yamaha new R15 ??. Berikut video testing dan reviewnya saat di Sentul. Ambrolll celengane cakkk. Pertanyaane duwe celengan ora ki ?? :mrgreen: ………(iwb)

Video onboard Yamaha new R15

HP klik disini

iklan iwb
Previous articleHonda all new CBR150R dengan suspensi USD ??. IMHO tinggal masalah waktu….
Next articleSuzuki sudah mulai distribusi new GSX-R150…..tiba di Solo dan Semarang !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!