iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pabrikan memang asyem tenan pakde kalau bikin produk. Walau pasti ada plus minusnya…..namun masing-masing kelebihan tersebut membuat sampeyan akan puyeng menjatuhkan pilihan. Sepertinya halnya spyshot new R15 serta kemunculan Suzuki GSX-R150 plus eksistensi new CBR150R. Ketiga produk IMHO adalah hot items yang memiliki advantage dan jelas butuh topo broto cari wangsit untuk menjatuhkan pilihan. Oke…sekarang yuk kita coba kupas satu persatu…

Suzuki GSX-R150

iklan iwb

Mungkin banyak yang komen Suzuki GSX-R 150 memiliki desain yang paling biasa diantara kedua rival. Tidak terlalu agresif dan cenderung lebih mature. Lampupun single dengan stoplamp bohlam biasa disaat Yamaha sudah LED kecuali CBR150R. Namun jangan salah….desain model tersebut kadang malah membuat motor everlasting. Lek bosone simpelnya enak dilihat sepanjang masa…

Belum lagi hadirnya fitur keyless pertama dikelas sport 150cc. Ora usah nancepin kunci…..tinggal puntir “maksreeettt” mesin hidup, opo ora keren cak. Fitur ini sekarang baru disaingin oleh Aerox155 serta X-Max250 ditanah air. Dan itu semua belum seberapa sebab Suzuki GSX-R150 menawarkan sensasi fairing bike 150 yang paling berbeda dari sisi engine….

Yup, Power…ledakan tenaga. IWB sendiri awalnya agak terkejut ketika menerima spek resmi yang menyebut 19,1ps. Gede lho 19 ki untuk ukuran mesin 150cc. Dan spek ini melompat nyaris 1 HP lebih dari lawan-lawannya. Suzuki sendiri memang paling royal soal spek mesin. Masih ingat kan FXR150 yang memiliki spek power kisaran 21ps. So…bukan hal sulit buat mereka melakukannya. Artinya apa??…

Bargaining position GSX-R150 cukup kuat dikelas fairing 150cc khususnya untuk para speed freak. Suzuki mengambil cara berbeda dengan mencoba all out disisi dapur pacu. Dan ini penting pakde. Lawong saat IWB SMA dulu motor lelet diceng-ceng in. Ada rasa bangga dan special sensation (kuwi bener ora inggrise :mrgreen: ) jika motor kita sukses ngacangin motor lain. Yang penting Suzuki mampu mengkomunikasikan kelebihan tersebut dengan cara elegan. Contohnya….

Nggak usah koar-koar ngeshare gambar adu drag dengan menunjukkan lawan mereka tertinggal di “Merauke” lalu dibully dan dijatuhin habis-habisan. Cara-cara ini malah menciptakan image buruk bagi Suzuki sendiri. Yang jelas mayoritas biker juga malah muak dan tujuan mereka mencari referensi terpercaya luntur. Alih-alih berharap mendapatkan hasil positif, impact sebaliknya. Lawong dikira semua hanya rekayasa walau mungkin bisa jadi tidak demikian…

Dewasa dalam membeberkan kelebihan produk itu perlu. Jangan kayak kaset yang diulang-ulang padahal sudah tahu cara tersebut gagal total. Kedewasaan akan membuat produk juga disegani dalam arti sesungguhnya. IMHO…kekuatan Suzuki GSX-R150 disektor mesin akan menjadi nilai jual yang sulit kita tampik. 19,1 ps…..edian lho kuwi !!…

Honda all new CBR150R

Honda merilis varian terbaru penerus gen K45A dengan tipe G. Dibanding K45A, Mapping engine lebih ketorsi plus desain dirombak total. Dengan kelebihan mesin DOHC, Honda sukses terus mengkomunikasikan mesin DOHC-nya secara masif. Mereka tahu kompetitor memiliki kelemahan disisi ini. Walau IMHO dikelas 150cc DOHC vs SOHC hanya terpaut tipis soal performa (jangan samakan versi racing lho yo…emange sampeyan tuku motor soko dealer wis spek racing. Iki juga keblinger). Maklum kangbro…target Honda saat ini lebih ingin menggebuk eksistensi R15…..

Secara umum Honda mampu membuat CBR150 diterima pasar dengan baik. Revisi desain jauh melompat dari gen sebelumnya, desain makin agresif dengan meninggalkan ciri Honda yang terlalu elegan. Secara spek mesin motor ini juga diatas rival. Dan diakui atau tidak nama besar Honda ikut membantu kesuksesan CBR150R. Belum lagi strategi marketing yang super masif serta pintar dari segala lini. Honda juga dianggap mampu serta peka meracik motor yang lebih friendly use untuk ukuran motor fairing. Intip wae split seat yang cukup nyaman untuk ukuran sport fairing dikelas ini. Tidak heran sekarang CBR150R menjadi penguasa pasar dikelas sport fairing 150 cc ditanah air untuk penjualan bulanan…

Yamaha new R15 V3

Percayalah…soal desain Yamaha memang jagonya. Bahkan untuk New R15 ini dari pandangan pribadi juga demikian. Pabrikan Iwata merombak total gen R15 V2 yang sudah memasuki fase paripurna. Mereka juga berani mendobrak pakem desain dikelas ini lewat tangki kondom. Nilai plus tetap dipertahankan seperti sasis delta box, swing arm banana style diecast almu plus desain super agresif. Yang mengejutkan, Yamaha juga berani menawarkan posisi riding racy. Bisa dilihat dari posisi stang model clip on under yoke….

IMHO….mereka berusaha tampil total pada sisi desain untuk memukul balik rival. Harapan IWB akan ada perbaikan untuk masalah engine. Isunya pabrikan garputala sudah menjejali tekhnologi VVA sehingga power seharusnya makin besar. Yamaha mengambil cara berbeda lewat desain maksimal untuk menutupi isu perkara mesin single campnya. Soal ini memang perlu kita tunggu lebih jauh….

Last…akan menjadi persaingan yang cukup menarik antar ketiga pabrikan secara masing-masing menawarkan keunggulan spesial. Suzuki ledakan power, Honda ditengah-tengah dan Yamaha sisi desain. So…IWB yakin sampeyan akan puyeng jika ingin membeli motorsport fairing 150cc. Bagi yang suka engine kencang…..jelas GSX-R 150 rajanya. Dan Yamaha-Honda….nahhh, ini yang harus kita tunggu dulu mana yang unggul secara spek mesin new R15 masih belum tergali. BTW…kalau sampeyan sendiri piye cak?. Kalau punya uang lebih tertarik yang mana?? (iwb)

 

434 COMMENTS

  1. ane pribadi lebih senang dengan yang JANTAN, tidak ditengah-tengah. DOHC ya harus kenceng model suzuki. Kalau mau tarikan bawah ya…untuk kelas 150 SOHC realistis….

  2. KTM ga melokno Lek Iwan.. harga beda tipis, design + part” nya koyok’e apik KTM.. Bener Ora Lek Iwan

  3. Kalo saya sekarang punya duit saya akan pilih cbr150.ngapin nunggu nunggu keburu kepake duitnya gak jadi beli deh….

  4. IWB : Strategi marketing Honda yang super masif serta pintar dari segala lini.

    Masif memang iya tapi pintar itu darimana?? Faktanya marketing Honda lebih suka promosi pakai cara kotor mulai dari penggiringan opini, penipuan konsumen, pencemaran nama baik merk lain, cerdaskah marketing seperti itu??

  5. Semoga saja new R 15 boncengernya manusiawi ga koyo sing pertama untuk sport harian loo ya dudu balapp…

  6. Mumet lek iwan banaran… nek duwe duit mending refreshing dari dunia permotoran yg selalu melahirkan motor motor bagus… mending ngontel waelah..

    Ngenteni podo ra payu trus entuk diskon gede gedean lagi tuku motor

  7. ttp CBR 150 facelift lek ,,,lha wong punya nya itu + selama ini g ada masalah sama tu motor.Mau jauh deket g pegel sih menurut ane.
    last klo motor sesuai selera,peruntukan dan pastinya isi dompet.
    fix yng suka BC itu cuma sales
    ekekekke

  8. Kalau mau pilih DOHC pilih yg Real DOHC sedang kalau mau pilih SOHC pilih yg Real SOHC VVA. Jangan sekali- Kali pilih DOHC nearly lanang yg Kena stroke Dan klotok-klotok penyakit yg ngak bersudahan.

    • klo model suka2 yg mau beli,klo power tergantung speed freak atow tidak si otong masalah serius cuman spek mesin
      Apa iya operstruk dikasih domble Cam ngerii bgt klo ada yg beginian
      Dan aneh nya fbh dungu manggut2 dikasih dohc oper setrup
      Hahaha… Konyol fbh ini mah…

      • Sampean pernah tau mobil legendaris Toyota SUPRA??? itu mesinnya nearly square lanang juga lho…dan D.O.H.C juga….apa iya D.O.H.C sama bore-stroke versi sampean lebih bagus dibanding versi engineernya ngahaem???

        gelar sampean juga paling banter nanti Alm doang…jauh sama engineer pabrikan yang Phd atau magister…

        ga usah mimpi laaahh….

        faktanya baik mobil/motor sport legendaris ya kalo ga D.O.H.C ya 2 tak….

        • Ehm yakin? Tau corvette ga? Itu mobil sport legend lho itu, power gede bisa ngamplengin supercar yg overprett
          And you know what? Mesinnya ohv bukan dohc
          So your argument is invalid. ????

    • anda salah.
      di gsx anda cuma dapet power aja, tapi dibuat kongkow2, malu karena cupu
      di r15 anda cuma dapet desain keren, pas lampu merah jadi ijo, kesalip beat.

      kli mau desain keren+mesin gahar ya CBR150R. canggih + mesin DOHC.

  9. Silahkan di allnew n segera ngaspal, saya sdh siap nih ndelok mereka di lampu bangjo, wisss pokoke apik kabeh

  10. Kalau nanti power R15 maen di 19,…… CBR150 mau jualan apa hayo? Yap benar, jualan DOHC Squarepant + logo paling ampuh sejagad, Sayap Ngepak !!! wkwkwk…

  11. jujur mau minang mana antara gsx r150 & yzf r15 dua2nya cakep poll
    klo cbr150 dari awal jga gak tertarik

    • Jangan begitu,
      pilih yg pasti2 aja.
      sebelah cuma dapet power tapi desain cupu, sebelahnya lagi sebaliknya.
      mau dapet power gahar dan desain keren? ya CBR150R

    • Mending nunggu batch # 4 setelah kedatangan gsx/gsr,nva dan r15,r25 renew…
      Yakin sama tuhan jgn sama saya nanti sirik lo…

  12. Silahkan di allnew n segera ngaspal, saya sdh siap nih ndelok mereka di lampu bangjo, wisss pokoke apik kabeh

    Saya verza ae kang, 150cc

  13. Ah,saya mah realistis aja…
    Smuanya bagus,setiap merk dan model pasti ada tujuannya…
    Toh saya mah ga kebeli…
    Jadi ga perlu menjelek-jelekan suatu brand cuma karna ga suka…
    Punya tunggangan Suzuki Smash,Honda Beat sama Yamaha Mio Z aja udah syukur alhamdulillah…
    Semuanya akur,sehat,seger dan ga pernah saling menjelekan satu sama lain…
    Mudah-mudahan lain waktu bisa kebeli salah satu sport fairing yg diatas…

  14. Ngak usah bertele-tele Kalau komen faktanya

    King of Kejurnas IRS150 : R15

    King of balapan Mbee alun-alun : CBR150

    New R15 Semakin Didepan dengan fitur USD, Underyoke, Banana swing arm belakang, mesin SOHC VVA teknologi Kaya Honda Jazz sohc vtec powerfull dikelasnya, Full LCD , design new R6 . Bener2 bengis Dan Value for Money R15 terbaru

  15. Wekekeke
    Power GSXR jawaranya
    Torsi old R15 jawaranya
    DOHC CBr overstr?k helokitty menang Di blog was
    Panic attack nih Hondut
    Belon aja YZFR15 nongol dah kebakaran…

    • Power gsx jawaranya tapi desain cupu
      Desain r15 jawaranya tapi mesin mungil es o ha ce. dikamplengi beat di lampu merah.

      udahlah..mau power kenceng + desain keren = CBR150R..realistis brooo..

  16. tak delok2 mesin dohc honda sama m.pro sama. cuma blok bgian atas yg beda.makane klot0k.gak kuat sama dohcnya.
    kalau suzuki mesin bgian atas bwah gakda yg sama dgn mesin thunder maupun yg lain merk S. yamaha beda mesinya mulai kalajengking,vixin, bys0n.makanya yamaha kuat dlm segi mesin,banter,kualitas wahid.
    juuooosss

    • Yap sudah dari dulu mesin Yamaha kuat, nampol karena setiap produknya memiliki karakter sendiri ukuran boreXstrokenya tidak commonparts , hanya dari tahun 2013 sampai sini ukuran boreXstroke motor Yamah di kelas 150cc yg commonparts dan settingan setiap motor Yamaha berbeda? semua ECU tidak di kunci

Comments are closed.