iklan iwb
iklan iwb

cbr250rr-iwb

Iwanbanaran.com – Jaman emang makin edan cak. Lha piye…..siapa pernah bayangin motor bisa diatur karakternya hanya dengan menekan tombol. Seperti riding mode misalnya. Teknologi yang ada di big bike ini pun diturunkan oleh Honda pada all new CBR250RR. Dan IWB adalah salah satu Blogger yang beruntung jajal langsung….nyicipin dijalanan guna dishare diwarung ini. Memang benar cak….Sport + bikin motor ngibrit bener. Nah…seperti apa sih feel-nya dijalanan?. Berikut review singkat IWB….

Dalam perjalanan turing yang berjarak 238 km, IWB sukses jajal tiap riding mode all new CBR250RR. Menerapkan sistem Throttle By Wire (TWB) alias tanpa kabel sling…..Honda menawarkan 3 riding mode yakni Comfort, Sport dan Sport+. Pertanyaannya….apakah riding mode tersebut betul-betul bekerja dengan baik dan bukan gimmick marketing??….

iklan iwb

Ternyata bukan omong kosong. Saat sampeyan menggunakan riding mode comfort….feel saat gas dibuka seperti tertahan powernya. Jadi gambarannya….gas dipuntir RPM tidak melejit cepat. Waladalah…..gini to rasanya riding mode comfort. Artinya sampeyan tidak bakal ada ceritanya ragu betot gas walau kondisi jalanan licin sebab gas tidak terlalu sensitif. Mungkin untuk adik-adik yang baru nunggang motor 250cc dua silinder cocok ki cak….

honda-all-new-cbr250rr-201c7-iwb1

Lalu untuk mode sport….feelnya normal seperti berkendara biasa. Disini IWB merasa lebih cocok untuk jalanan perkotaan yang padat. Passing ability oke…..tapi power tetap terkontrol dengan baik. Lain lagi ketika masuk Sport +. Saat masuk kemode ini sampeyan akan merasa raungan mesin juga berbeda. Ngelos tenan cak. Agresif serta reaktif. Tendangan RPM juga mengikuti puntiran gas tanpa jeda. Kalau IWB sendiri cocok dengan mode ini ketimbang lainnya. Maklum rek….jiwa nom-noman hehehe….

Sampeyan bisa memindahkan riding mode kapan saja….speed berapapun serta pada kondisi apapun. Hanya saja saat sampeyan tekan tombol “riding mode”…..sistem display akan switch berkedip yang berarti sistem belum masuk salama gas terus dibuka. Namun sekalinya sampeyan menutup gas….sistempun akan aktif pada riding mode baru. Kira-kira demikian. Pertanyaannya…apakah riding mode ini hanya akal-akalan ngatur sensitifitas bukaan gas??….

Ternyata nggak sesimpel itu kangbro. Menurut pak Endro Sutarno dari Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM)…riding mode dihasilkan dari sistem terpadu antara Throttle By Wire (TBW)…Accelerator Position Sensor (APS) serta Engine Control Unit (ECU) atau di Honda biasa disebut ECM (Engine Control Module). Jadi flownya cak….saat TBW dibuka….APS akan membaca dan mengirim pesan ke ECU….

new-cbr250rr

Ibarat otak…ECU akan segera merespon dan memerintahkan besarnya bukaan valve (kupu-kupu) pada throttle body sesuai dengan riding mode. “Bukaan valve disesuaikan dengan riding mode. Untuk comfort bukaan katup paling sempit sehingga pasokan BBM juga efisien. Praktis comfort paling irit dibanding dengan dua mode diatasnya. Katup (valve) yang paling besar adalah sport +. Pada mode ini valve (kupu-kupu) throttle body membuka sempurna….

“Mapping pengapian (maju mundurnya) juga disesuaikan agar letupan tenaga optimal. Jadi bukan hanya mengatur bukaan katup (kupu-kupu) TB namun juga pembakaran menjadi fokus utama. Besarnya bukaan katup dipengaruhi macam-macam sensor seperti sensor kecepatan, suhu sekitar, tekanan udara dan pastinya riding mode. Lebih kurangnya demikian…“seru pak Endro. Waladalahh…jebule emang canggih kangbro. Jlimet euy….

Last…..fitur riding mode jelas membuat all new CBR250RR menjadi benchmark baru bagi motor sport fairing 250cc tanah air. Belum lagi suspensi USD yang diracik secara serius dikombinasikan swing arm almu cukup besar dan terbukti ampuh membuat IWB tercengang. Wiss to cak…handlingnya jiann nggilani tenan. Tapi sabar…IWB kupas kelebihan dan kelemahan motor ini pada next artikel. Artikel yang lebih dalam pastinya. Untuk pemanasan IWB suguhkan dulu teknologi TBW + riding mode. Ben gamblang sik cak. Dan untuk melengkapi itu semua, IWB sudah racik video reviewnya dibawah ini. Cekidot pakdeeee !! (iwb)

Video mengoperasikan riding mode CBR250RR saat jalan

HP klik disini

iklan iwb
Previous articleMotor listrik nasional Gesits sukses lahap 1500 km….siap diproduksi tahun depan !!
Next articleHotttt : Spyshot sport misterius Yamaha….MT25 single silinder atau new Byson facelift 2017 ???….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!