​Iwanbanaran.com – Kangbro……sepertinya terjadi pergeseran market roda dua tanah air dibulan November 2016. Dari laporan data AISI yang direkap dibulan tersebut market share Yamaha ditanah air makin tergerus Honda. Pabrikan yang kini mengusung satu atap YIMM dari sebelumnya YMKI yang ngurusi marketing kini hanya mengisi porsi kue 18,9 % dari sebelumnya masih diatas 19 %. Waduh…kenapa ya?….

Dari informasi terbaru yang dirilis AISI, market share Honda bulan November terus menanjak tak terbendung Yamaha. Pada penjualan motor yang mencapai 570.923 unit….pabrikan sayap mengepak sukses mendistribusikan 450.331 unit. Sedang Yamaha nangkring kedua dengan gap sangat jauh yakni 107.501…disusul Kawasaki ketiga dengan 8.104 unit, Suzuki keempat diangka 4,857 unit dan terakhir TVS dikisaran 130 unit…

iklan iwb

Untuk best top ten produk terlaris dibulan tersebut, Beat masih merajai diangka 203,438 unit….kedua 122,658 unit lalu ketiga Scoopy 52.261 unit. Ditempat keempat…Yamaha Mio M3 ternyata lumayan bagus dipasaran dengan 29,044 unit. Dan seperti biasa…sang maxi skuter NMax 155 laris manis direntang 26.826 unit. Angka ini bahkan naik dari sebelumnya yang berada dikisaran 24 ribuan. Welldone buat NMax155….

Yamaha kembali nongol diurutan 8 lewat Fino dengan penjualan 12,466 unit. Namun selebihnya dikuasai Honda termasuk segmen bebek dan sport. Untuk sport CB150R sanggup terdistribusi 15.129 unit. Sebuah angka sangat baik mengingat saingan terdekatnya Vixion terlempar dari top ten. Sedang moped….Supra X125 ternyata tetap disukai konsumen menutup posisi terlaris 10. Dengan seluruh gambaran diatas, maka dibulan November 2016….

Market share grup Astra ini mencapai 78,9 %….dengan tren terus naik. Sedang Yamaha sebaliknya mengalami tren dengan kecenderungan menurun dan kini hanya mengisi porsi 18,9 %. IWB sendiri lumayan mengerutkan dahi….apa ada yang salah dengan Yamaha?. Kalau boleh jujur, mereka sebenarnya memiliki produk ciamik. Nyaris semua line up ganteng dan rupawan…..

Namun strategi ditahun 2016…IMHO mereka cenderung kurang masif akibat kecurigaan yang berlebihan tanpa sudi berkomunikasi secara elegan. Diperparah dengan tindakan “mengkotak-kotak” untuk melakukan publikasi. Jadi seolah-olah sekarang ada blok Rusia vs Amerika. Sebuah tindakan yang sebenarnya nggak perlu karena kita bukanlah politikus. Blogger adalah penulis yang menulis apapun yang ada didepan mata…dilakoni dan fakta dilapangan tentang motor diterjemahkan untuk dishare kepembaca. Itu saja…..

Dibutuhkan marketing secara dewasa, yang tidak memandang media online atau Blogger sebagai alat. Tapi pandanglah mereka sebagai partner. Ingat…partner cak. Arti partner disini adalah…tidak ada arogansi diantara mereka karena saling membutuhkan. Media butuh berita, pabrikan butuh publikasi. Sudah membuang filosofi tersebut…..siap-siap makin dlosor sebab produk tidak akan terpublikasi secara maksimal…..

Blokade informasi yang rugi bukan medianya lho pakde. Tapi sebaliknya. Lha piye……kita ban bocor aja bisa jadi berita…iyo ora. Baut wae bisa menjadi bahan….bener kan (ngelirik bocoran :mrgreen: ). Contoh simpel….IWB aja yang Blogger otomotif baru tahu ada Vixion SE setelah produk wira-wiri didealer selama sebulan lebih. Kuwi Blogger otomotif lho. Piye dengan konsumen….lak yo makin ngaplo……

Last….kritik memang kadang terasa pedas. Namun lewat kritikan kita makin dewasa dan maju. Dengan catatan kritikan tersebut diterima secara dewasa bukan buruk sangka yang langsung direspon negatif. Mungkin publikasi tidak dianggap penting. Tapi diakui atau tidak berkat publikasi yang super masif pula, Honda di 2016 bisa mencapai pada titik sekarang. Artinya IMHO publikasi sangat vital dalam sebuah produk…komponen penting agar biker aware atas kehadiran dan keunggulan produk itu sendiri. Semoga Yamaha bisa bangkit sehingga kompetisi kembali seru seperti masa lalu. Menguasai seluruh kanal digital dengan strategi cerdas ciri khas dari pabrikan garputala. Semoga saja kangbro…..(iwb)

Penjualan 10 motor terbaik November 2016

1. Honda BeAT Series: 203.438 unit

2. Honda Vario Series: 122.658 unit

3. Honda Scoopy: 52.261 unit

4. Yamaha Mio M3: 29.044 unit

5. Yamaha NMAX: 26.828 unit

6. Honda Revo: 17.963 unit

7. Honda New CB150R: 15.129 unit

8. Yamaha Fino: 12.466 unit

9. Honda Supra X 125: 12.060 unit

10. Yamaha Soul GT: 10.345 unit

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

279 COMMENTS

    • Diluar fby yg nunggu aerox 155, nunggu vixi, nunggu r15 n pecahnya kongsi ke nmax..yamaha emg bertele2 lek, mau ngasih new vixi alakadarnya…

      • FBY emang gitu

        Entar aerox udah keluar jg bakalan nunggu new aerox, klo new aerox udah keluar, pasti nunggu all new aerox, dsb

        Intinya ga mau beli, cuma nunggu

        Hahaha….

        • Sekedar info kang,…

          Untuk menggenjot MS yg tergerus nanti klo mau beli motor Yamah* bisa peke uang monopoli kang dan harga jual kembali ditentukan dengan sistem kiloan.. Dengan cara ini diharapkan life cycle motor Yamah* semakin cepat berputar dan MS akan naik signifikan..

          Dagh gtu saza kang infonya..

    • Suzuki dan honda punya sport sohc dan dohc,untuk komuter sohc dan sport premium dohc 6 speed.yimm 150cc cuma punya sohc,ibarat kata selevel sama verza dan thunder???

      • Vixi kena bidik honda,tumbang juga.sekarang r25 sedang dibidik honda,lihat beritanya begitu cbr250rr sudah didistribusikan secara maximal???

    • ♫═♥♥═♪♪ ?Mãřqůëžż93? ??? "Ťhę Ñêxţ Lęğēņđ Øf MőtöĞP" (ĐØHÇ H*ņďå = Mötõřņýą §äņğ Jüāŕã?) *´’`°¤?¤°´’`*

      H*nda adalah kenyamanan
      Teruji dan terbukti!

    • Efek ROSSI gagal jdi juara motogp kang…trlebih motor yamaha rossi prnh gagal race krna problem mesin..berasap..yamaha kurang dominan di motogp tahun skrang yg dominan justru honda..mungkin ini kali jdi konsumen di indonesia nglihatnya honda sdng bgus2 bbrp thn ini

    • Meningkatkan kualitas pelayanan..

      Berarti harus ada riward.. unt karyawannya..

      Harus ada riward unt loyalitasnya.

      Harus ada riward.. unt pelanggan baru..

      Dan smw riward itu membutuhkan dana dan anggaran yg tidak sedikit..

      Tapi entah knp Yamaha g pernah PD bersaing dg Honda.

      Kita tau produk YAMAHA itu bagus murah..

      Sllu lebih murah dari Honda

      Alhasil g bisa berkembang..

      Identik konsumen YAMAHA itu miskin. Pelit.. FBY bgt.. yg taunya Murah..

      Beda dg konsumen Honda biar lebih mahal tetap pilih Honda Karna kepuAsan layanan.. bukan Karna diiming imingi lebih murah.

      FIX YAMAHA HARUS LEBIH MURAH DARI HONDA. Terus gimana mw berkembang.

  1. ♫═♥♥═♪♪ ?Mãřqůëžż93? ??? "Ťhę Ñêxţ Lęğēņđ Øf MőtöĞP" (ĐØHÇ H*ņďå = Mötõřņýą §äņğ Jüāŕã?) *´’`°¤?¤°´’`*

    H*nda Jooozzz

    Nyang penting DOHC Superior!!!!

  2. ♫═♥♥═♪♪ ?Mãřqůëžż93? ??? "Ťhę Ñêxţ Lęğēņđ Øf MőtöĞP" (ĐØHÇ H*ņďå = Mötõřņýą §äņğ Jüāŕã?) *´’`°¤?¤°´’`*

    H*nda, didukung oleh produk dgn kualitas yg sempurna, mekanik yg handal dan aftersales yg terjamin.
    Jangan ragu lagi, pilih H*nda jangan yg lain.

    Nyang penting DOHC Superior!!!!!!!

  3. Neng blog sebelah arep oleh Pertamax gampang banget, neng blog e kang Iwan angele koyo nglamar artis..aku wes lempar handuk kang..xixixixixi

      • Lha tenan e kang..aku sing selama ini jadi SR blog sampeyan nyoba2 keberuntungan setelah ono kompetisi Pertamax..pokoke modal yakin menang..eh, jebule Cen uuaanggeell tenan neng blog kang iwan..

        Kuwi tandanya blog sampeyan laris manis tanjung kimpul kang..sukses selalu ya kang, blog sampeyan gaya bahasanya lugas dan lucu..itu yg bikin saya terhibur..apalagi ada Mbah Darmo..hehehe

        • Maturnuwun alhamdulilah kang. Berkat dukungan sampeyan semua pastinya. Tapi soal darmo ancen jaluk disulam alis koyone. Sitik2 ngomongne rekening…durung digaji kang kayaknya :mrgreen:

  4. ♫═♥♥═♪♪ ?Mãřqůëžż93? ??? "Ťhę Ñêxţ Lęğēņđ Øf MőtöĞP" (ĐØHÇ H*ņďå = Mötõřņýą §äņğ Jüāŕã?) *´’`°¤?¤°´’`*

    TVS koq bisa laku 130 unit yg beli siapa yaa?????
    Penasaran euy

    • Buka mata dan telinga, kalo dibanding dgn produk2 populer tdk kalah dlm hal durability, kenyamanan dan material produk. Emang sdh punya produknya ente sebelum ngomong.

  5. Iyo kang. Publikasi sama dengan ajang promosi.. istilah e lek tertutup rapet gk onok sing ngerti.. yo ra payu dagangan kang.. po meneh honda supermasif promosi ne, samsat ae banner e honda matic kabeh jhe ^_^

    jangankan ban bocor lek, ruh wong nyetir motor gawe sikil wae dadi berita.. yo ora ?? Hahaha. . . .

  6. Pabrikan yg terlalu budek, pelayanan 3s kurang memuaskan apalagi klo servis motor taun lawas, sales yang jualan kadang disusahin klo cash terutama viksen & nmek

  7. yamaha itu budek gak ketulungan ,mereka dengan pd nya me eluh”kan produkx sendiri tanpa mendengar masukan konsumen .

  8. Honda sekarang filosofinya udah kyk dagang hand phone kang.ketika produknya nggak diterima oleh pasar langsung melakukan improve dan upgrade.jadi mengikuti kemauan pasar. pasar indonesia udah di jadiin R n D .kalo yamaha kan msh mengekor ke india dan jepang.jd produknya kurang diterima di indonesia.dan image “motor ya Honda” udah mendarah daging di indonesia.

  9. jika ada pertanyaan “kenapa”..
    saya jawab “karena”.
    karena banyak blogger yg mmblow up produk AHM..
    itu aja..

    • Mungkin para blogger juga bingung. Apa yang mau di blow up dari yamaha??? Mungkin blogget pada kesulitan cari info karena yamahanya juga kurang kooperatif. Kalau honda yang saya liat di tahun ini sangat kooperatif sih dengan para media, gk cuma blogger, majalah otomotif juga lumayan di rangkul. Jadi mungkin kalau yamaha sedikit lebih terbuka, setidaknya ada aja kabar burung / berita baru tentang yamaha yang sampai ke konsumen. Jadinya konsentrasi konsumen terpecah dong, gk terpaku hanya pada produk honda

  10. Pesen lekk iwann karo Yamaha
    Ne gawe iklan jo lebayy lebayy
    Sing balap mbi ceetah , jembatan ambruk , balap mbi roket , bergaya sinchan contoh Iklan honda simple tapi mengena ke kebutuhan masyarakat pentg kie
    Sing paling maen bagus iklan yamaha ya kur iklan yamaha Fino tok ora lebay siip..desain boleh sangarr tapi jangan extrem kya R 15 sama XABRE ..metik ja gembrot lemuu ginuk ginuk bngt lhh..

    • Yg lebih parah,BLUE CORE LEBIH IRIT 50%!!perbandingan dg mesin mio 2008,ditulis dg huruf kecil bgt???orang yg g faham,disangka lebih irit 50% dari motor2 injeksi yg ada???

    • Mbah bagus nya pabrik alihkan keluar negeri, jgn suruh jualin lg di indo wkkakwkaa.. Alesan macam anak sd aja ente ????

    • kalo menurut ane ini nih masalah nya… ketika ada masalah dengan sombong nya mengatakan rapopo… produk kompetitor di gamparin salah dikit ge, ya jelas mudah benerin yg jd topik trending daripada yg di umpetin, dibelain…. yo wis lah karepmu…

  11. Iklan yamaha jo lebay sing balap mbi ceetah jembatan ambruk klambi podo sobek…balap mbi roket …lebayyy gaqe iklan sing mengena kesehariane masyarakat kaya iklan honda contone ga lebayy ..yamaha iklan sing juozzz kur yamaha Fino tok tembe waras kuwi.

    • Bukankan sport dikuasai honda,dan fby beralih kematic.sampai sport yimm mau dipasangi mesin n max sohc vva,dan r15 pakai sulam alis???tuh baru tante2 berjenggot..jlub

  12. Sebener nya simpel kang, yamaha itu pelayanannya ga seramah honda. Banyak dari kenalan ane yg kepincut ma produk yamaha, tapi pas maen kedealer kaya dicuekin kang, pa lagi kalo pakaiannya biasa aja. Beda ma honda ditempat ane, dateng langsung disambut senyum kang. Mungkin buat masukkan yamaha agar para sales nya dibuat seramah honda. Soalnya mindset orang indonesia itu, pembeli adalah raja, masa raja dicuekin. Kalo pelayanannya seramah honda ane yakin market share nya bisa naek.

    • Sekedar info kang,…

      Untuk menggenjot MS yg tergerus nanti klo mau beli motor Yamah* bisa peke uang monopoli kang dan harga jual kembali ditentukan dengan sistem kiloan.. Dengan cara ini diharapkan life cycle motor Yamah* semakin cepat berputar dan MS akan naik signifikan..

      Dagh gtu saza kang infonya..

  13. YIMM KRISIS SDM. Terutama bagian Desainer dan bagian marketing & Promotion. Padahal dua hal ini dl merupakan kekuatan Yamaha. Silahkan yg berminat mau ganntiin Pk Masykur, ajukan lamaran !!! he he

  14. kalau kata darmo yahaha lbih suka kipas2 dolar,
    coba itu darmo dinaikkan jadi -pejabat teras- sekalian nyapu dan nge pel
    ekekek

  15. Ini salah satu dampak karena leasing yamaha terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya

  16. jos lek (y) jujur produk yamaha sbnre luwih keren2 lek. cuma ya itu publikasi nya kurang di bandingkan pabrikan H
    pabrikan H terbuka untuk media, gk prlu bayar mahal untuk ngiklan sdh di ulas di bikin artikel secara gratis oleh blogger & media (y) jd setiap mnggu nya pasti ada berita tentang honda dan itu menurutku cukup signifikan krna masyarakat kita skrng lbih terbuka di media sosial. yamaha akhir2 ini jrang bget nemu berita nya jd gmna mau di kenal produknya pdhal produknya keren2
    andai yamaha ngk b*deg kyk skrng (y) produknya pasti bisa naik lgi

    • Produk keren itu relatif, siapa yg melihat. Dan terbukti honda lebih bisa diterima oleh masy luas yg notabene gak usah/pernah liat media ini itu. Mungkin sejak dulu sudah ada mindset; sebutan motor itu “honda” sampe sekarang, hondamu merk opo?

    • Joss itu relatif mas bro
      keren bagimu mngkin engga keren bagiku atau sebaliknya.
      bukti lapangan yang berbicara.

  17. Smoga data ini mnjadi cambuk pnyemangat pabrikan utk mnghasil kn produk sesuai ekpetasi konsumen tanah air ..
    # Kami Butuh Keyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan ..

  18. Ini salah satu dampak karena leasing yamaha terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya..

  19. Ini salah satu dampak karena leasing yam*** terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya..

  20. Belum pernah beli motor yamaha. Dgn harga yg sama, saya kira motor honda lebih value for money. Kecuali nmax dan aerox, setuju lebih value for money, dibanding vario 150. Pingin nanti xmax 250, jadi motor pertama saya merk yamaha, semoga max 46 jeti. Aamiin

  21. Produk joss apa engga tu tergantung pandangan masing” konsumen.
    konsumen yamaha bilang produk mereka jos ,, begitupun dengan konsumen honda.
    kata” joss itu cuma opini sodara”,, IMHO nyaman , brand + harga bersahabat masih jadi nilai +

  22. kan bisa saja anda tidak membeli produk yamaha karna dibohongi oleh statement orang orang kalo produk yamaha jelek.
    wkwkwkwk

  23. Tampaknya pengaruh menjauhnya YIMM dari Blogger berpengaruh sekali terhadap nama besar mereka. Masyarakat sekarang lebih percaya kepada blogger (yg punya integritas) dalam menentukan pilihan mau beli motor apa. Review dari media massa seperi motorplus dan otomotif kini setara dengan hasil uji harian suatu motor yg pabrikan titipkan utk direview. Semoga YIMM dan juga pabrikan lain sudi menjalin kembalik hubungan baik dengan para blogger

  24. Kesalahan Yamaha:
    1. Petingginya baperan (khusus wakil dari Indonesia)..
    2. Media dimusuhi tanpa adanya solusi cerdas..
    3. Gak mau dengerin kritik dan masukan mayoritas konsumen, bukan cuma dari FBY tapi juga dari konsumen netral..
    4. Tenaga marketingnya kurang pembinaan, kurang sigap dan cekatan mencari dan mendapatkan kepercayaan konsumen..
    5. Distribusi produk kurang merata terutama di kota” kecil..
    6. Dll
    Selama itu gak ada pembenahan, jangan harap MS naik signifikan.. Ekspor emang bisa menyelamatkanmu sesaat, tapi MS dalam negeri bisa menghancurkan perusahaanmu selamanya..
    Contoh mirip liat aja PT. SIS gimana sekarang, semoga petinggi YIMM baca..

  25. .. produk2 ganteng dan rupawan?

    Sampeyan ki nyindir opo piye, kang? Kita semua tahu YIMM kedodoran di design and build lini2 bawah mereka. Dan mereka lambat mengantisipasinya. IMHO.. ini salah satu yg bikin pangsa mereka tergerus.
    I love Yamaha, I own a Yamaha. But they gotta do something about it.

  26. Yamaha merasa marah mgkn sm bloger yg dicap pro k honda, pdhl yg tukang fitnes itu dharmo kecoak dan kroco2nya….dasar kampret!!!
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  27. Heheeheh
    Garda depannya diisi orang2 payah haus duid bukan loyalitas penuh!
    Liat orang mo beli cash gak ditanggepin, pdhal kalo cash disamperin genjot terus penjualan.

    Garda depannya harus di training dulu itu biar pada gak haus duit, kasian kan pada gak dikasih makan siang, rokok ama kopi doang.

    Kasih oplosan bonus ama duit lah. Biar semangat jualan bukan dari finance gak jelas

  28. Pecat tuh orang2 gak kompeten, rekrut orang2 fresh berjiwa muda dan fighter!

    Ajak rekreasi orang2 yang pinter nyari solusi penjualan!, kasih reward! Jangan nasi kfc mulu

    Produk yamaha gak jelek-jelek amat kaya honda lah tapi masih jauh dibawah suzuki, produknya lebih beragam! Tapi jiwa marketingnya pada bloon2

  29. Jangan kasih ampun para penjilat yang menjauhkan dari fakta kenyataan bahwa penjualan makin menurun!
    Bandingin tahun 2008-2010 saat jaya2 nya yamaha hitung ada berapa jumlah produk tersebut bandingin ama tahun 2016!

    Ms 44,9% vs Ms 18%

    Hitung sendiri jumlah produknya

    2010 yamaha pernah menggilas honda dalam satu bulan, dan menempel terus tiap bulan!

    Intropeksi
    Ralat semua produk reject
    2017 kasih all new!
    Perbanyak gimmick dan direct selling!

    Buang sdm mahal gak guna

  30. Daftar peringkat di atas bersifat final dan mengikat dan tidak dapat di ganggu gugat, Kecuali sampai ada peningkatan produksi dari masing-masing peserta untuk menarik hati konsumen sebagai juri . .Wis ngono ae
    #suarahatibiker
    *Kami Butuh Kenyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan*

  31. blok mazapahit ini pasti maksudnya… Wkwkwkwk salah sih yamami coba sales marketing e darmo dan kawan khawinnya di jamin ga sampe satu Bulan…… Tutup… ? “yang penting kipas kipas dolar coy” (menghibur diri mode on)

  32. Sampean jg turut ikut andil lek iwan.moso pas artikele yamaha ono kalimat mbrodhol jenggote.maksudnya sampean mbrodhol jenggote pak masykur yimm gt ?..wah ngawur sampean..hehehe..jgn salahin yimm klo jd baperan gt sama sampean

  33. Liat komen2 sebelumnya

    Vixi gak perlu dohc karena sohc dah advance
    Gak salah, tapi liat market donk dul!

    Liat honda dohc wala-wala laku kan padhal rasa sohc belom aja ketemu ama real dohc 19,9

    Kenceng dikertas gak kenceng dijalan
    Mang orang peduli

    Liat noh hape sekarang gede2 pixelnya padhal aparaturnya kecil- kecil, alias zonk gak bisa disamain ama hp high level padhal sama2 16mp

    Tapi orang berbondong2 beli! Hp china/korea/taiwan dengan mp yg besar

    Harbolnas padhal harga sama aja cmn mainan gimmick harga! Ama bonus gaje
    Tapi orang berbondong2 beli

    Kalo yang pinter pasti tau maksud gue kecuali para penjilat2 bodoh yang gak ngerti karakter market indonesia!…

  34. Liat komen2 sebelumnya

    Vixi gak perlu dohc karena sohc dah advance
    Gak salah, tapi liat market donk dul!

    Liat honda dohc wala-wala laku kan padhal rasa sohc belom aja ketemu ama real dohc 19,9

    Kenceng dikertas gak kenceng dijalan
    Mang orang peduli

  35. Liat noh hape sekarang gede2 pixelnya padhal aparaturnya kecil- kecil, alias zonk gak bisa disamain ama hp high level padhal sama2 16mp

    Tapi orang berbondong2 beli! Hp dengan mp yg besar

    h a r b olnas 1212 padhal harga sama aja cmn mainan gimmick harga! Ama bonus gaje
    Tapi orang berbondong2 beli

  36. Kalo yang pinter pasti tau maksud gue kecuali para penjilat2 bodoh yang gak ngerti karakter market indonesia!…

        • Lo beli dengan harga yang sama pilih mana?, dapet 1 atau dapet 2

          1 bungkus atau 1 bungkus extra piring/minyak 1 lt

          • Ucrit

            Lah itu maksud gw!

            Kalo mo vixi survive lo kasih dohc… event itu gimmick doang cem dohc honda

            Jangan kekeh ngelawan pasar!

            Liat mio, cbr250, fu

            Liat maintance vario, cbr, beat

        • Kalo fitur sama bonus udah seharusnya kali…

          Kalo cuman modal jualan gimmick, paling laku 3 bulan doank, selebihnya udah pasti kembali ke habitatnya…???

          nah sekarang mana yg cuman jualan gimmick…??

          • Lah lo pikir dohc yang selevel sohc yamaha bukan gimmick?, doch mustinya powernya bisa lebih gede!

            Lo liat led ama bohlam fungsi sama tapi lebih keren mana- itu masuk gimmick bos

            Yah lepas dari itu pan dah gw bilang tadi, garda depan garda depan!, satu kesatuan lah, kaya tombak
            – ada gagang ( produk )
            – ada mata tombak ( sales )
            – ada ikatan tombak ( strategi )
            – ada pewarna tombak biar seram

            Kalo salah 1 gak kuat yah buyar!

          • Ya ngapain jualan gimmick doank sekarang..?
            Emang sekarang konsumen gampang dikadalin..?? ??

            Ya dipikir lah, nantang ya nantang selevel, ntar kalo g selevel ngeles mulu..??

            Dikasih lawan selevel mana yg sukses..????

            Gimmick itu harus normal/standart lah, bukan gimmick macam jembatan roboh/baju compang camping…???

  37. ane nambahin ya..
    emg bener komen2 yg di atas. sebagai pelanggan (karena ane pengguna nmax) pelayanan servis di yamaha jaaaaauuuh banget kualitasnya kl dibandingin honda. dl ane nyeplak old cb150r, kalo servis pelayanannya super. fasilitas tempat servis enak. nah begitu gabti ke nmax trs servis, puter2 tempat servis di jogja yg bisa kasih pelayanan yg paling gak mendekati ahass gk pernah nemu. di dealer yamaha jg motor dipajang ala kadarnya. cari sparepart ori susahnya mibta ampun, janjiin seminggu ini udah sebulan kagak dateng2. pantesan konsumen banyak yg gk nglirik yamaha.
    masukan buat yamaha, kuping budeg karena banyak kopoknya mah gpp, asal jg lupa rutin dibersihin ya. itu omongan konsumen banyak benernya

    • Gue dr dlu udah bilang .pelayanan sales Yamaha itu gebleg ,pengalaman beli x ride dulu,kalo dteng ke Honda dah ketahuan mau masuk dsmbt dgn senyum nawarin enak pokok nya ramah,berbnding kebalik dgn Yamaha kt dateng liat2 mtor nya g ada yg peduli,gliran nanya mtor nya harus ada uang jd ,apalagi mo beli cash ya dicuekin ,makanya udah pd males k Yamaha!

      • Oh, pantesan Honda lbh laku dari yamaha kalo bgtu cara perlakuannya.

        Di yamaha, konsumennya sendiri yg udah berjasa beli produk dia dijutekin & dicuekin.

        Di Honda, disambut ramah penuh perhatian & kepedulian.

        Orang2 anggep produknya keduanya 11-12, sama aja, ya mending pilih yg bisa ramah & baik sama konsumen.

        Semoga Suzuki tiru Honda soal cara melayani konsumen ini

  38. hmmm. . .dgn produk yg ad skrg aj ahm udh bgini…apalagi jika HONDA REBEL 150 jdi di bikin ahm…hmmm moga ahm mengerti tulisan ini …
    Note no Quote : “pikiran orang tidak ada yang tau, namun tingkah laku dapat mempresentasikan pikiran mereka”

  39. makanya jangan cuman jas jos doank…
    tapi beli kaga… 😆 😆

    emang pabrikan jualan jas jos doank gitu… 😆 😆

  40. mantab kang..sebenarnya bukan urusan kita2 mana yg lebih unggul..cuman sekedar pemberitaan saja..cumn kadang miris klo sampe tutup..trs yg dah trlanjur beli produknya akhirnya bingung mau nyervis di dealer resminya..(semoga aja nggk sampe segitunya..wkwkwkwk).ea udah lah..selamat buat AHM udah terkabul keinginanya merajai si semua sigmen..

  41. Maaf…
    Peduli amat market”
    Yg untung mereka.. Yg kaya jg mereka
    Kamu bisa apa??
    Ngurusin hidup sendiri aj blm becus…
    Lbh baik bahagiakan org tuamu dan keluargamu..
    #silentrider

  42. Kalau di kota saya di Jawa Timur. Kalau mau beli cash Yamaha, harus traveling 100km ke kota sebelah dulu baru bisa ketemu dealer yang bisa cash dan harga normal. Soalnya kalau di kota saya, semuanya minta kredit. Kalaupun mau cash harus upping price. Beda sama Honda, walau masih satu kota, kalau misal di dealer A gak bisa cash, tinggal saja ke dealer kecamatan sebelah yang mau terima cash. Pembeli kok dipersulit.

  43. Cuma share, pernah ke dealer yahama beli tunai dibilang stock gk ada, tp kalo kredit di bilang ada ,mau gk mau konsumen harus kredit, utk kenal owner dealer… Kepala marketing nya langsung di tegur ..-akhir kata gue senyum manis si sales senyum sinis.*based on true story*
    (Nb; motor udah kejual durability ancur )

    • Beli metic Sales mepetan,, bawa brosur!!! Pas bilang cash!!! Bubar dh hahahaa,, Kalimantan ya ini, ga tau daerah Laen ?

      Plat no, 1 stgh TAON baru keluar gile bener,,, tak sumpahi kebakaran tuh diler ?

  44. kalo di lihat tren turun nya penjualan yamaha itu sejak bubar nya ymki, dan di satukan dengan yimm, marketing ymki dulu tuh bebas mau masuk jam berapa aja terserah yg penting target penjualan tercapai, bonus pun besar jika melebihi target pnjualan tapi setelah gabung yimm aturan jam kerja pun di berlakukan masuk jam 8 pulang jam 16:30 ga ikut aturan siap kena sanksi, bonus pnjualan pun di tiadakan, jadi mau jualan banyak atau dikit itu sama aja ga ada bonus, dan menurutku itulah yg membuat marketing yamaha memble, akibat nya pnjualan pun tiap tahun nya terjun bebas

    • Bener bro,,, sekarang sanksi pun sangat bnyk,, uang bonus pun bnyk dikurangi bahkan ditiadakan, sama kasian yg kampasing uang mkn ga ad, padahal seharian tuh Sales keliling2,, mang mobil aj yg perlu mkn,,,

      Ikut berbela sungkawa saya?

  45. Jd ikutan komen..heheh..

    BAHAS DARI SISI MEDSOS AJA:

    sekarang semakin mudah menyebarkan informasi bisa lewat media murah internet melalui blogger dsb. (Dulu cuma lewat tv, radio, cetak, yg aksesnya susah bin mahal).

    Harusnya medsos itu dimanfaatin. Jangan malah dimusuhin, baperan, kaya anak abg aja…
    Kalau perlu strateginya mana yg kelihatan cenderung sebelah manfaatin, sebar info tentang keunggulan sebanyak2nya biar yg berkunjung lihat keunggulanya…

    Jangan hanya di media2 yg condong ke dia aja… yang lihat ya itu2 aja… gak ada penambahan konsumen yg berbeda2…mana yg berkunjung hanya itu2 aja…malah hasilnya saling baperan sambil hina produk lawan…wkkkkk

    Yamaha itu jualan produk, bukan mau bangun negara, jadi gak ada batasan2 tertentu yg harus dijaga, gak usah mengkotak-kotakan diri dgn istilah, yg beli smart, ini motor juara balapan, dll… utk konsumen umum belum urgent itu…
    Sekali lg ingat yamaha jualan, bukan tinggi2an teknologi macam perang dingin yg perlu pembuktian, cukup penuhi keinginan konsumen (sesuai budget & hitungan teknis). Terserah mo dibilang gimmick ato apalah.

    Intinya MANFAATIN MEDSOS YG SAAT INI MASIH MURAH & MUDAH.
    Perusahaan gede2 yg lain aja ada istilah spyagent segala… gak usah memusuhi medsos2 yg cenderung ke lawan, tapi rangkul manfaatin.

    Utk kang iwan & blogger2 semua biarin dihina yg komen sampe tanganya kriting (ngetik), pada kenyataanya anda2 juga yg kipas2 uang (dari iklan, dll)… wkkkkkkkk

    • Nyimak…komennya dalem bener pakde. Tapi sing terakhir kipas2 uang ki makjleb seger tenan. Aku mung iso jawab aminnnnnn hahaha

  46. YMH dari dulu sudah membidik Beat, Vario dan Scoopy, sayangnya strategi yang dipakai masih strategi setengah hati, harusnya mereka bisa menciptakan produk yang cocok untuk segala rentang usia, Beat dipakai usia 17-65 tahun cocok, mio dipakai usia 35 tahun, kesannya Childish. Vario dipakai semua kalangan usia kelihatan berkelas dan elegan, lagi – lagi xeon dan soul GT hanya cocok untuk usia remaja, sedangkan usia diatasnya mereka nggak concern di situ, salah besar nya disitu

  47. anggap saja hp high class itu samsung yak,smpai saat ini masih memimpin pasar.artinya konsumen udah cerdas ya walopun ada yg murah dan fitur sama misalkan.

    artinya? yg berkualitas yang laku

  48. cara marketing terbaik adalah biarkan produk itu sendiri yang berbicara, baik tentang kelebihannya maupun kekurangannya. semasiv apapun program marketingnya, setenar apapun figur brand ambassadornya, sebesar apapun diskon yang diberikan, tetapi kalo memang pada dasarnya produk itu lemah/buruk dan tidak terbukti baik sebagaimana yang dipromosikan, jangan harap produk itu bisa berhasil.

    #testimoni orang yang puas dengan sebuah produk, akan mendatangkan pembeli pembeli baru berikutnya terhadap produk itu.

  49. Kita yang ribut sesama fb, yang ketewa siapa ayo…? Ya pemegang saham lah. Apalagi pemegang saham grup astra, weis ini mesin uang super. Mereka tertawa dengan gelimang uang, kita ribut dan termehek-mehek nyicil motor. Mari kita bersikap dewasa, oh ya….semoga pemilik saham astra orang paling baik sedunia, cinta sama indonesia dan rakyatnya. Wong dari jualan mbiiit dapet triliunan yah….lumayan buat bikin jalan mulus…:-)

  50. Menurut saya sih kang, nantinya sport yamaha bakalan senasib sama mio. Yamaha udah kalah langkah, nanti vixion major change, mungkin cb bakal minor change. Liat aja satria, dari berbagai sisi satria FI menang, tp penjualan ttp tertinggal sama sonic, hal yg sama mungkin bakal terjadi sama vixion IMHO

  51. Bkn sekedar soal strategi marketing..utk wujudnys produk yamaha udah bagus tp maaf soal kenyamanan mulai dari bebek,matic sampai sport yamaha kalah jauh dari honda selain itu postur motor yamaha rata2 ndeprok semua itu hal2 yg hrus dibenahi yamaha agar bs bersaing kembali

  52. Mio vS beat..mio tumbang
    Cb vs vixion..vixion tumbang

    Sama sama pemain utama di klasnya
    Mio gagal mendapatkan gelar & juga vioxion thn ini gagal mempertahankan gelar yg dikuasai bertahun tahun….,

    Salam 78,9%

  53. Persaingan Market belum dimuali lek….wajar Honda nangkring paling tinggi secara produknya kan sudah READY FOR SALE semua, sementara 3 pabrikan masih perispan di 2017, Yamaha masih persiapan Facelift Vixion, R15, R25 dan Mio SSS serta peluncuran produk baru Tmax dan Aerox baru dimulai 2017. Suzuki baru Sale GSX-R/S di 2017, Kawasaki Versys juga baru dimulai 2017. Jadi wajar Kue yang harusnya dinikmati Yamaha, Suzuki dan Kawasaki sekarang dinikmati Honda sendirian, tapi mulai Januari 2017 jangan harap Honda semakin menjauh dari 2 pabrikan lain, karena GSX-R/S sudah Ready, mungkin ketambahan DR200, Kawasaki Versys sudah siap, Yamaha Vixion, R15, dan R25 yg di Facelift sepertinya sudah siap turun, Aerox sudah siap ngerecokin Beat dan Vario (Jelas dan Pasti), Nmax makin tak terbendung, Dan dikala itu Honda yang pegang Roti gede siap siap di coel coel sama Yamaha, Suzuki dan Kawasaki, disamping itu Kawasaki konon ga tinggal diam dengan kedatangan CBR250RR, trus Teknologi yang diusung produk Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki yang sudah di Facelift bahkan produk baru ini Berteknologi tinggi yang manan produk Honda belum memilikinya. Suzuki GSX-R/S jelas Power besar + ada tambahan Fitur Keyless untuk GSX-Rnya, bisa jadi DR200 segera nongol, Vixion kemungkinan All Lamp LED + USD, R15 All Lamp LED dan mungkin juga USD, R25 juga kemungkinan Power nambah + USD + LED + Keyless tak menutup kemungkinan, Aerox jelas Keyless, Sock belakang tabung, ban gede, 155 cc, body sporty…..Klo liat Fitur dan Teknologi yang diusung oleh 3 pabrikan GSX-R/S, R15, R25, Vixion, Aerox dan Tmax produk Honda paling tertinggal karena semua produk Honda yang dijual di Indonesia sekarang belum ada yang menyematkan teknologi seperti 3 pabrikan diatas, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki dengan spek dan produk sekelas. Power Besar + Keyless + LED = GSX-R/S, Facelift Vixion kemungkinan USD dan CB150 R blm USD, R15 USD + LED + Keyless kemungkinan sedangkan CBR 150 blm USD dan belum keyless, R25 kemungkinan USD, LED + Keyless, CBR250 USD tapi belum keyless, Aerox 155, Shock belakang tabung Double, ban tubeles besar + Keyless, sedang Vario Shock singgle non tabung dan blm keyless, Nmax tak da lawan, Tmax tak da lawan.
    2017 HONDA BISA SELAMAT JALAN klo ga segera Update teknology yang setara atau lebih.
    Hanya mengandalkan Body lancip-lancip + Striping + iklan + 3S ga akan cukup, masyarakat sudah semakin pintar dengan adanya Dunia Maya semua info bisa dishare dan bisa dipelajari.
    TY

    • Sebenernya setuju sama abang ianone diatas, tp jangan lupa honda “modal” nama yg suka ga suka terima ga terima ya emang udah dipercaya masyarakat. Semoga aja honda ngga monopoli pasar, yg mungkin bakal berakibat kompetitor pada cabut dr Indonesia IMHO

    • Pcx lokal g diitung..?
      Tiger reborn g diitung
      CB 250 g diitung.?
      Scoopy ring 12 g diitung..?

      Biar gesex power gede lu mau jualan dimana…??
      Lu dapetin delernya udah syukur banget..???

      Berharap vixi bermain total yg kau harapin ya boleh-boleh aja, cuman ntar mau dijual berapa..??
      Kau pikir nambah banyak fitur dg penjualan perusahaan kecil berani all out..??
      Iya kalo berani, kalo kaga apa yg diharepin..???

      apalagi sekelas mio, udah berapa kali facelift nyentuh Beat aja kaga mampu..???

      • Setuju bre, vixi SE modal USB charger + Visor pelangi + templek’an putih nang knalpot ae harganya melonjak 1,5jt, apalgi ntar tambah USD, keyless, dll, bangun bro anda sedang mimpiìiiii

    • Komen sampeyan lucu. Honda bakal diem saja kalau yang lain kasih lebih? Guyon kamu.
      Ini Honda lek. Elu jual, gue beli. Wkwkwkwkwk
      Maaf kalau dikira menyindir ???

    • Kakean kemungkinan awas bangun dari tidur nyesel pingin ngimpi maneh, ikulo buktine di artikel ipul piksen anyar mben masik teleskopik, ada pembuktiannya, real product nya gak dikasi janji janji surga aja
      Ngomongin bebek super penerus jupi z dikasi lexam
      Penerus matic keok xeon dikasi aerox.
      Jujur 2 motor penerus itu baru sekali ketemu di jalan setahun ini
      Bukan ketemu di diler / gudang lo ya, di jalan dipake sama user
      Bangun bangun uda hampir 2017 jangan kebanyakan zzzzzzzzzzz / ngimpi aja

  54. Yamaho all out?

    ..too good to be true 😀 😀

    SEKARANG standard product yg dibikin kompetitor makin tinggi, standard yg pesimis bisa diikuti oleh yamaho dgn kualitas yg seimbang, real power masing-masing pabrikan dituntut dibuktikan saat ini mana yg innovatif atau cuma lari di roda hamster — innovatif bukan cuma dalam hal kualitas product tapi juga services dan mentalitas si pabrikan 😀

  55. @113.Ianone – December 12, 2016

    sejak 2007 yahama sudah memproklamirkan, ” TUNGGU TAHUN DEPAN YAMAHA AKAN BANGKIT”
    tapi sampe saat ini mo lebaran kuda, yamaha kaga pernah bangkit2… itu aja sudah menjadi pegangan sebagai PHP tok. selebihnya omdo…

  56. Brosur yamaha gak tertulis uang potongan DP, kecuali konsumen yg nanya, beda dengan Honda, walau sales-nya bnyk kibul dengan motornya tapi masalah hak konsumen mereka jujur,, hal tersebut mengakibatkan efek jera pada konsumen,, semua dimulai dari kepala toko,, bersihkan sampai kepala tokonya,, moga Yamaha seperti dlu.. ?

  57. perasaan dari taun 2012 (ketika ms yamaha udah mulai menurun secara konstan), mereka selalu ngomong, tahun depan yamaha akan bangkit, tahun depan yamaha akan menggebrak, tahun 2013 ngomong begitu hasilnya ms tambah mengkerut, tahun 2014 diulang lagi omongan itu hasilnya ms tambah mengkerut, 2015 ngomongnya diulang lagi begitu hasilnya ms tambah menjadi jadi mengkerutnya….serasa de javu banget (failnya).

    #gak usah banyak bacot bikin klaim bangkitlah menggebraklah dengan produk baru, inilah itulah, lebih baik diem diem launching dah tuh produk produk yang bagus, lebih baik bukti produk daripada bukti bacot!

  58. Roti Honda yang sangat besar besar 78.8% tidak berlaku di 2017.
    Ibaratnya yang lain belum siap berangkat eh Honda berangkat duluan wajar klo dapet banyak, tp yang berangkatnya belakangan justru persiapannya lebih matang dan Honda ada peralatan yang ga dibawa disaat tiga kompetitor sudah mempersiapkan untuk 2017.
    Perlengkapan yang dibawa 3 kompetitor untuk tahun 2017 dan tidak dibawa oleh Honda adalah : USD, Keyless, Engine Power.
    Diantara Produk sekelas Honda jelas di 2017 paling tertinggal.
    Ini Analisanya :
    Persaingan :
    1. CB150R Vs GSX-S Vs Vixion Facelift.
    – CB150 R, LED, Tralis, Jok Tandem, Blm Full Digital, Non USD, Power 16,4 PS.
    – GSX-S, LED Head Lamp, Balp Stop Lamp, Full Digital, Jok, Split Seat, Sasis Diamond, Material SCEM, Non USD, Power 19,7 PS.
    – Vixion Facelift (Kemungkinan) : Full LED, Full Digital, USD, Jok Split Seat, Keyless, Power perkiraan naik 17 Ps’an.

    2. Beat, Vario 110 Vs Mio
    Tidak banyak dijelaskan kalah Mindset Beat masih kuat tp Mindset yang kuat tak menutup kemungkinan bisa terpengaruh oleh produk lain yg berbeda kelas.

    3. Vario 125 Vs Vario 150 Vs Aerox 155.
    -. Vario 125 & 150 sama cuma besa di cc, single shock belakang blm ada tabung, ban kecil, belum keyless, bagasi lebih kecil.
    -. Aerox : Sporety, Double Shock belakang + Tabung, ban besar mirip Nmax, Full Digital, Keyless, Bagasi besar mirip Nmax dan harga sepertinya dibawah Vario 150 ( yang jelas tukang ngerecokin dagangan Honda).

    4. Nmax vs PCX : Kesimpulan PCX tak berdaya
    5. Tmax : Kesimpulan tak da lawan.

    6. GSX-R150 Vs CBR150, Vs R15 Facelift.
    – GSX-R : Power 19.7 Ps, Keyless, material SCEM, Metal Disc, Full Digital, bobot lebih ringan.
    – BCR150 : Full LED, belum FUll Digital, Power 16,4 ps, konvensional Disc, bobot lebih berat dari GSX-R.
    – R15 Facelift : Kemungkinan : Power nambah 17 Ps’an, Full LED, Full Digital, USD + Keyless, konvensional Disc, bobot mirip CBR150.

    Klo dari perbandingan diatas Produk Honda paling tertinggal teknologinya di 2017, cuma ngandelin model dan model, sales dan sales.

    • Terserah analisis anda bro. Kayak gak tahu ahm saja sampeyan ini. Biarkan merek lain yang kerja keras bikin pasar baru, tapi tetap Honda yang menikmati hasilnya. Honda selalu start belakangan, tapi selalu finish duluan. Bodo amat dibilang gak kreatif. Yang penting LARISSSSSS

      • Belum full digital apanya ya..?
        (Sambil lirik speedo sama tacho yg digital semua, mana ya yg masih belom digital..?)

        Kalo lu ngarep vixi kaya yg lu sebutin, ngapain xableng..?
        Cuman pajangan doank…? ???

        aerox boleh-boleh aja, cuman lihat dulu, dek nonjol apa bisa di market luas..?
        Yg laku sampai saat ini dek rata tuh..??

        Makanya update donk, emang PCX lokal cuma sebatas gossip belaka gitu..?

        Dengan kesimpulan ngambil mesin nmax buat bk6 sama bk8, otomatis mesin metik di semprotin donk…???
        Unik banget apa gagal ngembangin DOHC yak..? ????

    • Sangat hebat ketika yamaha berani kasih usd ke vixion namun harga mepet cb, pasti untungnya dikit. Dan kalau beneran begitu, gunanya xabre untuk apa??? Mesin 11:12 sama vixion kan?? (basis mesin sama) mungkin yang paling realistis dari komenan situ untuk vixion ya power naik, lampu led, + digitalnya. Itu juga harga mau ditaro berapa??? Saya rasa harga akhir kalah bisa lebih mahal dari ncb. Dan jadinya ncb punya keunggulan baru, yakni dengan harga yang lebih murah

    • Terlalu tinggi angan2 anda… (tapi mudah2an didengar pabrikan, dan direalisasi, akhirnya kita yang untung) tp emangnya persaingan cuma di th 2017 aja? Mereka bersaing udah berpuluh2 tahun.. dan bisa dilihat, blm pernah ada yg bisa mengungguli MS HOND*. Bukti bahwa AHM punya strategi yg lbh matang dr kompetitor. Btw.. komen2 di trit ini gak pada rusuh ky biasane.. mudah2an bs dipertahankan..

  59. Klo ngomongin penjualan di September, November sampe Desember 2016 JELAS honda menang lah.
    Yang lain barang yang mau dijual belum dipasarkan baru dipasarkan 2017 kok di adu.
    Startnya ga bareng jelas kalah mas mas
    Nanti kan 2017 Startnya Bareng 4 pabrikan motor di Indonesia bahkan 6 pabrikan motor KTM + TVS ikut dihitung.
    Klo Start duluan menang ya wajar.
    2017 itu banyak produk baru yang dikeluarkan oleh 3 pabrikan motor sementara Honda dah ga ada yg dikeluarkan di 2017, Scoopy Ring 12 mah cuma istilah aja, CB250 kan baru rencana mesine wae rung enek,
    Yang dah jelas Persaingan produk baru dengan produk siap mengaspal ya :
    CBR250 RR, GSX-R150, GSX-S150, Vixion Facelift, Aerox, Nmax Facelift, Tmax250, R15 Facelift, R25 Facelift, kawasaki Versys, kemungkinan DR200 (soalnya dah di pake pak Brimob jadi barangnya itu dah ada), klo belum ada ga sah dibahas lah malu maluin.
    Klo Scopy ring 12 itu bukan facelift itumah ganti ban.
    Beat Street juga bukan facelift tapi ganti Stang.

    Udahlah Roti besar Honda siap diceol coel di 2017.
    Yakin Marketnya kisaran 45% sampe 50%. klo ga cepet cepet updte teknologi awas bisa kebalik loh marketnya.
    Jangan salah 4 pabrikan motor di Indonesia semua punya Mindset baik di mata konsumen, diera modern teknologilah yang menentukan pasar.
    Tunggu aja mas lagian 2017 tinggal menghitung hari kok,.
    Santai FBH.

    • Terserah mau update kaya gimana, yg jadi permasalahan, emang dari update sekian banyak bisa merebut pangsa pasar dalam waktu cepet..??

      Lihat dulu lah, vixi facelift diharepin usd, mau dikemanain si xableng..?

      Mau gsx, jualan dulu yg bener ah, masa deler bukannya makin berkembang malah tinggal diitung jari..??

      Ktm mah sama bajaj cung, tvs mah sama bmw, ya kalo dipikir sih langkahin dulu si suzuki, baru bisa survive..

      Ya sini penonton lihat aja kedepan, kalo g sesuai harapan ya jgn salahkan perasaan..??
      Terkadang, apa yg lu harepin laen di realita, jadi g perlu berharap berlebihan, ntar gagal kecewa berat…???

  60. Pada dasarnya, Yamaha bisa mengambil pasar kalau berani menawarkan produk yg spesifikasinya dan desainnya lebih superior dan paket komplit di kelasnya, contoh dulu bagaimana Vixion bisa menumbangkan Megapro bahkan Tiger. Saat itu, desain Vixion dan spesifikasinya jauh lebih advance. Lah sekarang cuma ngandelin deltabox dan aksesoris sementara spesifikasi sudah tertinggal? Ya konsumen pilih yg lebih advance. Apalagi Suzuki ternyata bisa bikin sport DOHC sasis mini twinspar, jgnkan Vixion, CB150R pun kayaknya mulai waswas. Konsumen Indonesia, yg dibeli pasti yg paling canggih, gak perduli itu Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, selama itu masih merk Jepang.
    Harapan ada di NMAX dan Aerox, tapi lagi2 Yamaha nanggung2 dan bikin desain yg aneh bin fatal. Saya tadinya naksir berat sama Aerox 155, tapi begitu tahu rem ABSnya single channel dan sein belakangnya terpisah, saya wait and see Honda dulu gara2 dua hal itu, apakah nanti keluarin Airblade 150cc yg remnya double cakram? Dan desainnya lebih matang? Atau apakah nanti Yamaha upgrade NMAX dgn fitur SSS, keyless, dan port charger?

    • Sasis twin spar kok canggih. Kalau kata temen saya yang punya Vixion dari 2010, Deltabox itu bosenin, kalau dilihat lama-lama gak ada bagusnya. Beda sama teralis, selain motor kelihatan kekar, desainya ada nilai tersendiri. Apalagi kalau dikasih warna. Lihat motor KTM, All New CB! 2 motor itu bikin orang melek gak selamanya teralis itu jelek.

  61. Kalau ini mah dah kebaca pas release byson pertama kali. Mungkin dah saatnya Yamaha di regenerasi pola kepemimpinannya. PD boleh tapi kalau kepedean jadi arogan…
    Mio sudah lewat…Vixion dah lewat…R25 pa lagi….NMax will be next…
    Terlalu banyak blunder y dibuat…
    Sayang banget, masa negara ini mau cuma 1 pabrikan aja…

  62. Honda mau keluarin Airblade emang mau diproduksi dimana, produk honda dah banyak banget, ntar produksi Ariblade Honda Beat malah disikat Mio atau bahkan Address seiring kebangkitan Suzuki, bikin lagi buat nyaingin Nmax malah Varionya ntar disedot Aerox, bikin All New CB150R ntar keburu GSX-S Facelift, mau bikin CBR250RR lagi lah yg kemarin baru muncul dah mulai seret lantaran ada GSX-R, trus belum lg Ninja siap Facelift, R25 dan R15 jg siap gempur.
    Sonic jg mulai mlempen nde, Verza dah tau gmn kabarnya, Megapro babarblas ga jelas nasibnya, Supra GTR, jg susah naiknya, PCX jg tenggelam, Revo jg tinggal nunggu waktu, belum digempur di 2017 saja dah empot empoten produk unggulannya, untung masih ada Trio Matic yg jadi pahlawan.
    3 Pabrikan di 2017 itu menelurkan Produk unggulan disaat produk unggulan Honda mulai mlempen.
    Seandainya Beat tak menyumbang 200.000 unit, Vario series tak menyumbang lebih dari 70.000 unit bisa kau hitung Market Share Honda.
    katakanlah Beat laku 50.000’an dan Vario Seret diangka 30.000’an karena terpengaruh GSX-R/S, R15, R25, Aerox, Nmax, Tmax, Address, konon Nex jg bakal keluar lagi, Versys, DR200 dll berarti kan Honda cuma kejual kisaran 250.000 unit. dari Total 570.000 unit kisaran 45%’an.
    2017 itu yakin terpengaruh besar penjualan Beat & Vario Series oleh pendatang baru yg mulai dipasarkan di 2017.
    Kelas Matic 110 cc sampe Sport 250 cc klo pangsa pasar tetep saling berpengaruh.
    Mulai tergerusnya bebek kan bukan karena motor bebek lawan melainkan karena motor matic, nah matic juga jangan salah bisa terpengaruh juga dengan hadirnya Sport dan Matic Maxi seiring Tren yang Dinamis.
    Lagian kan ga akan selamanya konsumen Indonesia selalu dan selalu Beat dan Vario series terus.
    Ibarat ente dah punya beat pasti kan sampeyan pengen Sport to.
    Naluri manusia bro.
    Terlebih ada Sport atau Matic Maxi yang Keren dan Bergengsi.
    Salam

    • Sekarang gini aja, kapan sih meong nempel penjualan Beat setelah tahun 2012..???

      Malah yg ada lawan Scoopy doank..???

      CB facelift mah biasa bagi sekaliber Honda, Gsx facelift dalam waktu 2 tahun..??
      Jualannya udah laku ya..? ??

      Sonic sejak awal cuman bumbu penyedap doank kalii.. lah si satria bergitar aja g bisa selaku Sonic, apalagi nyari delernya syusah minta ampun..???

      Revo nunggu waktu itupun kapan..?
      Sejak launcing ampe sekarang mau disentil mbak vega g pernah sama sekali..??

      Aerox yakin bisa di pangsa pasar gemuk..?
      Konsumen nyarinya yg ringkas bukan cuman model doank..

      Kalo analisa kaga perlu seandainya, langsung intinya..
      Kalo masih seandainya itu perspektif doank, bukan analisa..???

  63. Saya dah punya motor bebek walaupun usia sudah tua, trus ada juga motor matic sudah lumayan tua jg, trus pengen lagi motor matic mosok yo iyo beli Matic 110 cc lagi, pastinya Ngiler sing Maxi to,….
    Kadang di benak juga pengen yang Sport Naked / Fairing….. yang masih pengen matic kecil mah mungkin pemilik pemula sepeda motor. Jadi wajar macam Nmax sukses, mungkin Tmax bisa sukses juga, GSX-R/S bisa sukses juga. nah beat dan Verio series lambat laun bisa tergerus. apalagi sekarang Zamannya Matic Maxi atau Sport.
    Beat dan Vario seris jadi ratu ya karena pertempuran Market sesungguhnya belum dimulai. Ntar 2017 baru kita evaluasi bersama.

    Saya dah punya motor bebek walaupun usia sudah tua, trus ada juga motor matic sudah lumayan tua jg, Klo ga mampu beli Matic Maxi atau Sport lebih baik diam…hehehe maksudnya pake motor yg ada aja, klo cuma beli matic kecil lah menuh menuhin tempat aja, capek nyucinya ga ada yg keren-keren paling saingannya sama anak-anak kelas 5 SD.
    Jelas Tren kedepan Matic Maxi dan Sport jadi pilihan konsumen…YAKIN…
    Nah Honda Produk Matic Maxi dan Sport unggulannya mlempem cuma pegangan sama CBR150 dan CB150R yang sebentar lagi juga dapet gempuran di 2017 oleh New R15 dan New Vixion facelif ditambah GSX-R dan GSX-S.

    • Memangnya sekaliber Honda apalagi sekarang masih budeg ya..??

      Bentar lagi maen maxi scooter, ya ngapain berharap lebih, cukup kasih fitur lebih, harga bersaing(bukan cuman sekedar murah) bisa recokin beres…

      Kalo berbicara gsx mau sukses, yg q tanya, nyari delernya kemana..??
      Sekarang udah banyak 1 kabupaten cuman ditompang 2 deler doank, jadi berharap mau survive ya lihat jualannya bisa laku apa kaga..

      Urusan semprot mah dirumah udah miara 2 biji, g perlu sebut sana sini..

      Evaluasi bisa, analisamu kurang, masa lawan yg dibicarakan tapi pemimpin kaga disentil sama sekali..

  64. Yg koment serius2 bgt mirip para pelaku bisnis dibidang ini hahahahahaha….
    lumayan barangkali para petinggi pabrikan baca ini koment2 yg lumayan cerdas sapa tau diangkat jadi GM nya wwkwkwkwkwk..?

  65. Ya iyalah ente BC terus. Bikin produk sebagus apapun pasti salah dimata ente. Giliran donatur utama bikin produk sesampah apapun pasti dipuja.

    Eee sekarang pabrikan Y sakit hati & lebih menutup info ke blogger2 ternakan, malah disalahin ini itu. Dasar ampas. Hwehwehwe.

    Market share tergerus ya wajar aja. Logika sederhana taon ini pabrikan Y ga terlalu banyak brojolin produk2 baru. Sedangkan pabrikan H lineup baru semua.

    • Jadi aerox sama xabre itu cuman sekedar jualan jas jos doank ya…???

      Wah baru tahu ane dari ente, oke oke ane akan memakluminya…????

    • 127. HAHAHA

      Waduh…..baru tahu ada Blogger yang mau diternak. Kasihan bener nasibnya pakde (Bukan Blogger kuwi ah…dakocan xixixi)
      #Sabar mz, minum dulu biar adem ora cekot-cekot sirahe :mrgreen:

  66. Santai mas Bro Analisa saya itu hanya sekedar Guyonan, Analisanya seperti memutar Roda sepeda motor sesuai bahasan di blog ini.
    Roda klo ga muter kan sampeyan ga nyampe tempat.
    Yang diatas harus mau gantian dibawah dan seterusnya, ibaratnya Merk H sekarang lagi diatas dan makan kenyang roti 78.8% sendiri sedangkaan merek Lain dikasih sedikit.
    Klo makan kekenyangan kan biasanya cenderung ngantuk, lemes dan pengen tidur dan itu H bisa seperti itu, sementara pabrikan lain yang dikasih roti sedikit kan cenderung laper, klo laper biasanya cenderung galak trus nggebrak yg lagi tidur akibat kekenyangan, nah orang lagi tidur akibat kekenyangan kan klo di gebrak bisa semaput nah karena semaput (pingsan) makanya ditarok dibagian bawah dan yang diatas gantian merek lain, soalnya klo orang pingsan dipaksa diatas bisa-bisa jatuh gubrak ga bangkit lagi kan repot.
    Ibarat ente lah bung, usaha ente maju pesat duit banyak kan bawaannya pengen jalan-jalan mulu, makan mulu begitu capek jalan jalan dan kenyangan tidur deh pules. eh pas ente bangun kompetitor dah beli warunge sampeyan…piye nek ngono.
    Trus klo ente punya usaha lagi susah masak iya bawaaannya pengen jalan-jalan mulu, pengen makan mulu wong buat makan aja pagi ada sore tiada, disaat seperti itu kan pasti ente menggeliat untuk membuat gebrakan.
    Nah kiranya itu seperti halnya 3 pabrikan motor yg kebagian roti kecil ini lho….karena kebagian sedikit makanya mereka nekad bikin gebrakan.
    Nah gebrakan ini di 2017 tak menutup kemungkinan menghantam si kenyang yg makan rotinya besar yg lagi tidur pules itu.

    • Dari 4 roti , 3 roti di makan si H, 3 merk lainya kebagian 1 bagi 3. Kalo laper pasti lirik roti si H. Tak ad yg tak mungkin kalo usaha, ?

      Saran buat Y, K dan S jgn kelamaan di tahun 2017 kalo bisa diawal tahun dh keluar tuh facelift semua ekekekee. Woles bro makin banyak pilihan makin bagus,

    • Apa bisa orang makan kenyang terus tidur disamain bisnis..?

      Ya jauh lah…
      Bukan sekarang dapat emas besok ngorok, itu mah pikiran orang sesaat doank, bukan pebisnis seaungguhnya..
      Pebisnis yg kompeten ibarat sekarang dapat segudang emas udah pasti ke depan berharap dapat segudang berlian, jadi intinya biar hari ini gue sukses, ya tetep dilanjutin kesuksesan itu, karena orang sukses mah g gampang puas diri..

      Emang gampang nilai berdasarkan perspektif doank, realita jauh..
      Ibarat kau nanam padi keluar suket teki..
      Bisnis ya bisnis, jgn samain kaya dagang asongan, yg dapat untung gede udah puas..

  67. Tren di 2017 saya yakin Matic Maxi dan Sport
    Ini terbukti
    jadi matic kecil tinggal nunggu regulasi secara alami saja.
    Kita tengok :
    1. Penjualan Nmax sejak diluncurkan cenderung naik, dari terjual 7 rb, 9rb, 12rb, 15 rb, 19rb, 23 rb smpe angka menyentuh 30 rb….woi bangun dong itu Matic maxi lho yg harganya 25 jt keatas, jelas Jengatlah…..padahal baru 1 (satu) Pemain bagaimana klo 4 merek main Maxi matic semua yg ada matic kecil di Bully secara alami.
    2. 4 bebek Sport, Satria, Sonic, Mxking dan GTR itu market Sharenya diatas 20 rb unit per bln…..wuissssss wuisssss…., woi bangun itu kan bebek Sport lho yg harganya diatas 21 jt…wow lah.
    3. Sport Naked dengan 2 pemain (Vixi dan CB) itu mampu mendulang permintaan pasar diatas 20 rb unit perbln apakah tidak woi Sport, bangun doi itu kan Sport Naked harga diatas 25 jt lho dan baru 2 pemain bagaimana klo 4 pemain, trus 2017 jelas dan pasti 3 pemain…..lama-lama jelas matic kecil bakal remuk kegerus arus Sport.
    4. Sport Fairing 3 pemain Nin150, CBR150 dan R15 itu bisa masuk market sharenya diatas 15 rb unit….apa gak woi Indonesia…itu kan motor dgn harga diatas 32 jt cui…jelas jengatlah.
    baru 3 pemain bagaimana 2017 ada ketambahan 1 pemain GSX-R.
    5. Sport 250 pun bisa ngejebanin diatas 5 rb unit perbuln itu 2 pemain, R25, Ninja 250, bagaimana 2017 CBR250 masuk, KTM Duke masuk, mngkin GSX-R250 bisa masuk…jengat wong motor diatas 50 jt kok bisa laku diatas 5 rb unit, itukan 5x lipat harga matic kecil.
    JADI
    kLO dihitung Matic Maxi : Nmax dan PCX saja bisa ngembat market 40 rb lebih apalagi klo 4 merek bikin Maxi (denger-denger ada kabr begitu).
    Sport : dari bebek Sport, Naked Sport sampe Fairing Sport bisa masuk market sampe : diatas 60 rb unit setiap bln kan Tren Sport bener bener Jengat….
    Jadi Sport + Matic Maxi saja bisa diatas 100 rb itu Wow…lho
    Jadi kedepan sih sepertinya Indonesia Tren sepeda motornya Matic Maxi dan Sport menurut saya sih….
    Namanya juga pengamat penghibur diri sendiri…..
    Semoga berguna

    • Tren di 2017 bakal ga jauh beda dengan 2015 dan 2016. Pangsa pasar motor matic maxi ga bakal nyentuh signifikan ke remaja cewek dan ibu2. Percaya deh. Motor gambot itu rata2 yang ngiler cuma cowok. Terus inget harga motor tambah lama tambah mahal, ga semudah itu seseorang beli motor baru. Terus motor sport/naked itu jg pangsa pasar nya cowok. Sudah pasti matic kecil masih jadi pilihan pasar. Dilihat dari masyarakat Indonesia itu awam soal teknologi otomotif. Klo ga percaya suruh tu ibu2, bapak2, cewek2 yg make matic, apa mereka peduli apa itu ABS, ISS, Blue core, double disk brake, led, keyless. Paling taunya injeksi. Mereka tau nya harga sesuai, nyaman di pake, perawatan gampang, irit. Lu mau sodorin CBR150 atau pun vixion facelift mreka ga bakal ngelirik. Tetap jajaran mio, beat vario bakal jd primadona di kalangan 3 td. Baik untuk cewek remaja atau yg kantoran, ibu2 dan bapak2 yg kerja kemana2 pake motor. Jangan liat MS kota besar, lu liat di daerah2 lain rata2 yg pake mio,beat,vario lebih banyak drpd yg pake nmax karena ga semua jalan itu mulus bro dan ga semua jalan itu lebar. Untuk kelas bebek mungkin lambat laun tergerus oleh matic, kecuali bebek sport karena pangsa pasar ny itu speed freak bukan bapak2 yg ngantor sambil nganter anak sekolah atau istri ke pasar. Jd mestinya yamaha,suzuki concern gimana merangkul pasar yg sudah pasti, drpd meraba2 pasar mid to high. Untuk kawasaki brand satu ini sudah nyatu sama image sport jd klo mau buat matic kayak nya agak nyeleneh. Jadi ya bakal stuck di pasar itu. Lagian itu sport bike fairing/naked ga bakal serame ini klo ga di dongkrak sinetron Anak JalanJalan. Klo kata meme, dulu bilang nya motor rossi, sekarang bilang nya motor boy. Wkwkwkwk. Sekali lagi inget bro ini Indonesia buka yuropah yg hobi turing semua penduduknya. Antara rumah sama tempat kerja udah kayak pulang mudik. Jangan kan tol, jalan dalam kota nya aja bisa dipake speeding saking mulus and lebar nya.

  68. Mana nih mahluk astral kaya Mbah dharmo, marqovet, Marquez, mbloni kimcil, jimoo, Alex, anigav dan kawan2 kga ad yg nongol,, ?

  69. Sebenarnya walaupun keliatan angkanya bak bumi dan langit tapi klo dilihat secara Margin mah ga terlalu Signifikan. ini itungannya.
    Kan penyumbang Merk H dari matic kecil lebih dari 320.000 rb unit
    1. Perbandingan penjualan Nmax 27 rb unit itu sama dengan matic kecil 56 rb unit.
    Mxking + Vixi : 15 rb unit itu sama halnya matic kecil : 30 rb unit.
    R15 yg 4 rb unit itu ibaratnya penjualan matic kecil 10 rb unit.
    R25 yg kejual kisaran 2 rb unit itu ibarat matic kecil kejual : 10 unit.
    Klo kikomparasi ke matic kecil semua aslinya Merk Y ini masih ngejabanin diangka :
    Mio3 : 29 rb
    Fino : 12 rb
    Gt : 10 rb
    ditambah komparasi yg gede gede : 56 rb + 30 rb + 10 rb + 10 rb.
    Jadi total klo dikomparasi ke Matic kecil semua Y itu masih mampu menujual : 157 rb unitan. Cuma kna Merk Y ini sebagian besar disumbang oleh motor kelas menengahlah istilahnya begitu.
    Ini tak ubahnya Kawasaki yg mampu menjual Ninja 250 misal 2000 unit itu kan klo di komparasi ke matic kecil sama aja = 10 rb unit motor matic kecil (perbandingannya).
    Satria yg 4 rb unitan ya ibaratnya = 8000 unit matic kecil.
    Makanya walau penjualan terlihat jomplang tapi karena beda Marginnya tetep aja APM nya masih kipas-kipas.
    Smart dikit lah…..
    Jangan yg penting kuantitas banyak….
    kuantitasnya banyak blm tentu marginnya gede mas bro

    • Kalo dikomparasikan kaya begitu ttp aja merk H penjualan 500 rb lbh, dan itu dh 3x lipat lebih,, realnya tahun 2016 Honda lh yg nguasain,, semua lini, terkecuali maxi skutik dan sport 2 silinder, karena masih blom punya ???

  70. Ente punya Ninja 250 1 unit itu lebih berharga ketimbang punya kecil 3 biji….hehehe maen biji nih.
    Istilahnya begitu, jual matic kecil 3 unit untungnya ga lebih besar dibanding jual Nin250 1 unit.
    3 unit matic kecil kan yg salesnya 3, surveyornya survei 3 tempat, kirimnya kan 3 lokasi, DPnya kecil lg, kadang macet kreditnya…hehehe, nah jadi jelaslah untungnya dah kecil makin susut lg…mungkin itu alasannya Merek tertentu ga mau maen di pangsa pasar mocil.
    Klo gede kan enak, Sales + Surveyor jadi satu survei 1 tempat, DP gede, kemungkinan macet kecillah yg beli kan dah perhitungan banget cari angsurannya susah, trus untungnya gede ga terlalu kesedot sana sini.
    Ini analisanya si Mail….dua singgik dua singgikkkkkk

    • Masalah itu Sales ma diler ga tau urusan, surveyor ACC itu berarti leasing dh beli kontan sama diler, mau macet mau ancur mau ilang, barang sudah dijual ???, pening kacab leasing hahaha, DP 0 % lagi

  71. Biasane mung moco saiki komen, sing tenang pak iwan, yamaha kurang laku itu bukan salah sampeyan, ndak ada juga kok yang bilang produk yamaha jelek, cuma bener kata om satar, yang bikin yamaha gak laku malah para fans militan yamaha(darmo gak termasuk karena deweke sebenernya fbh, tos disik mo).. kadang orang gak mau beli yamaha karena takut dianggap sealiran sama fans buta yamaha, udah gitu ngakunya netral, lak yo mumet to cak, last semoga yimm dan yang lain juga semakin improve produk dan kehumasan mereka,ben gayeng koyo medio 2000an?

  72. Kompetitor Yamaha tidak mempersulit calon konsumenya yg ingin membeli secara Cash !
    modus Dipersulit, dilambat2in, pura2 ngga ada stok, ditakut takuti oleh indent lama.
    itu fakta buat yamaha.

    salam satu garpu dan…
    salam semakin tergerus kompetitor !

    pedes emang

    kalo pabrikan mau sukses Be Nice jangan ngesok kasih harga pake acara Tebak2-an segala.

    barang yamaha udah bagus, tapi yg jual malah mempersulit. maunya apa toh.

  73. Kata Bone soal surveyor, sales itu urusan dealer, leasinglah…hehehe ini orang blm mudeng bisnis ya….
    emang kayak F*F Finance itu yg mbiayai sopo mas, trus ada Dealer ga laku sama sekali selama setahun rugi itu emang pabrik ga ikut nanggung opo….kok penak temen produksi trus untung….
    Produk mulai di buat sampe ke konsumen ki pabrik ikut nanggung mas, makanya ada beberapa Leasing itu dibiayai oleh prinsipal dan hanya boleh kredit merek tertentu….
    ora mung asal produksi untung saja to mas…..
    jajal dipikir itu Dealer Suz**i ada yg jual cuma segelintir dlm sebulan lah trus gitu pabrik Suzu*i ga ikut nanggung biaya operasioalnya…lah klo ga ikut nanggung ngapain pertahanin mending bubar ganti usaha lain, tp knp sebagian Dealer tetap bertahan walau nihil penjualan karna ga semua ditanggung dealer pihak prinsipal ikut nanggung kerugian….
    sampeyan sekolah manajemenne piye to.

  74. Klo saya sih ga beli yg matic kecil yg katanya laris aja udah MINDER apalagi beli tambah MINDER.
    Alasannya :
    Sering ane liat nih bpk-bpk pede banget bawa itu motor matic kecil yg konon laris, liat mukanya bangga dan pamer….aduh aduh yg dibanggain apanya….mungkin waktu itu pas saya bawa motor tua kisaran thn 2005 pas jemput anak sekolah.
    Besoknya saya test bawa Sport 150 saya sandingin di deketnya ….oalah oalah oalah kasihan kasihan….nunduk ga berani noleh….
    Itu motor matic kecil kan udah bnyk yg punya trus banyak yg pake termasuk anak-anak SD sama bokapnya dah suruh pake motor begonoan…mau saingan sama mereka. trus dipake sama mak mak juga tuh motor yg Seinnya ke kanan beloknya ke kiri….jadi itu kebangaannya.
    Pria dewasa lebih berwibawa ya naik Sport atau Matic Maxi, lah trus klo ga mampu beli ya klo saya sih karuan bawa Vespa atau motor bebek yg lebih sesuai usia. Secara sekarang mak mak juga dah bnyk yg pake Matic Maxi lah kok masih bangga nguyel nguyel matic cilik gitu.

  75. @laskar lah itu cb+cbr hampir 20k jadi = 40k donk? jadi 600+ donk tuh kalo di konversi ke mbit semua
    cbr bulan kemarin 10k, r15 kan hanya 2,5k , R25 2k? 1k aja ga dapet

  76. Saya sebagai rental motor di bali. Ketika ada costumer yang mau sewa motor pasti yang pertama ditanya produk honda. Kitika saya tawarkan produk yamaha rata rata jawaban mereka ” klo ada honda aja, yamha boros, yamha gak kuat di tanjakan”. Selain itu saya juga males beli yamaha karena perbandingan hargi beli dan harga jual kembalinya jauh. Rugi banyak. sejelek jeleknya honda harga jual kembalinya masih lumayan tinggi

  77. Salah satu sebab utama kenapa makin melorot, salesnya kang!!. Mentang2 punya produk yg mulai laris, langsung berani upping price, atau engga maksa kita buat kredit (pengalaman pribadi), mudah2n nanti ga akan terulang di aerox155, soalnya ga akan ikut inden online kloter pertama, mau lihat review dr media online dlu

  78. Sebagai bapak dgn 2 org anak pengguna new vario 125 cbs …
    Jujur ane naksir nmax dan aerox 155
    Tp u/ nmax saya coret karna body terlalu besar dan ga cocok u/ saya yg tggl di pinggiran jakarta yg notabene tggl di gang kecil .
    Walaupun hasrat hati ingin merasakan sensasi riding dgn skutik maxi tp terpaksa saya coret karna jujur lebih menyakitan ketika tunggangan kesayangan baret2 akibat di taro di parkiran dr pada jatuh karna kesalahan sendiri …
    U/ aerox 155 ane naksir modelnya besar pas sepertinya u/ keluarga kecil saya ..
    Tp bgtu liat sisi blkngnya khususnya design shock blkng kok ga bgt ya …
    Apa yamaha ga bisa bikin design dual shock sprt si juki (skywave&hayate) atau monoshock aja sekalian sprt skutik kebanyakan .
    Saya rela korbankan sisi fungsional tp masa iya saya juga harus korbankan sisi estetika …!!!
    Maaf klo kepanjangan curhatnya …tp ini yg sebenarnya yg saya alami dilema pengen ganti tunggangan …

  79. ymha sale mnurut yaa krna hmpir semua blog d beli honda…berita honda hrus yg baek baek…yaaah meski scara kualitas mtr ymha masih lbh baek dr honda…

  80. Sontoloyo – December 12, 2016
    Meningkatkan kualitas pelayanan..

    Berarti harus ada riward.. unt karyawannya..

    Harus ada riward unt loyalitasnya.

    Harus ada riward.. unt pelanggan baru..

    Dan smw riward itu membutuhkan dana dan anggaran yg tidak sedikit..

    Tapi entah knp Yamaha g pernah PD bersaing dg Honda.

    Kita tau produk YAMAHA itu bagus murah..

    Sllu lebih murah dari Honda

    Alhasil g bisa berkembang..

    Identik konsumen YAMAHA itu miskin. Pelit.. FBY bgt.. yg taunya Murah..

    Beda dg konsumen Honda biar lebih mahal tetap pilih Honda Karna kepuAsan layanan.. bukan Karna diiming imingi lebih murah.

    FIX YAMAHA HARUS LEBIH MURAH DARI HONDA. Terus gimana mw berkembang.

    ———————————————————-

    riward riward riward… ea :v

  81. Masukan buat honda :
    1. Cat nya di upgrade dunk minimal sama seperti kompetitor. Dah bosen cat bunglon.
    2. Material Plastiknya tebelin dikit ngapah biar gak protol.
    3. Dealernya ditatar untuk service konsumen, minimal 5S Senyum salam sapa sopan santun.
    4. Aftersales di tingkatkan mohon mekanik nya mukanya diganti yang banyak senyum.
    5. Sparepart Slow movingnya jangan kelewatan Slow pengadaannya, kasih porsi juga ke toko toko biasa biar gampang didapat
    5. Harganya turunin jangan overprice lah

  82. Kenapa H Unggul……pertama merk ini sdh tertancap lama di hati sanubari nenek moyang dengan semboyan ” numpak motor yo numpak H” kedua : membeli motor sdh terbesit/ ada niat untuk jual kembali suatu saat nanti….krn motor ini sdh membumi di Indonesia maka otomatis nilai jualnya menjadi paling tinggi…..ketiga : mungkin generasi sekarang mash terpengaruh pola pikir nenek moyang yg sll menganggap yg terbaik adlh merk H, namun semakin banyaknya populasi motor dan selisih harga antara baru dan second tdk terlalu jauh ( selisih 2-3 jeti dr harga second merk H) maka kalau saya pribadi lbh baik dpt baru dgn merk lain drpd second, krn saya niatkan membeli motor bukan untuk dijual kembali tp dipakai sampai bener2 motor itu sdh uzur…

  83. baca saja tuh artikel kobayogas soal nmax yang kerasin kruk-asnya. belum lagi soal bearing cvt. itu melambangkan kualitas yamaha terlebih2 recall mt25 dan r25.

  84. agak lucu baca komentar si “Sales ki lho”, bapak2 pikiran nya beli motor lebih ke fungsi dan harga, karena dia kerja cari duit bukan buat foya2 beli motor trus turing keluar kota tapi yang pertama adalah gimana membiayai keluarga, itupun klo ada lebih buat baru bisa beli motor, tp mending nabung beli mobil daripada motor sport yang katanya cuma 150CC, toh hujan juga masih neduh. Jujur gue tertarik beli NMAX. Saya pengguna Vario WTF FI 2013. Dari kecil sampe sekarang saya belum pernah megang itu motor sport baik naked/fairing karena memang saya lebih memilih fungsi, harga baru gaya. saya menyukai matic yang agak gede karena dari segi laki ga malu2in ketimbang bawa beat apalagi mio. Pegel pantat karena jok nya kekecilan. hehe. meskipun jujur buat nyelap nyelip macet enak banget, apalagi yang biasa lompat trotoar dijamin ga susah ngangkat stang nya wkwkwkwk. Tapi mindset situ ga bisa sama dengan mindset bapak2 yang bangga pake matic kecil. Belum tentu mereka ga mampu beli sport bike, mungkin aja di rumah nya malah bawa Innova. Pengalaman sepupu2 saya dan om saya lebih milih motor ke kantor karena alasan macet dan dipilihlah matic kecil biar istri dan anak nya juga bisa make, toh klo mau ke depan komplek atau ke mini market ga perlu juga kan bawa R25 atau CBR250RR. Lagian matic2 mini dek nya flat, jd enak buat bawa barang. Sedangkan matic gambot dek nya ga ada yg flat, emang muat ngandelin bagasi doank? BMW ada noh matic gambot tapi apa di pake buat sehari2? rata2 buat gaya2an turing doank. Di yuropah aja orang prefer pake motor kecil buat dalam kota atau mobil compact city car.

  85. kelemahan yamaha skutiknya ga nyaman/suspensi terlalu keras & velg cepat oleng…sport: mengekor india (r 15 & byson),yamaha vixion coba kasih 6 kecepatan….???

    • Share pengalaman gwak, wkt dlu mau ambil nva or ncb kn ane dateng tuh ke diler kduanya.. nah pas di diler yamaha kn ane tnya harga nva brp, nahh harganya sejuta lbih mahal dr di jkrta trus kn ane tnya knp kog harganya lumayan jauh y dibnding di jkrta, eeh pelayannya malah jwb dgn sewot, ya bapak beli aja di jakarta klo memang lbih murah.. stelah itu cpet2 kabur deh ke diler sebelah.. anehnya ncb kog harganya sama y dgn di jkrta posisi ane surabaya

  86. Gw nanggepin nih mas Vario Wtf….”
    Emng betul matic kecil lebih fungsional, saya punya anggapan seperti yg saya utarakan diatas “MINDER” bukan karena kalah gengsi kang, tapi soal Matic kecil itu kadang bikin geleng-geleng kepala kang.
    Motornya kecil (istimewanya apa), Yang naik sebagian anak-anak kecil + PECICILAN
    Mungkin orangtuanya yg harus berfikir lebih positif, beli Metic kecil kan sama saja ngiming ngiming anaknya yg masih kecil yg belum pas bawa kendaraan bermotor jadi pengen dan ngerengek-rengek ke ortunya supaya dikasih bawa motor motor model begituan.
    Klo yang Maxi matic atau Sport mungkin agak sulit untuk anak-anak yg belum waktunya membawa kendaraan bermotor, berbahaya untuk dirinya sendiri dan juga membahayakan orang lain.
    Ente tengok di lingkungan ente sendiri ” BERJUBEL KAN ANAK-ANAK BAWA MOTOR MATIC KECIL” begituan sambil PECICILAN…
    Sorri bung Ane juga Punya Innova, ane jg punya anak yg masih kecil SD dgn pertimbangan itulah ane beli Motor Sport supaya anak ane tidak buru-buru ngerengek naek motor.

  87. Jadi liat data penjualan Matic kecil laris seperti kacang bukannya kagum dan ruar biasa….makin miris. karena motor matic kecil itu banyak sekali digunakan ANAK-ANAK MASIH KECIL yg secara hukum belum berhak mengendarai kendaraan bermotor.
    Klo yg cilaka anak yg bawa motor itu resiko tp klo membahayakan orang lain lantaran anak-anak blm mengerti aturan kan itu ga adil.
    Sport dan Matic Maxi pas lah buat meredam anak-anak yang terpengaruh oleh temen-temennya untuk bawa motor sebelum waktunya.
    Berfikirlah positif.
    karena memang Matic kecil lah yg sangat mudah dipelajari oleh anak-anak untuk naik motor…SAYANG MEREKA BELUM WAKTUNYA”

  88. promosinya yamaha disunat abis dananya buat gaji dyonisius bety. Makanya makin abis pasaran yamaha. Harusnya dia diganti.

  89. Ora Kagum walaupun payu sak gunung, ra enek istimewane palingo malah akeh cah cah cilik podo numpak montor matic sing laris kui karo pecicilan.

  90. karena sekarang yamaha adalah motor aki-aki…

    liat saja yang pake n-max, GT, m3, vixi, bison… mayoritas sudah berumur alias tuir…

    maklum saja brand ambasador nya juga aki-aki kan ..?..hehehe

  91. Intinya….
    Dari dulu, Yamaha itu terkena “pelit”…

    Yang paling terlihat, contohnya, perangkat rem yang ndak double disk.
    Sementara Honda, bebek Supra X 125 aja sudah pakai double disk.

    Tapi ingat, ini cuma salah satu unek² saya juga.
    Dan saya masih tetap suka dengan Yamaha.

  92. Yama*a bagus cuma di mata BLOG*R Bayaran…. Skarang konsumen lebih pintar gak bisa dibohongi blog*r bayaran penjilat Yamekong

  93. Calon pembeli tidak semuanya mengerti tentang teknologi.tapi mereka percaya dengan merk,banyak yg beli.itu sudah pasti bagus kwalitasnya

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama