iklan iwb
Ex5 dream
“Honda EX5 dijalanan Kuala Lumpur Malaysia…”

Iwanbanaran.com – Kangbro….IWB sampai bengong ketika ngobrol santai dengan salah satu rekan di Malaysia. Penuturan yang menyoroti penjualan Honda di Malaysia yang dikatakan terjun bebas akibat dihentikannya produksi motor terlampir. Welehh….mosok sih. Kaget to?. Sama cak….

Kalau sampeyan lihat motor ini…pasti akan teringat dengan bebek legendaris generasi Astrea Star ataupun Prima yang dirilis oleh Astra Honda Motor ditanah air di era 1990-an. Produk yang akhirnya diganti dengan Astrea Prima ini sudah dihentikan produksinya oleh Astra sekitar akhir era sembilan belasan. Namun pada tahun 2000an Honda sempat merilis versi lanjutan berlabel Legenda untuk menahan gempuran bebek China yang merongrong market share pada saat itu. Yang IWB jabarkan adalah kondisi tanah air. Di Malaysia berbeda…..

Di Negeri Jiran sosok Astrea Prima ini ternyata masih banyak dijumpai di jalanan. Kenapa??. Sebab motor ini terus diproduksi oleh Honda Boon Siew hingga 2015 dan sangat laris. Masyarakat Malaysia menyukai karena mesinnya yang bandel serta irit. Sayang karena alasan regulasi emisi gas buang…..bebek berlabel EX5 Dream ini akhirnya usai. Masyarakat Malaysia kecewa dan melakukan resistansi. Bebek lainnya kurang disukai membuat penjualanpun anjlok…..

iklan iwb

Honda ex5Penjualan habis…..market share turun sampai enam puluh persen karena EX5 discontinue…”seru teman Malaysia ke IWB. Menurut doi….market share Honda Boon Siew Malaysia terus menyusut. Untunglah…kondisi tersebut mulai tertolong oleh Supra GTR150. “Bebek Honda yang paling bagus peminat sekarang adalah RS150 (GTR150). Engine kencang dan biker Malaysia suka...”serunya lagi. Tapi tentu tetap butuh waktu cak. Berhasil atau tidaknya belum terbukti…

Last…legend is legend. Seperti halnya Yamaha RX-King, EX5 Dream bagi masyarakat Malaysia sulit dicari gantinya. Bentuk old fashion…namun tetap merasuk dihati. Itulah kenapa pabrikanpun pasti dibikin pusing. Pengennya diproduksi terus. Tapi jika peraturan sudah ketuk palu sampeyan tidak akan bisa apa-apa. Regulasi pula yang memaksa Ninja 150 2 tak tenggelam dari bumi tanah air. So….market Honda di Malaysia tertekan??. Siapa menyangka gara-gara Astrea Prima kangbro……ediann njaran tenan cak :mrgreen: ……(iwb)

Honda ex5

 

100 COMMENTS

  1. Jaman Astrea Star di Indonesia… yaMaho selaen koar koar mesin 2 tak ndilalah masih belajar menjiplak mesin 4 tak honhon yang legendaris

  2. Itu astrea prima pakde. Astrea star shock depannya blom tabung, masih bentuk astrea 800/super cup.

    Legenda itu basis mesinnya upgrade C80 dgn model astrea grand pakde.

  3. untuk kelas motor bebek yg cuma buat kebutuhan ke pasar, kantor, atau berkomuter. sebenernya motor simple begini yg dibutuhkan, awet, & ngebenerinnya gampang.

    teknologi ini itu cuma bikin ribet & nambah item penjualan spare part.

    skrng pabrikan bukan jualan motor awet tapi jualan bom waktu dibungkus teknologi untuk saatnya ganti spare part.

    lah malah pabrikan yg jualan motor awet malah gak laku.

Comments are closed.