iklan iwb

pilihan-warna-new-vixion-advance-20161Iwanbanaran.com – Kangbro…akhirnya status raja sport yang sudah dipegang Yamaha sejak bertahun-tahun rontok ditangan Honda. Per-September 2016…Honda sukses salip penjualan (wholesales) sport Yamaha dengan gap yang cukup signifikan. Praktis market share nasional Januari-September 2016 sudah dipegang oleh pabrikan sayap mengepak. Byuh. Pertanyaannya….kenapa bisa demikian??….

Anjloknya penjualan yang nyaris separuh dari sebelumnya diakui Yamaha adalah untuk kesehatan dealer. Sebab dibulan sebelumnya yakni Agustus?2016….Yamaha memang menggerojok dealer dengan jumlah yang lumayan besar….

Seperti yang kita tahu…data AISI menunjukkan Vixion mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dibanding rival….Vixi nyaris terpaut separuh (8000-an unit vs 18,000-an) dibulan September 2016.?Hal ini ternyata YIMM memang menggerojok dealer dengan jumlah yang cukup besar. Dibulan sebelumnya. Dilalah pakde…dibulan tersebut, daya serap pasar cukup lambat karena tren pasar diakhir tahun sehingga mereka lebih memilih menahan diri agar stok tetap sehat tidak melimpah….

iklan iwb

?Agustus (2016) kemarin kan digelontor stok, karena pada Juli, ada Lebaran yang menyita waktu produksi. Harapannya (dengan diperbanyak stok), Agustus dan September penjualannya bagus. Tapi ternyata tidak sesuai harapan,? kata Masykur via Kompas. Jadi bisa ditebak cak, karena stok sebelumnya masih melimpah….merekapun terpaksa mengurangi pengiriman kedealer. Tujuan hanya satu agar stok tetap sehat….ora menumpuk pakde. Toh menurut Yamaha mereka tidak mengejar market share…..

?Kasihan diler nanti. Kan orang pasti akan mencari motor yang produksi 2017. Ini murni bukan mengejar market share, kami hanya ingin diler-diler Yamaha sehat. Tidak masalah soal status (raja segmen sport), karena memang kondisi pasar yang tidak normal,? ucap Masykur. Yup….Yamaha sendiri untuk segmen sport total sudah tertinggal dibandingkan Honda. Dibulan September 2016 Yamaha sudah kehilangan statusnya sebagai raja sport..

Dari data AISI….YIMM hanya mampu mendistribusikan sebanyak 12.837 unit. Bandingkan dengan Honda yang tembus 31.483 unit. Penjualan total dari Januari-September 2016 pun Yamaha dipukul Honda. Jika wholesale YIMM 179.243 unit….maka Honda melejit hingga 229.970 unit. Praktis perSeptember 2016….AHM sudah menjadi penguasa sport nasional yang sebelumnya selalu dikuasai oleh Yamaha sejak 2008. Dengan 3 bulan tersisa….mampukah mereka merebut kembali posisi dan gelar tersebut dari tangan Honda??. Kita lihat saja kangbro……(iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!