Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….sudah sejak kemarin sebuah skuter brand Italia dikirim ke IWB. Piaggio Indonesia mempersilahkan IWB untuk jajal line up produknya yakni Medley ABS guna dishare kesampeyan. Apa kelebihan dan kekurangan agar para biker ditanah air mendapatkan bayangan. Sebuah skutik yang memiliki desain serba membulat everlasting. Dan siapa menyangka pesona eropanya sukses menarik perhatian beberapa orang yang bertemu IWB. Terutama DRL-nya kuwi lho cak….keren puolll !!….

Saat pertama melihat sosoknya….pasti kita tidak akan sontak mengatakan “Wahhh..”. Hal ini dikarenakan desain yang tetap mempertahankan karakter Piaggio elegan….mature namun mewah. Beberapa komponen dibuat untuk menambah kenyamanan pemakai seperti bentuk jok yang lebar dengan aksen kulit berkelas yang membuat Madley ABS masuk kategori sebagai skuter premium. Yang paling IWB sukai adalah lampu DRL yang disematkan pada sang kuda besi mzbro. Kenapa??….

Tidak seperti umumnya motor Jepang ditanah air, Piaggio memberikan komponen DRL layaknya mobil mewah. Sinarnya berpijar sangat terang seperti neon. IWB jadi teringat lampu belakang Ducati Panigale ataupun MV Agusta Veloce. So….first impression lampu belakang & DRL-nya keren habis. Soal engine…..Medley ABS menggunakan mesin 155,1cc SOHC water cooled dengan fitur sistem start & stop. Wisss….gampange koyok ISS Honda kangbro. Sebuah sistem yang akan memungkinkan mesin tidur sebentar ketika kita berhenti di lampu merah sehingga mendongkrak efisiensi…..

Lalu motor racikan Piaggio ini juga sudah dibekali dengan beberapa fitur advance seperti USB charger, rem ABS 2 channel depan belakang, kapasitas bagasi yang sangat besar hingga muat untuk 2 helm serta double cakram. Motor ini dibekali sasis yang diklaim sangat rigid yakni besi tunggal tubular yang diperkuat dengan sistem press steel. Yang menarik kangbro…..beda dengan beberapa matic di tanah air, Medley ABS menggunakan ring depan 16 inchi dan belakang 14 inchi. Makanya IWB cukup penasaran bagaimana respon dan reaksi motor saat melibas jalanan rusak….

Dari spesifikasi yang IWB intip, engine Piagio Medley ABS mampu memuntahkan tenaga hingga 11 KW atau sekitar 14,7 HP dan torsi 14,4 nm yang mampu diriah pada kisaran 6400 RPM. Artinya kita tidak perlu membejek gas dalam untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Teorinya sih demikian. Tapi kita akan jajal nanti di jalanan untuk membuktikan. Kemudian yang paling keren dan IWB sangat sukai adalah kapasitas tangki dimana Piaggio memberikan kapasitas yang cukup besar yakni 7 liter dengan cadangan 1,5 liter. Artinya kita bisa menjelajah dengan tenang tanpa perlu sering mampir ke pom bensin…

Last….Medley ABS akan kita kupas habis kemampuannya mengingat motor ini menyandang nama besar Piaggio. Seperti apa saat digunakan di jalanan macet ataupun lancar serta keampuhan mesin plus suspensi yang disodorkan. IWB sendiri cukup exciting karena baru pertama kali jajal produk Piaggio yang legendaris. Sebagai informasi, Medley ini baru pembukaan karena ke depan kemungkinan akan banyak produk Piaggio akan IWB review. Siapa tahu sampeyan salah satu biker yang ingin tampil beda dan nyidam skutik Italia ini. Eh…kira-kira apa yang perlu IWB jajal ki kang. Ada masukan ?? (iwb)

Advertisements