iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Emboh cak….IWB rasane campur baur ketika menerima kiriman gambar dari kang Aditya. Lha piye pakde…..ini tindakan biker cukup unik. Awalnya IWB kira semua hanya guyonan. Dilalah…jebule serius cak. Emang nyapo ??. Lha piye pakde….radiator koq ditutup plat ki piye. Cicak bin kadal tenan…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tindakan unik ini dishare di grup Honda Sonic 150R modifikasi. Sebut saja inisial OP yang memposting penampakan Sonic 150 dengan penutup plat pada bagian radiator. Aluminiun penampang depan benar-benar ditutup. Tujuan doi sepertinya ingin membuat penampang tidak kotor atau terkena kerikil jalanan….

Saat IWB perhatikan, plat selebar radiator diikat dengan baut kiri kanan. Sedang atas disinyalir diikat menggunakan mounting dari tali solid yang banyak dijual ditoko-toko bangunan. IWB sendiri tidak terlalu perhatian saat mendapatkan share info diatas. Sebelum kang Aditya terlihat rada geregetan….

“Ampun lek hahaha. Maksud motor nggak mau kotor. Tak suruh copot aja radiatornya sekalian. Tak bilangin toh Honda makin panas makin ngacir larinya hahahaha…”sindir doi. Weleh jebule serius to. Jelas kondisi ini harus IWB luruskan biar nggak salah kaprah. Lha piye…mosok radiator koq ditutup. Iso megap-megap motore sampeyan. Oke..….IWB akan coba sedikit singgung perkara basis fungsi dari radiator….

Sebagai pengingat, radiator adalah komponen penukar panas yang digunakan untuk mentransfer energi panas dari satu medium ke lainnya untuk tujuan pendinginan. Untuk mendinginkan mesin, coolant dilewatkan melalui blok mesin, di mana ia menyerap panas dari mesin. Coolant yang panas tersebut kemudian dimasukkan ke tangki inlet radiator…

Sehingga panas dari engine akan diserap dan dibawa kepipa radiator yang pada gilirannya akan ditransfer ke sirip (fin) pada tiap baris dari penampang aluminium yang bisa kita intip di gambar diatas. Sirip tersebut kemudian melepaskan panas ke udara sekitar. Proses berulang-ulang sehingga heat atau panas dari mesin dibantu dibuang dengan radiator. Semakin deras angin menerpa fin atau sirip-sirip maka pendinginan makin optimal….

Nah….ketika sampeyan sudah menutup papan penampang almu, sama aja motor sampeyan tidak ada radiatornya. Megap-megap kangbro. Yang terburuk bisa terjadi overheat pada motor saat macet khususnya, pelumas bekerja keras dan ujung-ujungnya mesin kasar tidak normal. Jika itu terjadi jangan kaget kalau oper gigipun akan terasa susah. Sobek ora koen….

Last…untuk melindungi sirip almu radiator dari kerikil sebenarnya pabrikan sudah mengeluarkan aksesories resmi yang terjamin fungsinya. Kisi-kisi luar dibuat tidak rapat agar kinerja radiator tidak terganggu. Ada tuh buat Sonic 150. Kalau soal kotoran memang agak sulit kangbro apalagi kalau musuhnya lumpur. Paling kita segera semprot dengan air biasa untuk meminimize kotoran nempel. So…jangan pernah menutup radiator dengan plat yo cak. Eman-eman rek motoreeee…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!