iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Winglet ko opoooo?. Nah….kalau sampeyan termasuk salah satu reader yang baru bergabung dan kurang ngeh dengan winglet, winglet ki sayap tambahan pada fairing Motogp. Kuwi lho cak….katanya sih mirip dengan sayap ikan lele. Tapi tahun depan karena alasan safety, FIM melarang dengan regulasi baru. Mumet jelas kangbro dan yang paling santer Ducati. Tapi bukannya tidak kena efek. Yamaha pun saat ini berpikir keras dengan meracik sebuah fairing anyar atas hilangnya komponen penambah down force. Emang seperti apa sih??….

Ducati mencak-mencak karena pelarangan Winglet tahun depan. Namun karena klausal yang digunakan adalah bodywork yang tidak terintegrasi dengan dengan body streamlining. Detilnya sebagai berikut…

iklan iwb
iklan iwb

“It is not permitted to add any device or shape to the fairing or bodywork that is not integrated in the body streamlining (eg. wings, fins, bulges, etc.), that may provide an aerodynamic effect (eg. providing downforce, disrupting aerodynamic wake, etc.). The Technical Director will be the sole judge of whether a device or fairing design falls into the above definition.”

Nah…..dari sana, sepertinya beberapa pabrikan sedang cari solusi. Salah satunya adalah Yamaha yang ternyata sedang mencari beberapa opsi fairing ditahun depan. Fairing tersebut diajukan ke MotoGP Technical Director Danny Aldridge untuk mendapatkan review legalitasnya….

Aku pastikan Yamaha sudah menunjukkan beberapa macam desain fairing untuk mengetahui legalitasnya berkompetisi ditahun 2017. Aku tidak bisa katakan seperti apa desainnya. Namun pada dasarnya kami informasikan model seperti apa yang kami setujui dan tidak. Sebenarnya tidak hanya Yamaha yang menyerahkan alternatif desain karena hampir semua pabrikan melakukannya...”seru Aldridge tanpa merinci pabrikan yang mana…

Last…Ducati sendiri saat testing juga masih menggunakan winglet sehingga beredar rumor bahwa mereka kemungkinan akan meracik fairing setidaknya menyerupai bentuk winglet sekarang namun dengan modifikasi. Bisa lebih kecil atau kompak. Isunya sih akan dibuat menyatu dengan desain fairing alias tidak knock down seperti sekarang. Tapi hingga detik ini Ducati membantah dan mengaku hanya sebagai komparasi. Kita tunggu saja sepang terjang masing-masing tim. Menarik ki……(iwb)

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

119 COMMENTS

  1. rcv kehilngn jati diri…lah pke big bang yg udah drcdl d pke bmyk pbrikam…rcv kn dr dl memuja screamerr…mknya jngm heran rcv lbh lemot thn 2016..

  2. wingletnye pasang di helm si rider aje..
    dijamin motor ttep kenceng..kalo perlu ampe kepalanye jg ikutan copot saking kencengnye…

  3. ekekekekek

    pabrikan getol mewekk melarang winglet yaaa MaHoooondaa
    maklummm kalau gak dituruti ngambekkkkk mlarikan diri
    ehhhh ndelalah jilatttt ketekkkk sendiri kemaren motor recik V pakai Wingletttt kayakk Kumis LelLe Dumboooo

    hayayayayayayay

  4. ekekekeke

    MaHooonda Alibiii Menyalahkan akan keselamatan
    noh kemaren winglettt malah udah diuji coba marques nabrak chutcloww juga gpp
    ianone nabrak dovisioso /lorenzo juga gpp
    MaHoonda maluu motornya dipasang winglet dikira LeLe Balap kena lumuran kuning2 mengambang

    hayayayayayayay

    • Awas mleduk lagi ya..kemaren m1 mleduk 2x.parahnya tahun ini powernya bakal dinaikin,kuat g ya material mesinnya,dg power kemaren aja dah ngebul???

  5. Marquess…alex…bruud…orangnya itu itu juga..doi itu komentator bayaran…buat ramein warung pake nickname beda beda…kalo warung rame rating naik dollar mengalir…transnferan mulus dr pemilik warung buat marques as bruud as alex

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here