iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakde….dewasa ini komen diBlog ataupun FB fanspage jian super nggilani pedes tenan. Komen tidak lagi frontal namun terkesan menyudutkan. Awalnya IWB berpikir…..semua adalah komen tulen. Namun setelah ditelusuri secara seksama barulah IWB manggut-manggut. Jebule cak….walau tidak 100 %, 80% persen rata-rata emang berasal dari golongan rival. Welehhhh…..

Contohnya ki cak…saat sampeyan membahas brand A, maka komen minor akan datang dari lapisan B. Wisss….semua disebut. Yang sparepart susah, mahal, jaringan minim, produk tidak konsisten dsb. Lalu ketika IWB bahas brand B…..komen pedaspun datang dengan masif dari golongan C…..

iklan iwb

Mesin klotok-klotoklah, hanya follower kek….hanya jual merk kek, menang jaringanlah….dll. Sementara ketika mambahas brand C…maka komentar nylekit pun keluar dari golongan B. Yang mengatakan spesialis SOHC lah, jual tampang doang lah, mesin haus olilah dan masih banyak lagi lainnya…

Mungkin kalau ngintip lewat warung sampeyan tidak akan menemukan keanehan komen secara identitas tidak bisa ditelusuri. AKan tetapi saat sampeyan sudi meluangkan waktu mengintip ID mereka di FB…barulah terekspos jelas dimana rata-rata mereka nunggang motor rival. Untuk golongan ini IWB sebut sebagai fansboy akut….wissss, ngesakne tenan soale wis tercekokin brand hingga mabuk kepayang…..

Lalu komentator kedua ternyata mereka memiliki mata pencaharian sebagai karyawan yang bernaung dibawah brand itu sendiri. Baik itu dari leasing, vendor, dan apapun yang menggantungkan eksistensi perusahannya pada brand bersangkutan. Oalah…..jadi ngono to. Artinya apa pakde ??….

IWB sendiri jadi sulit untuk menentukan mana komentar biker murni atau komentar yang bermuatan bisnis. Lawong campur baur cak. Yang aneh lagi Komentar kadang berdasarkan “katanya” alias tidak mengalami sendiri. uniknya hanya karena itu doi seperti teracuni dan ikut-ikutan menyebarkan berita yang belum tentu benar. Makin mawut wis….

Last…..dewasa ini sulit mencari komen sing murni tidak terkena “polusi”. Nggak di FB ataupun warung sami mawon alias selalu terdistorsi kepentingan. Oleh karena itu mzbro…ada baiknya sampeyan tidak menggunakan komentar sebagai patokan. Ngeri pakde sekarang. Terutama di FB….amit-amit jabang bajul tenan masifnya. Mau bahas motor ataupun politik….byuhhh ngelus bathuk asli. Cerdaslah memfilter tiap gelintir info dan komen supaya kita tidak ikut teracuni pembangunan opini ataupun ajang fitnah mengerikan. Be smart as reader cak. Pokoke jo melu gemblung wis :mrgreen: …..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!