iklan iwb

Iwanbanaran.com – Domblong lan doweh saat melihat pemandangan didepan didepan mata. Pemandangan yang cukup mengerikan ketika IWB menyusuri jalanan Pantura menuju Jawa Timur. Truk dengan muatan menjulang tinggi…terseok-seok berusaha tetap tegar melaju dijalanan. IWB sampe ragu untuk menyalip karena truk seperti meleyot kekiri ketika melahap jalanan bergelombang. Lha iki kalau roboh piye ???….

Pantura adalah gudangnya kendaraan besar. Sampeyan akan lihat truk gandeng baik itu berisi peti kemas maupun bahan logistik mengangkut muatan dengan jumlah yang sangat masif. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi kita untuk selalu berhati-hati jika dekat truk-truk tersebut. Sayang rasa waspada pribadi kadang kalah dengan ketidak disiplinan berbagai unsur yang sering kali mengangkut beban diluar kemampuan.Contohnya seperti tindakan truk terlampir…

Muatan seperti nyaris membuat jalannya truk oleng. Pemandangan didepan mata sontak membuat IWB tercengang. Ngeri cak…sangat mengerikan sebab saat truk tersebut melewati jalan bergelombang, beban yang overload mampu mebuat posisi truk miring. Tobat njaran tenan…lha kok serem bener iki ??? Bahkan IWB sendiri sempet ragu untuk nyalip karena takut hal tak terduga terjadi. Tingginya itu lho cak wes ora wajar blas…

iklan iwb

Pertanyaannya gimana truk diatas bisa lolos jalan ???.?Apakah tidak ada operasi khusus oleh petugas untuk membasmi kondisi yang sangat membahayakan pengguna jalan lain seperti digambar terlampir ??. Asli kang bro IWB sampai garuk-garuk alis. Yang dilakukan truk-truk ini berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Kenapa ??…..

Dengan ketinggian muatan yang nyaris meyenggol tiang lampu merah jelas akan membuat truk tidak stabil. Terbukti pada kecepatan rendah sekalipun ketika melibas jalanan sedikit tidak rata, truk terus ngayun. Kadang-kadang IWB melihat ban sebelah kiri seperti melesak akibat pressure yang tidak seimbang….

Kedua yang paling vital adalah kinerja rem. Dengan beban melebihi kemampuan kendaraan pasti respon rem bakal jauh menurun. Tidak heran kejadian nyelonong sering kita dengar pada truk dijalan raya. Disini saja potensi kecelakaan sudah mengintai didepan mata. Coba opo nggak ngeri pakde. Kita wis hati-hati tapi karena ketidak disiplinan dan keteledoran kendaraan lain nyawa sewaktu-waktu bisa melayang…

Last…truk tersebut hanya salah satu contoh yang bisa IWB jepret dari banyak truk Pantura yang melebihi kapasitas. Diharapkan tindakan tegas petugas tidak tebang pilih untuk menindak sopir ataupun perusahaan ekspedisi yang balelo. Jangan tebang pilih sebab tolak ukur kewibawaan diukur dari sana. Lha piye negoro bisa maju jika masalah yang kasat mata saja banyak yang lolos dan melenggang secara santai dijalanan terbuka sepanjang pantura. Semoga menjadi perhatian semua pihak. Ngeri euy….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

139 COMMENTS

  1. Wes lek gk usah ngeles artikelle
    Gambar moncong R15 ndang di tokno
    Asline nuw wes komplit gambar e cuma di tokne sak pringkil sak pringkil
    ????????????????

  2. memang bener kang.. kehati hatian kita di jalan seolah g ada artinya jika terkena imbas dari ulah pengemudi yg ngawur.. jumat kmarin ayas juga mengalami kecelakaan beruntun karena ulah supir mobil pickup yg tiba2 memutar balik arah mobilnya tanpa melihat dan menyalakan lampu tangan. alhasil saya dan seorang ibu sesama pengen dara motor g sanggup lagi menghindar. jadinya ya bruk.. kami nubruk mobil tersebut.. alhamdulillah g ada luka parah hanya cedera ringan.. namun motor rusak d bagian stang yg bengkong serta cover tangki yg pecah dan tangki yg sedikit penyok. motor ibu yg nubruk juga rusak d bagian lampu depan dan sayap depan patah. namun sudah di selesaikan dengan kekeluargaan..
    maka itu.. jgn ngawur dan ttp jaga keselamatan kita bersama.. demi kita dan orang lain.

  3. Itu kalau lewat tanjakan di pegunungan daerah saya, bisa dipastikan truk bermuatan seperti itu ngga bakalan bisa lewat. soalnya sering juga mobil truk kelebihan muatan terbalik atau terguling di sini

  4. Kadang truk ngangkut precast beton buat jembatan jalan dll. Itu seharusnya dilarang.

    Kadang truk angkut eksa raksasa atau part pabrik tertentu dll. Itu seharusnya dilarang.

    Kadang ada truk dengan keterangan kendaraan over panjang dan lebar. Itu seharusnya dilarang.

    Behhhh.. Jadi barang barang tu harus lewat mana?
    Lagi pula perusahaan tsb pasti bayar pajak ber miliar bahkan bertriliun tapi apakah gk boleh lewat jalan tsb? Apakah yg ngangkut atau pabrik perusahaan tsb punya karyawan? Bukankah perusahaan tsb memberi kontibusi buat masyarakat?

    Kalau dinegara maju muatan begini dikawal eksklusif karena mrk penggerak ekonomi. Kalau disini dimusuhi..

    Kkkkk

    • Karena setiap jenis jalan ada kapasitas maxi beban.

      Jenis jalan asphalt dengan jalan hotmix (cor) pastinya beda kapasitas beban.

      Jika melihat foto diatas kyknya lebih dari 40 ton ( truk + muatan )

      Jembatan timbang sekarang ditutup, efek pungli di jembatan timbang.

      Padahal jembatan timbang berfungsi mengontrol berat kendaraan + muatan, agar tdk merusak jalan.

    • setuju tp tdk setuju dg truck yg ada difoto krn tdk sesuai dg muatan yg tinggi dan berat. Harusnya klo mau tetap dibawa pake lowbed yg lebar dan rendah biar gk oleng.

  5. saya pernah hampir kecelakaan ketikan naik motor kecepatan sekitar 120km/h tiba2 mobil pickup arah berlawanan mau putar balik, saya rem sekenceng2nya smpe ban belakang selip, untung msih bisa di kendalikan

  6. yang ngeri dr sopir truk itu mereka ngga segan2 melindas korban jika terlanjur trjadi kecelakaan, kata mereka lebih baik mati daripada cacat permanen

    • Truk muatan berat susah manuver jika dipaksa pasti guling, rem jelas molor. Jadi baiknya kita hindari, jauhi saja jika ketemu kek gini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here