iklan iwb

Iwanbanaran.com- ?Bro dan sis sekalian…kembali datang kabar dari Yamaha yang terus melakukan pengetesan naked bike yang diduga mengusung nama FZ series dengan kubikasi antara 200 hingga 250 cc. Spyshoot kali ini sangat jelas mengekspose sisi engine serta frame. Dan jujur IWB jadi teringat dengan sang legendaris kalajengking Yamaha Scorpio. Terutama pada bagian desain penopang mesin bawah depan yang biasa kita sebut sebagai double cradle….

Yamaha di India saat ini tidak banyak bekerja pada market dikelas 200-250 cc. Tidak heran merekapun sedang menyiapkan varian terbaru yang kemungkinan megusung label FZ200/FZ250 (tergantung kubikasinya nanti). Secara kasat mata sampeyan akan melihat sebuah engine dengan rupa yang sangat mirip dengan mesin Scorpio khususnya bagian crankcase. Walau pada gurat konstrusi juga mendapatkan pengaruh dari FZ16 alias Byson ditanah air….

iklan iwb

Hal ini karena mesin memang masih mengusung type single silinder. Bedanya mesin terbaru dibekali pendingin udara yang dikombinasikan oil cooled. Kemudian beberapa komponen juga nongol alias common part dengan R15 ataupun FZ16 khususnya shape foot step depan, piringan cakram serta lampu sein. Secara umum desain cukup keren sebab terlihat agresif dan gambot. Kalau sampeyan pantengin bagian raiser?posisinya cukup tinggi tanda motor ini pasti nyaman dipakai jarak jauh….

Lalu ukuran suspensi depan ternyata lumayan mzbro. IWB nggak ngeh berapa ukuran tabung?sang kuda besi. Prediksi IWB berkisar 41 mm. Yang menjadi nilai plus lain motor ini sudah full LED depan belakang, split seat serta double diskbrake. Yang unik pakde…..beda dengan umunya pabrikan jepang ditanah air, Motor misterius ini mempercayakan perangkat rem bybre. Apapun itu akan menarik bagi kita untuk mentengin kabar dari ujung india sana. Kenapa??….

Seperti yang kita tahu…Yamaha menjadikan India sebagai basis riset. Artinya jika produk dipandang memiliki potensi, YIMM terbuka memboyong ke tanah air. Hanya saja sayang sekali ada dua poin yang terasa cukup janggal setelah mengamati secara detail desain sang kuda besi yakni bagian cover knalpot dan nongolnya behel tanduk sebab ditanah air sendiri handgrip model ini sudah ditinggalkan mulai melangkah pada model yang terintegrasi dengan casing. Kudu direvisi biar lebih ganteng cak….

Last….Jika mengacu pada line up IWB masih cukup yakin motor ini akan memiliki kubikasi dibawah MT25. Walau tidak menutup kemungkinan Yamaha mengikuti jejak Kawasaki yang memiliki dua varian sekaligus dikelas 250cc yakni Z250 vs SL Mono. Kita tunggu saja perkembangan sang FZ200/250 yang konon akan dirilis awal tahun depan. Untuk gambaran IWB lampirkan gambar detilnya. Piye….greget ora cak?…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!