Iwanbanaran.com – Buanyakkk kang….asli banyak bener yang komen ke IWB gara-gara banyaknya spyshot Yamaha new R15 nongol diwarung ini. Spyshot yang buanyakkk dan terkesan berseri. Tidak heran reader kritis ini sontak menuding IWB memiliki kerjasama dengan YIMM dengan tujuan membantu nge-blast calon gacoan anyar mereka. Kasarnya…spyshot wira-wiri dijalan hanyalah gimmick marketing Yamaha. Apakah demikian??….

“Kenapa ya Yamaha perasaan lebay selalu tebar spyshot dijalanan sebelum produk rilis?. Kayaknya strategi marketing nih biar menjadi pusat perhatian…”seru salah satu reader IWB sebut saja Bunga. Beda Bunga beda juga dengan Kuntul (nama samaran). Doi malah membandingkan dengan Honda yang tidak main spyshot jalanan malah moro-moro njedul sudah launching…

“Yamaha sepertinya kerjasama dengan Blogger buat blast produknya. Spyshot sengaja disebar tim marketing YIMM yang memberikan pada Blogger untuk dikeluarkan pelan-pelan. Basi !”celotehnya. Komen pro kontra yang sangat menarik cak. IWB wae sampe manggut-manggut sehingga tergelitik meracik artikel. Kenapa??….

spyshoot vixion

IWB sendiri ora urus masalah marketing…horaaa sudi mikir. Biarin wae pakemnya masing-masing. Namun setahu IWB, tes jalanan Yamaha ini bukanlah hanya setingan agar menjadi pusat perhatian. Sepertinya bukan kangbro. Kenapa?. Sebab IWB pernah ngobrol dengan mantan RND YIMM (nama nggak bisa IWB sebutin) yang membeberkan secara gamblang tes terbuka Yamaha….

Pada intinya….mereka memang memiliki tahapan-tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tes jalan sesungguhnya hingga target 30 ribu kilometer. Tiap 10 ribu kilometer ada tim khusus yang mantau dan ngecek keausan komponen…lalu dicatat dan diteruskan pada bagian terkait jika mengalami kerusakan…

Selain komponen, kekuatan casing juga dicek. Apakah saat melibas jalanan rusak dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer casing bergetar, posisi baut ataupun perubahan lain ditemukan ?. Semua ada datanya. So…diharapkan dengan tes uji jalanan sesungguhnya akan mampu mendapatkan kualitas maksimal sesuai yang dipatok pabrikan. Terus kenapa spyshot banyak bener diumbar di Blog atau internet?….

Mungkin karena faktor kebetulan belaka kang. Saking banyaknya rider awas pasti pergerakan mereka dijalanan tidak luput dari mata kamera. Kenapa IWB yakin?. Lawong beberapa foto dijepret reader langganan IWB yang nobabene hanya karyawan biasa tidak ada korelasi dengan pabrikan. Lalu kenapa Honda tidak melakukan hal yang sama dengan Yamaha agar bisa heboh ?….

Tiap pabrikan punya regulasi. AHM sendiri lebih merasa aman jika produk dites didalam sirkuit internal pabrikan tertutup untuk umum. Bebebarap variable dimasukkan simulasi seperti layaknya rintangan dijalanan sesungguhnya. Dari pengamatan IWB memang hanya Honda yang super ketat soal ini….

Kawasaki dan Suzuki masih termonitor tes jalanan. Sebut saja Ninja RR Mono ataupun GSX-R/S150…..kedua produk contoh kongkret mereka melakukannya. Artinya….tes jalanan dan terjepret tidak selalu gimmick marketing. Kecuali jika foto menggunakan tipe DSLR pro….lek kuwi emboh…..

Last….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Masih yakin bahwa seluruh spyshot yang diumbar di Blog merupakan setingan pabrikan alias sengaja untuk menarik perhatian para biker??. Punya opini soal ini pakde?….(iwb)

Advertisements