iklan iwb

Iwanbanaran.com – Emboh cak….IWB rasane campur baur ketika menerima kiriman gambar dari kang Aditya. Lha piye pakde…..ini tindakan biker cukup unik. Awalnya IWB kira semua hanya guyonan. Dilalah…jebule serius cak. Emang nyapo ??. Lha piye pakde….radiator koq ditutup plat ki piye. Cicak bin kadal tenan…..

iklan iwb

Tindakan unik ini dishare di grup Honda Sonic 150R modifikasi. Sebut saja inisial OP yang memposting penampakan Sonic 150 dengan penutup plat pada bagian radiator. Aluminiun penampang depan benar-benar ditutup. Tujuan doi sepertinya ingin membuat penampang tidak kotor atau terkena kerikil jalanan….

Saat IWB perhatikan, plat selebar radiator diikat dengan baut kiri kanan. Sedang atas disinyalir diikat menggunakan mounting dari tali solid yang banyak dijual ditoko-toko bangunan.?IWB sendiri tidak terlalu perhatian saat mendapatkan share info diatas. Sebelum kang Aditya terlihat rada geregetan….

“Ampun lek hahaha. Maksud motor nggak mau kotor. Tak suruh copot aja radiatornya sekalian. Tak bilangin toh Honda makin panas makin ngacir larinya hahahaha…”sindir doi. Weleh jebule serius to. Jelas kondisi ini harus IWB luruskan biar nggak salah kaprah. Lha piye…mosok radiator koq ditutup. Iso megap-megap motore sampeyan. Oke..….IWB akan coba sedikit singgung perkara basis fungsi dari radiator….

Sebagai pengingat, radiator adalah komponen penukar panas yang digunakan untuk mentransfer energi panas dari satu medium ke lainnya untuk tujuan pendinginan. Untuk mendinginkan?mesin, coolant dilewatkan melalui blok mesin, di mana ia menyerap panas dari mesin. Coolant yang panas tersebut kemudian dimasukkan ke tangki inlet radiator…

Sehingga panas dari engine akan diserap dan dibawa kepipa radiator yang pada gilirannya akan ditransfer?ke sirip (fin) pada tiap baris dari penampang aluminium yang bisa kita intip di gambar diatas. Sirip tersebut kemudian melepaskan panas ke udara?sekitar. Proses berulang-ulang sehingga heat atau panas dari mesin dibantu dibuang dengan radiator. Semakin deras angin menerpa fin atau sirip-sirip maka pendinginan makin optimal….

Nah….ketika sampeyan sudah menutup papan penampang almu, sama aja motor sampeyan tidak ada radiatornya. Megap-megap kangbro. Yang terburuk bisa terjadi overheat pada motor saat macet khususnya, pelumas bekerja keras dan ujung-ujungnya mesin kasar tidak normal. Jika itu terjadi jangan kaget kalau oper gigipun akan terasa susah. Sobek ora koen….

Last…untuk melindungi sirip almu radiator dari kerikil sebenarnya pabrikan sudah mengeluarkan aksesories resmi yang terjamin fungsinya. Kisi-kisi luar dibuat tidak rapat agar kinerja radiator tidak terganggu. Ada tuh buat Sonic 150. Kalau soal kotoran memang agak sulit kangbro apalagi kalau musuhnya lumpur. Paling kita segera semprot dengan air biasa untuk meminimize kotoran nempel. So…jangan pernah menutup radiator dengan plat yo cak. Eman-eman rek motoreeee…..(iwb)

241 COMMENTS

    • maklumin aja bung..itu didikan pak Bambang..makin panas makin kencang..

      ngoahaha ..bener bener minus 😆

    • hmmm..
      jangan banyak cingcong bung .. sekarang ane tantang yzr m1 balapan tanpa radiator lawan GL max .. pasti menang GL max ..
      sudah akui saja ilmu metualergi honda diatas rata2 .. contoh mudah astrea prima vs yamaha alfa … sama2 digeber pasti yamaha alfa ngebul duluan … itu FAKTA !!!

  1. Kelakuan penunggang vixion memang terlalu

    Harapannya, modif radiator kek gini bisa dongkrak power 1 DK, mantapp

    • hmmmm cobalah tenang bung … emang secara metualergi teknologi honda diatas rata2 ,kalo gak percara ane tantang r25 balap 1000km ama GL max sama2 gak pakai radiator .. nah berani kagak … makanya jangan omdo .

      • pak jangan d terusi lg komen ny ntar panjang urusan… sedikit menjelas kan.. gl max mungkin bisa tahan karena tanpa radiator tp bersirip sirip..sedangkan jika sport radiator tanpa radiator juga msh bisa tahan karena semua tergantung kualitas oli dan material jeroan mesin nya

      • Hahaha GL kompresi brapa om,, ,,?????? Sma sama di bikin kompresinya kaya r 25 yakin masi yakin kuat hahaha tuoloooooool

  2. ini contoh bocah kena kibull pk brambang…
    fbh gmn nih…ora mncerdaskn mlh bkin mtr rusakkk…koplaakkkk tenan

  3. Jangan mancing perselisihan lek dengan hadirnya artikel seperti ini, ane yakin banyak yang kowar kowar, siap siap baca artikele para FB maniak iki, hadeh..

  4. Bener kan…honda makin panas makin banter..??? neh buktinya klo slogan itu sampek merasuk di hati fbh….???

    • Sonic juara Nasional Motoprix 150cc Mas-Bero,, ngalahin MX-King and FU Fi,,

      Gag ada yg salah kok sama pilihan motornya Mas-Bero,,
      Harga OTR Sonic juga lebih murah dari FU-Fi and gag ada 1jta bedanya sama MX-King,,

      Yg Salah owner-nya saja,
      Minim pengetahuan and minim informasi,,

      Gag usah goblok2in orang kalo ente’ gag bisa bikin orang lain Pinter,,

      Okeh,,,

  5. dasar honda asu, podo kaya yamaha. Apalagi user Geber SOHC. Mesin bobrok di bajuin fairing. Mesin DOHC kok lemot. No offense, pengguna H2. Pengalaman beli R25 kena recall kampret.

  6. sering liat beginian apapun motornya. bahkan ada yang pelatnya sampai diukir, serius banget. dan sering juga liat matic mio series (karburator), bagian cover cvt lubangnya ditutup pakai sticker atau pelat. jadi cvt tanpa pendinginan sama sekali. filter aslinya beserta covernya dibuang entah kemana. vario series juga pernah liat, lubang pendinginan bagian depan ditutup pelat. rata2 yang pakai anak muda (alay), yang kerjaannya nongkrong di tepi jalan, sesekali trek2an, dan hal2 negatif lainnya.
    paling miris, pernah liat matic, tanpa cover cvt sama sekali. dijamin, setelah beberapa km harus overhaul ganti bearing driven axle, kalau apes ganti poros pulley belakang juga,

  7. radiator d tutup biar mkin gaulll..

    ban cungring biar gayaa

    filter d copot biar suara kerennn..

    klo da uang beli knlpot plong biar mkin tenarr.

    khas modifan anak labil….mtr ayam jago mnding di stop sj produksinya.

    gk fungsi..d pke jln jok mungil..

    di pke ngebut body kcl gmpng goyang..

    mtr ginian cm cck wat d pjang.

  8. Itu hanya iseng ..ts digrup tersebut hanya taruhan sma temennya . Klo posting begituan bkal banyak komenan dn temennya gk percaya ..dn dia pun posting yg begono dn akhirnya banyak komenan plus bulyan pastinya.

  9. Semoga dengan adanya kejadian ini, pabrikan sudi memberikan cover radiator disetiap pembelian secara cuma-cuma wkwk :v

  10. Beginilah akibatnya, jika ada anak alay nongol di muka bumi……
    Kalau nongol di muka ane, bisa ane garot pakai cakar kucing negh, hehehe

  11. Ngak usah lah bertele-tele kalau komen faktanya :

    King of Kejurnas IRS 150 Sentul : R15

    King of balapan Dagelan Alun-alun : CBR150

    Mesin dohc ahm terkenal ringkih ngak kuat gebuk rpm tinggi selama 10 ? 12 lap makanya di IRS 150 banyak CBR150 yang DNF karena jebol mesinnya padahal ada 15 ekor cebong 150 yang berpartisipasi dan terbaik hasilnya cuma finish no. 14 itupun pake pembalap sehebat sudahramono dan di naungi tim ART AHM.

    Makanya AHM lenbih milih kabur balapan dagelan di alun-alun atau paling tinggi kelas motoprix kejurda yang lebih banyak main di alun-alun pembatas karung goni karena balapan di alun-alun ngak perlu main rpm tinggi seperti di sentul jadi mesin dohc guyon aman dari DNF/Jebol.

    Salam One Creett agar Semakin Didepan

    • M1 rossi aja bisa mleduk,moto prix dah dikuasai sonic.dah ketemu racikan mesin yg ok,maklum mekanik masih baru dg dohc honda,tapi 2017 liat aja kekuatan dohc honda,racikan mesin yg sedep bener telah ketemu,target juara semua kelas??????

Comments are closed.