iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…dunia maya memang luar berguna namun jika kita tidak Waspada media ini juga bisa digunakan untuk ajang penipuan. Modus yang makin lama makin canggih dan ini terjadi pada salah satu pembaca warung ini yakni bro Wanly. Terlibat langsung dalam modus operandi mereka berikut penuturan doi….

Salam satu aspal kang Iwan. Saya wanly, saya pembaca setia warungnya kang Iwan. Jadi gini kang, hari ini saya jual action cam saya di situs jual beli online.

Tidak brapa lama, saya di WA oleh calon pembeli pertama. Saya gak curiga, ya saya ladeni saja selayaknya konsumen. Setelah deal dengan harga yang disepakati, waktu perbincangan mengarah ke pembayaran. Disini mulai terjadi kejanggalan….

Pertama si calon pembeli minta nomer rekening bank saya, lalu tidak berapa lama dia ngomong kalo rekening bank saya tidak bisa ditransfer, sedangkan rekening bank lain bisa ditransfer…..

Saya kenal beberapa orang bank dan saya coba tanya pada yang lebih senior, dan setiap bank pasti bisa mentransfer antar bank. Akhirnya saya putuskan meng-cancel saja…

Sorenya (8 Des 2016), dia (penipu) meng-add bbm saya dengan nama “muslim kurniawan” dengan menggunakan PP biker motor ninja karbu item. Dia mencoba seperti halnya konsumen biasa. Saya tanya berdomisili dimana,  dan dia ngomong berdomisili di Depok. Sedangkan yang di WA dia bilang berdomisili di Bogor. Biasanya kalo orang beli barang bekas pasti akan dinego dari harga yang ditetapkan…..

Tetapi anehnya, dia langsung main deal dengan harga yang saya buka. Dan MODUSnya itu (langsung sebut nama banknya aja kalo bole, hehehe ), dia punya e-mandiri. Sedangkan saya hanya punya BCA. Dia mau mentransfer ke BCA, asalkan saya ke atm mandiri. kan juanggal tenan to ?. Sapa yang beli dan sapa yang jual….

Begitu saya tau kalo ini modus…saya langsung aja bilang kalo ini tadi yang WA saya tadi siang mau saya screen capture, malah didelcon duluan. Ya saya hanya mengingatkan lagi, bahwa banyak orang – orang yang gila akan uang dan rela melakukan apapun demi uang. Semoga dari pelajaran ini, tidak ada korban penipuan yang termakan lagi

Hhmm…..sebenarnya modus lama cak. Cuma sepertinya kini mulai merambah dikalangan biker. IWB sudah bisa menduga setelah itu pelaku akan menuntut korban untuk transaksi via menu ATM, yang lalu secara tidak sadar kita sudah mentransfer kerekeningnya. Bro Wanly mungkin belum terlalu ngeri. Yang paling parah kadangkala pelaku menggunakan ilmu hipnotis saat kontak telepon. Bisa dikatakan pelaku yang beraksi pada Bro Wanly masih tergolong amatir….

iklan iwb
iklan iwb

So…kangbro, untuk sampeyan yang memiliki transaksi via online baik jual atau beli lebih baik waspada. Kalau nggak terpercaya mending jangan. Apalagi kalau diembel-embelin dengan aksi mencurigakan seperti diatas. Lha mosok jual malah disuruh ke ATM. Khususnya buat penjual aksesories online ki. Ati-Ati cak. Dan yang paling rentan adalah sampeyan yang akan membeli part secara online. Pelajari seksama….verifikasi secara akurat termasuk sosial media sert webnya. Semoga dengan sharing ini akan mencegah jatuh korban dikalangan biker. Eh….btw sampeyan punya pengalaman mirip dengan bro Wanly diatas ngak cak??…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

98 COMMENTS

  1. kalo jual nya hp,motor mobil bagus nya cod.. deal bayar cash di tempat..
    pengalaman ane selama jubel online..
    kalo yg minta transfer, minta rek, suruh ini itu modus..
    apalagi kalo dia ngaku nama nya bapak haji.. dia nyebut dirinya haji udah lah pasti ngaco.. jangan sampai tertipu..

  2. mirip2 kejadian beberapa waktu yg lalu, ceritanya saya mau jual hp di olx, trus ada calon pembeli yang ngaku dari bandung tertarik dengan iklanku, tanpa nego lsg deal dan minta hp yg ku posting di olx dikirim ke alamatnya, ya jelas gk ku kirim. lha wong blm nrima duitnya. trus dia nelf, minta di totalkan sama ongkirnya, sama minta no rekeningku, ya tak kasih aja no rekeningku, beberapa mnit kmudian dia kirim pesan lewat WA, udah transfer disertai foto print atm bukti transfer, lsg aja aku cek saldo dan ternyata saldo gk nambah. pas dia nelf lagi dan tak bilang klo blm ada uang masuk di rekening saya, dia marah2. malah ngatain saya mau nipu dan ngancam2 akan lapor polisi dan minta dana yg sudah di transfer buat di balikin, lah… aku lsg nanya temenku yg orang bank, katanya itu modus penipuan baru. setelah saya cek bukti transfer yg dikirim emang ada yg janggal, jenis huruf di nama, no rekening dan jumlah transfer sedikit beda dengan font standard resi ATM… setelah dia ketahuan mau nipu, nope nya lsg gak aktif…bener2,,, penipu jaman srkarang bikin jengkel, lebih galak penipunya daripada korbannya….

  3. sama kang, saya pernah mau kena tipu tipu model kaya gitu, ceritanya saya jual hp di situs jual beli online, kontak saya sertakan juga bbm dan nomer tlpn, ada yg nge add bbm saya dan langsung sepakat dg harga hp yg saya tawarkan,tanpa nego. disini saya mulai curiga, stelah meminta nomer rekening saya beberapa saat dy kirim pic bukti tranfer lewat e-cash mandiri, dan yg bikin geli itu sang penipu minta saya segera buru buru ke atm mandiri karena dalm hitungan menit dana yg masuk ga bisa di cairkan,kan tambah waras saya kang haha, dari situ saya langsung delcont bbm sang penipu, buat temen temen yg berbisins onlin baik penjual maupun pembeli, sangatlah harus waspada dan jeli sebelum bertransaksi. demikian pengalaman saya kang iwan

  4. Kalo hanya cepet cepetan komen unt mndapatkan reward, menurut saya kurang mendidik, dan tak bermutu. saya tidak tau pertimbangan apa yg dipake dgn cepet2an komen demi reward itu. Kalo tujuannya unt lbh populer, siapa sih dari kita tidak tahu reputasi iwb.com? Yaa sekedar masukan sja, mungkin diundi ato dipilih komen2 yang terbaik sesuai judul. Btw ada tdknya reward, iwb.com telah berkontribusi sbg salah satu obat dahaga bagi kita2 yg butuh informasi ttg otomotif.

    • Kangbro…maturnuwun masukannya. Juozzz tenan. sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa ini hanya untuk ajang seru-seruan. Tiap periode nanti akan kita rubah. Judule wae ben seru dan pembaca semangat. Sekarang pertamax…kedepan bisa saja komen yang ke 50 atau 100. Atau bahkan komen terbaik…opo wae kangbro. Jadi nanti tidak akan fix hanya pertamax. Sebab insyaallah reward ini tidak hanya bulan ini. Saya rencanakan continue dengan hadiah bervariasi. Salam juozzz gandozzzzz

      • setuju kang. lebih baik pakai sistem undian. biar semua pembaca semangat.dan kalau komentar isinya bc tapi menang otomatis hangus hahaha

  5. Jual dan beli udah paling enak di B*kalapak sama T*kopedia

    beli sama jual beberapa kali puas.. laku cepet lagi
    dulu ane penjual di fjb kaskus sama di facebook
    sekarang lapak2 di fjb sama fb kalo minta rekber pasti diarahin ke bl atau tokped haha

    sistemnya udah bagus.. dulu sistem fjb paling bagus sama terbesar, bisa diskusi sama sundul eh malah diganti formatnya fjb, ngerusak lapak… pantes pada pindah.

  6. Kalo saya prnh dpt sms menang undian, tak sms balik: mas , jgn pakai situs gratisan, size gambar jgn kecil trus kalo nulis jgn bnyk singkatan, biar meyakinkan.
    Gitu kang eksperiense saya

  7. kalo saran sih…
    misal buyer aneh, kacangin aja, hemat waktu, ringan beban…
    usahakan jangan nelfon, karena ga sempet mikir, sebenernya bukan hipnotis, cuma lebih ke dibikin panik sama ga tenang aja…

  8. Hati-hati jika sdh ada tanda-tanda transaksi yg tdk wajar. Transfer antar bank melalui mobile banking hanya butuh kode bank (bisa dicek di menu aplikasi/atm, nomor rekening dan nama yg jelas (sesuai rekening). Jika ada permintaan detil selain itu pastinya aneh-aneh

  9. Ekekekek

    Naik perjah Keliling Bukit
    Bukit di daki tingilah Sudah
    knalpot tumpuk bikin mata sakit
    cocok nya Di daur ulang kek Sampah

    Jlub jlub jlub

    Tergunciang

  10. Pengalaman saya jualan online, saya jarang terima call & sudah saya deskripsikan di lapak dgn alasan kalo tawar menawar lebih enak di chat soalnya bs hitung”an dulu sblm kasih jawaban.
    Soal pembayaran saya sediakan bbrp opsi bank, mau trf kesitu ya monggo kalo gak ya silahkan cari seller lain yg menyediakan bank pilihan dia.
    Pengecualian buat buyer yg sudah pernah order & orderan lumayan sering & gak rewel biasanya saya save contact.

  11. Menurut saya, ndak ada yang namanya hipnotis via telp lik…..

    Saya puluhan kali (ketika masih kerja di tempat riba sebagai CSO) sering menerima telp yang ditujukan ke nasabah untuk ditipu.
    Bahkan ada penipu yang telp-nya ndak dimatikan sampai si nasabah bertemu saya.

    Penipu biasanya mengajak berbicara cepat sehingga sulit bagi orang yang baru sekali tahu untuk menyela pembicaraan.

    Iming² uang yang akan masuk atau hadiah yang akan diterima, biasanya mem”buta”kan calon korban. Itulah, sehingga mereka menjadi korban, bukan calon lagi.

    Sampai sekarang, walau sudah resign, bila sedang bersama kawan yang menerima telp penipu, biasanya saya yang melanjutkan bicara dengan penipu.

    Alhamdulillah, masih aman terkendali.

  12. Sama persis ky yg ane alamin 2 hari lalu, ane jual helm diweb situs jual beli ternama, yg beli tanpa nego maen deal aja, trs dy nanya ane punya atm apa via bbm ?

    Ane punya atm bca, dy bilang dy punyanya atm mandiri e-cash, jd bisanya klo transfer ane hrs ke atm mandiri dulu, masukin kartu’a dan bla2 bla2 disurih ikutin maunya dy,

    ane dh curiga, ane cuekin langsung di delcon dluan, wkwk. Untung gk kena. Hati2 kangbro

  13. Selamat Malam menjelang pagi semuanya, terutama pemilik blog ini, mas iwan. sebelumnya perkenalkan nama saya eris, saya salah satu silent reader nya blog ini, dan ini pengalaman pribadi saya. Saya seorang biker baru, motor pertama dan satu-satunya milik saya sampai saat ini yaitu new megapro 2012, waktu saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di jakarta. ketika motor sampai itu juga pertama kalinya saya belajar bawa motor manual / kopling. Saat itu saya sudah menyelesaikan proyek pekerjaan dijakarta, dan ingin hijrah ke batam, terlintas ingin menjual motor, supaya nanti nggak ribet urus surat-surat mutasi dll, pendek cerita saya pasang iklan di OL*, selang 1 jam ada seorang bapak telfon saya untuk nawar motor saya untuk anaknya, tanpa tawar dan ingin mengecek motornya karena bapak tersebut bilang percaya pada saya, bapak tersebut mau bayar DP lewat transfer atm BCA, namun karena ada kesalahan teknis katanya, bapak tadi menyuruh saya cek ke atm, untuk cek langsung saldo saya apakah sudah bertambah, karena saya menggunakan internet banking, dan kemudian saya cek tidak ada saldo bertambah, bapak tadi minta waktu sejenak untuk telfon pihak bank untuk klarifikasi dan meminta saya untuk ke atm BCA terdekat, disini saya masih mengikuti petunjuk bapak tadi, tidak lama setelahnya bapak tadi telefon lagi, dan bilang kalau dia sudah bicara dengan customer service BCA, dan CS BCA nya ingin berbicara langsung dgn saya, disini saya sudah mulai curiga, dan benar saja CS BCA ini menyuruh saya cek saldo lagi, yang mana masih tidak bertambah dan mengarahkan saya untuk mendaftarkan nomor telefon lain untuk mobile banking, CS nya bilang itu kode otoritas mereka tapi kok kode otoritasnya seperti nomor HP, wah ini sudah nggak bener, disini langsung saya potong pembicaraannya dan saya takut-takutin kalau dari tadi pembicaraan ini sudah di lacak polisi dan lokasi mereka sekarang sudah akan dikepung, seketika itu juga telfonnya diputus. Itu salah satu pengalaman saya jual motor di online, dan akhirnya sampai sekarang motor nya nggak pernah jadi di jual, bahkan dari batam sudah hijrah ke bali, ke lombok, dan balik lagi ke kampung halaman tanjung pinang tetap dengan motor yang sama walaupun sudah tidak dengan kondisi standard, modifikasi sana sini. Cerita pengalaman penipuan kedua dialami ibu saya, pukul 5:30 pagi beliau mendapat telfon yang mengaku dari polisi, dan polisi tadi sudah mengamankan adik saya yang sedang pesta narkoba, ketika itu adik saya sedang kuliah di bandung, sontak saja ibu saya kaget karena beliau baru saja terbangun dari tidurnya, beliau sangat panik dan ketakutan, sehingga tidak dapat berpikir jernih, polisi tersebut meminta sejumlah uang tebusan jika adik saya ini ingin aman dan tidak dijebloskan ke penjara, anehnya orang ini tahu dimana adik saya kuliah dan dimana ibu saya tinggal, ini menguatkan alibi mereka ketika itu. Namun saya yang ketika itu disamping ibu saya mendengarkan pembicaraan mereka di telfon langsung saja menelfon adik saya tersebut, dan langsung diangkat, dengan nada-nada orang baru bangun tidur, sekitar 5:45 pagi, dan dia baik-baik saja dikosannya, kabar ini langsung saya beri tahu ibu saya yang panik tadi. Bagaimana jika ini terjadi dengan orang tua lainnya yang ketika itu panik dan akan melakukan apa saja untuk anaknya, ibu saya hampir saja pergi ke atm untuk transfer uang yang mereka minta, tolong sekali lagi di infokan kepada seluruh teman, keluarga dan lainnya, jangan sampai terjadi. Cerita ketiga baru-baru ini, istri saya dapat telfon dari customer service telkomsel Yang mentatakan kalau istri saya menang hadiah, cuma karena malas ngelayanin, ditutup lah sama istri saya ini hp nya, tidak lama hp saya yang berbunyi, dan yang telfon nomornya sama, nomor istri nya dan saya hanya beda 1 nomor, istri saya belakangnya 30, saya 31. Nah ini saya langsung curiga, cuma saya mau main-mainin ini orang, kalau dapat ya syukur, kalau nggak juga puas ngerjain balik orang ini. Dan langsung aja CS nya bilang saya menang 100jt, asik bisa beli motor baru nih. Dan CS nya juga bilang dapat pulsa 500rb, sebentar lagi akan masuk notifikasi di hp saya, karena saya pakai headset, saya bisa langsung lihat ada notifikasi pulsa bertambah 500rb dr telkomsel. Masak sih beneran ini, karena telfon masih tersambung dan CS nya bilang telfonya jangan sampai terputus, saya ceknya via my telkomsel, dan pulsa saya tidak bertambah sepeser pun. Ok ini penipuan, dia mau nipu saya, saya akan tipu dan kerjain balik orang ini, biar pulsa penipu ini habis, saya ulur-ulur waktu. Kemudian untuk mendapatkan hadiah utama yang 100jt, saya ditanya punya rekening bank nggak? Saya bilang punya, bank apa? Saya jawab BCA. Dan langsung aja CS nya bilang apa bapak bisa langsung ke atm? Saya bilang aja bisa, atm BCA nya deket kok, naik motor ngk sampe 5 menit sampai, dan CS nya tegasin sekali lagi jangan sampai telfonya terputus, karena saya bilangnya lagi mau naik motor dan mau cek langsung di *888# apakah pulsa tadi bener apa nggak, saya matiin telfonya, dan cek, ternyata beneran ngk ada, tapi notifikasi tadi masuk lagi. Nggak lama CS tadi telfon lagi, dia nanya kok telfonnya mati, saya bilang aja mungkin sinyalnya tadi jelek waktu saya bawa motor, dan Cs nya lanjut lagi memberikan instruksi, sama seperti pengalam pertama saya tadi, CS ini mengarahkan saya untuk daftar mobile/sms banking, dan saya langsung potong saja, ini nomor udah dilacak polisi, CS nya langsung marah-marah nggak jelas dan matiin telfon. Catatan kejadian pertama pihak penipu dapat nomor dari OLX, dan kalau sudah nyuruh ke atm itu udah nggak bener, hati-hati. Kejadian kedua, penipu bisa dapat nomor dr kerabat atau kenalan baru anda, karena dia bisa tau posisi anda dan orang tua anda, kejadian ketiga penipu dapat nomor tempat isi pulsa, karena nomor yang baru saja diisi ulang pasti nomor yang masih aktif, dan canggihnya mereka bisa munculkan notofikasi di smartphone android saya, ini saya belum nemu jawabannya bagaimana bisa pelaku memunculkan notifikasi ini. Sekian dulu, dan maaf bila tulisannya berantakan, niat saya cuma ingin share, supaya tidak menimpa kerabat-kerabat sekalian, terima kasih dan salam untuk semuanya.

  14. Smoga ora ono sing jd korban lg, Smart lah dlm memilih situs online shop,,Untung lek iwan ora jdi korban modeterasi ehh penipuan online waktu di umumkan jdi pemenang Ninja 250. .
    Very Smart Bro
    #suarahatibiker
    *Kami Butuh Kenyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan*

  15. hmmm. . .makin canggih teknologi… makin pintar modoes yg di pakai. . .
    waspadalah cyber crime menghantoei qita. . .
    Note not Quote : “kewaspadaan menjaga kita dari kejahatan jangan lengah sedikit pun karena kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelaku namun karena kesempatan”

  16. Dua mnggu yg lalu mas. Wajtu saya mau beli hp juga ampir aja ketipu. Lagi nyari nyari. Diskusi sana sini d to**d, eh tau tau ada yg inbok ngasih no wa. Ngakunya dr seller padahal bhong… Aku layanin aja skalian

  17. harus ny dibalik,
    yg dapt reward komenet terahir..
    dijamin rame lah koment ny..
    tiap ada koment baru pasti bakal di timpahin lagi..
    behahaha =D

  18. lah ini kan pelaku sebagai pembeli?
    gimana caranya sampe pelaku menggiring korban untuk transfer..
    padahal korban posisinya sebagai penjual..

    lha wong yg harusnya transfer si pelaku sebagai pembeli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here