iklan iwb
iklan iwb
alex-noordin-motogp-sepang-1
“Alex Noordin diskusi dengan Herman Tilke selaku pembuat lay out Jakabaring…”

Iwanbanaran.com – Kangbro……walau agak telat, IWB sebenarnya cukup terkejut karena Gubernur Sumsel yakni Alex Noerdin termonitor berada di Sepang Malaysia. Namun karena hiruk pikuk IWB-pun urung mengejar untuk coba melakukan interview. Dilalah…..setelah ngintip ke beranda FB nya, weladalahhh….emang beneran cak, sosok pejabat yang ingin membangun sirkuit di Jakabaring Palembang Sumatera ini bertemu dengan Ezpelata sebagai perwakilan Dorna dan mereka serius diskusi untuk dalam rangka membangun sirkuit MotoGP di tanah air. Mantapppp!…

Dari halaman FB yang di share oleh Pak Alex Noerdin, mereka sudah mendapatkan layout sirkuit yang rencananya akan dibangun di Jakabaring Palembang. Doi bertemu dengan pihak Dorna guna berdiskusi secara serius dalam rangka membawa MotoGP ke tanah air pada tahun 2018. Juozzz mak cik….eehh, cak. Sorry kebawa Malaysia kiiii :mrgreen: …..

Tadi siang kami di Sepang diundang Dorna menyepakati kerjasama bahwa sirkuit Moto GP Jakabaring mulai dibangun 2017. Saya bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Juga ada Ulrich Merres, Chief Designer Tilke GmbH& Co. KG. Insya Allah 2018 Sirkuit Jakabararing akan melenggarakan Moto GP l. *AN*...”seru pak Alex via FB. Ikiii sing ditunggu cak !!. Artinya…dari penuturan orang nomor satu diSumatra Selatan tersebut, Jakabaring akan mulai dibangun tahun depan atau tepatnya 2017….

iklan iwb
alex-noordin-motogp-sepang-3
“Ruangan VIP Dorna saat rapat membahas sirkuit Palembang (Alex & Ezpelata)

Project sudah masuk tahap serius. Terlihat diskusi mereka melibatkan Ezpelata, Urlich Merres serta Herman Tilke. Lay out sendiri telah disiapkan oleh Herman….sosok yang juga menggarap sirkuit Sepang Malaysia.Terus gimana soal biaya dan lain-lain??. Pak Aleix menjabarkan dengan gamblang melalui unek-unek yang sepertinya untuk menjawab komen miring terhadap usahanya. IWB kutip dari lama FB-nya sebagai berikut….

Sirkuit dengan Investasi Murni Swasta

Begitu status saya bicara memastikan kita bangun sirkuit untuk Moto GP, beberapa ada menanggapi miring menghabiskan uang negaralah, tak ada manfaatlah …

Perlu saya tegaskan, pembangunan sirkuit Jakabaring, murni 100% investasi swasta. Manalah ada anggaran negara baik APBN apalagi APBD belakangan memgalami pemotongan beberapa kali dari pusat.

Sangatlah tidak mudah menggaet investor untuk apa saja. Upaya kami sangat serius beragam investasi masuk, meningkatkan perputaran uang, mengangkat ekonomi masyarakat. Jika saja mereka sinis itu mau sedikit rendah hati baca, pelajari, saya yakin yang bersangkutan ingin kilat sirkuit ini jadi.

Namun di dalam masyrakat kita beragam. Dalam kemajemukan tentu ada saja pandangan berbeda. Saya menghargai perbedaan selama ini. Asal saja perbedaan itu berguna bagi munculnya kreatifitas, terbangunnya inovasi, bukan sebaliknya kito berkubang pada pemikiran sempit bagaikan katak dalam tempurung.

Olahraga di alam kekinian juga bisa mendatangkan uang. Contoh ekstrem Argentina. Devisa kedua negara itu berasal dari olahraga Polo. Bacalah.

Singapura lebih dekat. Kendati ekonominya sudah tumbuh pesat, mereka berupaya maksimal penyelenggara F1. Pelajari apa nilai tambah yang ada. Karenanya saya pun percaya setelah sekali kita adakan Moto GP, 2018, akan kita tingkatkan sebagai penyelenggara F1, di tahun berikutnya, toh hanya tinggal menambah sarana dan prasarana.

Bila sudah di 2018 dan seterusnya kalian yang sinis itu tak juga berubah pandangan, di dalam hidup ini memang ada saja orang bebal, tertutup pintu hati melihat hal positif dan kemajuan.

Satu saja kalimat saya menutup status ini: saya bekerja untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan warga Sumsel di tengah dominannya keterbatasan anggaran negara, berbagai terobosan akan maksimal saya lakukan, sembari berdoa kepada Tuhan, membukakan jalan. Aamiin. *AN*

alex-noordin-motogp-sepang-2

Yup…itulah unek-unek dan penjelasan dan dari pak Aleix. Dari sana bisa dikonfirmasi bahwa yang akan terlibat untuk masalah dana adalah swasta. Hal ini dikarenakan sulitnya anggaran jika harus mengandalkan negara. Mantapnya…proyeksi tidak hanya Motogp namun jugaF1. Entah kenapa walau sedikit pesimis IWB sendiri lumayan menaruh harapan besar pada pak Alex. Kenapa??….

Sebab kalau sampeyan jembreng dan kulik satu persatu…penonton yang hadir di Malaysia mayoritas orang Indonesia. Lha piye ora kaget cak….baru mendarat di KLIA (Kuala Lumpur Airport), sampeyan akan terkejut dengan banyaknya penonton dari Indonesia. Mau dijalanan Kuala Lumpur hingga Sepang…bahasanya lokalan tulen semua. Mulai dari Jowo, Sunda, Bali, Lombok, Makasar….tumplek blek….

Tidak heran dijalananpun banyak yang negur IWB. “Kang Iwan yaaa…..waahhh, ada kang Iwan kang...”serunya sambil langsung ngeburuti IWB ngajakin foto. Jiann istimewa tenan ki para reader. Sampeyan ancen juoz gandoz tenan cak. IWB jadi serasa di tanah air….bukan lagi di Malaysia. Lha piye….mosok dari ujung ke ujung rata-rata wong Indonesia. Kalau sudah begini….pembangunan Jakabaring ora serius??. Yo rugi tenan cak…

sirkuit-jakabaring-update-2016
“Lay out sirkuit Jakabaring yang diajukan Herman Tilke..”

“Akan menjadi hal yang sangat istimewa jika sirkuit Motogp di Palembang jadi dibangun. Kami akan tunggu itu….”seru Carlo Gresini disela ngobrol santai dengan IWB saat didalam ruang VIP bersama teman-teman dari Respiro serta Federal oil. Yup……harapan Carlo pasti juga harapan seluruh pejabat Motogp, fans, serta rakyat Indonesia. Geliat yang dilakukan pak Aleix akan selalu kita doakan. Selama ikhtiar murni untuk negeri ini….ikhas tanpa ada kepentingan kelompok…insyallah usaha ini akan berakhir dengan manis…

Last…negeri ini memang gila racing. Terbukti dari data fans terbesar Motogp berasal dari Indonesia. Tidak heran seluruh daya upaya Dorna lakukan agar niat Indonesia memiliki sirkuit bertaraf internasional bisa terwujud. Karena mereka sadar…..jika itu terjadi maka akan membantu rating Motogp sehingga tujuan Dorna selaku penyelenggara serta rakyat Indonesia sebagai fans sama-sama terpuaskan. Maju terus pak Aleix, kami semua dibelakangmu. Goooooo !!! (iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp Sepang 2016 : Di warnai drama dlosor……Dovi juara !!
Next articleGara-gara ada tunggakan utang…..motor selamat dari pencurian. Lhooooo koq iso???..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!