iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sugeng enjing pakde budeeee….selamat pagiiii. Dihari kedua tahun 2017 ini…IWB banyak mendapatkan pertanyaan tentang Forza. Maxi skuter Honda yang ternyata masih banyak yang nunggu ini seakan musnah harapan (haiyahhh bosone) akan dipasarkan ditanah air pasca kemunculan isu PCX 150 lokal. Pertanyaannya….apakah benar Forza tidak jadi dipasarkan di Indonesia alias harga mati AHM hanya akan memunculkan PCX150 lokal?. Yukkk…kita diskusi sama-sama…..

Pergeseran tren skutik memang jabang bajul masif tenan. Honda yang membuka segmen baru dikelas maxi skuter lewat PCX150 belum maksimal memainkan perannya karena status produk yang didatangkan secara CBU. ALhasil banderol melambung tinggi tak terkejar. Dengan harga nyaris menyentuh 40 juta……ekspansi market PCX150 seperti mandeg. DItambah HOnda sepertinya memang tidak serius menggenjot penjualan PCX150. Terbukti pembelian unit ini harus melalui proses inden. Disini Yamaha cukup jeli dan cerdik…..

DIpercaya untuk memproduksi secara lokal, Yamaha membuka market baru di pasar maxi skuter dengan banderol yang jauh lebih terjangkau. Mereka berhasil membuka mata kita semua bahwa rider tanah air cukup antusias menerima sesuatu yang baru selama produk memang bagus dan dibanderol secara realistis. Trend setter dikelas low price maxi skuter dan terbukti…NMax 150 laris manis. Kondisi tersebut menekan posisi AHM yang sebelumnya santai ongkang-ongkang kaki….

iklan iwb
iklan iwb

Dengan penjualan NMax150 yang tembus hingga 24 ribuan/bulan, membuat Honda pun lumayan gerah. Mereka mulai serius dan fokus untuk meracik produk serupa….maxi skuter dengan banderol terjangkau. Banderol tinggi jelas tidak akan mampu melawan NMax150. CBU memberangus kemampuan produk untuk menggedor lawan mereka dan akhirnya…..produksi lokal menjadi jalan terbaik untuk membuat produk jauh lebih terjangkau. Dilalah diawal kita mengira Forza 150 yang akan digunakan untuk menggebuk NMax150. Tapi tren kesini berkata lain…..

“Forza terlalu mahal. Walau diproduksi lokal, harga Forza tetap akan mahal dan sulit dipasang diharga yang sama dengan NMax. Oleh karena itu Kita sedang berpikir untuk melokalkan PCX150…”seru Sugita san (Direktur Marketing PT AHM) saat berbincang dengan IWB waktu itu. Dan ucapapan bos Jepang AHM ini mulai terbukti kangbro. Beberapa isu kuat mengatakan bahwa PCX lokal sudah berjalan dan kemungkinan akan lahir kisaran semester pertama tahun ini (Isu beberapa media). Pertanyaannya….piye dengan Forza?. Apakah matic ini harga mati tidak akan dipasarkan ditanah air??…..

Dari analisa IWB, Forza tidaklah dicoret secara mutlak. Kehadiran maxi skuter ini tergantung kesuksesan dari Yamaha X-Max250. Maksude?. Entah kenapa dari prediksi IWB….Forza akan menjadi senjata untuk menggebuk X-Max250. IWB yakin karena dari pengalaman pribadi, AHM bukanlah tipe pabrikan yang membiarkan rival mereka melenggang sendirian. Dengan kemampuan produksi serta finansial….apapun bisa mereka lakukan walau bahasa yang digunakan adalah “Ingin memberikan kepuasan pada konsumen..” dalam bahasa yang sangat halus….apapun yang biker inginkan, mereka ada….kira-kira demikian….

Last……prediksi IWB, maxi skuter 150cc yang dihuni NMax150 akan ditahan oleh PCX150 versi lokal. New gen ini konon akan memiliki desain serta fitur yang fresh…yah mirip dengan kasus CB150R Thailand vs CBR150R lokal (K45). Sedang kelas 250cc yang kedepan akan diisi oleh Yamaha X-Max250….HOnda disinyalir akan mengganjal dengan Forza 250. Seru tenan kalau bener ki. Btw semua hanya analisa pakde….benar atau tidaknya IWB juga nggak mudeng. Nah….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak?. Punya opini lain soal ini ??……(iwb)

185 COMMENTS

    • Pasti km FBH yg baru bisa naik motor kemarin sore yaaa…. kan ngoahaaem br punya sport dohc blm lama. Dl SOHC 2 klep yg jadul dr th 90 an ?

    • Menurut analisa saya, AHM emang mau bikin PCX lokal lek, menggantikan vario 150 biar ada difrensiasi kaya aerox 125 dan aerox 155. Tapi dengan sasis tetep punya vario yang dek rata menggunakan body PCX. Karna AHM ngerti FBH suka matic dek rata yang bisa NGANGKUT GALON dan BELANJAAN DIPASAR. Kalau AHM maksa bikin PCX kaya model sekarang (dek gak rata) ya ngalamat hora payu, lhah wong gak disukai para FBH

    • Maaf kang Iwan, ini yang aku kurang sedikit kurang pas dengan pendapat kang Iwan,” AHM yang tidak ingin kompetitor melenggang sendirian, prinsipnya menunggu kesuksesan kompetitor membuka market baru”, bahasa kerenya harusnya” AHM perusahaan besar,tapi sukanya hanya ngekor…!!!!!
      Harusnya AHM kalau PD dan yakin akan SDM nya, tak perlu ngekor kompetitor untuk menjadi hebat..!!!!
      , Itu yang menurut aku sangat disayangkan.
      Dan hebatnya mas iwbe GA brani bilang kalau ahaem sukanya cuma ngekor

      Kata AHM dan sales-nya, ngekor GPP, yang penting MS tinggi…..Wewweweeeewww..???

      Peace hanya opini pribadi

      • Bukan ngekor atau follower mas, kang webih bilang “menunggu kesuksesan”. Kata-katanya aja beda apalagi maksudnya.

    • strategi bisnis suhu

      Klo gue bos honda, gue milih dikatain follower tapi untung banyak ketimbang di stempel founder tapi untung pas pasan.
      for example “beat” case

    • Gak ada kata serakah dlm bisnis om, it is progress instead om.
      Dulur tetep dulur, urusan bisnis tetep bisnis,
      Hukum ekonomi kebalikan sama religi mas.
      Serakah itu ranah mental agamis. Ntar klo sukses, baru deh aksi sosial.

  1. Riset pasar modal dengkul, lihat tetangga sukses tinggal bikin tandingannya… Hehehe bisa hemat biaya riset.

          • Waduuh serem jg sampe ngamcem gtu…hahaha

            Saless…ooh no, sorry itu pekerjaan haram buat gw…apalagi klo jualannya pake nipu konsumen…

          • iyain sajalah,mau sales kek ga ada urusan sm lu,kecuali lu sales juga,kalo lu lu memang hanya rider saja,ga perlu resistant dengan omongan sales,lu smart tinggal pilih yg lu suka,tdk perlu mencaci profesi sales,

    • sebegitu fanatiknya anda Bro.
      coba di ingat2 lagi. tuh scorpio gak produksi disini kalau gak ada tiger. tuh gak kan ada vixion kalau gak ada megapro. tuh gak kan ada mio kalau gak ada matic kymco. tuh gak kan ada r25 kalau gak ada n 250. tuh gak kan ada fino kalau gak ada scoopy. tuh gak kan ada nmax kalau gak ada pcx….etc
      intinya semua pabrikan saling ngekor, nah tinggal ngekornya itu berhasil apa gak…
      wkwkwkwkwkwk

  2. Forza atau PCX150, keluarnya nanti aja deh.. 2018. Biarkan kelas ini dikuasai Yamaha dulu..

    Berbagilah..

    Coz, klo semua segmen sudah dimasuki Honda, kemungkinan bakal segera dikuasai MSnya. Jadi, utk matic bongsor.. biarlah jadi milik y dulu..

  3. sebenernya cukup logis kang mengingat forza di luar menjadi musuh xmax. untuk pcx lokal sudah pasti banyak ditunggu oleh konsumen. teman saya banyak yang bilang nunggu nmax yg merek honda saja

  4. Hadeuh petinggi sok munafik katanya motor banci saat kehadiran nmax . .
    Ko malah ketagihan.
    Huyyy munafik di fiara . …

    • Bisa jadi lek….klo menurut saya forza ini terbuka project jangka panjang. Seperti nmax saat ini….honda baru bereaksi setelah nmax sukses. Dan ini butuh tahunan

      • Ya gtu laah om…ahm mmg senang jd follower. Tinggal liat tetangga laku apa ga dengan segemen baru, klo laku tinggal ikut2an dah bikin desain yg sama cm d ubah dikit2

        • itu lah yng namanya persaingan bisnis coy. strategy ATM udh lumrah, tinggal yng strategy marketingnya kuat dia yng berkuasa.

        • Ini murni bisnis coy..gavada istilah follower…hajar blehh kalo nguntungin…gye sih ga peduli..nmax enak ambul…forza ato pcx demen..ya sikat..sing penting ada duitnya..ora urus follow ato bukan..

        • Iya deh iya, honda emang yang suka nyontek. Contoh nya aja idling stop, sbeenernya yamaha udh punya duluan loh, tapi entah kenapa honda duluan nyontek jadinya yamah terakiran punyanya

  5. Artikel berikut adu supra getar vs satria fufi sama cbr vs gsx..

    Ayo gentle.kalau gak jadi bloger tengik..

    Kkkkkkk.

  6. Ampun deh honda..yang pck 150 aja belum ada, belum terbukti apa bisa mengalahkan Nmax, sekarang sudah ke forza250, nafsu amat..

  7. dari tahun gajah sampai tahun monyet. strategi mudah sekali di baca.
    bisanya hanya ngekor.
    nggk pernah punya kreatifitas sendiri ..
    kalo nggk ngekor y bikin tandingan.

  8. Lek tolong sampein ma petinggi AHM jgn ngeremehin orang indonesia.klo dia punya produk bagus pasti laku gak usah pikirin harga

        • Nah kata ente barusan gitu klo bagus konsumen pada beli jgn remehin pasar indonesia raya, mkanya ane tnya sama ente PCX CBU Bagus bgt itu Cung..
          Ente sudah beli kagak?
          Ciusss nanya doank.
          NgiahHahahahaha….?

          • Oia.. “ga usah pikirin harga ”
            Hahahahaha…
            Bnyakin nyemil mendoan dulu sono
            Muehehehehe…

          • pcx lawan nmax ya jauhh laah…
            tromol lawan cakram
            2 valve lawan 4 valve..
            kalo orang ga pilek sih beli nmax

  9. Buahaha. Pontang panting. Kalo emang modal besar bulan depan udah langsung masspro. Kagak pake takut rugi.
    Kalo kayak gini ya takut rugi namanya. Pake alesan nunggu permintaan konsumen.

  10. Biasa bro petinggi marketingnya AHM cuma ngejar MS..Perkara produk banyak masalah itu urusan belakang..emg g punya malu.ekekekeke

  11. Yang jelas orang Indonesia kalau motor ada lambang Hondanya pasti laris..misal aja Honda Mio 125 ..atau Honda n max. Pasti laris..ha-ha-ha paham lah..menang di mindset…beat yg dlu harga 14an.. jaman Mio GT sekarang ganti baju harga hampir 16 ssama kyk Mio Z (otr Jateng) ttp iya2 aja kan..padahal si Mio ganti smua se mesin2nya juga

    • G juga,mio pernah nguasai segmen matic beberapa tahun,vixi juga.lama bgt baru honda bisa ambil alih,karena honda mau berubah.dia kasih model,fitur dan mesin yg bagus.lihat aja pergerakan honda yg terus me refresh produk2nya,padahal lagi laku2nya kayak beat,scoopy,revo dll.beat sampai ganti model,padahal model yg lama aja masih bagus???

      • Dia bukan orang indonesia bro marquezz, makanya nyalahin orang indonesia trus…..

        Kan dia orang zimbabwe, sama kaya dharmo lg kipas” dolar sono….

        Ekekekekekekkkkkk

  12. untung kelas kelas motor itu tdk dipatenkan, kalau dipatenkan pasti bingung mo jual apa pabrik nich…

  13. honda cuma gawe isu tok. dari april kmren jug katanya porja 150 mau launching, sampe ad di brosur dll. intinya buat nahan yg mau beli nmax. dan sekarang isu porja 250, buat nahan laju xmax. yassalammmm, kasian fbh dkasihnya cuma odong odong beat, beat stres, vario yg bohlamnya putus teruz dimana mana plus ngorok. ekekekke

      • kita punya tapi gak kita sembh sembah. kita user roda 2 bebas milih merk. kalo jelek ya jelek walau punya. ad tuh piaggio busuk sparepart susah, vario ngorok, scoopy lah lumayan gak rewel paling bodinya pecah krna tipis.

  14. Justru nmax nyontek PCX…PCX dijakarta laku cuy…fby tinggal di hutan sih bilang PCX GA laku….yg riset duluan PCX dtng CBU nmax pelajarin pasar PCX laku sampe inden 6bln dibuat nmax lokal

  15. Seneng sekali saya kang kalo banyak motor bagus kayak gini di jalanan.
    Palagi kalo pas di lamer, saya bisa melihatnya dari dekat kang.
    Salam Dangak Dangak Bossss

  16. Hei fbh, kalian pengen AHM keluarin PCX sama Forza? Gampang..
    Mulai sekarang stop beli Vario 150, bikin jualan Vario 150 anjlok drastis, baru tu AHM melek keuntungannya cuma dikit dan langsung bikin PCX dan atau Forza..

    • Bener tu…kalau AHM
      masih mempertahankan skutik dgn pelek kecil….percaya deh pasti makin gk laku

Comments are closed.