iklan iwb

gsx1000

Iwanbanaran.com – Pakde…..sepertinya Suzuki benar-benar bertekad bangkit. Setelah sukses berpartisipasi diajang Motogp, CEO dan presdir Suzuki memberikan sinyal bahwa mereka juga ingin terjun diajang WSBK. Konfirmasi ini dilontarkan ?Toshihiro Suzuki via MCN dalam interview singkat berikut ini….

Suzuki sebelumnya memang tiarap akibat krisis 2008. Mulai dari ajang Motogp hingga nihilnya model baru meluncur dari pabrikan Jepang ini. Namun masuk kisaran 2015….mereka cukup intens mulai bangkit. Keputusan masuk ke Motogp merupakan cikal bakal keseriusan mereka. Selain itu motor Turbo juga masuk dalam rencana Suzuki. Tidak cukup sampai disana Suzuki ternyata juga tertarik ikut kompetisi WSBK. Nah….berikut interview bos Suzuki Toshihiro Suzuki (President and CEO of Suzuki Motor Corporation, Japan) yang IWB terjemahkan dari MCN berikut ini….

iklan iwb

MCN : Ada ada dengan Suzuki akhir-akhir ini dan apa rencanamu untuk membuat perusahaanmu bangkit ?

Toshihiro : Setelah krisis di tahun 2008 ada pergeseran untuk lebih fokus pada motor kapasitas cc kecil dipasar Asia yang membuat model baru jarang dikeluarkan di Eropa. Sekarang dimulai dari model GSX-R, fokus kami adalah membuat motor menyenangkan. Dari sekarang kami akan mengejar dan memperkuat sisi ini…

suzuki-meet-suzuki

MCN : Bagaimana kamu akan melakukannya ??…

Toshihiro : Kami akan mengembangkan motor seri GSX-S, V-Strom, GSX-R, Burgman dan memiliki motor yang yang menyenangkan dikendarai pada masing-masing seri…

MCN : Apakah ini artinya Suzuki akan fokus di pasar Eropa lagi ?

Toshihiro : Kami tidak mengatakan pasar yang mana, namun kami akan fokus pada segmen motor besar. Lewat ini kami percaya bisa membangun sisi unik dari Suzuki yang pada akhirnya bisa kami turunkan pada model kapasitas mesin cc?kecil..

8424-2002-Suzuki-Hayabusa

MCN : Apa yang unik dari Suzuki ?

Toshihiro : Kita membangun motor inovativ seperti Gamma Katana dan Hayabusa dimasa lalu. Dimasa depan kami akan mengembangkan beberapa motor yang tidak ada hubungannya dengan seri tersebut dan bakal sangat unik. Itulah keunikan kami jadi silahkan ditunggu inovasi kami secepatnya. Engineering kami saat ini banyak ide dan kesuksesan kami di project Motogp memperkuat rasa percaya diri dan kemampuan Suzuki….

MCN : Suzuki memperlihatkan konsep turbocharged dan motor listrik. Apakah motor tersebut akan diproduksi?..

Toshihiro : Motor turbo adalah bagian dari rencana Suzuki kedepan termasuk motor listrik. Saat ini infrastruktur motor listrik belum mendukung untuk negara berkembang, tapi kami tentu tetap mempertimbangkan mereka. Sebagai pabrikan mobil, kami juga sedang mencari hubungan teknologi antara motor dan mobil. Dan kami percaya hal itu bakal terjadi….

"Toshihiro Suzuki gantikan ayahnya per Juni 2015.."
“Toshihiro Suzuki gantikan ayahnya per Juni 2015 sebagai CEO Suzuki..”

MCN : Motor retro sangat popular di Eropa, apakah Suzuki tertarik membuat model ini?

Toshihiro : Kami tahu hal itu dan tentu kami mempertimbangkan untuk melahirkan model tersebut. Namun fokus awal kami sekarang pada GSX-1000 kemudian menciptakan beberapa seri motor yang menggunakan teknologi turunannya….

MCN : Apakah Suuzuki akan kembali ke WSB (world Superbike) dengan dukungan pabrikan penuh ?

suzuki bandit

Toshihiro : Ya kesana memang dalam pertimbangan serius kami. Rencananya kami ingin merilis new GSX-1000 dulu…mendengarkan masukan konsumen dan setelah itu kami akan ke WSBK….

Yup…sangat menarik kangbro. Suzuki bener-bener bertekad ingin bangkit. Motogp, WSBK dan lalu new product. Dilalah tanah airpun juga terlihat makin menggeliat. Sebagai informasi….Suzuki ada perubahan kepemimpinan ditahun 2015 kemarin. Osamu Suzuki yang saat itu sudah berusia 85 tahun menyerahkan pucuk pimpinan kepada anaknya yakni Toshihiro Suzuki sebagai president and chief operating officer per Juni 2015. Ditangan generasi lebih muda inilah terlihat Suzuki mulai menata keterpurukan pelan-pelan. Setelah Motogp….kedepan WSBK plus motor turbocharged seperti halnya Ninja H2R. Ngamuk tenan ki Suzuki….makin seru cak. Kita tunggu sepak terjang mereka…..(iwb)

suzuki-recursion-turbo-concept-05

 

72 COMMENTS

  1. “Toshihiro : Setelah krisis di tahun 2008 ada pergeseran untuk lebih fokus pada motor kapasitas cc kecil dipasar Asia yang membuat model baru jarang dikeluarkan di Eropa”

    Pasar asia yang mana ya? Indonesia berarti ga masuk list dari pasar asia
    Abis 2008 justru ga pernah keluar model baru utk motor kecilnya.

    • FYI penempatan huruf R di keluarga gsx series /gixxer itu ngaruh , yg di tiongkok sono itu huruf R ada dibelakang kubikasi, sedangkan keluarga gsx yg powerfull itu huruf R ada didepan angka kubikasi. Paham yaa

  2. beda kang Kawak H2R supercharged, punya suzuki bener turbocharged.
    suzuki udah punya konsep suzuki recursion turbocharged yang tinggal nunggu produksi. juga ada rumor yang mengatakan hayabusa 2018 bakal pake turbocharged.

    • Maaf bro ryan iya salah tulis H2R pake supercharger hehehe… yg pake turbocharger itu hayabusa yg sukses melengserkan ZX-14 yg dulu pernah jadi motor jalan raya tecepat di dunia hehehe. nanti kalo suzuki bikin motor yg pake supercharger bisa bisa si H2R bisa lengser juga dari singgasana gitu maksudnya bro muehehehehe

      • Mudah2n bro, kemungkinan recursion dl yang keluar. Kemudian hayabusa untuk mengembalikan pamor sbg yang tercepat.

  3. pantes terpuruk lah wong pimpinannya kakek kakek, giliran dipegang yg muda kan langsung bangkit.

    • Pantesan ide model opo ae gak masuk blas,lha ceo ne wes kewut ngono.. wong kewut slerane wes ra iso ngikuti jaman,di omongi yo rumongso bener dewe..rodo telat kui lak ganti,wes sangit baru di angkat,yo go zonk…

  4. itulah knp honda jd pnghuni ppn tengh sbk muluu..bkin mtr blp kok nyman..??

    bkin semprot kok irit??

    honda juooss..

  5. itulah knp honda jd pnghuni ppn tengh sbk muluu..bkin mtr blp kok nyman..??

    bkin semprot kok irit??

    honda juooss….

  6. jonathan rea dl setia dg honda zoonkkk…bertahun thun d ppn tengh mulu…

    bgtu pindah kawak lngsung juara dunia..dan males pndah tim.

    kita leat saja hayden apkh ngikuti jejak rea..

    • Guintoli zonk juga di yamaho
      Padahal di kawasaki langganan juara, di honda langganan podium, di yamaha podium pun ga pernah

  7. Suzuki bangkit itu PASTI
    Yang bilang Suzuki Bangkrut itu ga melek.
    Motogp SUZUKI sudah menjadi ancamana serius Duo Brand di Motogp
    AFF Sponsor Utama masih Suzuki
    Klub sepak bola Seria Italia ada yang sponsor utama masih Suzuki
    Suzuki Endurance Juara Motor paling tahan sejagad selama 15 tahun beruntun.
    Penjualan Motor Suzuki secara global masih diatas 3.5 juta unit pertahun diseluruh dunia jauh diatas Ducati, Aprilia, MV Agusta, BMW, Harley Davidson, Bajaj, Minerva, Kawasaki dll cuma kalah sama Honda yang kisaran 8 jutaan dan Yamaha yang kisaran 5.5 jtaan.
    Itu artinya Suzuki masih Perusahaan Motor Terbesar ketiga didunia dibawah Honda dan Yamaha klo dilihat dari sisi penjualan. Jek Raksasa Lek.
    Belum lagi Mobil Suzuki masih menduduki Perusahaan Mobil no. 5 terbesar di Jepan dibawah Toyota, Honda, Nissan dan Mitsubihis urutan 9 perusahaan mobil terbesar didunia dibawah :Toyota, VW, Honda Nissan, BMW, Marcedes Benz Hyundai, Ford, Mitsubishi.
    Artinya Perusahaan mobilnya aja masih diatasnya beberapa banyak perusahaan mobil didunia.
    Perusahaan Mobil Suzuki dan Motor Suzuki masih Raksasa lek.

  8. ekekek ..

    belajarlah dari yamaha ..
    agar jadi next raksasa otomotif ..

    tp ati2 karo oonda ..
    njiplak udah jadi budaya ..
    dan itu wajar kata kambing

    ????

  9. ekekek…

    opo maneh barisan kambing ..
    dangdutan pinggir jalan ..
    nyampah brosur tiap hari

    nawari jebakan batman dp 0% + syarat mudah
    cukup ninggal ktp + kk

    ????

  10. ekekek ?

    pesenku sbg pakar otomotif
    sujuki ojo blunder
    malah njiplak oonda ..
    oonda buosook kok di copy ..

    yg naked mirip megaprotol bulus angop ..
    yg fairing mirip old cebokerr semvakk bercahaya ..

    wess ngono ae ..

    HAHAHA

    ????

  11. ekekek …

    MCN : bagaimana cara perusahaanmu meraih profit tinggi ??

    sochiro: selama ini kami membodohi fbh dgn embel2 dohc & harga jual tinggi,,, karna kami merasa fbh buta merk,,, asal merk oonda mereka pasti senang walau kualitas ala kadarnya ?

    ngueriiii cukk ..

    HAHAHA

    ????

  12. ekekek…

    MCN : Apakah oonda juga akan fokus ke IRS & ARRC dengan dukungan pabrikan penuh ?

    sochiro : tidak tau, karna kami malu berulang kali harus sungkem sama R25,, kami lebih memfokuskan balap karung OMR saja karna bagi kami lebih bergengsi dan kami sadar dgn kemampuan motor kami

    wuaduuuhh ..

    ????

    • Soiciro menjawab : mo HONDA itu big semoga kamu paham BIG ????????????? kami FOKuS di kelas DEWA mo please jgn sandingan si BIG dgn balapan entah berantah ap yg bisa kami bangga kan cukup supersport 600cc aj buat tabokin sesembahan mbah yah ????????????
      JLUBBB……

  13. ekekkekekek

    Yow Bangkitlah Suzuki
    contoh Yamaha bikin Inovasi pada motor yg mumpuni Seperti
    1.SiStem YMJet Fi sistem yg mempunyai 2 katup teknologi yg seperti ada pada Mobil Mewahhhh
    2. VVA ( Variable Valve Actuation) Sistem Valve yg mengatur buka tutup seperti ada Mobil VVT-I Modern masa kini
    Suzuki bisa Bikin Dohc Superior Jgn kayak MaHooonda Malah dibikin Dongohace operstroke. akhirnya ngowosssss ngedennnnn lemotttttt borosssss lagi mau jiplak mesin SOHC 4 katup Yamaha malah ngoss2 an …

    hayayayayyayaya

    • ekekekekek

      umur 3 tahun bukan karena punah tapi emng Yamaha Memberikan Inovasi Baru …
      dan YmJet Fi merupakan mahakarya Mobil Mewah yg diterapin di Motor
      bandingkan dengan motor sebelah Klotokkk Klotookk baru semumur jagung udah di suntik mati mentokk 110 cc gak nyampe cuma gonta ganti kembennnn

      hayayayayayya

  14. daripada ikutan bikin turbocharger, bikin motor pake mesin rotary aja kan udlu dah pernah. be unique

  15. “Toshihiro Suzuki gantikan ayahnya per Juni 2015 sebagai CEO Suzuki”

    oalahhhhh…, Perusahaan Keluarga…, pantesss…

    dan pantes kemarin di artikel blog meet ama Suzuki R2 klo selama ini “laporan” di sana adalah laporan yang hanya ingin di dengar alias Asal Bapak Senang (ABS)

    Pantes Kuadrat…

    sebelom WSB, Suzuki biasanya pada trial and error di balapan jalanan (Isle of Men, Ulster – Irish GP, Macau GP) dan balapan ketahanan baik 24 atau 12 jam…, klo 8 jam, ya tau sendirilah motor mana yang lagi di geber habis2an plus pake pembalap MotoGP supaya menang (mpe rumor klo motor yang buat kualifikasi ama balapan 8jam itu beda spek dan yang entah kenapa di balapan 12jam atau 24jam gak kedengeran namanya)

  16. yey… mudahan mudahan wsbk tahun depan bisa komplit….

    RSV4, F4RR, Panigale, S1000RR, CBR1000RR, R1, GSX1000R, ZX10R….

Comments are closed.