iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…gebrakan Yamaha yang merilis new R15 dengan suspensi USD sebenarnya tidak mengejutkan bagi IWB. Terendus saat Yamaha memutuskan rilis Xabre 150 dengan Up side down suspension…..dan kedatangan produk lain dengan suspensi yang sama pun terbukti dilakukan YIMM pada R15 MY2017. Nah….emboh bener opo ora, IWB seperti terseret pada satu opini saat melirik CBR150R. Dari analisa ngawur IWB….kedatangan versi ini CBR150R dengan suspensi USD IMHO hanya masalah waktu. Aahhh…mosokkk??….

Cak….monggo buka-buka buku diari sampeyan dimasa lalu. Lek ora duwe boleh juga buka arsip warung ini. Bagaimana tren motor yang selalu dalam persaingan sengit. Masih ingat saat Yamaha dengan Vixionnya menggebrak pasar….lalu mereka melalukan revisi dengan ban gambot. Saat itu Honda juga merilis CB150R K15A sebelum melahirkan K15G. Revisi total meliputi kaki-kaki disamakan dengan Vixion…..

Proses gebuk-gebukan ini sangat alot dan membuat sang juara bertahan terganggu eksistensinya. Memberikan iming-iming mesin DOHC……secara pelan namun pasti gap makin mendekat hingga pada satu titik Yamaha pun merasa gerah. Setidaknya dari penuturan presdir YIMM Morimoto san yang mengaku sedang menyiapkan new Vixion. Terus…opo hubungannya dengan CBR150R??….

iklan iwb

IWB yakin 1000 persen, pentolan besar AHM mantengin tiap gelintir berita rival mereka khususnya kehadiran new R15. Memberikan standart yang cukup tinggi untuk kelas 150cc fairing bike….jika market melejit dan sukses menggusur New CBR150R….bukan tidak mungkin produk tandingan akan ditelurkan. Slipper clutch, suspensi USD dan masih banyak lagi lainnya…..

Bukan hal sulit bagi Honda untuk melakukannya. Tinggal ada kemauan atau tidak. Kuncinya ada kesuksesan new R15 MY2017 (MY = model Year). Jika fairing terbaru ini sukses dipasar…..kedatangan new CBR150R dengan suspensi USD IMHO hanya masalah waktu. Piye….sampeyan setuju dengan opini IWB nggak cak? (Iwb)

192 COMMENTS

  1. Main facelif aja…ga mkirin rider yg bru beli…kadang produk bru cma selisih harga yg g signifikan dg produk lama…hadeh…….

  2. komen netral aja, semua saling bersaing tapi kalo gini kata” fbh yg yama*a plagiat kemana” jgn di gubris, toh cbr lokal emang harus 2 kali realise buat nekuk r15v2, yang v3 ini mungkin juga … tak usah bahas mesin, kalau cuma tau dohc sama sohc aja di adu adu kek ayam kalau emang bagus ya sok aja …

  3. Tumben berita r15 gak heboh lek, biasnya ada motor baru, beritanya bombastis, sekrang terkesan “di samarkan”…

  4. Mas Iwan, mudah mudahan dibaca, nih. Ada sedikit pemikiran saya, memang persaingan membuat produsen bersaing memberikan inovasi teknologi yang makin tajam, dalam arti, spesifikasi “moge” diturunkan ke produksi masal dengan cc lebih kecil. Tapi ini juga bisa berdampak serangan balik seperti bumerang bagi produsennya sendiri. Saya ambil contoh, dalam kasus USD yang tidak terlalu signifikan pada motor cc kecil produksi massal, karena kondisi lapangan yang lebih berdebu, kemungkianan seal shock depan lebih mudah bocor, pada USD, oli lebih cepat dan banyak terkurasnya jika bocor, belum lagi bila merembes ke unit rem, beda dengan shock biasa yang posisi tabungnya ada di bawah. Lalu dalam kasus tenaga kuda yang didongkrak setinggi mungkin, secara teknik bengkel “pinggiran” main papas head cylinder, dalam arti teknik, menaikkan kompresi, yang berakibat tidak user friendly di lapangan pelosok pelosok yang pilihan oktannya terbatas, sehingga menurunkan daya tahan mesin. Sedangkan pada mesin balap sejati, pemakaian hanya pada sesi balap saja, setelahnya dilakukan perbaikan komponen mesin, beda dengan harian. Semua teknologi ini berbeda kasus dengan karbu vs injeksi, yang awal awal ditakuti orang. Karena USD dan tenaga kuda yang dinaikkan pada jenis motor dengan cc kecil, memang terlihat seperti dipaksakan karena tekanan persaingan semata. Maka efek serangan balik pada produsennya akan terasa beberapa tahun ke depan, seakan akan merek “anu” lebih cepat rusaknya.

    Bagaimana menurut mas Iwan?

    • Mantap kang.
      IMHO.Usd buat motor <150kg dgn distribusi bobot yg seimbang rasanya kyk mubazir gitu. Soalnya handling usd sedikit lebih keras dibanding teleskopik biasa.
      Lagian jalanan di negeri ini g sepenuhnya mulus n lurus2, banyak jalur pegunungan yg menikung dgn aspal yg kurang ngegrip/mentul2 yg blom cocok pake usd..

  5. Bercanda sampeyan lek, mau dikasih harga berapa lek kalo CBR150R dikasih USD sama slipper clutch? ??
    Liat yg sekarang aja pakai rangka murah (teralis), arm kotak biasa, shock murah kecil (teleskopik), body kecil aja paling murah dihargai 33 juta, apalagi kalo fitur dimiripin R15? Bisa tembus tuh harga di atas 40 juta, secara selama ini AHM main licik yg penting untung besar daripada puasin dahaga konsumennya..

  6. ekekek…

    nasib pabrikan yg selalu setengah2
    ngeluarin produkk ..

    kalo smart ya biarin deh kaya dulu
    udah sasis delta box dohc overbore 18ps
    tiba di tangan ngahaem
    crittt jadi rangka kandang pitek mesin disulap jadi dohc operstrukk 17ps ..

    buat apa coba strategi kek gitu ..

    untung saja masih banyak fbh yg dunguu..

    ????

  7. aku yakin iki para fansboy2 merk y sama h lek ketemu lgsg ndk wani gelod. mek sungkan2 nan.
    wanine ng d.maya
    0m0ng k0s0ng

  8. Mending beat wae yg di kasih Upsidedown lek, Sekalian buat dual shock belakang biar kuat bawa beras.. oh iya adain juga fitur galon-in

    • Aneh rasanya klo pake nama SP (sport production) kang…
      Soalnya secara global g ada tuh kompetisi yg menggunakan engine 4tak 150cc

      Beda soal NSR series.. Mereka dulu ada kompetisinya GP125, GP250, GP500. (sebelum era MotoGP)

  9. Fakta simple spesifikasi mesin kedua motor: R15 power 19 dk plus VVA plus Slipper Clutch ( SOHC 155cc) vs CBR150R power 17 dk minus VVA minus Slipper Clutch (DOHC 150cc). Makin panas boss persaingan!!!

  10. Kangen ama komennys si Bruud. Ada yg tahu kemana gerangan beliau? Kita doain bliau semoga sehat2 aja …..

  11. Kudune ngeten kang :
    tambah varian CBR dengan embel2 ‘SP’ macem NSR gitu ? , dengan banyak fitur tambahan & kenaikan harha… Jadi yg versi skrg tetap produksi biar tetap terjangkau vuat konsumen… Aku yo ngenteni USDne showa sing low price , heheee… meh minang kayaba’e xabre ora sido

  12. Dulu Ane beli beat fi tahun2014,baru 4 bln dah gnt busi,,3 bln brktny gnt headlamp gilleee bnr nie mtr,,pas udah umur setahunan mesin ska mati mendadak,,,akhirny apa yg trjdi slnjutny?d jual sjlah,,pusing pny piaraan ky gtu?
    Alhmdllah skrg udah gnti sm soulgt 125 udah setahunan g ada mslah kang.
    #YAMAHA EMANG JOSS,

    • Byk kok klan mbet dan vario yg bermasalah…..
      Takut malu mengungkapkan..nya.
      Kadung image irit,bertenaga,awet…
      Dan terlanjur membenci szk,kawasaki dan ymh….

  13. Comment:ngahaem memang follower sejati..mslhnya bukan trend-nya lg gmn trs ngahaem tnggal nurutin..tp ngahaem mmng tdk berani jd trendseter sprti ymmi..mereka lbh wait and see, kompetitor melakukan gebrakan.kalo sukses br ngikutin.jd apapun alasannya AHM memang follower sejati..!!!hidup follower..!!!

  14. Kalo cuma shock d sarungi.. beli persa cukup…. tambah 10 jt uda jos… fairing bisa beli kekinian… new r15 jelek banget… updown kok shock… d guyu iwak wader..

    • haiiii…AKU.
      sepeda opo verza iku..gk ada tenaga gk ada speed body jg jadul apa yg di banggain lawan fizR 120cc aja blm tentu bisa ngejar keceret-ceret cak…semua motor h yg ada di indonesia itu bru bs lari kanceng klo uda di rombak total meainya klo asli standart kuncruut alias keceret sm merk2 lain,yamaha,suzuki,kawasaki..cocoknya h itu motor buat k pasar aja buat kulakan sayur….hahhahahahah

  15. Klo cuma nambah USD aja tetep aja kalah cbr150r sama r15 versi skarang kang klo bisa sih bawa dah tuh teknologi I-Vtec nya Honda mobil buat nyamain vva nya + pasang assist slipper clutch

  16. FBS: “power gede, harga terjangkau, udah keyless lagi, anti maling nih”
    FBH: “Fitur wah khas motor gede, tenaga mantap, desain elegan”
    FBH: “seng penting laris, mesin DOHC”

  17. mbah Darmo!!dimana kau?kali ini aku setuju dengan desain Yamaha, kau membuat jiwa mudaku kembali.

    buat sales honda…
    awas dihisap mbah darmo nanti!!!

  18. tak sudih beli 150cc harga 35 jutaan.

    mending beli kelas 250 2nd. tongkrongan jelas mash bisa ngikut kakaknya 250 twin.

    150cc pake gk sampai setau hati udah pingin naik 250. rugi motor belum lunas tapi pingin naik kelas.

    bagus lngsung dari awal. lompat ke 250 single

  19. Saya setuju
    Cbr150r di tambah usd
    Tapi naik berapa harganya?
    Usul mas Iwan
    Selain di tambah usd face CBR150R d ganti karena model headlamp-nya itu kurang cocok
    Lebih cocok pake headlamp-nya Vario terus windshieldnya d tambah panjang
    Agar saat harganya mau di naikkan tidak tanggung-tanggung

  20. satu pertanyaannya?
    apakah dengan teknologi sekarang mesin masih ngebul atau engga? soalnya pengalaman kalo di rpm tinggi semua yamaha pasti ngebul HITAM? baik matic, moped dan sportnya sama..

    itu kenap yah? ada yang tau alasannya?

    • Imho kang..
      Engine Sohc overstroke emang kurang cocok buat Hi-rpm kang.
      Kyknya all new r15 mencoba kompromi dgn naikin bore 1mm agar bisa ngegigit di rpm yg lebih tinggi

      Imho lho kang. Sesuai dengan pengetahuan saya tentang karakter engine lho.. Bukan FB manapun

    • Semakin cepat putaran mesin maka semakin cepat kerja proses terjadinya pembakaran semakin cepat pula proses buka tutup ruang bakar.
      Maka hasil pembakaran dari mesin tidak dapat di proses saring katalis pada knalpot dengan baik maka maka muncullah kepulan asap dari hasil pembakaran tersebut

  21. yang gue suka dari AHM, mereka gak gengsian. terserah mau ngikut kek apa kek, yang penting laku. idealis nomor 2.

    tapi itu juga yang bikin gue gak bisa fanatik AHM… no character. boring?

    dilematis…. 😀

  22. Comment: mosok tiap tahun ada motor baru, harus dibatasi dong. biar tdk jdi komsumtif penduduk ini. ini ada indikasi monopoli pasar antara dua pabrikan tsb..

  23. New CBR nanti kudu bisa 21HP an lhah. Napas paling nggak 13rb RPM. Jangan megap. Tinggalkan budaya nanggung kalo revisi produk ya AHM!! Biar nggak kayak CBR megapmu sekarang yang gampang disusul rival secara spek!!!

  24. Komentar yang berbobot cuma 1 atau 2 biji,,,
    Lainya cuma ngejudge, lha wong motor yang dicela haters belum tentu dimilikin tuh komenters alay,,,,,
    Eh bagus bener punya, nyoba aja enggak kali yak tu haters,,,,

    Menghina suatu produk berarti kalian dalam ironi ketidaktahuan

  25. 1.Yamaha R15 – SOCH+VVA (akselerasi nampol + power pool di putaran atas)
    2.Honda all new CBR150 – DOCH + Overstrook (??????????????)

  26. hahahaha

    lekk,, tolong sampein ngAHAEM biar bikin versi SP,sampean kan yng punya akses ke sono
    klo bisa balikin mesin overbore nya.
    tmbah USD sama windshield tinggian dkit,,,overall udah keren dari sono nya design nya.

    ekekekeke

  27. Kesalahan besar Honda itu terlalu mengekor konsep orang lain, sekarang diserang dengan cara dia sendiri. Istilahnya dulu waktu matic Yamaha cuman sekedar gitu doang Honda dengan wajah pas-pasan masuk tapi dgn seabreg fitur.

    FYI CBR150 2016 yg dirilis di Indonesia itu cuman versi Regional Lho entah itu untuk ujicoba New Type CBR150 versi Internasionalnya nanti……bisa jadi, siapa yg tau

    di luar sana CBR CBU masih blum diupdate

  28. Lama lama gua gk bakalan jadi beli motor kl tiap waktu ada yg facelift.. hadeuh bingung jd wa xixixixi

  29. Ini lg pd ngapain… wkwkwk..
    Seng cerdas iyo ank bangsa… hahaha..
    Biar bs bikin motor sendiri.. tatata…??

  30. CBR ntar di facelift lagi desember depan ane jamin dah, AHM bilang sih ini motor paling besar di kelasnya. Ukuran motor kalo gk salah 2×1 meter dengan mengusut kode k45a dan diberi nama ALL NEW ALL Marhum CBR150RRRRRRRRRRRRRRRRRRR RARGH……….

  31. jangan keluarin cbr150 baru deh, kalo pun baru facelift pun body gausah berubah udah keren tinggal sektor mesin mungkin ditambah atau revisi dan suspensi serta swing arm direvisi, kalo bisa pun part yg direvisi bisa pnp ke k45g dan bisa ditukar tambah didealer resminya, dijamin pasti laku banyak yg minat dehhh.
    bantu sampaikan uneg uneg ini ke ahm kang 😀 wkwkwk

  32. Kesel kalo beli motor dari Honda itu baru belu setahun udah nongol yang baru…ga menghargai perasaan konsumen… Dianggap kita cm kelinci percobaan…. All neww.. Facelift kek…apa kek…wess geloo

Comments are closed.