iklan iwb
“Sekilas mesin masih mirip dengan current engine. Masih SOHC ??”

Iwanbanaran.com – Pakdeee….alon-alon sing penting kelakon. Ojo bosen dan monggo dipantengin wae secara IWB akan terus bedah Yamaha new R15 yang saat ini menjadi hot topic diseantero dunia antah berantah (haaiyaahhh luas bener). Dengan dibantu kang DImas Ae (suwun cak)…kali ini IWB sukses mendapatkan sisi kanan yang menjadi misteri tak tergali dari new R15. Wihhhh menarik kiiii…….

Walau sudah IWB coba berikan sedikit prediksi, ternyata banyak reader yang tetap penasaran minta IWB coba menggali dapur pacu New R15. Project yang mengusung BK6 ini sudah wira-wiri dijalanan namun belum mampu mengabadikan sisi mesin. Dilalah berkat dibantu reader setia warung ini yakni kang Dimas, IWB berhasil mendapatkan satu image yang fokus pada bagian tersebut…..

Yup….kendati memiliki resolusi rendah, setidaknya kita bisa pantau crankcase engine bagian kanan disela booth rider yang dominan didepan mata. Dari gambar terlihat…ternyata pabrikan menutup brand motor dengan lakban. Jadi tulisan “Yamaha” pada crankcase ditutup scotlite hitam. Tujuannya jelas untuk menyamarkan identitas….

iklan iwb

So…pada angle ini terekspose crankcase engine secara jelas. Dan prediksi sementara….shape-nya ada kemiripan dengan current engine. Apakah ini artinya masih SOHC ??. Sulit untuk menyimpulkan sebab kita perlu buka bagian silinder head. Akan tetapi berdasarkan pengalaman…..crankcase mirip biasanya basis spek sama yakni Single cam….

“Perhatikan stang jepit yang tidak sejajar triple clamp….”

Dengan kata lain…IWB masih pada patokan awal bahwa new R15 tetap dibekali mesin single cam 4 valve. Kendati demikian tuning akan membuat new gen engine ini akan lebih powerful dibanding sebelumnya….dan itu wajib hukumnya kangbro…

Last…selain bagain crankcase IWB juga sukses mendapatkan image jelas posisi stang underyoke yang ternyata tidak seekstrim yang kita kira. Terutama desain stir yang masih ditambahin tonjolan keatas alias tidak sejajar dengan triple clamp. Nah….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Punya analisa lain soal engine new R15 V3 dari gambar terlampir??? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!