iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…sepertinya sampeyan harus siap-siap menelan pil pahit jika tahun depan memiliki niat membeli motor baru. Dibebani dengan biaya BKPB yang akan jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya….kemungkinan juga akan mempengaruhi banderol motor. Pemerintah sudah mengetukkan palu mengesahkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 yang membuat biaya pengurusan BPKB naik hingga 300 %. Artinya…banderol motor kemungkinan terbuka naik kangbro. Byuhhh…..

Mungkin nggak banyak yang tahu….efektif pada tanggal 6 Desember 2016, pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang mengatur beberapa pengurusan surat menyurat kendaraan bermotor bahkan SIM juga termasuk didalamnya. Peraturan Nomor 60 tahun 2016 menggantikan PP nomer 50 tahun 2010 ini berlaku sebulan setelah ketuk palu. Artinya per 6 Januari PP nomer 60 berlaku. Emange piye detilnya sih ??….

iklan iwb

Jadi pakde….akan banyak komponen mengalami kenaikan hingga maksimal 300 %. Adapun tarif PNBP yang akan naik yakni Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, pengesahan STNK, STCK, TNKB, mutasi keluar daerah, BPKB, STNK-LBN, dan NRKB. Moncrott tenan wis lek ngene :mrgreen: . Yah…kudu ikhlas kangbro. Namanya juga bantu negara…iyo ora….

Last….dengan disyahkannya peraturan diatas maka kuat kemungkinan banderol motor akan terkerek naik akibat pengurusan surat-surat BPKB yang lebih mahal. Harga motor akan menyesuaikan dan biasanya demikian cak. Untuk melihat kelanjutan informasi ini monggo ditunggu wae tahun depan. Semoga nggak gede cak…..(iwb)

Advertisements

205 COMMENTS

      • Nick anda melecehkan saya sbg penyemplak verza, yg bisa mengambil hati cewek dengan tenaga sisihkan waktu dan dana. Bukan dgn kata-kata. Sabar telaten tanpa uluran tangan ortu n keluarga.
        Moga anda bisa lebih baik drpada saya

      • Kalo bukan jokower ya pasti yg itu, pengusaha dgn background militer. Tentara bung, yg diajari segala cara agar menang. Anis Baswedan yg bilang gini nih > Belum kampanye aja udah ngiklankan partai dan dirinya di tv. Berapa uang itu?
        Ingatkan, yg ada bayangan burung garuda mlayang di hamparan padi menguning?

    • sblm pmrintah bikin aturan..ngerti gk..knp org pke mtr??? gk kndraan umum??

      gmn mau ongkos kndraan umum lbh mhl dr ngisi mtr pke bnsin..smpk kiamat ya gk bkl mau….blm kuslitas kndraan umum d sini.bis kota pnas.angkot pns…ngetem berjm jm…

    • sblm pmrintah bikin aturan..ngerti gk..knp org pke mtr??? gk kndraan umum??

      gmn mau ongkos kndraan umum lbh mhl dr ngisi mtr pke bnsin..smpk kiamat ya gk bkl mau….blm kuslitad kndraan umum d sini.bis kota pnas.angkot pns…ngetem berjm jm…

      kok kere bgt ya pmrinth naikin pjk..mosok ngtur kmjuan keuangn negara gk bisa rakyt jd tumbl..gmn nih??

      klo di lengserkn rakyt jngn d pnjara ya rakytnya….hadehhh..anciurr…

      pjk gede untung yg d dpt rakyat kcil…

      klo rakyat pntr gk usah beli mtr br biar negara bngrut..gk usah beli pertalite,, jg..

      beli mokas motuba , kyk kuba..tiru negaraa kubaa..

      • haiyyaaa yg cerdaz klo kritik waaa
        kebijakan pemerintah itu pst ada plus-minusnya
        tergantung bgmn kita menyingkapinya waaa

        dg kebijakan ini secara tdk lgsg kita diajarkan tu tdk jd orang yg konsumtif…
        contoh tu orang jepang, transportasi umum jd prioritas dlm aktifitas setiwap hari…

        Smoga paham, jgn manja

      • Se.enggak nya tidak mengorbankan rakyat kecil…pajak wna yg kerja di indo aja di naikin..mereka ngambil untung gede di mari…

      • Negara lain pajak gde tpi rakyatnya bner2 dpt menikmati, nggak kayak dimari bayar pajak rutin tpi jalanan kayak kali mati.
        PERTANGGUNGJAWABAN NOL

        YAKIN SETELAH NAIKIN PAJAK RAKYAT AKAN SEMAKIN SEJAHTERA ?

        NEGARA GAGAL

      • Kalau buat saya, naik angkot ngetem ya wes. Kita tinggal bilang “kalau mau jalan kasih tau ya pak” sama sopirnya. Lah kitanya tinggal ikutan ngetem aja ngopi diwarung terdekat. Gitu aja kok repot.
        Mereka juga kerja mas bro. Cari nafkah buat keluarga. Kalau gak ngetem, dapat satu dua orang jalan. Emang cukup buat beli bensin? Mobil itu tak seirit bebek komuter 100cc mas bro. Harap dimaklumi. Kalo gak mau ngetem. Naik taksi aja lah.

  1. Mengurangi jumlah kendaraan
    Menambah pendapatan negara lewat pajak

    Kenapa enggak?
    Motor adalah barang sekunder

    Udah waktunya ngurangin jumlah kendaraan bermotor

  2. rpp motor mungah justru Alhamdulillah kalo perlu naikan lagi sudah bosan ruwet lantas negara ini, baru deh kalo harga sandang pangan naik DEMO!!!!

  3. Jalan berlobang,lampu jalan burem…naikin pajak seenak jidatnya,apa negara ini gk ada penghasilan selain meras uang rakyat dari iuaran yg dinamai pajak???

  4. Selalu saja dibebani pajak.pembangunan di daerah nol besar tidak ada perubahan berarti…
    Jalan saja kayak kali kering…trus duit pajak pada kemana yak???..saya saja tiap taun ngeluarin pajak kendaraan belum pajak rumah apalagi pajak penghasilan tiap bulan…mudah mudahan gak dimakan tikus got lagi..

    • Bener mas
      Setor pajak rutin tpi jalanan msh bnyak yg kek kali mati,
      Jaminan kesehatan gak jelas,
      Gak bisa dipungkiri, ini salah satu cara balas budi ke (titik titik)

  5. sblm pmrintah bikin aturan..ngerti gk..knp org pke mtr??? gk kndraan umum??

    gmn mau ongkos kndraan umum lbh mhl dr ngisi mtr pke bnsin..smpk kiamat ya gk bkl mau….blm kuslitad kndraan umum d sini.bis kota pnas.angkot pns…ngetem berjm jm…

    kok kere bgt ya pmrinth naikin pjk..mosok ngtur kmjuan keuangn negara gk bisa rakyt jd tumbl..gmn nih??

    klo di lengserkn rakyt jngn d pnjara ya rakytnya….hadehhh..anciurr…

    pjk gede untung yg d dpt rakyat kcil…

    klo rakyat pntr gk usah beli mtr br biar negara bngrut..gk usah beli pertalite,, jg..

    beli mokas motuba , kyk kuba..tiru negara kubaa..

    • Negara pintar coi,biar rakyat g beli motor baru jg g apa.toh masih banyak yg bakal ngutangi negara.bbm dinaikin,gas,listrik,juga pajak bangunan.yg penting gaji plus bonus lancar,naik dan naik.

      • Yak duit gaji haram dan bonus haram hasil penggiringan dan pembodohan konsumen …..Selamat berpesta di neraka bareng istri ma anakmu !!!

    • Lah iya kalo gaji pada naik, kesempatan kerja aja dikasih aseng, kita dibilang bangsa pemalas, ngak punya keahlian, bangsa budak. Dll
      ente bisa jadi babu di negri sendiri kaya melayu singapura. Liat aja ntar….

  6. negri ini cman ngandelin pajak doang.
    bukanya mempermudah malah mempersulit..
    pajak naik terus ,tpi makanan tiap hari jalan yg serasa sungai kering berbatuan dan berlumpur padahal jalan provinsi.

  7. Bagus, mengurangi tingkat konsumtif orang indonesia untuk barang sekunder. Pajak dibawa untuk meningkatkan infrastruktur terutama di indonesia bagian timur

    Kalau jalan di tempat ente kek kubangan kebo, mungkin ente2 salah pilih waktu pemilihan bupati/walkot/gubernur

    • Penak JAMAN KU TOH.. pancen bener..

      Ruwet bgt… Indonesia makin kacau balau.

      Plsi jual narkoba.. Dh rahasia Umum. Begal merajalela.. Pelajar sibuk tawuran. Yg cewe pd tatoan.. Pemimpinya sibuk pencitraan..

      Jujur aq g butuh jln mulus. Aq g butuh gedung2 bagus.. Aq cuma butuh solusi.. Perbaikan Moral para generasi penerus.. Para pelajar. Para pemuda..

      Aq rela Mati demi itu..

      Solusinya cuma itu.. Brantas narkoba.

      Pecat smw Anggota yg positif memakai Narkoba.

      Polisi Jualan narkoba itu nyata dan udh jadi rahasia UMUM..

  8. Confirm… Ora sido ganti montor anyar tahun ngarep le ngene iki. Wes cukup siji ae. Harapan ganti mobil tua juga dicoret. Wes mboh lah.
    Biaya naik yo wes lah. TAPI LE IJEK DIKORUPSI TA CUKUR BOTAK SAMPEAN PAK KORUPTOR!!!

  9. blm lg maslh klo konsumen beli mtr ymha..mn mau org pke angkutan umum lg….dg teknologi blue core super duper iritt isi seliter bisa muteri kota smpk bosen.

    • BLUE CORE LEBIH IRIT 50%
      perbandingan dg matic mio 2008
      Itu kan bro
      Padahal mio 2008 borosnya kayak ninja 150 2t.beat jg bisa lebih irit 50% bila dibandingkan mio 2008.aya aya wae..

  10. Kalo setelah ini duitnya buat bangun transportasi massal yg aman nyaman, jadi org ga perlu bawa mobil/motor pribadi lagi sih gapapa

    Masalahnya kadang peruntukannya jg gajelas. Inimah gara2 rezim sekarang yg pinter ngomong didepan doang, apa2 digampangin, tapi belakangannya baru kelimpungan
    Dulu aja ngemeng “duitnya ada, alatnya ada, tinggal mau dijalankan apa nggak”. Jor joran bangun ini itu, target pajak naik tinggi ga masuk akal

    Enak aja ngegampangin gitu, sekarang baru kelimpungan dah. Target pajak ga kesampaian, anggaran defisit, musti penghematan dipotong sana sini. Akhirnya ya keluar lah kebijakan kaya gini. Makanya pakde, pelajaran: ngomong emang selalu lebih mudah 😛

  11. Pajak naik besar2an, utang negara berlimpah tapi ekonomi turun. Uangnya ga jelas dipake buat apa. Yang pasti dipake sama rezim sekarang yg “dulu” pura2 merakyat.

  12. Sales mana sales?
    Tumben ga pada muncul?

    Biasanya pada comment nyampah. Coba itu usulkan ke pemerintah. Pajak jangan dinaikin, bisa ga?
    Congor e jangan cuma buat BC mslh DOHC & SOHC aja.

  13. Mana bisa fansboy berfikir atau berargumen tentang masalah kaya gni?
    Barang mahal kualitas abal2 aj tetep disembah. Itu bukti. Bukti sales merangkap fansboy.

    • Betul sekali saya benci pembangunan diseluruh indonesia yg sudah merata,saya benci indonesia maju indon harus dipegang syariat betullll

  14. biar berkurang daya beli rakyat akan kendaraan bermotor.
    lihat tetangga, rumah tergolong amat kecil. tp bs punya motor keluaran terbaru. 2 biji. tp abs itu ngeluh ga bs beli kebutuhan primer.
    kan lucu

  15. Bantu ya bantu lek
    Tpi uangnya nggak tau buat dan kemana
    Seperti yg kita tahu infrastruktur masih jauh dari kata layak dan tidak merata hanya fokus pda kota2 besar saja dan yg di kerjakan yaa itu itu saja
    Masak setahun sekali perbaikan jalan di tempat yg sama juga
    Amburaduullll negara ini

    • Betul sekali pembangunan trans kalimantan adalah contohnya yg dulu tanah sekarang aspal mulus,saya benci indo maju benci aku gak bisa suap korup lagi

      • Kok bisa .
        Jelas karena di sana membantu perekonomian berjalan.
        Seperti halnya tempat2 wisata pasti jalannya mulus2.
        Yg lain tau ndiri lahh..
        Bahkan listrik saja belum merata
        Pengen tau gogling aja bro
        Santaii..

      • Cebong detected….dulu waktu kampanye bilang mau bangun infrastruktur gampang duitnya ada tinggal mau kerja apa nggak. Skrg malah rakyat kecil yg d cekek, konsumen motor itu 80% kaum bawah yg mencoba mengirit pengeluaran

        Jd dlu waktu kampanye si Joko asal jeplak doang ya klo bilang duitnya ada. Ampuuun dah ceboooong loe gak sadar2 ya

  16. O pajak naik 3x demokrasi seluler kapikakis londo porong doft
    Kayak upeti penzzazah azaa

    Kesejahteraan rakyat makin terwakili oleh wakil ra’yatp

  17. mgkn gara2 byk produk baru muncul trs jd utk mngurangi kbysan konsumtif dan kepadatan lalin dnaikkan deh.. Wes tuku motor bekas aelah

  18. kalo murni buat pembangunan infrastruktur umum. ya gak apa apa, tapi faktanya infrastruktur umum di negeri ini bahkan di kota kota besar masih banyak yang kondisi nya sangat buruk..

  19. 65. samsul – December 28, 2016

    r15 facelift kluar pertengahan thun 2017 beli aja yg bnyk sekalian bantu negara jozzz
    ———————————————————
    percuma sul…gak ada yg beli…cuma Jasss Josss Jasss Josss doang

  20. Saya Ikhlas dan rela jika benar2 itu duit masuk ke kas Negara dan Dipergunakan untuk kesejahteraan Rakyat…!! Asal duit itu jgn dikorup sama Pejabat busuk di Negeri ini…!! Trs di Pungli sama2 Manusia2 Berhati Iblis yang mengurus nya..

  21. Kan slogannya udah jelas dari awal #RevolusiMental….

    Jadi siapkan dah Mental anda anda semua… Hahahahahahahaha… Makan noh yg pd milih… Sy sih nggak… Tp tetap ngikutin kebijakannya… Kan dia menang… Jadi nikmatin aja… Wkwkwkwkwk

  22. Bantun negoro setuju kang. Nanging nak ono oknum2 yg bakalan korupsi mending gak usah bayar stnk. Dll. Mending gowo motor bodong pakde..

  23. Berapa juta motor di indonesia baik mesin bensin dan diesel ??? Dari zaman 2tak sampai 4tak ?? Yg sudah masuk umur pemusnahan ya kudu di musnahkan … Liat negara maju, motor lebih dari 10th di hancurkan, ga memandang bulu mau itu motor parts nomor wahid, mobil dengan harga milyaran rupiah … Modal transportasi umum yg belom memadai, jalan raya dengan kualitas aspal buruk … Infrastruktur yg hancur lebur, dari triliuan pajak motor yg masuk ke negara buat apa uangny ??? Ga ada kan yg bikin rakyatnya senang, jalanan cor kampung yg asal²an, penambahan aspal di jalan raya yg aneh. Bukannya landai malah makin tinggi … !!!

  24. Ini realita, sekali2 jangan dikawal dan pakai mobil negara, sekali2 pakai motor …..tuh rasakan kondisi jalan non tol Surabaya – Krian – Mojokerto – Jombang – jalan bergelombang+lubang menganga..sangat riskan pakai motor kalau malam hari…
    Pakai mobil gpp paling yg prothol tie rod ..balljoint..lha kalau motor nyawa taruhan nya.
    Uang pajak motor – mobil ya mestinya buat infrastruktur jalan ..

    • Sing parah yo Kalianak-Margomulyo-Osowilangun iku cak.

      Wis amburegul tenan, dalane persis koyok mari dibom mortir,,buolong gedhe-gedhe.

    • Setuju, iku margomulyo kalianak saiki yo rusak.
      Wes ngerti durung lek dalan gresik arah pantura dalane ajurr gak karu karuan?
      Dalan gresik – WBL biasane 90 menit saiki iso sampe meh 3 jam cak
      ajur poll

  25. tanda tanda pemerintah ora becus gali potensi keuangan, dikit2 naikin pajak gencet rakyat, dikit2 naikin harga bbm, t dsr listrik, gas melon sembako semyanya pada naik, jokower culun gak punya hati..banyak pengangguran di indo malah impor tenaga kerja tiongkok, bener kata pak JK jkw jadi presiden kacau negara ini

  26. Komen nya pada sok tau. Susah di ajak maju. Bisanya cuma menghina pemerintah. Kontribusi nya NOL besar. Pemuda pemudi kaya gini yang biking moral bangsa hancur.

    • Negara kontribusi apa buat rakyat cung. tiap tahun rakyat setor pajak emang gk kontribusi tong. bocah baru sunat ngerti apa lo dasar cebonger.pendukunh pemerintah *b**s

    • Bukan menghina cm mau balikin omongan mr presiden aja. Dlu pas kampanye bilang negara ini banyak duit klo mau bangun infrastruktur duitnya ada tinggal mau kerja apa gak.
      Laah taunya dia cm asal jeplak doang, tanda doi sebetulnya ga faham ttg kondisi bangsa

      Skrg taunya rakyat kecil yg d peras…orang beli motor dibawah 250cc itu buat ngirit ongkos bro (konsumen mayoritas sepeda motor). Klo mau naikin 500% noh yg pake moge

  27. Beginilah negara kalo di pimpin org plonga plongo dan menterinya serta pejabat2 yg di angkat kaum kapitalis uang rakyat diperas habis memang benar” iblis pemerintah skrg.

  28. Pemeintah= wajib dihormati ditaati
    Rakyat /wong cileeek =wajib diperah sampai ketulang”nya
    Supeeeer sekali

    Hidup pegawai kami menitipkan kesejahteran
    Pdmu josssss

  29. Naikin gaji pns ga??? Sepertinya harus ?,,penghasilan negara dari pajak kn tmbah gede,,,belum lagi ada amnesty pajak,,yaaahh kita yg ga pernah telat bayar pajak,,eeehh itu para milyarder dapet amnesty,,luar biasa

    • Gaji pns turun karena ikut berkontribusi kepada negara…standar umk daerah terendah..
      Pegawai negri itu pegawai yang membantu negaranya dengan ikhlas bukannya pegawai yang menikmati uang negara dengan bebas..
      Halal ora duitmu bos?kui dit e sopo?

  30. rezim pemerintah yg sekarang memang benar2 ajib dah! segala semua serba dibikin mahal. pejabat2 itu gak peduli daya beli rakyatnya udah pada turun (kalau daya beli turun terus, ini sih tinggal tunggu krisis moneter lg), yg penting perut mereka bisa kenyang korupsi. ngakunya duitnya buat bangun infrastruktur? tapi kok masih ngutang lagi ke asing buat bangun infrastruktur juga, dan begitu ibu Sri Mulyani jadi menteri, banyak planning yg kena pending karena duitnya ternyata tidak ada (padahal pas kampanye, teriak2 duitnya ada). lah terus duit hasil utang dan hasil meras rakyat pada lari kemana? disappear into thin air? tanya kenapa?
    dan yg lebih aneh lagi, para buzzer / pendukungnya juga masih belain rezim ini mati2an, dasar memang sudah pada buta mata hati dan nuraninya.
    paling juga gaib buzzer itu nanti kalau sudah waktunya ngurus BPKB/STNK & SIM, baru lah mereka sadar, tapi paling cuma bisa ngedumel dalam hati karena malu kalau harus jilat ludah sendiri.

  31. Realistis aja, tiap tahun harga motor juga udah naik karena inflasi dan kenaikan UMR.. Selama naiknya gak kelewatan sah” aja..
    Gak ngebayangin ngurus surat BPKB motor entry level baru sekarang aja udh 1 – 2 juta, lah ini dinaikin 3x lipat, mungkin bisa jadi 3 – 6 juta per motor hitungan kasarnya.. Sungguh terlalu!

    • Seingat saya SDWKLLJ belum ada berita naik om..
      Kalo BPKB kalo ga salah sih entry level 180ribu di kota ane (Gresik jatim)
      kalo 3x ya berarti 540ribu hadeeeehh

      Bukan asal jeplak ya om, sy beli vario 125 2014 off the road
      Pajak total tgn pertama kalo ga salah 1,345jt plus parkir berlangganan 15rb
      Bayar BPKB terpisah, pake kwitansi beda harganya 180rb
      Berarti total 1,5jtan lah. Kalo bener naik nanti ya jadi 2jtan
      CMIIW

  32. komen e koyo pengamat politik kabeh….

    nek jare alex….kelas marjinal yg ga paham aturan, koyok iyo arep tuku motor ben dino ae pajek bpkb diundakno malah kojel kojel mengatas namakan rakyat.

    emang rakyat butuh BPKB?? rakyat butuh pinter, rakyat butuh akses kesehatan yg layak (bukan bpkb murah).

    • Masalahnya kenapa selalu rakyat kecil yg jd sasaran? Laah duit yg katanya banyak bisa buat bangun bangsa dlu d gembar-gembor waktu kampanye mana? Pinjeman dr cina kemana?

      Speda motor itu moda alternatif rakyat kecil buat ngirit biaya dan waktu. Klo mau naik 300% silahkan aja tp moge dan mobil

      • ngah ngah ngah…kojel kojel mengatas namakan rakyat kecil lagi.

        nek ga kuat tuku motor karena biaya mahal yawes numpak angkot wae.
        duite mending nggo tuku beras.

        nek ga kuat bayar biaya sim, yo wes golek tebengan wae duite nggo bayar pendidikan.

        semua perlu prioritas, saat merantau jauh dari saudara mungkin otak anda akan bisa berfikir lebih jernih tentang manna yg perlu dan mana yg cuma gengsi.

      • Dasar cebong…biaya naek angkot lbh mahal dr naek motor dan mmg yg naek motor rakyat kecil buat operasional cari nafkah bukan pengusaha macem hari tanu

        Klo komen yg cerdas… siapa yg mau d tebengin tiap hari, ya ud gw nebeng sm loe aja gmna tiap hari?

        Justru duit hasil ngirit beli bbm motor buat bayar sekolah

        Dasar cebong…hasil revolusi mental loe malah jd cacat mental

      • Beli motor beat buat kerja loe bilang gengsi…Klo belk moge baru bener.

        Pajak naek 500% jg silahkan aja toh konsumen moge emang beli buat gengsi n gaya

  33. Yah semoga bisa mengurangi kemacetan dikotakota besar…mengurangi motor baru keluar dri dealer..
    Dan semoga uang pajak dapat dipertanggungjawabkan…
    Kalo suratsurat naik 3x lipat,harga motor juga naik dan harga 2nd juga naik dan gaji pns naik…umk naik…angkot naik..harga sembako juga terkerek naik..haha suwek tenan
    Merdeka!!!!

    • Merdeka atow mati
      jek iso mngan opo ora??
      Mundak 300% kurang ajar
      Umk mundak???
      Rego TEmpe,tahu 1 isok Limang ewuh
      Beras 1kg Telong puloh ewuh
      apes dadi rakyat cilik tambah suwe urep tambah “ewuh”
      Bhuahahahaha…
      Mbokne aNjukk’ !!

  34. mmng salut buat rezim skrg…
    asing dismbah
    aseng dimanja
    pribumi disingkirkan….

    lbh salut lg ama cebong…. konsisten mmbela udh kyk jongos cino

  35. Kenapa di indonesia bnyak yg pake motor( kendaraan pribadi)???
    Krna di indonesia tu kendraan umum belum merata booosss,,di jakarta aja masih ngesot” apa lagi di daerah,,inget bos indonesia itu negara kepulauan,,di setiap pulau tu blum tentu ada kendraan umum,gimana mau ada coba wong listrik ama bensin aja masih langka,jdi jlan satu”nya tu beli motor buat kerja sehari” meskipun bensin di pulau” kecil tu muuaahal harganya.
    Itu bru stu dri sekian buanyak alasan kenapa WNI tu suka beli motor,,lah klo pajak dll naik tmba susah donk yg mau ngredit,hahaha.
    Mau gak mau terpaksa mancal pake sepeda tua bekas penjajahan belanda ama jepang…

  36. sayangnya ini memuat senua kendaraan termasuk motor. harusnya yg jd terget kenraan mewah macam mobil dan moge.kalo mocil itu milik rakyat kecil ya jangan dibebani gitu. mending birokrasinya bersih dan cepat. ngurus mutasi ajah bpkbnya 6 bulan baru kelar. kemana aja lo 6 bulan bro?? ga sekalian 9 bulan ibu mengandung

    • Bener banget bro setuju banget ini
      Kenapa menyasar semua segmen ya? Kok ndak dialihkan aja ke kendaraan premium
      Masa yg kudu muter otak pembeli? Harusnya pemerintah dan yg jualan dongg

  37. saya setuju pajak dinaikkan. Agar orang tidak seenaknya beli kendaraan, sekaligus menajari rakyat agar tidak konsumtif.

    Minus dari aturan ini, adalah penyesuaian dari yang ingin beli motor. Kudu berfikir lagi, dan ini bagus, dari pada beli kendaraan asal beli (asal ada uang).
    Semoga pemerintah konsisten.

    Lanjutkan.

  38. selama ini, orang beli motor dengan alasan ingin, bukan butuh. Sehingga, macetlah yang didapat. Selain itu, modifikasi yang mengganggu juga muncul.

  39. Ayo kita sama” bantu negara, modal untuk infrastruktur, sdm dll semoga jd lbh baik bukan tmbh semrawut tp hrs transparan donk..income naik = kebutuhan naik itu wajar, malu ama fansboy yg cm bisa mewek ama bc karna ga di turutin haaa

  40. kayaknya untuk orang indonesia gak masalah deh masih mampu….yg penting prestise …tetep aja laku kok kang….malah rumah ngontrak motor sampe 3..biasa2 aja……contoh pertamax turbo ….harga mahal…..malah sekarang permintaan makin lama makin meningkat….. hehehehe

  41. Hahaha…..lucu euy…muka culun hati biadab…maklum golek cuy…gimana dalang….dalangnya aza dulu gagal jd pmimpin…bisanya jual aset negara…eh sekarang udh mau jual bumn lagi…..tobaaaaaaat….

  42. kalo beda pendapat dibilang cebong kok yo pekok tenan kowe le, dolanmu kurang adoh, mulehmu kurang bengi….pepatah bilang demikian.

    semoga ga kojel kojel mengatas namakan rakyat kecil lagi.
    dari dulu rakyat kecil, kapan gedenya…..ngah ngah ngah

    • Ya tanya sm pemerintah sdh mampu blm meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil biar jd rakyat besar

      Yg ud susah cm mampu beli motor makin d teken. Mau bilang kami kurang kerja keras? Loe kurang merakyat bung. Loe gaulnya ketinggian jd ga pernah nengok kebawah…dasar cebong

  43. walahh,, udah harga2 motor di negara ini overpriced banget, bakal makin mahal lagi??? hadeuh…. belum ppnbm…. makin ngimpi aja punya motor >300cc

  44. sepertinya kurang banyak naiknya, paling gak 4-5kalinya deh.
    itu kenaikan yang rasional.

    sip pemasukan negara bertambah dan pembangunan infrstruktur bakal jor-joran,
    dan satu lagi, jalan-jalan di lokasi sulit seperti nggalek-ponorogo, tlg-popoh bakalan mulus, bak gsr….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here