iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bengong kangbro….IWB sampai mengerutkan dahi membaca surel dari salah satu reader warung ini (sebut saja ME). Doi mengungkapkan keheranan dan rasa kesalnya karena ditolak saat ingin mengisi bensin Premium disalah satu SPBU sekitar rumahnya. Penolakan tersebut berdasarkan alasan bahwa Oktan 88 diperuntukkan hanya untuk mobil. Welehhh…bubar ki tatanan….

Kejadian bermula ketika doi ingin membeli bensin untuk tunggangan kesayangan. Namun dengan alasan hanya untuk mobil….doipun ditolak mentah-mentah oleh petugas SPBU. Jelas doi bingung dan langsung nanya ke IWB. Berikut surel lengkapnya. “Mas iwan apa bner sepeda motor g boleh bli premium??….

“Tadi pagi pas mau isi bbm disalah satu SPBU di kota Sukabumi. Padhal Premium ada. Anehnya lagi koq mobil bisa isi premiun tapi motor nggak bisa. Kata mbaknya emang nggak bisa sepeda motor. Saya balik nanya koq mobil bisa kenapa?. Ehhhhh simbaknya malah nyolot…

iklan iwb

“Ya nggak tau pak. Tanyain aja ke pengelola SPBU. SPBUnya¬†pelabuhan 2 lembur situ kota sukabumi 34-43118. Hampir tiap hari premium ada. Tapi motor nggak bisa isi premium mobil bisa,,,,jd aneh,kn skrang smua jga udh g disubsidi. Apa bner untuk sepeda mtor g boleh mas iwan??” seru kang ME. Hhmm…lumayan aneh ki….

Setahu IWB, Pertamina saat ini memang sudah mengurangi produksi Premium. Begitu pula pasokan untuk seluruh SPBU ditanah air. Namun jika motor dilarang total dan dilain pihak malah memperbolehkan mobil pribadi jelas merupakan kebijakan aneh. Sebab dari catatan dan info Pertamina sendiri…..tidak ada larangan secara saklek…

Artinya pasokan untuk motor memang sudah dikurangi (pengurangan nozzle untuk roda dua sejak Agustus 2016) dengan tujuan mendongkrak biker beralih ke bahan bakar khusus (BBK) seperti Pertamax, Pertalite ataupun Pertamax Turbo. Tapi sifatnya himbuan bukan larangan. So….kebijakan SPBU yang melarang motor dan malah mengijinkan mobil IMHO kurang tepat sebab akan terjadi kecemburuan sosial…

Lha piye…mobil sekali isi minimal 10 liter. Motor rata-rata paling 3 liter. Belum lagi mereka kaum berada yang seharusnya malah jangan diberikan harga murah. Yah….kebijakan SPBU memang masing-masing kangbro. Tapi kendatipun ada peraturannya….akan lebih baik Pertamina menghapus total agar semua menggunakan bensin yang sama yakni minimal Pertalite. Kuwi baru adil…iyo ora cak….

Last….BBM Premium sebenarnya sudah mulai dihapus dan digantikan dengan Pertalite. Namun dibeberapa daerah kota kecil pasokan tetap dijaga dan masih mendapatkan jatah. Sayang…walau terbukti kurang baik buat mesin, pemakai mobilpun seringkali kekeuh tetap mengisi BBM tersebut pada mobil kesayangan. Kalau IWB sih isinnnn rek. Mosok motor wae Pertamax Turbo mobil nenggak Premium, bener ora kang. Eh…btw punya pengalaman serupa seperti diatas kangbro ?? (iwb)

iklan iwb
Previous articleKTM rilis RC390 MY2017….selamat tinggal knalpot underbelly !!!
Next articleTahun 2016, Yamaha berhasil pertahankan tahta Vixion 150. Wah…..beda tipis cak !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!