iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sugeng enjing pakde budeeee….selamat pagiiii. Dihari kedua tahun 2017 ini…IWB banyak mendapatkan pertanyaan tentang Forza. Maxi skuter Honda yang ternyata masih banyak yang nunggu ini seakan musnah harapan (haiyahhh bosone) akan dipasarkan ditanah air pasca kemunculan isu PCX 150 lokal. Pertanyaannya….apakah benar Forza tidak jadi dipasarkan di Indonesia alias harga mati AHM hanya akan memunculkan PCX150 lokal?. Yukkk…kita diskusi sama-sama…..

Pergeseran tren skutik memang jabang bajul masif tenan. Honda yang membuka segmen baru dikelas maxi skuter lewat PCX150 belum maksimal memainkan perannya karena status produk yang didatangkan secara CBU. ALhasil banderol melambung tinggi tak terkejar. Dengan harga nyaris menyentuh 40 juta……ekspansi market PCX150 seperti mandeg. DItambah HOnda sepertinya memang tidak serius menggenjot penjualan PCX150. Terbukti pembelian unit ini harus melalui proses inden. Disini Yamaha cukup jeli dan cerdik…..

DIpercaya untuk memproduksi secara lokal, Yamaha membuka market baru di pasar maxi skuter dengan banderol yang jauh lebih terjangkau. Mereka berhasil membuka mata kita semua bahwa rider tanah air cukup antusias menerima sesuatu yang baru selama produk memang bagus dan dibanderol secara realistis. Trend setter dikelas low price maxi skuter dan terbukti…NMax 150 laris manis. Kondisi tersebut menekan posisi AHM yang sebelumnya santai ongkang-ongkang kaki….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dengan penjualan NMax150 yang tembus hingga 24 ribuan/bulan, membuat Honda pun lumayan gerah. Mereka mulai serius dan fokus untuk meracik produk serupa….maxi skuter dengan banderol terjangkau. Banderol tinggi jelas tidak akan mampu melawan NMax150. CBU memberangus kemampuan produk untuk menggedor lawan mereka dan akhirnya…..produksi lokal menjadi jalan terbaik untuk membuat produk jauh lebih terjangkau. Dilalah diawal kita mengira Forza 150 yang akan digunakan untuk menggebuk NMax150. Tapi tren kesini berkata lain…..

“Forza terlalu mahal. Walau diproduksi lokal, harga Forza tetap akan mahal dan sulit dipasang diharga yang sama dengan NMax. Oleh karena itu Kita sedang berpikir untuk melokalkan PCX150…”seru Sugita san (Direktur Marketing PT AHM) saat berbincang dengan IWB waktu itu. Dan ucapapan bos Jepang AHM ini mulai terbukti kangbro. Beberapa isu kuat mengatakan bahwa PCX lokal sudah berjalan dan kemungkinan akan lahir kisaran semester pertama tahun ini (Isu beberapa media). Pertanyaannya….piye dengan Forza?. Apakah matic ini harga mati tidak akan dipasarkan ditanah air??…..

Dari analisa IWB, Forza tidaklah dicoret secara mutlak. Kehadiran maxi skuter ini tergantung kesuksesan dari Yamaha X-Max250. Maksude?. Entah kenapa dari prediksi IWB….Forza akan menjadi senjata untuk menggebuk X-Max250. IWB yakin karena dari pengalaman pribadi, AHM bukanlah tipe pabrikan yang membiarkan rival mereka melenggang sendirian. Dengan kemampuan produksi serta finansial….apapun bisa mereka lakukan walau bahasa yang digunakan adalah “Ingin memberikan kepuasan pada konsumen..” dalam bahasa yang sangat halus….apapun yang biker inginkan, mereka ada….kira-kira demikian….

Last……prediksi IWB, maxi skuter 150cc yang dihuni NMax150 akan ditahan oleh PCX150 versi lokal. New gen ini konon akan memiliki desain serta fitur yang fresh…yah mirip dengan kasus CB150R Thailand vs CBR150R lokal (K45). Sedang kelas 250cc yang kedepan akan diisi oleh Yamaha X-Max250….HOnda disinyalir akan mengganjal dengan Forza 250. Seru tenan kalau bener ki. Btw semua hanya analisa pakde….benar atau tidaknya IWB juga nggak mudeng. Nah….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak?. Punya opini lain soal ini ??……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!