iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Domblong lan doweh saat melihat pemandangan didepan didepan mata. Pemandangan yang cukup mengerikan ketika IWB menyusuri jalanan Pantura menuju Jawa Timur. Truk dengan muatan menjulang tinggi…terseok-seok berusaha tetap tegar melaju dijalanan. IWB sampe ragu untuk menyalip karena truk seperti meleyot kekiri ketika melahap jalanan bergelombang. Lha iki kalau roboh piye ???….

Pantura adalah gudangnya kendaraan besar. Sampeyan akan lihat truk gandeng baik itu berisi peti kemas maupun bahan logistik mengangkut muatan dengan jumlah yang sangat masif. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi kita untuk selalu berhati-hati jika dekat truk-truk tersebut. Sayang rasa waspada pribadi kadang kalah dengan ketidak disiplinan berbagai unsur yang sering kali mengangkut beban diluar kemampuan.Contohnya seperti tindakan truk terlampir…

Muatan seperti nyaris membuat jalannya truk oleng. Pemandangan didepan mata sontak membuat IWB tercengang. Ngeri cak…sangat mengerikan sebab saat truk tersebut melewati jalan bergelombang, beban yang overload mampu mebuat posisi truk miring. Tobat njaran tenan…lha kok serem bener iki ??? Bahkan IWB sendiri sempet ragu untuk nyalip karena takut hal tak terduga terjadi. Tingginya itu lho cak wes ora wajar blas…

iklan iwb
iklan iwb

Pertanyaannya gimana truk diatas bisa lolos jalan ???. Apakah tidak ada operasi khusus oleh petugas untuk membasmi kondisi yang sangat membahayakan pengguna jalan lain seperti digambar terlampir ??. Asli kang bro IWB sampai garuk-garuk alis. Yang dilakukan truk-truk ini berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Kenapa ??…..

Dengan ketinggian muatan yang nyaris meyenggol tiang lampu merah jelas akan membuat truk tidak stabil. Terbukti pada kecepatan rendah sekalipun ketika melibas jalanan sedikit tidak rata, truk terus ngayun. Kadang-kadang IWB melihat ban sebelah kiri seperti melesak akibat pressure yang tidak seimbang….

Kedua yang paling vital adalah kinerja rem. Dengan beban melebihi kemampuan kendaraan pasti respon rem bakal jauh menurun. Tidak heran kejadian nyelonong sering kita dengar pada truk dijalan raya. Disini saja potensi kecelakaan sudah mengintai didepan mata. Coba opo nggak ngeri pakde. Kita wis hati-hati tapi karena ketidak disiplinan dan keteledoran kendaraan lain nyawa sewaktu-waktu bisa melayang…

Last…truk tersebut hanya salah satu contoh yang bisa IWB jepret dari banyak truk Pantura yang melebihi kapasitas. Diharapkan tindakan tegas petugas tidak tebang pilih untuk menindak sopir ataupun perusahaan ekspedisi yang balelo. Jangan tebang pilih sebab tolak ukur kewibawaan diukur dari sana. Lha piye negoro bisa maju jika masalah yang kasat mata saja banyak yang lolos dan melenggang secara santai dijalanan terbuka sepanjang pantura. Semoga menjadi perhatian semua pihak. Ngeri euy….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

139 COMMENTS

  1. Wes lek gk usah ngeles artikelle
    Gambar moncong R15 ndang di tokno
    Asline nuw wes komplit gambar e cuma di tokne sak pringkil sak pringkil
    ????????????????

  2. memang bener kang.. kehati hatian kita di jalan seolah g ada artinya jika terkena imbas dari ulah pengemudi yg ngawur.. jumat kmarin ayas juga mengalami kecelakaan beruntun karena ulah supir mobil pickup yg tiba2 memutar balik arah mobilnya tanpa melihat dan menyalakan lampu tangan. alhasil saya dan seorang ibu sesama pengen dara motor g sanggup lagi menghindar. jadinya ya bruk.. kami nubruk mobil tersebut.. alhamdulillah g ada luka parah hanya cedera ringan.. namun motor rusak d bagian stang yg bengkong serta cover tangki yg pecah dan tangki yg sedikit penyok. motor ibu yg nubruk juga rusak d bagian lampu depan dan sayap depan patah. namun sudah di selesaikan dengan kekeluargaan..
    maka itu.. jgn ngawur dan ttp jaga keselamatan kita bersama.. demi kita dan orang lain.

  3. Itu kalau lewat tanjakan di pegunungan daerah saya, bisa dipastikan truk bermuatan seperti itu ngga bakalan bisa lewat. soalnya sering juga mobil truk kelebihan muatan terbalik atau terguling di sini

  4. Kadang truk ngangkut precast beton buat jembatan jalan dll. Itu seharusnya dilarang.

    Kadang truk angkut eksa raksasa atau part pabrik tertentu dll. Itu seharusnya dilarang.

    Kadang ada truk dengan keterangan kendaraan over panjang dan lebar. Itu seharusnya dilarang.

    Behhhh.. Jadi barang barang tu harus lewat mana?
    Lagi pula perusahaan tsb pasti bayar pajak ber miliar bahkan bertriliun tapi apakah gk boleh lewat jalan tsb? Apakah yg ngangkut atau pabrik perusahaan tsb punya karyawan? Bukankah perusahaan tsb memberi kontibusi buat masyarakat?

    Kalau dinegara maju muatan begini dikawal eksklusif karena mrk penggerak ekonomi. Kalau disini dimusuhi..

    Kkkkk

    • Karena setiap jenis jalan ada kapasitas maxi beban.

      Jenis jalan asphalt dengan jalan hotmix (cor) pastinya beda kapasitas beban.

      Jika melihat foto diatas kyknya lebih dari 40 ton ( truk + muatan )

      Jembatan timbang sekarang ditutup, efek pungli di jembatan timbang.

      Padahal jembatan timbang berfungsi mengontrol berat kendaraan + muatan, agar tdk merusak jalan.

    • setuju tp tdk setuju dg truck yg ada difoto krn tdk sesuai dg muatan yg tinggi dan berat. Harusnya klo mau tetap dibawa pake lowbed yg lebar dan rendah biar gk oleng.

  5. saya pernah hampir kecelakaan ketikan naik motor kecepatan sekitar 120km/h tiba2 mobil pickup arah berlawanan mau putar balik, saya rem sekenceng2nya smpe ban belakang selip, untung msih bisa di kendalikan

  6. yang ngeri dr sopir truk itu mereka ngga segan2 melindas korban jika terlanjur trjadi kecelakaan, kata mereka lebih baik mati daripada cacat permanen

    • Truk muatan berat susah manuver jika dipaksa pasti guling, rem jelas molor. Jadi baiknya kita hindari, jauhi saja jika ketemu kek gini.

  7. ada sja yg bc .. gk nyambung blass
    btw kmarin jumat liat cbr250rr hitam doff keren lek di dealer majenang cilacap tpi ko pke spkbor aksesoris yh? cilik jga yo lek

  8. kongkalikong ama oknum petugas lah pastinya, kalau ngga kongkalikong mosok truk overload gitu boleh jalan. ini sudah semacam tradisi di negara kita lek, asal ada duit peraturan bisa dinegosiasikan

  9. Contohnya truk yang nabrak boy sampai meninggal. Selain faktor cuaca yang hujan. Muungkin juga karna sopir truk yang kurang waspada. Eman sepedane boy. Mesti lecet.

    Turut sedih. Boy anak jalanan

  10. Biasanya dijalan suka ada petugas dishub..kl msh bs lewat berarti pungli tuh petugasnya..mikir masuk saku sendiri aja duitnya baru tau rasa kl korbannya keluarga sendiri

  11. muat pinir itu, kertas yg masih mentah
    sekarang apa daya kang, ongkos jln mepet, semuanya serba duit klo di jalanan, klo gk bawa banyak nanti orang yg di rumah gk kebagian, inilah realita hidup di atas roda kang

  12. Mas iwan pernah ga ngobrol sama sopir truk itu kenapa bawa muatan seperti itu?makanya mas iwan tanya dulu sama sopir truknya biar tahu alasannya kenapa bawa muatan seperti itu.klo bawa muatan standar mas iwan itu ongkos ga masuk alias buat beli solar aja kurang.sekarang klo sekali berangkat dari trenggalek/tulungagung klo pulang ga bawa muatan balik sopirnya tekor mas iwan karena ongkos yang sangat murah karena banyaknya truk,la klo petugas melarang ga akan ada truk yang jalan mas bro karena yang nyewa truk juga ga mau rugi dengan tonase/muatan standart.coba mas iwan sekali2 duduk dan ngobrol sama sopir truk jadi tahu alasannya kenapa mereka muat sampai seperti itu,atau klo mas pernah dengar sopir lombokan yang biasa bawa lombok atau cabe dari daerah ke jakarta mereka dilkenal dengan sebutan raja jalanan,kenapa karen klo mereka telat masuk jakarta muatan ga akan bisa bongkar atau lombok tersebut akan busuk.semoga bermanfaat

  13. Klo d tilang nanti diurus sama pengacara perusahaan, klo mau d sita truknya pasti sopirnya gk mau & gk mungkin ada petugas yg mau bawa truk itu ke tmpt sitaan, jd dibiarin aja

  14. DLLAJR emang buangsat, banyak truk lalu lalang dengan muatan over load yg bikin jalan cepet rusak, jalan lemot seperti keong

  15. Siklus lingkaran setan, overload muatan dibiarin oknum DISHUB yg mau disuap bagian penimbang muatan, akibatnya jalan cepat rusak. Terus butuh dana lebih untuk perbaikan jalan, ujung”nya pasti ada korupsi proyek perbaikan jalan, akibatnya material jalan jadi jadi lebih tipis/ jelek, dilewatin truk overload lagi jadi rusak lagi..
    Gitu aja terus sampai Ahok naik haji..

  16. Artikel pengalihan sebelum artikel paling HOT keluar yaitu penampakan muka n headlamp new R15 yg sebenarnya…
    Cekidot pemirsa…
    Para epBeha n kacung Beha siap2 kojel kojel

  17. Dah biasa bro di Indonesia spt itu, asal msh bisa jalan muatan sebanyak apapun tetep diangkut. Bahkan kata supire “cintamu tak seberat muatanku” wkwkwkwkwk…..

  18. kalo neng malaysia kne, kang! enek JABATAN PENGANGKUTAN JALAN ( JPJ). sing sllu memonitor kendaraan2 berat. opo mneh sing overload kyok iku. pasti di tilang.

  19. Saya yg tinggal d sekitar pantura sudah terbiasa dngan pemandangan sperti itu,dan kebetulan saya bekerja d PLN bagian jaringan,pernah suatu hari kabel jaringan PLN putus kena truk muatan seperti itu,saat saya melapor k petugas lantas,eh malah katanya kabelnya yg terlalu rndah,padahal kabel jaringan sudah setandar dngan ktinggian 7m…

  20. lek,
    katanya mulai awal tahun 2017, harga kendaraan bermotor akan naik gara-gara pemerintah menaikkan nilai pajaknya secara drastis,
    apa lek IWB tahu hitungannya dan bagaimana imbasnya terhadap harga jual sepeda motor?
    tolong diulas ya lek,
    thx!

  21. Asal sopir lempar korek…..amanlah….korek isinya duit yg suka dilempar kalo mobil lewat pos ato mobil pjr yg nongkrong nungguin truk lewat

  22. Indonesia kebanyakan alasan. kalau salah ya salah, itulah hukum sebenarnya, tidak ada alasan lain. kalau alasan dipakai, ya hancurlah seperti yang sudah2.

    alat berat, cor2an jembatan, dll, kalau sesuai prosedur itu bisa dan legal diangkut, karena pasti ada alatnya.
    bahkan kalau mau, beban ratusan ton pun legal.
    asalkan permukaan ban dengan aspal harus banyak. yang jadi masalah itu adalah beban tiap roda. kalau 100 ton dibagi 40 roda, gampangnya tiap roda akan mendapat beban 2,5 ton.

    kalau cuma truk 6 roda, dikasih beban 24 ton, masing-masing roda dapat beban 4 ton.

    nah, truk yang cuma 24 ton tadi akan membuat jalan rusak, sementara yang 100 ton relatif jauh lebih aman. jadi bukan masalah beratnya, tetapi beban per luas permukaan roda.

    contoh gampang, kalau kita menusuk kertas pakai jarum, mudah tertembus, tapi kalau pakai obeng, lebih sulit, karena luas permukaan obeng lebih besar.

  23. Klo yg gitu biasanya selalu beralasan”yaaa namanya juga cari Duit”

    Alasan itu juga sama dengan pengendara motor yg membawa muatan berlebih…
    Saya Benci banget dengan alasan seperti…

    Nyari duit sih nyari duit, kalo berpotensi/berakibat bikin orang lain celaka / mati, utu mah namanya Goblok bin Tolol kuadrat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here