iklan iwb

honda-nsf250-3

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….kalau sudah ngomongin dunia racing, pakem teknis seringkali ditabrak sehingga membuat kita terbelalak. Seperti halnya Honda NSF250 yang digunakan para pembalap yang berlaga dikelas SATC saat di Sepang kemarin. Sempat ngubek-ngubek paddock belakang, IWB cukup tertarik melototin sebuah unit Honda NSF250 yang berada dilokasi. Mata menyapu tiap detil bagian hingga pandangan nyantol pada speedometer sang kuda besi. Ediannn njarann, angka speedometer sampai 17 ribu. Waladalahhhh….

Mungkin kalau yang kita bicarakan motor dua silinder kita tidak terkejut sebab pada umumnya memang bisa bergasing hingga 14,000 RPM. Namun yang ada didepan mata ini adalah mesin 249cc satu silinder cak…dicatet, satu silinder. Ketika IWB perhatikan…..mungkin speedometer sepertinya bukan bawaan pabrik. Terlihat dari brand yang tercetak adalah Dellorto. Tapi semua tidak jadi soal karena fungsi speedo sendiri hanya sebagai display penolong rider agar tahu lompatan RPM serta speed yang di raih….

iklan iwb

Sayang di angka 17,000 RPM tersebut tidak terdeteksi red line asli sang kuda besi. Hanya saja kalau yang kita bicarakan adalah pure racing bike…..biasanya tendangan RPM tidak dilimit alias mentok gadok. So….logikanya NSF250 memang bisa bergasing hingga direntang 16-17 ribu RPM. Sebuah putaran mesin yang nggilani tenan. Pertanyaanya….gimana mesin tidak jebol??….

Material cak….sing jelas material. Engine yang diberi kode MR03 ini dibekali material kelas dewa. Contohnya valve. Klep NSF250 terbuat dari titanium yang tahan terhadap pressure dan suhu ekstrim akibat rpm bergasing tinggi. Tidak hanya itu?.kepala serta dinding silinder dilapisi nikel silikon. Fungsinya sekali lagi untuk reduce friction dan meningkatkan kekuatan mesin. Makane rekkk…mesin bisa teriak hingga setidaknya 16,000RPM !. Sinting tenan…

honda-nsf250-2

“Rata-rata top speed NSF250 dikisaran 215 km/jam. Malah untuk versi RW yang digunakan CEV bisa lebih tinggi lagi…”ujar Gerry Salim (rider AHRT) saat berbincang dengan IWB. Tidak heran saat menggeber NSF250, dibutuhkan skill mumpuni. “Kuncinya saat masuk tikungan gas harus digantung supaya torsi tidak ngedrop ketika keluar tikungan. Dan ini lumayan sulit karena dibutuhkan feeling yang kuat...”tambahnya lagi. Gerry sendiri adalah salah satu pembalap merah putih yang sering megang NSF250….

Last…Honda NSF250 dibangun dengan konstruksi silinder dibuat pada kemiringan 15derajat. Power standart NSF250 mencapai 35,5kw/13,000rpm (setara dengan 47,5hp). Nampol njengat cak. Motor inilah yang digunakan para rider Honda dalam FIM CEV Repsol, race Moto3 ataupun AATC. So…Honda NSF250??. Iki motor satu silinder paling ngeri cak…17 ribu, sadizzzzzz !!! (iwb)

honda-nsf250-1rpm-honda-nsf250

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!