iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro……mengawali tahun 2017 KTM akhirnya merilis generasi terbaru RC390 MY2017. Secara umum kita tidak akan banyak menjumpai perbedaan tampang dengan generasi lawas. Namun ada beberapa sentuhan yang membuat RC390 sudah tidak lagi menggunakan knalpot model kolong atau yang biasa kita sebut underbelly. Nah seperti apa perbedaanya ??? Cekidot kangbroooo….

KTM merilis New RC390 di India. Generasi ini mendapatkan beberapa sentuhan yang membuat mesin jauh lebih ramah lingkungan. Tidak mudah mzbro untuk melakukannya karena KTM harus memberikan catalic converter tambahan yang mengakibatkan desain knalpot tidak bisa lagi seperti sebelumnya yang mengadopsi model underbelly….

Pada generasi terbaru model exhaust memiliki silencer panjang hingga kebelakang. Sebenarnya cukup disayangkan karena justru bentuk model kolong ini yang membuat KTM RC cukup ganteng. Namun apa daya karena regulasi emisi gas buang dan demi makin hijaunya bumi ini semua harus dilakukan. Terus gimana dengan sektor lain ???….

iklan iwb

Untuk engine masih setia menggunakan 373,2 cc fuel injection liquid cool single silinder yang mampu memuntahkan tenaga hingga 45,5ps @9000 rpm dengan torsi 36 Nm @7000 rpm yang berarti ada peningkatan dibandingkan versi sebelumnya untuk akselerasi. KTM juga memberikan ukuran cakram yang lebih besar dari 300 mm menjadi 320 mm….

Hanya saja satu hal membuat sedikit kemunduran adalah kapasitas tangki yang dipangkas setengah liter dari sebelumnya 10 L menjadi 9,5 L. Bobot juga merangkak naik akibat banyaknya komponen demi menekan emisi gas buang. Dari sebelumnya hanya 147 kg melar menjadi 170 kg. Weleehh abot tenan cak….

Last….KTM RC390 MY2017 memiliki jok yang sedikit lebar 12 mm guna meningkatkan kenyamanan pemakai, kaca spion (clear vision) dan perombakan sedikit dibagian fairing samping menyesuaikan shape knalpot yang tidak lagi underbelly. Motor ini dijual Rs 2,25,300 (44,4 jutaan) atau lebih mahal Rs 11,000 dibandingkan dengan versi lawas (sekitar 2,1 jutaan rupiah). Kemungkinan versi new ini akan dibawa oleh KTM Indonesia pada semester kedua pada 2017…….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!